Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Usia, Cara Merawat, dan 10 Fakta Lainnya yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Memelihara Ikan Cupang

Perhatikan asupan makanan hingga kesehatan ikan

Kamu mungkin sudah sering mendengar bahwa ikan cupang merupakan salah satu ikan yang paling mudah dipelihara bagi pemula. Meski begitu, bukan berarti kamu bisa menganggapnya sebagai hal sepele.

Sebelum memutuskan untuk memulai, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu cara terbaik memelihara ikan cupang. Selain itu, kenali juga fakta-fakta yang harus kamu perhatikan sebelum memelihara ikan cupang.

Umur

@timothycdykes via Unsplash

Saat memelihara hewan, kamu tentu berharap hewan peliharaan kamu bisa bertahan hidup cukup lama. Usia hidup setiap hewan tentunya berbeda. Jika yang kamu pelihara kucing atau anjing, dengan perawatan yang tepat hewan tersebut bisa menemani kamu hingga bertahun-tahun.

Lain kasusnya jika yang kamu pelihara adalah ikan cupang atau betta fish. Ikan yang satu ini masa hidupnya terbilang singkat. Umumnya ikan cupang liar bisa bertahan hidup hingga dua tahun saja. Masa hidup yang cukup pendek ini dipengaruhi oleh banyaknya tekanan saat hidup di alam bebas seperti mencari makan sendiri, pertarungan dengan ikan lainnya, dan tingginya tingkat pencemaran air.

Sementara itu, ikan cupang peliharaan diperkirakan dapat hidup hingga tiga tahun. Namun, hal ini bukan berarti ikan cupang yang baru kamu pelihara akan bertahan hingga tiga tahun. Ikan yang sudah siap dijual umumnya sudah berusia sekitar enam bulan untuk betinda dan satu tahun untuk jantan. Dalam usia tersebut, warna serta sirip ikan cupang biasanya sudah berkembang dengan baik.

Karenanya, ikan yang baru kamu beli mungkin dapat bertahan dua sampai dua setengah tahun. Dalam kasus-kasus tertentu dengan perawatan yang sangat baik dan kondisi akuarium yang optimal, ikan cupang bahkan bisa bertahan hidup hingga empat sampai lima tahun.

Jika ikan cupang yang kamu pelihara ternyata memilik masa hidup yang pendek, hal tersebut mungkin dipengaruhi oleh pemberian makanan yang tidak teratur,ketidakcocokan air, serta adanya penyakit seperti white spot, pop eye dan sisik nanas.

Cara Terbaik Memelihara Ikan Cupang

Saat memutuskan untuk memelihara ikan cupang, kamu tentu memiliki harapan agar ikan tersebut bisa hidup lama bersama kamu. Hal tersebut tentunya bisa dicapai jika kamu melakukan cara-cara terbaik memelihara ikan cupang sehingga masa hidupnya bisa maksimal.

Karena daya tahan tubuh ikan cupang yang cukup kuat, sebagian orang cenderung memilih cara yang sederhana untuk merawat ikan tersebut meskipun hal tersebut bisa saja memperpendek usia ikan. Sebut saja penggunaan wadah sederhana (misal wadah plastik), pemberian makanan (pelet, cacing beku atau cacing sutra), serta penggantian air sekitar dua minggu sekali.

Namun, agar hasilnya maksimal tentu kamu perlu melakukan cara terbaik memelihara ikan cupang meskipun agak sedikit rumit. Dalam hal ini, ada banyak hal yang perlu kamu perhatikan seperti pakan, tempat hidup, hingga kadar pH (6-7, bisa menggunakan daun ketapang).

Agar kamu bisa mengupayakan cara terbaik memelihara ikan cupang, kamu perlu mengenali beberapa fakta yang harus kamu perhatikan sebelum memelihara ikan cupang. Apa sajakah itu? Yuk simak di bawah!

Asupan Makanan

Fakta yang harus kamu perhatikan sebelum memelihara ikan cupang adalah dibutuhkannya lemak dan protein agar ikan terus berkembanh. Agar nutrisinya tetap terjaga, sebaiknya berikan kutu air, jentik, cacing sutra, blood worm (cacing darah), artemia, dan serangga secara teratur, yakni dua kali sehari.

Makanan tersebut masing-masing memiliki fungsi tersendiri. Kutu air akan meningkatkan warna ikan, jentik dapat meningkatkan birahi serta perawakan, sementara cacing darah dan sutra akan meningkatkan ukurannya.

Beli yang Sehat

Salah satu fakta yang harus kamu perhatikan sebelum memelihara ikan cupang adalah kesehatan ikan tersebut sebelum kamu membelinya. Hindarilah membeli ikan berwarna pucat, mata melotot, sirip robek atau rusak, dan adanya goresan atau luka pada tubuh ikan.

Sebaiknya, kamu membeli ikan berwarna cerah dan mata jernih. Jika ikan merespon saat kamu menyentuhkan tangan di akuarium, hal itu menandakan bahwa ikan termasuk aktif dan sehat.

Tempat Ikan

Fakta yang harus kamu perhatikan sebelum memelihara ikan cupang berikutnya adalah tempat kamu menyimpan ikan tersebut. Kebanyakan orang berasumsi ikan bisa bertahan hidup dalam cawan kecil bulat (fish bowl) atau akuarium ukuran 1 galon. Penggunaan wadah kecil sendiri disalahartikan dari habitat asli ikan cupang di perairan dangkal.

