Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Sempat Hits dan Viral di Media Sosial, Ini Dia Fakta Teh Kombucha yang Harus Kamu Ketahui

Mudah dibuat dan baik untuk kesehatan lho

Pernah dengar kombucha? Minuman ini merupakan hasil fermentasi teh yang ditambahkan gula, ragi, dan bakteri. Hasilnya adalah minuman ringan dengan rasa asam yang khas. Sebelum mencoba, ini dia fakta teh kombucha yang perlu kamu ketahui.

Fakta teh kombucha, mengandung probiotik

fakta teh kombucha
Photo by Megumi Nachev on Unsplash

Probiotik adalah bakteri sehat yang baik bagi usus. Bakteri ini dapat meningkatkan banyak aspek kesehatan, termasuk pencernaan, peradangan, dan bahkan penurunan berat badan.

Meskipun masih belum ada fakta teh kombucha yang membuktikan manfaat probiotik dari kombucha, minuman ini mengandung beberapa spesies bakteri asam laktat yang bersifat sebagai probiotik. Kandungan asam ini datang dari proses fermentasi yang terjadi pada kombucha.

Fakta teh kombucha dibuat dengan cara menambahkan bakteri, ragi, dan gula tertentu ke teh hitam atau hijau. Setelah itu, teh dibiarkan berfermentasi selama seminggu atau lebih.

Selama proses ini, bakteri dan ragi membentuk lapisan seperti jamur di permukaan teh. Inilah sebabnya fakta teh kombucha juga dikenal sebagai teh jamur.

Gumpalan ini merupakan koloni bakteri dan ragi hidup yang disebut sebagai scoby, dan dapat digunakan untuk memfermentasi kombucha baru.

Proses fermentasi ini menghasilkan asam asetat, asam yang ditemukan dalam cuka, dan beberapa senyawa asam lainnya. Selain itu, kadar alkohol dan gas juga membuat fakta teh kombucha berkarbonasi. Untuk itu, menambahkan kombucha ke dalam diet harian kamu bisa berpotensi meningkatkan kesehatan.

Fakta teh kombucha, tinggi akan antioksidan

fakta teh kombucha
Photo by Shannon Milling on Unsplash

Selain probiotik, fakta teh kombucha juga dinilai memiliki kandungan aniotksidan yang cukup tinggi. Antioksidan adalah zat yang mampu melawan radikal bebas, molekul reaktif yang dapat merusak sel tubuh kamu.

Banyak yang berpendapat bahwa antioksidan dari makanan dan minuman lebih baik untuk kesehatan daripada suplemen antioksidan.

Oleh karena itu, fakta teh kombucha memiliki antioksidan tinggi, minuman ini bisa kamu jadikan konsumsi harian untuk meningkatkan antioksidan. Selain iut, kombucha yang dibuat dengan teh hijau memiliki efek antioksidan yang lebih.

Sebuah penelitian menunjukkan fakta teh kombucha bahwa meminum kombucha secara teratur berpotensi mengurangi keracunan hati yang disebabkan oleh bahan kimia beracun.

Meskipun penelitian tersebut belum dilakukan pada manusia, fakta teh kombucha sebagai antioksidan yang baik terlihat cukup menjanjikan.

BACA JUGA: Suka Minum Teh? Kenali 12 Jenis Teh Dan Manfaatnya Untuk Tubuhmu!

Fakta teh kombucha, berpotensi mencegah penyakit jantung

fakta teh kombucha
Photo by Tyler Nix on Unsplash

Penyakit jantung adalah satu dari empat penyebab kematian paling banyak di dunia. Oleh karena itu, memerhatikan kesehatan jantung sangatlah penting. Nah, kombucha mungkin bisa menjadi salah satu pencegahnya.

Menurut sebuah penelitian pada tikus, fakta teh kombucha memiliki kemampuan untuk memperbaiki dua penanda penyakit jantung, LDL atau kolestrol jahat dan HDL atau kolestrol baik.

Kombucha, terutama yang dibuat dari teh hijau, dapat melindungi partikel kolesterol LDL dari oksidasi, yang diduga berkontribusi terhadap penyakit jantung.

Fakta teh kombucha ini dikarenakan peminum teh hijau memiliki risiko 31% lebih rendah terkena penyakit jantung. Oleh karena itu, manfaat yang ada dalam teh hijau juga berpotensi ditemukan di kombucha.

