sirsak

Lezat dan Menyehatkan, Ini Dia Fakta Teh Sirsak yang Menyeggarkan!

Fakta teh sirsak berikut ini akan menambah wawasan kamu mengenai opsi teh yang bisa kamu konsumsi selain teh hitam dan teh hijau. Daging buah sirsak dikenal memiliki rasa manis dan asam yang nikmat dan menyegarkan. Namun siapa yang mengira jika selain daging buah sirsak faktanya daun sirsak pun dapat dimanfaatkan menjadi teh sirsak yang kaya akan manfaat.

Daging buah sirsak sering kali disebut dengan nama soursop, graviola, guanabana, custard apple, atau Brazilian paw paw. Jika kamu memiliki pohon sirsak pastikan juga ntuk memanfaatkan daun teh sirsak untuk kamu jadikan teh sirsak. Cara pembuatannya adalah dengan merebus daun sirsak seperti halnya merebus daun teh. Salah satu manfaat teh sirsak yang terkenal adalah kemampuannya untuk mencegah atau mengobati kanker.

1. Fakta Teh Sirsak: Tidak Mengandung Kafein

Fakta teh sirsak yang pertama inilah yang membedakkan teh sirsak dengan daun teh pada umumnya. Banyak orang yang mengonsumsi teh sebagai alternatif lain untuk mendapatkan kafein selain dari kopi. Tingkat kafein yang rendah pada daun teh pada umumnya membuat teh banyak diminati bagi mereka yang tidak bisa mengonsumsi kopi namun membutuhkan asupan kafein. Namun tak sedikit diantara masyarakat yang sama sekali tidak dapat mentoleransi asupan kafein bahkan pada teh sekalipun. Jika kamu adalah satu diantaranya maka kamu dapat mencoba mengonsumsi teh sirsak ini karena tidak mengandung kafein.

kopi dan teh

2. Fakta Teh Sirsak Bagi Kesehatan

Selain antikanker, fakta teh sirsak bagi kesehatan lainnya adalah kemampuan untuk mengobati dan meringankan gejala batuk, herpes, radang hidung dan tenggorokan, serta infeksi akibat bakteri, virus, maupun parasit. Konsumsi teh sirsak juga diyakini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Apakah Teh Sirsak Aman Dikonsumsi?

Masih ragu mengonsumsi teh sirsak? Seorang ahli gizi tersertifikasi asal Kanada bernama Christy Brissette, MSc RD, mengungkapkan fakta teh sirsak jika dikonsumsi secara berlebihan dapat membunuh sel saraf di otak dan bagian tubuh lainnya. Meskipun teh sirsak memiliki banyak manfaat salah satunya bagi kesehatan, fakta teh sirsak ini mengungkapkan jika konsumsi dalam jumlah berlebihan teh sirsak justru akan berpotensi menjadi racun bagi tubuh. Ingat untuk konsumsi teh sirsak secukupnya saja ya!

4. Fakta Teh Sirsak: Efek Samping Mengonsumsi Teh Sirsak

Fakta teh sirsak berikutnya yang akan Bob bahas adalah efek samping yang mungkin kamu dapatkan saat mengonsumi teh sirsak secara berlebihan. Tentunya segala hal yang dikonsumsi secara berlebihan hanya akan memberikan damak negatif bagi tubuh tak terkecuali dengan konsumsi teh sirsak. Agar mendapatkan berbagai manfaat baik bagi kesehatan, penting bagi kamu untuk mengonsumi teh sirsak dalam batas wajar.

Dilansir dari Memorial Sloan Kettering Cancer Center, konsumsi teh sirsak secara berlebihan dapat menyebabkan keracunan hati dan ginjal dan meningkatkan kemungkinan terjadinya gangguan pergerakan dan myeloneuropathy. Gangguan ini merupakan suatu kondisi yang gejalanya mirip penyakit Parkinson.

5. Orang-orang dengan Kondisi Tertentu Tidak Disarankan untuk Minum Teh Sirsak

Meskipun banyak fakta teh sirsak yang mengungkapkan beragam manfaat konsumsi teh sirsak bagi kesehatan, tak semua orang dianjurkan untuk mengnsumsi teh sirsak. Orang-orang dengan kondisi tertentu seperti mereka yang sedang mengonsumsi obat-obatan untuk tekanan darah maupun obat diabetes tidak disarankan untuk mengonsumsi teh sirsak.