Namun, sebagaimana kamu tahu dangkalnya perairan bisa saja berkali-kali lipat dari ukuran cawan kecil untuk ikan cupang. Maka dari itu, salah satu cara terbaik memelihara ikan cupang adalah dengan menggunakan akuarium 5 galon agar ikan dapat tetap berenang aktif terutama jika harus berbagi ruang dengan ikan lain.

Pemanas

Jika kamu tinggal di daerah dingin, salah satu cara terbaik memelihara ikan cupang adalah dengan memasang pemanas dan thermometer pada akuarium kamu. Hal ini adalah fakta yang harus kamu perhatikan sebelum memelihara ikan cupang karena pada dasarnya ikan cupang ini berasal dari Asia Tenggara yang beriklim tropis. Jika suhunya terlalu dingin, ikan bisa saja stres, lesu hingga sakit dan tampak malas bergerak.

Penggunaan Tanaman

@kmus07 via Unsplash

Fakta yang harus kamu perhatikan sebelum memelihara ikan cupang adalah sifat aktif serta penasarana ikan tersebut. Untuk itu, sebaiknya kamu menggunakan tanaman agar lingkungannya tampak bervariasi dan menambah kelincahannya. Selain itu, tanaman juga dapat digunakan sebagai tempat persembunyian serta tempat istirahat saat ikan merasa lelah, terancam atau stres.

Tidak Ada Penyaringan

Demi kemudahan, kebanyakan orang memelihara ikan cupang tanpa sirkulasi dan filterisasi yang memadai untuk pernapasan ikan. Faktanya, hal tersebut bisa saja mengurangi umur ikan akibat air yang kotor tanpa filter. Penggunaan filter sendiri dapat membantu menghilangkan  penumpukan ammonia, nitrit dan senyawa berbahaya lainnya.

Gelembung Bahagia

Fakta yang harus kamu perhatikan sebelum memelihara ikan cupang selanjutnya adalah tentang gelembung ikan. Banyak yang beranggapan bahwa ikan cupang mengeluarkan gelembung saat merasa bahagia. Namun faktanya, ikan cupang akan akan mengeluarkan gelembung dalam kondisi apa pun, baik ataupun buruk. Gelembung ikan sendiri biasanya menandakan bahwa naluri kawinnya sedang memuncak.

Olahraga

Fakta yang harus kamu perhatikan sebelum memelihara ikan cupang lainnya adalah sifatnya yang soliter dan teritorial. Karena itu, sebaiknya kamu tidak menyatukan ikan cupang jantan dalam wadah yang sama. Namun, agar ikan cupang bisa tetap ‘berolahraga’, kamu bisa sesekali mempertemukannya dengan ikan lain namun dalam wadah berbeda.

Organ Labirin

Fakta yang harus kamu perhatikan sebelum memelihara ikan cupang lainnya adalah adanya organ labirin dalam ikan tersebut. Meskipun lebih sering menggunakan insang untuk bernapas, ikan cupang bisa saja menggunakan labirin dan naik ke permukaan air untuk menghirup udara. Hal ini umumnya terjadi jika kadar oksigen yang sedikit dalam air.

Meskipun bisa bernapas dengan organ tersebut, penggunaan aerator akan sangat membantu. Alat tersebut dapat digunakan untuk meningkatkan pertukaran udara serta memompa udara dari luar untuk masuk.

Kesehatan Ikan

Fakta yang harus kamu perhatikan sebelum memelihara ikan cupang berikutnya adalah kesehatan ikan tersebut. Perhatikan apakah ikan mengambang, terlalu sering bersembunyi di dasar akuarium, sering terengah-engah, atau menyerang tanaman plastik dalam akuarium. Hal tersebut sudah pasti menunjukkan ketidakwajaran dan kondisi tubuh yang kurang sehat. Untuk itu, kamu bisa konsultasi dengan dokter atau penjual ikan tersebut.

Keberadan akuarium dalam rumah bisa memberikan efek relaksasi tersendiri bagi para penghuninya. Namun, hal tersebut tentu membutuhkan pertimbangan yang matang agar ikan-ikan yang dipelihara selalu setia menemani kamu dalam waktu lama.

Nah, kalau kamu belum siap untuk memelihara ikan, kamu bisa cari cara lain untuk melepas rasa jenuh dan stres kamu. Salah satunya dengan melakukan staycation sehingga kamu bisa memiliki waktu untuk me time.

Untuk hotelnya, ke Bobobox saja! Di hotel kapsul ini, kamu bahkan bisa santai sambil bekerja. Wi-Finya yang kencang sudah tentu akan menunjang kenyamanan kamu dalam bekerja. Selain itu, ada juga Bluetooth speaker yang siap menemani kamu mendengarkan alunan musik favorit biar pikiran kamu semakin segar.

Ada juga fasilitas moodlamp yang memungkinkan kamu mengubah warna lampu pod sesuai mood kamu. Ada sekitar 16 warna yang bisa kamu pilih yang juga bisa kamu sesuaikan dengan kegiatan di dalam pod, misal untuk bekerja, menonton, membaca hingga tidur nyenyak.

Kalau sudah mantap untuk berkunjung ke Bobobox, unduh dulu aplikasinya. Selain untuk kemudahan akses fasilitas Bobobox, kamu juga akan mendapat notfikasi giveaway dan promo menarik dari Bob.

You might also like