Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Temukan Fenomena Alam dan Hal-Hal Unik Berikut Ini di Negara-Negara Skandinavia

Kebiasaan hingga keindahan alam yang tidak biasa

Skandinavia merupakan wilayah luas yang terletak di bagian paling utara benua Eropa utara dan sebagian besar wilayahnya didominasi oleh Semenanjung Skandinavia. Semenanjung Skandiavia ini merupakan semenanjung terbesar di Eropa yang memanjang dari Lingkaran Arktik ke pesisir Laut Baltik.

Kawasan Skandinavia sendiri secara geografis terdiri dari Denmark, Swedia, dan Norwegia. Sementara itu, secara kultural kawasan tersebut mencakup Denmark, Swedia, Norwegia, Finlandia, dan Islandia. Anggapan bahwa Finlandia dan Islandia termasuk ke dalam negara-negara Skandinavia kerap kali menjadi perdebatan karena itu kelimanya lebih sering disebut sebagai negara-negara Nordik.

Kerap kali menyandang predikat negara dengan penduduk paling bahagia di dunia, Skandinavia menawarkan fenomena alam dan hal-hal unik yang mungkin belum kamu ketahui sebelumnya. Apa saja fenomena alam dan hal-hal unik di Skandinavia tersebut? Simak ulasannya di bawah ini!

Aurora Borealis

@didiofederico_photographer via Unsplash

Salah satu hal unik di Skandinavia yang mungkin sudah sering kamu dengar istilahnya adalah Aurora Borealis atau Cahaya Utara (Northern Light). Fenomena alam satu ini biasanya dapat kamu saksikan di Islandia, Swedia, Norwegia atau Finlandia.

Secara garis besar, aurora berarti gelombang cahaya berkilauan yang terbentuk karena adanya interaksi antara medan magnetik  bumi dengan partikel-partikel yang dipancarkan matahari.

Nah, Aurora Borealis ini adalah cahaya yang bisa kamu lihat di bumi bagian utara. Warna cahaya yang dipancarkan biasanya akan berbeda-beda bergantung pada kandungan atom dalam oksigen dan nitrogen di udara. Warna hijau atau kemerahan muncul saat kadar atom oksigen lebih besar sementara warna oranye terpancar jika kadar atom nitrogen yang lebih banyak.

Midnight Sun

@nicolagambetti via Unsplash

Midnight sun atau matahari tengah malam adalah hal unik di Skandinavia lainnya yang tak boleh kamu lewatkan. Salah satu negara yang mengalaminya adalah Swedia. Di bagian utara negara tersebut, kamu bisa merasakan sinar matahari sepanjang hari hingga tengah malam selama 50 hari.

Matahari tidak akan terbenam saat musim panas dan dengan begitu kamu akan merasakan total 24 jam cahaya matahari. Posisi matahari sendiri akan turun rendah antara terbenam dan terbit sehingga menimbulkan cahaya lembut yang menjadi impian para fotografer.

Polar Night

via thelocal.no

Hal unik di Skandinavia berikutnya adalah Polar Night, yakni kebalikan dari Midnight Sun. Polar night ini adalah fenomena alam yang bisa kamu saksikan di Norwegia, Swedia dan Finlandia. Saat polar night, durasi malam menjadi lebih panjang dari biasanya selama hampir sebulan dan terjadi di musim dingin. Artinya, matahari terbenam lebih dari 24 jam.

Meskipun malam, kamu tidak akan benar-benar diselimuti kegelapan pekat. Kamu justru akan disuguhkan dengan suasana senja yang membuat keadaan terlihat berwarna biru tua dengan bayang-bayang warna merah muda.

Tugas sang matahari yang tengah bersembunyi di bawah cakrawala sementara akan digantikan rembulan yang harus bertugas lebih ekstra untuk memberikan cahaya di kegelapan malam. Salju putih dengan warna keperakan akibat cahaya bulan juga menambahkan kesan terang di masa polar night. Ditambah dengan kehadiran Aurora Borealis, suasana polar night akan terasa semakin magis.

Penjara Bak Hotel

via businessinsider.com

Hal unik di Skandinavia lainnya, tepatnya di Norwegia, adalah kenyaman dalam penjara layaknya dalam hotel. Fasilitas-fasilitas seperti kasur empuk, internet, kamar mandi sendiri hingga televisi untuk para tahanan di sana mungkin akan membuat kamu rela berbuat kriminal demi bisa bermalam di hotel prodeo.

Selain itu, penjara juga tidak dilengkapi dengan jeruji dan para tahanan biasanya dibebaskan keluarga hingga delapan jam. Mewahnya keadaan dalam penjara Norwegia sendiri dipicu akibat rendahnya tingkat kriminalitas sehingga pemerintah negara tersebut dapat memaksimalkan layanan bagi para tahanan.

Tidak Pakai Sepatu

@goffkein via Freepik

Hal unik di Skandinavia berikutnya adalah larangan menggunakan sepatu dalam rumah layaknya kebiasaan di Indonesia. Jika dalam film kamu sering melihat orang-orang barat dengan santai menggunakan sepatu di dalam rumah, lain halnya dengan negara-negara Skandinavia.