Fakta teh sirsak ini merujuk pada penelitian terhadap hewan yang mengungkapkan bahwa daun sirsak memiliki efek dapat menurunkan tekanan darah serta gula darah. Hal inilah yang menjadi dasar mengapa konsumsi teh sirsak tidak disarankan dikonsumsi berbarengan dengan obat-obatan untuk tekanan darah maupun diabetes. Konsumsi teh sirsak dan obat-obatan ini secara bersamaan dikhawatirkan dapat menimbulkan efek samping tambahan.

6. Fakta Teh Sirsak: Mampu Melawan Kanker

Seperti yang Bob sampaikan sebelumnya fakta teh sirsak bagi kesehatan adalah khasiat antikanker. Selain perawatan medis. konsumsi teh sirsak secara rutin dapat menjadi salah satu alternatif pengobatan pendukung kanker. Hal ini dibuktikan dengan hasil studi yang dilakukan Faculty of Biotechnology and Biomolecular Sciences, Universiti Putra Malaysia. Hasil studi ini mengungkapkan fakta teh sirsak memiliki kemampuan dalam melawan sel kanker payudara.

Fakta teh sirsak selanjutnya adalah dapat mengecilkan tumor, membunuh sel kanker dan meningkatkan aktivitas sistem imun tubuh. Namun meskipun demikian, penting untuk diingat bahwa temuan dari studi ini berdasarkan studi tube-test yang mengamati bagaimana ekstrak daun sirsak dosis tinggi bekerja. Sampai saat ini belum dilakukan studi lebih lanjut yang melihat bagaimana daun sirsak dapat mempengaruhi kanker pada manusia.

7. Fakta Teh Sirsak: Mengatasi Peradangan

Bagi kamu yang sering memiliki keluhan peradangan atau luka kamu bisa mencoba mengonsumi teh sirsak. Faktanya berdasarkan sebuah uji laboratorium yang melibatkan tikus percobaan, ditemukan bahwa daun sirsak dapat digunakan untuk melawan berbagai jenis peradangan. Hal ini dikarenakan daun sirsak yang direbus dan dioleskan pada bagian tubuh yang mengalami peradangan dan luka memiliki kemampuan anti-rematik dan neuralgik.

fakta teh sirsak

8. Fakta Teh Sirsak: Melawan Penyakit Gigi

Punya keluhan dengan kesehatan mulut dan gigi? Faktanya daun sirsak memiliki kemampuan antibakteri dan antijamur yang juga dapat kamu rasakan untuk meningkatkan kualitas kesehatan gigi dan mulut. Kemampuan antibakteri dan antijamur pada daun sirsak dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri Streptococcus mutans, Streptococcus mitis, Porphyromonas gingivalis, and Candida albicans. Bakteri-bakteri ini umum ditemukan disekitar mulut dan gigi dan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit gigi seperti periodontitis dan gingivitis.

9. Fakta Teh Sirsak: Kaya Antioksidan

Fakta teh sirsak yang terakhir akan Bob bahas adalah tingginya kandungan antioksidan pada daun sirsak. Selain menpatkan kandungan antioksidan dari buah dan sayuran kamu juga akan mendapatkan manfaat antioksidan yang tinggi yang baik bagi kesehatan tubuh dari mengonsumsi teh sirsak.

Fakta teh sirsak ini bisa menjadi solusi bagi kamu yang ingin meningkatkan kualitas kesehatan tibih karena antioksidan yang tinggi pada teh sirsak dapat melawan senyawa berbahaya. Senyawa yang berbahaya pada tubuh ini adalah radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan pada sel.

Jaga Kesehatan dengan Menghindari Stres di Bobobox!

Selain menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan maupun minuman yang bernutrisi bagi tubuh penting juga bagi kamu untuk menghindari stres agar tetap sehat. Dengan liburan, kamu bisa menjaga jiwa dan hatimu biar happy terus. Kamu nggak perlu bingung mau pilih hotel yang mana. Datang aja ke Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel.

Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama nginap di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu. Pesan kamarnya pun nggak ribet, tinggal download aja aplikasinya di siniQR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox! Stay healthy, stay

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles