Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Kenalan Dengan Quokka, Hewan Gemas yang Murah Senyum!

Duh, jadi ingin ikutan selfie sama quokka, deh!

Bukan hanya kangguru dan koala saja, ternyata ada satu lagi hewan endemik Australia yang juga sangat unik dan lucu, yaitu quokka! Bagi kamu yang belum pernah dengar tentang hewan murah senyum yang satu ini, langsung saja simak fakta-fakta tentang hewan quokka yang sudah Bob rangkum khusus untuk kamu. Check these out!

Habitat Quokka

fakta tentang hewan quokka

(Image by @quokkadailyshow via Instagram)

Pulau Rottnest di Perth Australia adalah tempat di mana quokka pertama kali ditemukan oleh seorang pengembara asal Eropa, yakni Williem de Vlamingh. Pulau ini juga merupakan satu-satunya tempat keberadaan populasi hewan murah senyum yang satu ini.

Di pulau seluas 19 kilometer persegi ini, terdapat kurang lebih 12.000 ekor quokka. Menurut The International Union for Conservation of Nature (IUCN), populasi tersebut terbilang sangat kecil. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti kebakaran hutan yang mengancam habitat quokka, hingga faktor seleksi alam yang menjadi alasan hewan satu ini terancam punah.

Quokka Mirip dengan Kangguru

fakta tentang hewan quokka

(Image by @quokkadailyshow via Instagram)

Fakta tentang hewan quokka selanjutnya adalah kemiripannya dengan kangguru dan wallaby. Saat pertama kali ditemukan, Williem de Vlamingh sebenarnya menganggap quokka sebagai tikus berukuran besar.

Namun, quokka sebenarnya juga merupakan seekor makropoda. Fakta tentang hewan quokka yang satu inilah yang menjadikannya sejenis dengan kangguru dan wallaby.

Hanya saja, quokka memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil. Panjang tubuhnya hanya sekitar 40 hingga 52 centimeter, dengan bobot kurang lebih 5 kilogram. Tubuhnya yang kecil dan gembul inilah yang membuatnya tampak sangat menggemaskan.

Fakta tentang hewan quokka selanjutnya yang menjadikannya mirip dengan kangguru dan wallaby adalah bahwa quokka pun ternyata memiliki kantung kecil di perutnya. Kantung kecil ini berfungsi untuk menyimpan dan membawa anaknya hingga kelak bayi-bayi quokka tersebut tumbuh besar dan sudah bisa hidup mandiri.

Dijuluki Hewan Paling Bahagia di Dunia

fakta tentang hewan quokka

(Image by @quokkadailyshow via Instagram)

Fakta tentang hewan quokka yang tentunya terlihat sangat jelas adalah bahwa hewan menggemaskan yang satu ini dijuluki sebagai hewan paling bahagia di dunia. Bagaimana tidak, wajah quokka selalu tampak tersenyum di manapun dan kapanpun, bahkan saat ia tertidur. Gemes banget, kan!

Bahkan, saat mulutnya sedang terbuka pun, wajah hewan mungil yang satu ini terlihat semakin bahagia, yakni seperti sedang tertawa. Nggak heran jika hewan paling manis se-Australia ini mendapat predikat the happiest animal on earth.

Namun, ada fakta tentang hewan quokka yang perlu kamu hetahui, bahwa senyuman hewan yang satu ini ternyata merupakan sebuah fitur evolusi. Hal ini membantu quokka untuk mendengkur dan mendinginkan diri. Sebab, habitat mereka terbilang cukup panas, bahkan terus-menerus mengalami musim panas sepanjang tahun.

Quokka adalah Hewan Herbivora

fakta tentang hewan quokka

(Image by @quokkadailyshow via Instagram)

Fakta tentang hewan quokka selanjutnya yaitu bahwa mereka adalah hewan herbivora atau pemakan tumbuhan. Mereka sangat suka mengunyah rerumputan, daun peppermint, kulit kayu, sayuran hijau, bahkan semak belukar yang ada di sekitar rawa.

Selain itu, ada fakta tentang hewan quokka lainnya yang juga menarik, yaitu bahwa mereka memiliki cadangan lemak yang tersimpan pada ekornya. Lemak yang ada di ekornya ini biasanya akan digunakan oleh mereka sebagai cadangan energi saat mereka sedang kesulitan menemukan makanan.

Tak hanya itu, fakta tentang hewan quokka yang ternyata mampu bertahan hidup tanpa minum hingga satu bulan lamanya pun pasti akan mengejutkanmu. Ya, kamu tak salah dengar. Quokka memang mampu bertahan selama itu tanpa minum. Sebab, pulau Rottnest memiliki sangat sedikit sumber air tawar, sehingga para quokka yang malang ini harus terbiasa dengan hal tersebut.

