@eLearning Industry

Ketahui Fakta Voice Acting yang Memberi Jiwa Film-Film Animasi

Fakta voice acting berikut ini akan sangat membantu kamu yang sedng tertarik untuk mengenal lebih dekat dengan dunia pengisian suara. Bagi kamu yang punya banyak kenangan menyaksikan kartun, film, dan iklan yang ditayangkan di televisi pasti ada beberapa di antaranya adalah produk hasil voice over. Voice over merupakan salah satu industri yang erat kaitannya dengan jenis pekerjaan yang menggunakan suara untuk berakting.

Voice over juga membutuhkan keahlian khusus dalam memeragakan suara yang dikenal dengan istilah voice acting. Di Inggris, voice acting dipandang sebagai sebuah profesi yang berspesialisasi untuk mendramatisasi sesuatu. Gak heran jika Inggris merupakan salah satu negara yang punya sejarah panjang dengan voice acting terutama dalam drama radio salah satunya drama radio legendaris di stasiun radio BBC. Ingin tahu lebih banyak fakta voice acting? Yuk simak infonya!

Fakta Voice Acting dan Sejarahnya

Fakta Voice Acting

@Voice123

Dalam menjelaskan mengenai fakta voice acting tentunya akan terasa kurang jika kita tidak membahas mengenai awal mula munculnya voice acting. Sebenarnya tidak diketahui secara pasti sejak kapan voice acting telah mulai dilakukan sebagai pekerjaan. Namun fakta voice acting diyakini sudah lama dilakukan oleh para pendongeng dan pembaca puisi di Afrika yang disebut Griot.

Orang yang berprofesi sebagai Griot ini memiliki tujuan menarik perhatian para pendengarnya dengan bacaan dongeng dan puisi-puisi yang dibacakan. Namun banyak orang juga yang percaya bahwa fakta voice acting ini mulai marak dilakukan setelah Walt Disney mengisi kebutuhan film animasi Mickey Mouse yang berjudul Steamboat Willie. Fakta voice acting lainnya mengungkapkan bahwa acting pertama dilakukan pertama kali oleh Reginald Fessenden di tahun 1900 untuk mengabarkan berita cuaca.

Baca Juga: Mengenang Ibu Nurhasanah; Pengisi Suara Doraemon yang Telah Berpulang

Fakta Voice Acting di Indonesia

Bagaimana dengan fakta voice acting di Indonesia, kapan voice acting mulai muncul di Indonesia? Fakta vooice acting di Indonesia diyakini sudah tumbuh sejak jaman dulu. Seperti yang kamu tahu, kita memiliki banyak budaya yang berkaitan dengan voice acting salah satunya adalah seni wayang. Fakta voice acting di Indonesia ini menunjukkan bahwa dalang juga melakukan kegiatan voice acting setiap kali ada pertunjukan wayang.

Fakta voice actng ini kemudian berkembang di masa ini terutama setelah perkembangan dunia broadcasting. Lingkup pekerjaan voice acting jadi lebih luas dan banyak dipergunakan dalam berbagai kebutuhan broadcasting. Salah satu industri broadcasting yang kini tengah populer dan menggunakan keterampilan voice acting adalah podcast. Apa saja fakta voice actting dan contoh pekerjaannya? Berikut adalah beberapa contoh diantaranya.

Fakta Voice Acting dan Contoh Pekerjaannya

1. Fakta Voice Acting: Poetry Reader / Pembaca Puisi

Fakta voice acting dan pekerjaannya yang pertama adalah seorang poetry reader atau pembaca puisi. Pekerjaan ini merupakan salah satu profesi yang banyak mengandalkan suaranya untuk membacakan puisi dengan memainkan emphasis, nada, dan intonasi tertentu. Fakta voice acting ini dilakukan pembaca puisi untuk mengirimkan pesan yang terkandung dalam sebuah puisi.

2. Fakta Voice Acting: Radio Drama Actor / Actress

Fakta voice acting dan pekerjaan selanjutnya adalah sebagai radio drama actor and actress. Fakta voice acting di Indonesia menunjukkan bahwa industri drama radio mencapai puncak kejayaannya pada sekitar tahun 1970 – 1990 awal. Pada rentang tahun tersebut ada banyak sekali aktor drama radio yang menjadi sangat populer sehingga mulai bermunculanlah sanggar-sanggar olah suara untuk memproduksi kebutuhan drama radio.

Fakta voice acting ini kemudian menjadi tantangan tersendiri bagi para actor dan actress. Seorang aktor dan actress drama radio dituntut untuk memiliki kemampuan memainkan suara yang sangat baik agar mampu memerankan sebuah karakter dalam sebuah script tanpa bantuan indra apapun kecuali indra pendengar. Fakta voice acting ini membuat kemampuan berakting di depan microphone, kecakapan dalam memainkan emosi suara, dan intonasi suara menjadi beberapa hal yang penting dimiliki tiap actor dan actress.

3. Fakta Voice Acting: Dubber / Seniman Sulih Suara

Kamu mungkin sudah familiar dengan istilah dubbing yang artinya penyulihan suara atau penggantian suara. Mereka yang melakukan proses dubbing ini disebut dengan dubber. Dubber merupakan salah satu contoh pekerjaan voice acting. Mereka adalah seniman olah suara yang menyuguhkan film animasi maupun film produksi luar negeri lainnya agar dapat dimengerti oleh audiens berbahasa lokal.

@CNN Indonesia

Dubber memiliki peranan yang sangat penting untuk membuat film-film menjadi lebih hidup dengan bahasa lokal tanpa mengurangi dan menghilangkan ekspresi aslinya. Sama dengan pemeran suara radio drama, Dubber pun dituntut untuk menguasai beberapa jenis intonasi dan tonal suara yang berbeda agar dapat berperan menjadi beberapa karakter dalam sebuah produksi.

4. Fakta Voice Acting: Voice Over Talent / Voice Talent

Fakta voice acting dan pekerjaannya yang terakhir tentunya adalah voice over talent. Umumnya mereka yang melakukan proses pengisian suara ini dikenal juga dengan istilah narator. Narator memiliki tugas penting dalam mendistribusikan pesan dalam bentuk iklan, film, maupun profil perusahaan agar dapat dikonsumsi oleh target audiens dari produk voice over tersebut.Dari berbagai pilihan pekerjaan voice acting di atas manakah yang membuat kamu tertarik untuk mencobanya?

Baca Juga: 7 Film Animasi Peraih Oscar yang Bukan Buatan Disney – Pixar

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Lorong Pods bobobox bandung

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles