Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

10 Fakta Telur yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Apa yang kamu bayangkan saat memakan telur? Pernah terlintas fakta telur berikut ini?

Fakta telur pertama. Bahan makanan yang satu ini sulit tergantikan di antara bahan makanan lain yang datang dan pergi dari kulkas. Kehadirannya hampir selalu ada setiap saat. Telur menjadi makanan pendamping nasi, mi, roti, dan lain sebagainya.

Saking fleksibelnya, telur bisa dijadikan apa saja termasuk kue atau minuman. Meskipun begitu, terkadang kita hanya menjadikannya sebatas makanan dan melupakan fakta telur lainnya. Nah, supaya kamu bisa mengenal lebih dekat makanan serbaguna yang satu ini, yuk simak fakta telur yang menarik lainnya.

Fakta telur: rata-rata ayam menetaskan 300 telur dalam setahun

fakta telur
Photo by Jan Baborák on Unsplash

Ternyata, fakta telur selanjutnya adalah dalam setahun satu ekor ayam bisa menetaskan sebanyak 300 butir telur. Itu berarti setidaknya satu ekor ayam menetaskan satu butir telur setiap harinya.

Segera setelah telur menetas, tubuh ayam akan beradaptasi kembali dan memproduksi telur baru. Namun, ada juga kalanya satu ekor ayam tidak bisa memproduksi telur sama sekali.

Fakta telur: semakin tua ayam, semakin besar telurnya

fakta telur
Photo by Leonardo Iheme on Unsplash

Fakta telur berikutnya, di samping warna kulit, putih, dan kuning telurnya, telur juga datang dengan berbagai ukuran. Ada yang kecil dan ada yang besar. Ternyata, salah satu faktor yang memengaruhinya adalah usia ayam tersebut. Semakin seekor ayam bertambah tua, semakin besar juga telur yang diproduksi meskipun secara jumlah berkurang.

Fakta telur: telur lebih tahan lama jika disimpan di kulkas

fakta telur
Photo by Squared.one on Unsplash

Setelah kamu membeli telur, biasanya kamu simpan di mana, kulkas atau ruang terbuka? Menurut situs Healthline, telur yang disimpan di dalam kulkas bisa bertahan lebih lama lho.

Fakta telur ini dikarenakan telur biasanya dicuci dan disanitasi terlebih dahulu setelah ditetaskan. Pembersihan ini dilakukan untuk mencegah kontaminasi bakteri Salmonella, penyebab keracunan makanan.

Akan tetapi, dengan menghilangkan bakteri tersebut justru kutikula atau lapisan pelindung pada telur justru menjadi rusak. Hal ini menyebabkan bakteri bisa dengan mudah masuk ke dalam cangkang dan mengkontaminasi telur. Bakteri itulah yang membuat telur menjadi busuk.

Nah, pertumbuhan bakteri tersebut akan melambat jika disimpan di dalam kulkas dan mencegahnya masuk ke dalam cangkang. Namun, baik di kulkas ataupun tidak, cepat atau lambat telur akan membusuk jika terlalu lama dibiarkan.

Fakta telur: warna putih telur menandakan kesegaran telur

fakta telur
Photo by Louis Hansel @shotsoflouis on Unsplash

Bingung mau membedakan jika telur kamu segara atau tidak? Salah satu fakta telur lainnya adala kamu bisa melihatnya lewat warna putih telur. Jika putih telurnya berwarna keruh, berarti telur tersebut masih segar. Di sisi lain, justru putih telur yang berwarna cerah menanadkan bahwa telur tersebut sudah berusia cukup lama.

Fakta telur: kuning telur dipengaruhi pola makan ayam

fakta telur
Photo by Miguel Andrade on Unsplash

Kamu pasti pernah melihat warna kuning telur yang berbeda-beda. Ada yang kuning muda hingga sedikit oranye. Perbedaan warna ini tergantung dari jenis makanan yang dimakan oleh ayam yang menetaskan telur tersebut, terutama makanan yang mengandung karotenoid.

Karotenoid merupakan pigmen yang memberikan warna kuning pada telur. Terkadang ayam diberi makanan yang kaya akan karotenoid sepeti bunga marigold atau paprika.

Kamu juga mungkin pernah bertanya-tanya apakah warna cangkang telur mempengaruhi rasanya. Fakta telur membuktikan bahwa ternyata rasa telur tidak ditentukan sama sekali dari warna kulitnya. Baik itu coklat, putih, atau bahkan biru adalah warna yang dihasilkan oleh jenis ayamnya.

Fakta telur: kaya akan nutrisi

fakta telur
Photo by wenping wang on Unsplash

Menurut Egg Nutrition Center, satu butir telur besar memiliki sekitar 13 vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh. Telur juga kaya akan protein dan hanya memiliki 70 kalori per butirnya.

Selain itu, mengonsumsi telur dengan makanan lain bisa membantu tubuh menyerap vitamin lebih baik. Telur ternyata tidak hanya baik dikonsumsi apa adanya.

Telur juga bisa membantu tubuh menyerap vitamin jika dikombinasikan dengan makanan lain. Salad misalnya. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mencampurkan telur ke dalam salad bisa membantu tubuh menyerap lebih banyak vitamin E dari sayuran.

Fakta telur: kolesterol yang ada di kuning telur berbahaya? Hmm, tunggu dulu

fakta telur
Photo by Alice Pasqual on Unsplash

Banyak orang berpikir bahwa kolesterol berbahaya bagi tubuh. Namun, kolesterol yang mana dulu? Kolesterol memiliki peran penting dalam membangun membarn sel.

Kolesterol juga dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi vitamin D, testosteron dan estrogen. Kamu bisa menemukan kolesterol baik tersebut dalam telur. Soalnya, sama seperti udang, telur memiliki kandungan kolesterol yang tinggi namun rendah akan lemak jenuh yang justru berbahaya bagi tubuh.

Fakta telur: terima kasih, kolin

fakta telur
Photo by Vanessa von Wieding on Unsplash

Telur mengandung senyawa yang kolin. Senyawa ini menurut penelitian memiliki kandungan yang mampu melindungi diri dari resiko penyakit Alzheimer.

Menurut Sciencedailly, kolin merupakan nutrisi mirip vitamin yang ditemukan di beberapa jenis makanan dan suplemen. Kolin adalah sumber gugus metil yang dibutuhkan dalam berbagai proses metabolisme dalam tubuh. Baik hewan maupun tumbuhan membutuhkan kolin untuk mempertahankan struktur integritas mereka.

Fakta telur: ternyata baik juga untuk mata

fakta telur
Photo by Daniil Kuželev on Unsplash

Selain baik untuk penderita Alzheimer, ternyata telur, terutama kuning telur, memiliki manfaat yang baik untuk penglihatan. Kuning telur adalah salah satu sumber lutein yang paling baik. Lutein adalah pigmen yang dinilai mampu menurunkan resiko penyakit mata dan meningkatkan kemampuan melihat.

Makan putih telur bikin berotot? Cek dulu fakta telur berikut ini

fakta telur
Photo by Sarah Boudreau on Unsplash

Kalau kamu orang yang suka pergi ke gym pasti pernah mendengar hal ini. Apakah mengonsumsi putih telur mentah bisa meningkatkan masa otot atau tidak.

Ternyata, menurut situs fakta telur Egg Nutrition Center, hanya 51 persen protein dari telur mentah yang bisa dicerna oleh tubuh sedangkan protein dari telur matang mampu dicerna tubuh sebanyak 91 persen.

Fakta-fakta tentang Bobobox, hotel kapsulnya anak milenial

bobobox

Bicara soal fakta telur, Bob jadi ingin memberi tahu kamu fakta lain nih. Soal hotel kapsul yang jadi incaran banyak anak milenial. Apa lagi kalau bukan Bobobox. Berikut adalah beberapa faktanya:

  • Bobobox adalah hotel kapsul dengan desain yang modern dan futuristik. Selain nyaman untuk menginap juga cocok dipakai untuk berfoto.
  • Teknologi yang digunakan canggih.
  • Menggunakan fitur smart check-in untuk memesan melalui aplikasi Bobobox.
  • Aplikasi ini, selain untuk memesan, juga berfungsi sebagai kunci kamar yang dipindai menggunakan QR code.
  • Di kamarnya, kamu akan menemukan lampu led yang bisa kamu atur sesuai dengan suasana hati kamu dengan berbagai mode.

Nah, daripada bingung membayangkan, mendingan kamu langsung aja coba sendiri gimana rasanya menginap di Bobobox. Jadi, tunggu apa lagi? Bob tunggu kehadiran kamu di Bobobox ya!

You might also like