Oiya, mereka juga diam-diam gemar mengambil makanan manusia, loh, terutama saat ada wisatawan. Namun, sebaiknya jangan berikan makananmu pada quokka, ya. Sebab, makanan manusia tidak baik dan tidak cocok untuk mereka.

Ramah dan Gemar Selfie dengan Manusia

fakta tentang hewan quokka

(Image by @quokkadailyshow via Instagram)

Tak hanya selalu terlihat bahagia, fakta tentang hewan quokka yang satu ini juga pasti akan membuatmu makin gemas! Yup! Fakta tentang hewan quokka yang begitu ramah dan mudah diajak selfie oleh manusia menjadikannya semakin menggemaskan.

Nggak heran jika selfie bersama quokka merupakan agenda wajib bagi para wisatawan yang berkunjung ke pulau Rottnest. Selain itu, pulau yang satu ini juga memiliki panorama alam dan pantai-pantai yang sangat indah.

Keindahan birunya laut dan pantai pasir putih tersebut semakin menambah daya tarik pulau habitat hewan lucu ini. Setiap tahunnya, terdapat sekitar 500.000 wisatawan yang datang ke pulau Rottnest.

Meski terlihat ramah dan selalu tersenyun, namun fakta tentang hewan quokka yang merupakan hewan liar dan agresif ini tak bisa dikesampingkan begitu saja. Maka, para pengujung selalu diimbau untuk tidak memegang atau menyentuh para quokka, karena kuku-kuku mereka sangat tajam dan terkadang mereka tak sengaja menggigit para pengunjung.

Terutama pengunjung yang terlalu dekat atau membawa makanan yang menarik perhatian mereka. So, tetap waspada, ya!

Merupakan Hewan yang Aktif di Malam Hari

fakta tentang hewan quokka

(Image by @quokkadailyshow via Instagram)

Fakta tentang hewan quokka selanjutnya yaitu bahwa mereka merupakan hewan nokturnal atau aktif di malam hari. Ini dilakukan oleh mereka untuk menghindari teriknya panas matahari di siang hari.

Mereka lebih memilih tidur siang dan bangun di malam hari untuk bermain dan mencari makan. Nah, ada lagi satu fakta tentang hewan quokka yang unik dan lucu, yaitu mereka akan menggali terowongan sendiri untuk bersembunyi dan tidur siang. Dengan begitu, mereka nggak akan kepanasan saat tidur siang. Pintar juga, ya?

Cara Mempertahankan Diri yang Tragis

fakta tentang hewan quokka

(Image by @quokkadailyshow via Instagram)

Di balik wajahnya yang selalu tersenyum dan tampak bahagia, ada satu fakta tentang hewan quokka yang cukup miris untuk didengar. Fakta tentang hewan quokka yang satu ini adalah tentang cara mereka untuk bertahan hidup.

Saat ada predator yang membuat mereka berada dalam situasi membahayakan, ibu quokka biasanya akan langsung mengeluarkan bayi mereka dari kantung di perutnya dan meninggalkannya sendiri. Hal ini bertujuan untuk mengalihkan perhatian predator, sehingga ibu quokka bisa lari untuk menyelamatkan diri.

Quokka adalah Hewan yang Dilindungi

fakta tentang hewan quokka

(Image by @quokkadailyshow via Instagram)

Fakta tentang hewan quokka yang terakhir yaitu tentang mulai menipisnya sisa populasi hewan menggemaskan satu ini. Hal inilah yang membuat quokka termasuk dalam daftar hewan yang dilindungi di dunia.

Bahkan, kamu akan didenda sebesar 300 dollar oleh pemerintah Australia jika kamu ketahuan menyentuh hewan langka ini. Selain itu, kamu juga dilarang memberi makan mereka. Ini bertujuan untuk menjaga insting mereka agar tetap mampu hidup di alam liar secara mandiri.

Maka, ini merupakan tugas kita semua untuk terus memelihara lingkungan dan menjaga keseimbangan ekosistem yang ada, agar quokka yang menggemaskan ini tetap lestari.

Pasti happy staycation di Bobobox!

Melihat hewan-hewan yang lucu diyakini mampu membantu mengurangi stress dan membuat pikiran menjadi lebih rileks. Selain itu, ada banyak cara lain yang bisa kamu lakukan untuk membuat pikiranmu rileks dan terbebas sejenak dari beban hidup sehari-hari, salah satunya adalah dengan staycation.

Bingung staycation di mana? Datang aja ke Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel. Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama staycation di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Untuk memesan kamar, kamu nggak usah khawatir bakal ribet, tinggal download aja aplikasinya. QR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox! Oh iya, kamu juga bisa melihat langsung pods Bobobox lewat virtual 360° tour lho!

bobobox luas

You might also like