Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Idul Adha Sebentar Lagi! Simak 8 Fakta Unik Hewan Kurban Berikut

8 Fakta unik hewan kurban berikut ini berhasil bikin Bob terkaget-kaget, lho!

Fakta unik hewan kurban berikut ini pasti ada sebagian yang belum pernah kamu ketahui sebelumnya. Hewan kurban seperti kambing dan sapi ini ternyata memiliki banyak kebiasaan unik yang sangat menarik untuk kamu ketahui terutama mengingat sebentar lagi hari raya Idul Adha akan berlangsung.

Pada kesempatan kali ini Bob hanya akan membahas dua jenis hewan kurban yang umumnya sering dipilih di Indonesia yaitu kambing dan sapi. Kedua hewan kurban ini memiliki banyak sekali fakta unik yang dijamin bikin kamu terkaget-kaget atau bahkan tertawa terpingkal-pingkal. Penasaran apa saja fakta uniknya? Yuk langsung saja kita bahas informasi selengkapnya di bawah ini.

1. Fakta Unik Hewan Kurban: Kambing Hewan yang Manja

perayaan idul adha terunik di dunia
Sumber: MyGaziantep

Fakta unik hewan kurban yang pertama adalah sifat kambing yang manja. Mereka yang merawat hewan kurban tentunya akan berusaha untuk memberkan makanan berupa rumput segar kepada hewan tersebut.Namun ternyata kambing merupakan hewan yang cukup pemilih.

Faktanya kambing memiliki kebiasaan enggan memakan yang sudah jatuh ke tanah. Hal inilah yang membuat pengelola kambing membuat kandangnya lebih tinggi sedikit seperti rumah panggung agar posisi makanannya tidak menyentuh tanah. Duh, kambing kamu kok manja sekali?


Baca Juga:

Sudah Siap Menyambut Idul Adha di Minggu Depan? Simak Tradisi Idul Adha Paling Unik di Indonesia Berikut Ini!


2. Fakta Unik Hewan Kurban: Kambing Hewan Pertama yang Diternakkan

Fakta unik hewan kurban selanjutnya adalah mengenai kambing yang merupakan hewan pertama yang diternakkan manusia. Sejak zaman para nabi dulu, sudah ada unta, domba, kambing, dan kuda. Namun hewan pertama yang pertama kali diternakkan bukanlah unta melainkan kambing. Pernyataan ini dibuktikan dengan adanya sebuah penemuan berupa  lukisan kuno di gua Eropa yang menggambarkan peternakan kambing. Lukisan tersebut menurut para ahli berumur 12.000 tahun.

3. Fakta Unik Hewan Kurban: Konon Kambing adalah Penemu Kopi yang Sebenarnya

Fakta unik hewan kurban berikutnya adalah tentang kambing yang diduga menjadi penemu biji kopi. Hal ini diketahui saat jaman dahulu seorang penggembala kambing terheran-heran mengapa kambingnya sangat lincah dan bertenaga dan berbeda dari biasanya. Setelah diselidiki, ternyata kambing tersebut telah memakan biji kopi dan sejak inilah kopi mulai dibudidayakan dan menyebar ke seluruh penjuru dunia.

4. Fakta Unik Hewan Kurban: Kalau Sapi Sedang Makan, Mereka Menghadap Kemana?

Fakta unik hewan kurban ini tak hanya bikin kamu geleng-geleng tapi juga mungkin bikin kamu geli tertawa. Faktanya sapi memiliki satu kebiasaan unik berupa konsisten manghadap ke satu arah mata angin saat sedang makan. Jika kamu memerhatikan sapi yang sedang makan, di mana pun sapi berada; di kandang, di lapangan, di padang rumput, atau di mana pun, ternyata mereka selalu menghadap ke utara setiap kali mereka makan!

Fakta hewan unik kurban ini terjadi dikarenakan otak sapi memiliki ‘kompas’ alami yang secara otomatis melacak medan magnet bumi. Hal inilah yang membuat sapi secara otomatis selalu menghadap ke utara ketika mereka makan. Lucu dan unik sekali ya!

5. Fakta Unik Hewan Kurban: Pupil Mata Kambing Bentuknya Segi Empat

Jika kamu perhatikan pupil matamu di depan cermin kamu akan menyadari bahwa bentuknya bulat. Namun berbeda dengan manusia, pupil mata pada kambing ternyata memiliki bentuk segi empat! Fakta unik hewan kurban ini membuat kambing memiliki pandangan seluas 320-340 derajat dan menjadi alasan mengapa kambing memiliki pandangan yang lebih baik pada saat malam hari.

6. Fakta Unik Hewan Kurban: Jaga Suasana Hati Sapi Agar Produksi Susunya Baik

Ternyata rasa, kualitas, dan kuantitas susu sapi sanga berengaruh dengan suasana hati sapi, lho! Bukan manusia saja ternyata yang perlu menata suasana hati ketika ingin bekerja, sapi juga perlu dijaga mood-nya.

Berdasarkan sebuah penelitian, sapi yang mendengarkan musik akan memproduksi susu lebih banyak dibandingkan dengan sapi yang tidak mendengarkan musik. Fakta unik hewan kurban satu ini membuat beberapa peternakan sapi di berbagai belahan dunia memperlakukan sapi bak raja dengan memutarkan musik hingga memberikan pijatan.

7. Fakta Unik Hewan Kurban: Sapi Memiliki Indera yang Tajam

Fakta Unik Hewan Kurban
@Pojok Review

Tak kalah menarik dengan fakta unik hewan kurban di atas, fakta unik hewan kurban yang satu ini juga dijamin bikin kamu kaget! Sama seperti kambing, pupil mata sapi juga memiliki bentuk segi empat yang membuat luas penglihatannya hampir mencapai 360 derajat. Fakta unik hewan kurban lainnya adalah sapi juga bisa mendeteksi berbagai macam warna kecuali warna merah. Selain penglihatannya yang baik, fakta hwan kurban yang tak kalah mengejutkan adalah kemampuan sapi dalam mencium aroma yang jaraknya mencapai 8 km!

8. Fakta Unik Hewan Kurban: Mana yang Lebih Cepat, Kuda atau Sapi?

Fakta unik hewan kurban yang terakhir adalah mengenai kecepatannya jika dibandingkan dengan kuda. Faktanya sapi mampu berjalan lebih cepat daripada kuda di tanah yang berlumpur! Hal ini dikarenakan sapi punya kuku kaki yang lebar yang membuat kaki sapi tidak mudah terbenam saat berjalan dalam lumpur.


Baca Juga: 7 Tradisi Idul Adha Unik dan Khas dari Indonesia dan Dunia


Selain itu meskipun tubuhnya yang besar dan cenderung gemuk, fakta unik hewan kurban menunjukkan bahwa sapi juga bisa menaiki anak tangga. Namun sayangnya sapi ternyata tidak memiliki kamampuan untuk turun tangga dikarenakan lutut sapi tidak bisa menekuk dan menopang tubuhnya dengan sempurna.

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Bobocabin by Bobobox Indonesia

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan baru Bobobox bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store  dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

You might also like