Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ini Dia Fakta Unik Korea Utara yang Harus Kamu Ketahui

Penasaran sama suasan di Korea Utara? Berikut fakta-fakta uniknya

Banyak orang takut dan ragu saat mengunjungi Korea Utara. Tentu saja karena citra yang muncul membuat negara ini memiliki reputasi yang kurang baik. Meskipun begitu, Korea Utara tetaplah sebuah negara yang memiliki keunikan. Apa saja ya fakta unik Korea Utara tersebut? Simak terus di sini ya.

Bangunan yang retro-futuristik

Fakta Unik Korea Utara
Photo by Steve Barker on Unsplash

Korea Utara adalah negara yang terisolasi selama sekian lama. Tidak sembarang orang bisa keluar masuk negara tersebut. Hal ini menyebabkan pengaruh dari dunia luar sangat sedikit, termasuk dalam hal arsitektur.

Fakta unik Korea Utara, jika dilihat, bangunan-bangunan di Korea Utara terutama di Pyongyang mencirikan karakter pemimpinnya.

Zaman Kim Il-sung menunjukkan bangunan bertema realisme sosialis sedangkan zaman Kim Jong-il menunjukkan modernisme ekspresif. Fakta unik Korea Utara ini menunukkan betapa berpengaruhnya tata kota pada identitas negara.

Ini juga merupakan fakta unik Korea Utara. Perpustakaan terlihat seperti istana. Terdapat lampu gantung dan tiang marmer di stasiun. Di sisi lain, bangunan-bangunan terkenal yang sudah ada sejak dulu dikosongkan. Jika kamu melihat secara langsung, kamu akan merasa seperti berada di dunia fiksi ilmiah.

Fakta unik Korea Utara: Pyongyang hanya untuk kaum elit

Fakta Unik Korea Utara
Photo by Thomas Evans on Unsplash

Fakta unik Korea Utara, Pyongyang adalah ibu kota dan kota terbesar di Korea Utara. Kehidupan di Pyongyang sedikit berbeda dengan kota-kota lain di Korea Utara.

Kabarnya fakta unik Korea Utara, semua warga Pyongyang dikenal sebagai warga yang dapat dipercaya dan setia kepada rezim.Siapa dan apakah seseorang layak tinggal di Pyongyang ditentukan oleh pemerintah.

Dari segi bangunan fakta unik Korea Utara, Pyongyang juga berbeda dari kota-kota lain. Bahkan Pyongyang memiliki restoran yang menyajikan makanan internasional, seperti hamburger dan pizza. Padahal, masih banyak warganya yang harus memungut beras dari tanah.

BACA JUGA: Sedang Mengunjungi Korea Selatan? Yuk Ke 5 Tempat Nongkrong Seoul Ala Anak Gaul Korea Ini!

Terdapat patung Kim Il Sung di mana-mana

Fakta Unik Korea Utara
Photo by Micha Brändli on Unsplash

Salah satu fakta unik Korea Utara yang terlihat jelas adalah kehadirdan pemimpinnya. Bukan dalam wujud manusia melainkan patung. Setidaknya ada 35.000 patung Kim Il-sung di Korea Utara. Satu patung dibuat untuk setiap 750 orang dan yang paling tinggi berukuran 20 meter.

Selain itu, patung-patung tersebut ada bukan hanya sebagai pajangan. Fakta unik Korea Utara ini menunjukkan ada dua aturan yang harus dipatuhi, kata pemandu turis yang dikutip dari artikel perjalanan yang dimuat di Euro News.

Fakta unik Korea Utara pertama, kamu harus tunduk pada patung-patung itu. Fakta unik Korea Utara kedua, jika mengambil foto, seluruh badan patung harus terambil, tidak boleh menyisakan kaki atau kepala patung sama sekali.

Fakta unik Korea Utara: hanya ada empat saluran televisi

Fakta Unik Korea Utara
Photo by Sven Scheuermeier on Unsplash

Fakta unik Korea Utara berikutnya, di Korea Utara media sangat dibatasi dan dikontrol oleh pemerintah. Empat saluran televisi utama yaitu Korean Central Television (KCTV), Mansudae, Athletic Television, dan Ryongnamsan. Korean Central Television adalah saluran utama dan bisa diakses di seluruh negeri. Sisanya biasanya hanya bisa ditonton di akhir pekan.