Kamu akan menjumpai mereka bertelanjang kaki atau hanya mengenakan kaus kaki saat di dalam rumah. Alasannya cukup sederhana, sepatu tidak nyaman digunakan di dalam rumah. Selain itu, sepatu juga cenderung gampang kotor terutama di musim dingin, semi dan gugur.

Daun Pintu Terbuka Keluar

@vincentwright via Unsplash

Jika kebanyakn pintu akan ditarik ke arah dalam rumah, beda halnya dengan hal unik di Skandinavia berikut ini. Di Finlandia atau Swedia, pintu terbuka justru menghadap keluar atau arah datangnya tamu. Untuk itu, hati-hatilah jika kamu berkunjung ke negara-negara tersebut. Alih-alih mau silaturahmi, tahunya muka kamu tertampar daun pintu.

Meskipun tampak kurang visitor-friendly, ada alasan logis di baliknya. Salah satunya adalah kemudahan saat terjadi hal-hal darurat sehingga penghuni rumah dapat dengan mudah membuka pintu dan lari keluar. Selain itu, alasan lainnya yang lebih menguntungkan adalah keamanan saat cuaca sedang dingin, hujan atau bersalju. Ketika menerima tamu, kondisi pintu seperti itu dapat lebih menghalau udara dingin, cipratan air serta salju untuk memasuki rumah.

Pemanas Trotoar

via cbc.ca

Hal unik di Skandinavia berikutnya berasal dari ibukota Islandia yakni Reykjavik. Saat musim dingin  tiba, trotoar di kota tersebut dipanaskan dengan menggunakan panas geotermal yang bersumber dari air panas alami. Dalam hal ini, air panas dialirkan melalui pipa-pipa di bawah trotoar. Sementara itu, di Oslo, Norwegia, mereka menggunakan elemen pemanas listrik yang tertanam di dalam trotoar. Tujuan dari pemanas ini adalah untuk melelehkan salju di musim dingin.

Banyak Sepeda

@stayandroam via Unsplash

Hal unik di Skandinavia selanjutnya berasal dari Denmark. Sebagai negara yang sebagian besar tanahnya datar dan rendah, kebiasaan bersepeda sangat digemari di sana. Gunung tertingginya saja hanya berukuran 170 meter. Selain karena tanahnya yang datar dan rendah, kegemaran bersepeda juga diakibatkan oleh tingginya pajak mobil baru.

Karenanya jangan heran jika kamu melihat lebih banyak sepeda ketimbang orangnya. Kamu bahkan bisa menjumpai pengantar barang yang menggunakan sepeda.

Hal unik lainnya tentang sepeda di Denmark adalah keberadaan tempat sampah di Kopenhagen yang dibuat miring sehingga memudahkan untuk membuang sampah saat sedang bersepeda. Selain itu, ada juga semacam pagar yang dibangun di sekitar persimpangan jalan yang cukup sibuk sehingga pengguna sepeda bisa menyender sambil menunggu lampu hijau.

Colour by Number

via colourbynumbers.org

Colour by Number merupakan hal unik di Skandinavia lainnya, tepatnya di menara Telefonplan Stockholm, Swedia. Telefonplan sendiri merupakan menara setinggi 72 meter dengan jendela-jendela yang setiap malamnya menyala dengan warna lampu LED yang berbeda-beda dengan warna dasar merah, kuning dan biru.

Perubahan warna tersebut dilakukan sesuai dengan keinginan masyarakat yang memiliki ponsel. Karena itu, siapapun yang sedang melewati menara tersebut dapat mengubah warna cahaya bagian atas menara dengan aplikasi khususnya. Konsep ini sendiri bisa dibilang menggambarkan demokrasi karena dalam hal ini keinginan masyarakat dipenuhi.

Kalender Pakai Hitungan Minggu

@benhamnorouzi via Unsplash

Hal unik di Skandinavia lainnya adalah penggunaan minggu dalam kalender. Dalam kalender yang sering kamu jumpai, kamu mungkin lebih sering menggunakan kalender dalam bentuk tanggal.

Nah, beda kasus kalau di Denmark, Swedia dan Norwegia. Contohnya adalah, alih-alih menulis tanggal 31 Maret, mereka justru menulis, misal, hari Selasa, minggu 45. Sistem penggunaan minggu sendiri lebih sering digunakan karena dinilai lebih mudah dan efektif.

Pembahasan tentang negara-negara Skandinavia mungkin membuat kamu kangen untuk liburan. Jika kamu langsung terpikir untuk menyusun agenda liburan di kawasan pulau Jawa, kamu bisa memasukkan Bobobox sebagai akomodasi andalan kamu.

Tempatnya nyaman, fasilitasnya canggih, harga terjangkau, pelayanan ramah dan kebersihan serta keamanan sangat terjaga. Hotelnya pun bisa kamu temukan di kota-kota besar di Pulau Jawa seperti Bandung, Jakarta, Semarang, Solo dan Yogyakarta.

Yuk, tunggu apa lagi? Booking lewat aplikasi Bobobox dan jangan sampai melewatkan informasi serta promo-promo terbarunya!

You might also like