Fakta teh kombucha, berpotensi membantu menangani diabetes tipe 2

fakta teh kombucha
Photo by Katherine Sousa on Unsplash

Apakah kamu tahu jika lebih dari 300 juta orang di seluruh dunia menderita diabetes tipe 2? Penyakit ini ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi dan resistensi insulin.

Sebuah penelitian fakta teh kombucha yang dilakukan pada tikus penderita diabetes menemukan bahwa kombucha mampu memperlambat pencernaan karbohidrat, yang mengurangi kadar gula darah.

Fakta teh kombucha, bisa membunuh bakteria

fakta teh kombucha
Photo by Tyler Nix on Unsplash

Salah satu zat utama yang dihasilkan selama fermentasi kombucha adalah asam asetat. Seperti polifenol dalam teh, asam asetat mampu membunuh banyak mikroorganisme yang berpotensi membahayakan.

Kombucha yang terbuat dari teh hitam atau hijau memiliki sifat antibakteri yang kuat, terutama terhadap bakteri penyebab infeksi dan ragi Candida.

Efek antimikroba ini menekan pertumbuhan bakteri dan ragi yang tidak diinginkan, tetapi tidak mempengaruhi bakteri probiotik dan ragi menguntungkan yang terlibat dalam fermentasi fakta teh kombucha.

Cara membuat kombucha di rumah

fakta teh kombucha
Photo by Klara Avsenik on Unsplash

Jika kamu tertarik dengan faka teh kombucha di atas dan ingin membuat kombucha sendiri di rumah, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Bahan-bahan

  • 3,5 liter air
  • 200 gram gula pasir
  • 8 kantong teh hitam atau teh hijau
  • 400 ml starter kombucha (bisa dibeli di market place)
  • 1 scoby per botol fermentasi

Cara membuat

  • Untuk membuat dasar teh, didihkan air. Angkat dari api dan aduk gula hingga larut.
  • Masukkan teh dan biarkan hingga air mendingin.
  • Setelah teh dingin, keluarkan kantong teh atau saring tehnya. Kemudian, masukkan starter kombucha.
  • Tuang campuran teh dan starter ke dalam stoples kaca.
  • Masukkan scoby ke dalam stoples dengan tangan bersih.
  • Tutup mulut toples dengan beberapa lapis kain yang ditenun rapat, penyaring kopi, atau tissue yang diikat dengan karet gelang.
  • Simpan stoples pada suhu kamar, jauhkan dari sinar matahari langsung, dan di tempat yang tidak berdesakan.
  • Fermentasikan selama 7 hingga 10 hari, periksa kombucha dan scoby secara berkala.
  • Setelah 7 hari, cicipi kombucha setiap hari dengan menuangkan sedikit dari stoples ke dalam cangkir.
  • Saat mencapai keseimbangan rasa manis dan asam yang pas, kombucha siap untuk dibotolkan.

BACA JUGA: Tidak Hanya Nikmat, Kenali 10 Jenis Teh Herbal Yang Baik Untuk Keshatan Tubuhmu

Meskipun kombucha ditemukan sekitar 2.000 tahun yang lalu, fakta teh kombucha saat ini semakin populer. Kamu bisa menemukan kombucha dijual di toko atau dibuat sendiri di rumah-rumah. Hal ini tentunya bukan hanya karena rasanya yang unik tapi juga fakta teh kombucha yang menyehatkan.

Selain fakta teh konbucha di atas, masih ada manfaat lain lho yang bisa kamu dapat dari minuman ini seperti penurunan kolesterol dan tekanan darah, peningkatan sirkulasi darah, membantu menopause, menguatkan sistem kekebalan tubuh. Jadi, kamu sudah pernah minum kombucha? Kalau belum, sekarang saatnya kamu mencoba!

Bingung mau liburan ke mana? Staycation di Bobobox aja!

Bobobox adalah hotel capsule Jakarta yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana yang tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati, apalagi buat kamu yang suka foto-foto. Buat staycation juga cocok banget lho.

Nggak percaya? Tenang. Supaya kamu punya gambaran yang lebih jelas soal pengalaman menginap yang lebih nyata, kamu bisa lho keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob. Kamu bisa membuktikan sendiri sebelum dateng langsung ke tempatnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak.

You might also like