Tidak semua negara boleh masuk

Fakta Unik Korea Utara
Photo by Dim Hou on Unsplash

Tidak mustahil untuk berkunjung ke Korea Utara. Akan tetapi, tidak semua warga negara diizinkan untuk masuk. Mayoritas turis yang datang ke Korea Utara berasal dari Cina menggunakan bus.

Di sisi lain, tidak banyak wisatawan Barat yang berkunjung. Karena hubungan dingin antara Korea Utara dan Korea Selatan, orang Korea Selatan tidak diizinkan masuk. Selain itu, fakta unik Korea Utara lain adalah kunjungan warga negara Israel, Amerika, Inggris, dan Jepang dikabarkan dipersulit.

Fakta unik Korea Utara: harus ditemani pemandu

Fakta Unik Korea Utara
Photo by Random Institute on Unsplash

Jika kamu berkunjung ke Korea Utara, kamu harus menggunakan jasa pemandu. Kamu tidak boleh meninggalkan hotel atau berkeliaran dengan sistem transportasi umum sama sekali tanpa adanya pemandu.

Jangan coba-coba melanggar fakta unik Korea Utara ini. Selain tidak diizinkan untuk pergi sendirian, melanggar peraturan tersebut hanya akan menempatkanmu dalam bahaya.

Pemandu akan dihukum karena dianggap membantu mata-mata. Jadi, lakukan apa yang dilakukan pemandu. Puji setiap tempat wisata yang kamu kunjungi dan jika tidak punya hal baik untuk dikatakan, kamu lebih baik diam.

BACA JUGA: Berani Coba? Inilah 7 Kuliner Ekstrem Korea Selatan!

Mengambil foto boleh, tapi hati-hati ya

Fakta Unik Korea Utara
Photo by Angela Compagnone on Unsplash

Sama seperti berjalan-jalan, ada aturan khusus juga untuk mengambil foto. Kamu tidak bisa mengambil foto sampai pemandu memberikan lampu hijau. Pemerintah Korea Utara akan menganggap pengambilan gambar yang tidak diizinkan sebagai tindakan memata-matai.

Mengambil foto orang-orang Korea Utara yang mencerminkan kemiskinan atau hal lain yang dapat menimbulkan kesan negatif juga bisa membuat kameramu disita.

Fakta unik Korea Utara: festival Arirang yang spektakuler

Fakta Unik Korea Utara
Photo by Thomas Evans on Unsplash

Festival Arirang adalah festival seni dan senam massal yang diadakan di Stadion May Day Rungrado di Pyongyang, Korea Utara. Pertandingan biasanya berlangsung pada bulan Agustus atau September.

Di festival ini, kamu bisa melihat wanita mengenakan kimono bersama pria yang mengenakan celana panjang hitam dan kemeja putih menari bersama-sama. Ini adalah fakta unik Korea Utara. Tak tanggung-tanggung, lebih dari 100.000 orang berpartisipasi dalam festival ini dan memiliki pembukaan yang tak kalah meriah dari ajang Olimpiade.

Memiliki bunga bernama Kimilsungia dan Kimjongilia

Fakta Unik Korea Utara
Photo by Petra Keßler on Unsplash

Kamu tidak salah membaca. Keduanya adalah bunga yang diambil namanya dari Kim Il-sung dan Kim Jong-il. Fakta unik Korea Utara, Kimilsungia adalah anggrek hibrid dan Kimjongilia adalah begonia hibrida.

Anggrek memang bukan bunga asli Korea Utara. Kabarnya, bunga anggrek hibrida tersebut diberikan oleh mantan presiden Indonesia, Soekarno dan ia bersikeras menamai bunga tersebut Kimsungilia sebagai bentuk penghormatan.

BACA JUGA: Memiliki Karir Yang Gemilang, Ini Dia Aktor Dan Aktris Korea Di Hollywood Yang Sukses

Mau tahu rasanya menginap di hotel kapsul yang kekinian? Langsung aja ke Bobobox

Bobobox adalah hotel capsule Jakarta yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasananya yang tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya yang unik. Selain itu, desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati, apalagi buat kamu yang suka foto-foto.

Nggak percaya? Tenang, supaya kamu punya gambaran yang lebih jelas soal pengalaman menginap yang lebih nyata, kamu bisa lho keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob. Kamu bisa membuktikan sendiri sebelum dateng langsung ke tempatnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak.

You might also like