Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Fakta Wasabi Untuk Kamu Penggemar Sushi dan Makanan Khas Jepang

Wajib dicatat agar tidak salah kaprah

Bobobox.co.id — Para penikmati makanan Jepang, sushi, tentu sudah tidak asing lagi dengan tumbuhan berwarna hijau ini. Pasalnya, wasabi sendiri sering ‘menemani’ sushi saat disajikan di berbagai restoran Jepang.

Memberikan efek pedas pada sushi yang kita makan, wasabi sebenarnya relatif berbeda dengan cabai yang bisa digunakan untuk menambah jika rasa pedas. Sensasi yang dirasakan adalah salah satu pembeda.

Namun, dibalik keunikan dari tumbuhan ini, terdapat berbagai fakta menarik dari tanaman ini. Fakta wasabi ini sendiri wajib kamu ketahui karena beberapa di antaranya cukup krusial untuk pengalaman menikmati wasabi.

Nah, Bob sudah merangkum 7 fakta wasabi yang wajib diketahui khususnya bagi kamu yang mengaku penggemar sushi dan makanan khas Jepang. Ada fakta yang sudah kamu ketahui sebelumnya?

Wasabi Cukup Sulit untuk Tumbuh

Fakta wasabi pertama adalah tumbuhan satu ini cukup sulit untuk tumbuh. Walaupun kamu bakal menemukan wasabi bersama makanan Jepang, hal tersebut tak membuat wasabi tumbuh dengan cepat.

Wasabi memiliki beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk bisa tumbuh. Beberapa syarat tersebut sendiri cukup menyulitkan bagi para petani di Indonesia yang ingin menanam wasabi di pekarangan atau kebun mereka.

Misalkan saja, wasabi hanya bisa tumbuh di tempat yang relatif dingin seperti di lembah sungai di daerah pegunungan yang terlindungi sinar matahari. Akar dari tumbuhan ini pun harus masuk ke dalam air.

Tak hanya itu, lokasi tempat tumbuhnya pun berpengaruh. Tanaman ini hanya bisa tumbuh di lokasi yang memiliki ketinggian 1300 hingga 2500 meter di atas permukaan laut. Cukup merepotkan, bukan begitu?

fakta wasabi
via touristinjapan.com

Wasabi yang Dibeli Mungkin Tak Asli

Fakta wasabi kedua ini agaknya cukup terpengaruh dengan fakta wasabi sebelumnya. Sulitnya wasabi untuk tumbuh membuat banyak wasabi yang dijual di pasaran bukanlah wasabi asli melainkan campuran.

Maksudnya adalah wasabi yang dijual di pasaran merupan campuran dari lobak, saus moster, dan pewarna makanan. Produk ‘palsu’ wasabi ini biasanya memiliki rasa yang terlalu kuat dengan adanya sensasi terbakar pada lidah.

Padahal, bagi kamu yang belum tahu, wasabi asli memiliki rasa yang relatif lebih halus. Namun, rasa yang dihasilkan sendiri bergantung pada proses penggilingan atau waktu pemrosesan dari dapur hingga siap di meja makan.

Salah satu cara untuk mengetahui apakah wasabi yang kamu beli asli atau campuran adalah dengan melihat daftar komposisi. Jika komposisi awalnya bukan wasabi atau wasabi japonica, maka wasabi tersebut adalah campuran.

via mashed.com

Harga Wasabi Termasuk Mahal

Fakta wasabi berikutnya pun terpengaruh oleh fakta wasabi pertama dan kedua di mana tanaman ini sulit untuk tumbuh dan sering dipalsukan. Fakta wasabi yang dimaksud adalah harganya yang termasuk mahal.

Hukum supply and demand berlaku di sini. Dengan sulitnya mendapatkan wasabi dalam jumlah yang banyak dari petani, suplai wasabi sendiri relatif sedikit. Namun, demand untuk tanaman ini justru relatif kencang.

Oleh karenanya, harganya pun dipatok relatif mahal. Walaupun dipatok dengan harga yang mahal, wasabi tetap populer kok. Bahkan, banyak orang yang rela membayar mahal untuk membeli wasabi yang asli.

Hal tersebut tentu berkaitan dengan pengalaman yang didapat. Dibanding mendapatkan pengalaman buruk dengan membeli wasabi campuran, lebih baik mendapatkan wasabi asli walaupun harganya menguras kantong.

via thesoupspoon.com

Rasa Wasabi Cepat Hilang

Jika kamu mendapatkan pengalaman berharga untuk mencicipi wasabi asli, Bob mempunyai tips yang wajib kamu ketahui. Tips tersebut adalah sesegera mungkin atau cepatlah untuk memakan wasabi asli tersebut.

