Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Menguak Beberapa Fakta Unik Kawasan Tebet

Tebet merupakan sebuah kecamatan di Jakarta Selatan yang meliputi beberapa wilayah diantaranya Kelurahan Menteng Dalam, Kelurahan Tebet Barat, Kelurahan Tebet Timur, Kelurahan Kobon Baru, Kelurahan Bukit Duri, Kelurahan Manggarai dan Kelurahan Manggarai Selatan. Layaknya Kemang, Tebet juga kerap dijuluki sebagai “markas” anak muda di kawasan Jakarta Selatan lho. Bagaimana tidak, tempat tongkrongan hits anak muda banyak ditemukan di kawasan ini, mulai dari kafe, restoran, sampai dengan angkringan sebagai tempat yang nyaman untuk nongkrong bersama sahabat, pacar, atau kerabat.

Tapi, tahukah kamu, kawasan ini memiliki beberapa fakta unik yang belum diketahui banyak orang. Simak yuk artikel berikut ini supaya kamu lebih tau tentang kawasan anak gaul satu ini!

Nama Tebet berasal dari kata ‘Tebat’ yang berarti ‘Rawa’

Saat ini Tebet sudah menjelma menjadi kawasan pemukiman padat penduduk yang dihiasi oleh berbagai gedung pencakar langit dan banyaknya tempat tongkrongan anak muda Jakarta Selatan. Padahal, dulu kawasan ini asalnya berupa rawa-rawa yang dipenuhi semak belukar menyerupai hutan lebat.

Terinspirasi dari keadaan kawasan yang berawa itulah, kemudian tercetus nama Tebet seperti yang kita dengar sampai saat ini. Tebet berasal dari bahasa Sunda kuno ‘Tebat’ atau ‘Tebet’ yang berarti rawa.

Rumah bagi beragam etnis

Sejak dulu Tebet dikenal sebagai kawasan yang multi etnis, sebab yang bermukim disana bukan hanya suku Betawi saja. Sejarah singkatnya, semua etnis yang ada di Tebet merupakan masyarakat pendatang  dari Senayan yang dipindahkan secara paksa atau digusur karena pembangunan stadion.

Presiden Soekarno saat itu marah kepada Komite Olimpiade Nasional yang melarang Indonesia mengikuti perhelatan akbar Olimpiade Tokyo. Merasa tidak terima, Presiden Soekarno kemudian membangun stadion megah di Senayan untuk menggelar Olimpiade tandingan bernama Games of New Emerging Forces (Ganefo) yang digelar sejak tahun 1963.

Dari situlah kemudian, banyak penduduk dari beragam etnis meliputi etnis Arab, Tionghoa, bahkan Belanda yang pada awalnya tinggal di wilayah Senayan secara terpaksa berpindah ke kawasan Tebet akibat pembangunan sarana dan prasarana olahraga di Senayan.

Pusatnya distro Jaksel

Buat kamu yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya, nggak usah jauh-jauh ke Bandung untuk berbelanja pakaian di distro-distro karena Tebet punya banyak outlet distro yang patut untuk dikunjungi. Beragam kebutuhan fashion untuk tampil gaul dan kekinian, seperti apparel, sepatu, tas, mapun aksesori semuanya pasti tersedia. Sebut saja beberapa distro yang terrkenal seperti Bloop, Noin, Endorse, Nanonine dan Square.Inc yang tak pernah sepi pengunjung.

Tempat nongkrong yang asyik

Sama seperti Kemang, Tebet juga dijuluki sebagai tempat tongkrongan hits anak muda Jakarta Selatan lho! Pas banget kan, kalau pulang sekolah atau pulang kerja biasanya seringkali kebingungan mencari tempat makan sekaligus tempat ngobrol dengan sahabat atau rekan kerja, nah, datang saja ke kawasan ini! Kamu akan dimanjakan dengan beragam tempat makan mulai dari kafe, bar, restoran, sampai dengan tempat makan di pinggir jalan yang cocok untuk dijadikan sebagai tempat nongkrong. Bahkan, banyak juga lho kafe yang buka 24 jam dengan menyediakan fasilitas wi-fi, magnet buat anak kuliah yang lagi skripsian.

Nah, dari ulasan diatas, ada nggak fakta unik Tebet yang baru kamu ketahui? Ternyata meskipun termasuk kedalam distrik yang kecil, Tebet punya ceritanya dan keunikannya tersendiri ya!

Please rate this

You might also like
Comments
Loading...