Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Fakta-fakta Menarik Dalgona Coffee

Apa aja sih fakta-fakta di balik viralnya minuman asal Korea Selatan satu ini?

Akhir-akhir ini dunia maya tengah diramaikan oleh challenge membuat minuman asal Korea Selatan yang sedang tren, yaitu dalgona coffee.

Saking viralnya, minuman ini bahkan sampai membuat penasaran penyanyi cantik Raisa. Dalam akun twitter-nya, Raisa mempertanyakan tentang apa sebenarnya dalgona coffee itu.

Para warganet terus berlomba-lomba untuk memamerkan hasil karya dalgona coffee-nya masing-masing melalui berbagai platform media sosial, mulai dari Instagram, Twitter, hingga TikTok.

Minuman ini menarik perhatian orang-orang di dunia maya karena tampilannya yang cukup unik, berbeda dari tampilan kopi pada umumnya.

Tampilan dari dalgona coffee yang terdiri dari 2 layer – susu dan foam kopi di atasnya – menjadi daya tarik bagi banyak orang untuk me-recreate minuman satu ini. Video tutorial membuat dalgona coffee di Youtube pun sudah ditonton jutaan kali dan menjadi trending topic.

Pada dasarnya, dalgona coffee adalah minuman berbahan dasar kopi instan bubuk, lalu ditambah gula pasir atau gula aren, dan sedikit air panas. Semua bahan ini diaduk hingga teksturnya berubah menjadi kaku dan foamy.

Selanjutnya, adonan dalgona yang sudah jadi ditaruh di atas segelas susu yang sudah ditambah es batu. Mudah, bukan? Sebelum ikutan untuk mencoba bikin dalgona coffee sendiri di rumah, simak dulu yuk fakta-fakta di balik viralnya dalgona coffee yang sudah Bob rangkum untuk kamu.

Dulu dalgona merupakan permen

fakta tentang dalgona coffee

(Sumber: Pinterest.com)

Banyak yang tidak tahu bahwa dalgona atau ppopgi dalam bahasa Korea memiliki arti “honeycomb toffee” atau yang berarti “permen sarang madu”.

Permen yang merupakan salah satu jajanan ringan di Korea ini sempat populer pada tahun 1970-an. Rasanya yang manis dengan tekstur seperti spons, membuat dalgona digemari oleh masyarakat Korea.

Cara membuatnya pun terbilang sederhana, yaitu dengan mencampurkan gula dan minyak untuk dijadikan sirup, yang kemudian sirup gula ini dilelehkan di wadah kecil.

Setelah itu, para pedagang akan menjajakan dalgona atau ppopgi ini. Mereka akan membubuhkan sedikit baking soda ke dalam sirup gula tersebut sambil terus mengaduknya hingga mengembang dan warnanya berubah jadi coklat keemasan.

Lalu campuran sirup gula tersebut akan dituangkan ke permukaan datar untuk kemudian dibentuk menjadi bulatan-bulatan. Setelah membentuk adonan permen tersebut, para pedagang juga akan mencetak beragam motif di atasnya agar tampilannya menjadi lebih menarik.

Jajanan ini kemudian mulai menghilang pada 1980-an karena beberapa hal. Salah satunya adalah anggapan orang-orang bahwa proses pembuatan dalgona ini kurang bersih. Namun, terkadang kamu masih bisa menemukan jajanan ini di tempat wisata atau di taman-taman di Korea Selatan.

Kembali terkenal di 2020

fakta tentang dalgona coffee

(Sumber: Pinterest.com)

Berawal dari salah satu acara TV di Korea Selatan yang tayang pada bulan Januari 2020, kala itu aktor Korea bernama Jung II-Woo pergi ke Macau lalu mencoba minuman susu dengan foam kopi di atasnya.

Pada saat itulah, Jung II-Woo memberi julukan dalgona pada minuman tersebut karena mirip dengan permen spons tradisional Korea.

Karena inilah, nama dalgona coffee mulai naik daun di dunia maya. Para pengguna media sosial ramai-ramai membuat dalgona coffee dan memamerkan hasil karyanya di akun media sosial masing-masing.

