Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

5 Fakta Tentang Bandara Soekarno Hatta, Salah Satu Bandara Tersibuk di Asia Tenggara!

Jadi makin tahu soal salah satu bandara internasional di Indonesia!

Bobobox.co.id — Bandara Soekarno Hatta merupakan salah satu bandara internasional yang dimiliki. Dengan fakta tersebut, jangan heran jika bandara ini termasuk salah satu bandara tersibuk di Asia Tenggara.

Tak hanya itu, ada banyak menarik lainnya seputar bandara ini. Fakta tentang Bandara Soekarno Hatta mencakup beberapa hal yang mungkin belum pernah kamu ketahui sebelumnya.

Tak usah berlama-lama lagi, langsung saja simak 5 fakta tentang Bandara Soekarno Hatta berikut ini.

Bukan Merupakan Bandara Internasional Pertama di Indonesia

Fakta tentang Bandara Soekarno Hatta pertama adalah bandara satu ini sebenarnya bukan merupakan bandara internasional pertama yang dimiliki oleh Indonesia.

Bandara internasinonal pertama Indonesia adalah Bandara Kemayoran. Beoperasi cukup lama mulai dari tahun 1928 hingga 1985, Bandara Kemayoran ditutup dengan alasan terlalu dekat dengan Bandara Halim Perdanakusuma.

Akhirnya, pada tahun 1985, Bandara Soekarno Hatta resmi beroperasi menggantikan Bandara Kemayoran. Bandara Kemayoran sendiri beralih fungsi menjadi Jakarta International Expo (JIExpo).

fakta tentang bandara soekarno hatta
JP/Wendra Ajistyatama via thejakartapost.com

Didesain oleh Arsitek Prancis

Fakta tentang Bandara Soekarno Hatta selanjutnya adalah arsitektur dari bandaranya yang berasal dari Paris, Prancis. Arsitektur tersebut bernama Paul Andreu kelahiran 10 Juli 1938.

Ia sendiri termasuk salah arsitektur yang terkenal akan rancangan bandara di seluruh dunia. Untuk di Bandara Soekarno Hatta sendiri, Terminal 1 dan 2 merupakan hasil karya dari Paul Andreu.

Soal konsep, fakta tentang Bandara Soekarno Hatta lainnya adalah tema bangunan dalam taman yang diusung untuk bandara di Indonesia ini. Jangan heran jika kamu bisa merasakan nuansa hijau saat menunggu di bandaranya.

©Paul Maurer via acpresse.fr

Bandara dengan Nuansa Indonesia

Walaupun dirancang oleh arsitektur asal Prancis, namun nuansa Indonesia tetap terasa kok. Fakta tentang Bandara Soekarno Hatta ini bisa kamu rasakan sejak pertama kali kakimu memasuki area bandara.

Pasalnya, ada Patung Garuda karya pematung asal Bali, I Nyoman Nuarta yang menyambutmu dekat gerbang. Hal tersebu bukan satu-satunya sentuhan tradisional yang diaplikasikan pada bandara ini.

Beberapa bagian interior dari bandara internasional ini mengambil gaya ukiran beberapa daerah seperti Jawa, Bali, dan masih banyak lainnya. Fakta tentang Bandara Soekarno Hatta yang membanggakan, bukan?

ThroughTheL3ns via flickr.com

Mampu Menampung 60 Juta Penumpang

Fakta tentang Bandara Soekarno Hatta selanjutnya ini berkaitan dengan apa yang sempat Bob singgung. Fakta tentang Bandara Soekarno Hatta yang dimaksud adalah bandara ini mampu menampung banyak penumpang.

Pembangunan yang masif menjadi salah satu alasan mengapa hal tersebut bisa terjadi. Pada tahun 2018 yang lalu saja, tak kurang dari 63 juta penumpang mampu tertangani oleh Bandara Soetta ini.

Jumlah tersebut akan bertambah lagi jika proses pembangunan Terminal 4 Bandara Soetta nantinya rampung di tahun 2024. Bob yakin nantinya Bandara Soetta ini akan semakin sibuk saja di masa depan.

Antara Photo/Lucky R via thejakartapost.com

Adanya Kereta Bandara

Fakta tentang Bandara Soekarno Hatta terakhir adalah penambahan fasilitas kereta bandara. Fasilitas tersebut tentunya akan semakin mempermudah para penumpang untuk bisa datang ke bandara.

Rute yang dimiliki oleh kereta bandara ini sendiri adalah Sudirman Baru – Bandara Soetta. Nantinya, kereta tersebut akan berhenti juga di beberapa stasiun seperti Stasiun Duri ataupun Stasiun Batu Ceper.

Soal waktu tempuh, perjalanannya hanya membutuhkan waktu 40 hingga 55 menit saja. Harga tiketnya berkisar antara Rp10.000 hingga Rp75.000 bergantung dari stasiun mana kamu naik pertama kali.

Dok. Angkasa Pura 2

Tak Ingin Menginap Jauh dari Bandara Soekarno Hatta? Yuk ke Bobobox Airport Hub

Takut telat saat akan check-in di Bandara Soekarno Hatta? Menginap saja di Bobobox Airport Hub. Berjarak kurang lebih dua kilometer saja, kamu tak butuh waktu lama untuk bisa sampai ke bandaranya.

Soal makanan, ada banyak tempat makan dan minimarket yang bisa kamu kunjungi. Jadi, semua kebutuhanmu sudah bisa terpenuhi dengan mudah selama menginap di Bobobox Airport Hub.

Book segera podnya melalui aplikasi Bobobox melalui link ini ya!

 

You might also like