Pasalnya, fakta wasabi lainnya adalah rasa wasabi yang cepat hilang. Rasa wasabi asli yang diparut hanya akan bertahan selama 15 menit saja jika wasabi tersebut dibiarkan di tempat atau ruangan dengan suhu kamar.

Oleh karenanya, kamu akan mendapati restoran Jepang yang menyajikan wasabi secara dadakan. Hal ini berkaitan dengan fakta wasabi ini di mana rasa dari tanaman ini yang akan cepat menghilang jika dibiarkan.

Untuk itu, jangan sesekali untuk membiarkan wasabi yang kamu pesan didiamkan terlalu lama. Kamu tentu tidak ingin pengalaman mencicipi wasabi asli justru harus sirna karena kealfaanmu dalam mengetahui fakta wasabi.

via thedailymeal.com

Keluarga dari Sayur Lubis

Fakta wasabi berikutnya ini mungkin baru pertama kali kamu dengar. Pasalnya, banyak orang pun yang salah duga mengenai fakta di mana wasabi sebenarnya berada dalam famili tumbuhan brassicaceae.

Kebanyakan orang justru menduga bahwa wasabi adalah horseradish atau lobak pedas. Walaupun masih dalam satu keluarga yang sama dengan lobak pedas, nyatanya wasabi bukanlah lobak pedas seperti dugaan banyak orang.

Tanaman lain yang satu famili dengan wasabi antara lain lobak, moster, kol dan lainnya. Tanaman-tanaman yang satu famili dengan wasabi sendiri merupakan tanaman-tanaman yang tergolong tanaman persilangan.

Dengan fakta tersebut, kamu tentu tidak boleh lagi mengkategorikan wasabi sebagai lobak pedas. Bahkan, kamu tidak boleh menyebut wasabi dengan sebutan lobak Jepang yang mungkin terdengar make sense.

via britannica.com

Fakta Wasabi Asli yang Relatif Awet

Fakta wasabi berikut ini cukup bertentangan dengan fakta sebelumnya. Sebelumnya, kamu mengetahui bahwa rasa wasabi akan cepat hilang jika dibiarkan dalam suhu kamar hanya dalam kurun waktu 15 menit.

Nah, fakta menarik ini adalah wasabi asli dalam bentuk utuh justru dapat mempertahankan rasanya untuk beberapa bulan. Perbedaan yang cukup mencolok dari bentuk utuh dengan bentuk di mana wasabi sudah diparut.

Dengan adanya fakta ini, ada rasa lega yang mungkin kamu rasakan jika ingin membeli wasabi dalam jumlah banyak. Kamu dapat menyimpan wasabi tanpa perlu khawatir rasa wasabinya hilang begitu cepat.

via plantinstructions.com

Memiliki Beragam Manfaat

Fakta wasabi terakhir adalah manfaat yang tanaman ini miliki. Seperti tanaman pada umumnya, wasabi pun memiliiki beragam manfaat yang tentunya baik untuk kesehatan tubuh jika dikonsumsi nantinya.

Wasabi sendiri mengandung kalsium tinggi, vitamin C, dan bagian dari antimikrobial. Antimikrobial inilah yang bermanfaat untuk meringankan penyakit alergi dan asma yang mungkin kamu atau keluarga dekatmu derita.

Tak hanya itu, manfaat lainnya yang bisa didapat dari wasabi adalah bangkitnya energi dalam tubuh. Hal tersebut terjadi karena wasbi memiliki anti inflamasi yang manfaatnya baik untuk kesehatan tubuh.

Wasabi pun memiliki zat kimia bernama allyl isothiocyanate. Zat kimia anti bakteri inilah yang dapat mencegah keracunan dari ikan mentah. Zat kimia ini pula yang menyebabkan penambahan wasabi saat menyantap sushi.

via treehugger.com

Ragu untuk Menginap di Hotel Kapsul? Pilih saja Bobobox

Mungkin masih banyak orang yang memiliki keraguan untuk menginap di hotel kapsul. Padahal, menginap di hotel kapsul menawarkan pengalaman menginap yang menyenangkan dan berbeda dibanding hotel pada umumnya.

Salah satu hotel kapsul recommended adalah Bobobox. Hotel kapsul yang mengusung konsep futuristik ini menyediakan berbagai fasilitas menarik yang pastinya siap menunjang kualitas tidur yang kamu butuhkan.

Informasi lebih lanjut soal Bobobox bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

Bobobox Pods Juanda

You might also like