Cara membuatnya yang relatif mudah dan bahan-bahannya yang tidak sulit didapat, menjadikan banyak orang tertarik untuk membuat dalgona coffee. Tutorial pembuatannya pun banyak beredar di Youtube, Instagram, Twitter, hingga Tiktok.

Selain karena penasaran dengan rasanya, banyak orang mencoba membuat dalgona coffee pun salah satunya karena minuman ini hadir dan menjadi viral di masa karantina ini.

Dalam masa-masa karantina akibat wabah Covid-19 ini, banyak orang menjadi memiliki banyak waktu luang sehingga bisa mencoba hal-hal baru, salah satunya berkreasi membuat dalgona coffee.

Bukan hanya ada di Korea Selatan

Menurut beberapa sumber, dalgona coffe disebut sebagai versi lain dari kopi kocok asal India, yaitu Phenti Hui Coffee. Perbedaannya hanya terletak pada penyajian foam kopinya.

Lain dengan dalgona coffee yang foam kopinya dituang di atas susu, foam kopi pada Phenti Hui Coffee dituang terlebih dahulu di gelas lalu disiram oleh susu di atasnya.

Yuk, bikin dalgona coffee di rumah!

fakta tentang dalgona coffee

(Sumber: Pinterest.com)

Bikin dalgona coffee pakai whisk

Alat paling sederhana yang bisa kamu pakai untuk membuat dalgona adalah whisk. Whisk biasanya dipakai untuk mengocok telur dan adonan kue atau panekuk.

Setelah semua bahan-bahannya siap, waktunya untuk kamu mulai mengaduk adonan dalgona coffee. Cara mengaduknya sama seperti kamu sedang mengocok telur dadar.

Aduk terus sampai teksturnya yang semula cair menjadi kental dan kaku seperti foam. Supaya adonannya bervolume, jangan lupa untuk sesekali mengangkat kocokannya agar udara masuk.

Untuk mengocok adonan dalgona coffee menggunakan whisk, kamu harus tetap sabar, ya, karena ini akan cukup melelahkan. Banyak yang mengatakan bahwa adonan kopi ini harus diaduk terus sebanyak 400 kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Membuat dalgona coffee menggunakan mixer

Kalau kamu tipe orang yang ingin praktis, cepat, dan tidak mau mengeluarkan banyak tenaga saat mengaduk adonan dalgona coffee, mixer adalah alat yang paling cocok untuk kamu.

Tidak hanya hemat tenaga, jika kamu menggunakan mixer untuk mengocok adonan kopi ini, kamu akan menghemat banyak waktu karena sudah pasti prosesnya akan lebih cepat.

Waktu yang kamu butuhkan untuk menghasilkan adonan dalgona coffee yang foamy dan padat jika mengaduk menggunakan mixer hanya 3 menit saja. Cepat, kan?

Bikin dalgona coffee pakai saringan? Bisa banget!

Kalau kamu tidak punya whisk atau mixer di rumah, tidak usah khawatir. Coba kamu cari di dapurmu saringan bulat kecil yang biasa dipakai untuk menyaring teh.

Untuk mengaduk adonan dalgona coffee menggunakan saringan, sebaiknya kamu menggunakan piring ceper agar saringan bisa mencapai dasar piring sehingga adonannya teraduk merata dan sempurna.

Untuk mengecek apakah adonan sudah mencapai tekstur yang diinginkan atau belum, kamu bisa membalikkan wadah tempat kamu mengaduk adonan kopi dan mengeceknya apakah adonan tersebut tumpah atau tidak.

Jika adonan tidak tumpah dan teksturnya sudah mirip dengan whipped cream, maka itu artinya foam dalgona coffeemu sudah siap untuk disajikan.

Kamu ngga suka kopi tapi penasaran ingin bikin dalgona? Jangan sedih, kamu bisa mengganti bubuk kopinya dengan bahan yang lain, contohnya milo, cokelat bubuk, atau bubuk matcha. Selamat mencoba!

Pasti happy staycation di Bobobox!

Kamu bosan dengan kamar hotel yang gitu-gitu aja? Berarti ini saatnya kamu datang ke Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel.

Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama staycation di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Untuk memesan kamar, kamu nggak usah khawatir bakal ribet, tinggal download aja aplikasinya. QR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox! Happy staycation!

suasana kamar bobobox

You might also like