Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Dari Menantang Sampai Merinding, Ini Fakta Tahura Dago Bandung

Fakta Tahura Dago Bandung ini jadi bikin ingin coba datang ke sana!

Fakta Tahura Dago Bandung berikut ini akan mengungkapkan berbagai keunikan dan sedikit sejarah di balik salah satu taman hutan di Kota Bandung. Seperti yang ungkin kamu ketahui, Jalan Dago adalah salah satu tempat yang cukup terkenal di Kota Bandung karena banyaknya distro, kafe, dan beberapa hotel ternama, termasuk karena keberadaan tempat wisata alam Taman Hutan Raya Djuanda Bandung.

Tahura Djuanda adalah sebuah kawasan konservasi di Kota Bandung yang memadukan alam sekunder dengan hutan tanaman. Kamu bisa melaukna berbagai aktivitas di sini mulai dari hiking, nongkrong di kafe, wisata sejarah, dan masih banyak lagi. Ingin tahu lebih banyak tentang fakta Tahura Dago Bandung? Yuk simak beberapa fakta Tahura Dago Bandung berikut ini?

1. Fakta Tahura Dago Bandung: Gua Belanda

Fakta Tahura Dago Bandung
@Mister Aladin Blog

Fakta Tahura Dago Bandung yang pertama adalah keberadaan Gua Belanda yang diperkirakan berumur lebih dari 111 tahun. Jika kamu memasuki Gua Belanda ini kamu akan merasakan hawa dingin dan juga kegelapan. Gua Belanda ini terdiri dari tiga lorong yang saling terhubung. Pada sayap kiri Gua Belanda ini terdapat sel tahanan perang dan juga tempat penyimpanan logistik.

Pintu sel pada Gua Belanda ini masih terlihat seperti aslinya dan kamu juga bisa masuk ke dalam ruangan tersebut. Selain itu di bagian sayap kanan Gua Belanda ada gang sempit yang berujung pada tangga yang beguna untuk mengintai pada zaman dahulu.

Baca Juga: Dihantui Malapetaka Di Balik Meriahnya Tawa: Menguak Misteri Taman Bermain Wonderia Semarang yang Terbengkalai

2. Fakta Tahura Dago Bandung: Gua Jepang

Fakta Tahura Dago Bandung berikutnya adalah keberadaan gua bekas kolonialisme Jepang sehingga gua ini disebut dengan nama Gua Jepang. Gua ini berjarak 300 meter dari Gua Belanda dan memiliki empat pintu masuk juga dua lubang penjagaan. Konon katanya gua ini dibangun dengan sistem kerja paksa yang pada jaman Jepang lebih dikenal dengan istilah romusha. Di dalam Gua Jepang ini terdapat beberapa gua kecil sebagai tempat interogasi, penjara, persembunyian, dan penyimpanan.

Gua Jepang ini masih mempertahankan bentuk aslinya yang beralas dan berdinding tanah juga batuan. Jika kamu berkunjung ke Gua Jepang ini kamu mungkin akan dibuat terkejut oleh sekelompok kelelawar yang bersarang di langit-langit Gua Jepang. Dibandingkan Gua Belanda, Gua Jepang dinilai lebih pengap dan lebih gelap dari Gua Belanda.

3. Fakta Tahura Dago Bandung: Air Terjun dan Curug

@Kompas Regional

Fakta Tahura Dago Bandung selanjutnya adalah adanya sudut wisata alam yang mampu menyejukan mata kamu berupa air terjun atau curug. Fakya Tahura Dago Bandung ini melingkupi tiga air terjun yang terkenal di Tahura Djuanda yaitu Curug Dago, Curug Omas, dan Curug Lalay. Curug Dago memiliki ketinggian 12 meter. Hal yang membuat curug ini menarik adalah adanya dua prasasti peninggalan Raja Thailand.

Sedangkan Curug Omas lebih terkenal dengan nama Curug Maribaya karena lokasinya yang berada di kawasan Wisata Maribaya, ketinggian curug ini sekitar 30 meter. Terakhir adalah Curug Lalay yang memiliki ketinggian air terjun yang sama dengan Curug Omas namun lokasi curug ini sedikit tersembunyi di antara lembah. Di sisi air terjun terdapat Gua tempat bersarang kelelawar, Gua ini disebut juga Gua Lalay.

4. Fakta Tahura Dago Bandung: Museum Ir. H. Djuanda

Tak kalah menarik dengan fakta Tahura Dago Bandung di atas, fakta Tahura Dago Bandung satu ini juga bikin Tahura wajib masuk bucket list tempat yang kamu kunjungi saat di Bandung. Museum ini merupakan penghormatan kepada tokoh pahlawan nasional Ir. H. Djuanda. Di dalam bangunan museum ini kamu bisa menyaksikan langsung berbagai koleksi penghargaan yang diterima oleh Ir. H. Djuanda seperti medali, kancing, dan wings dari berbagai negara.

5. Fakta Tahura Dago Bandung: Tebing Keraton

Selain gua dan museum kamu juga bisa mengunjungi sudut wisata lain dari tahura bernama Tebing Keraton. Fakta Tahura Dago Bandung di sudut wisata ini adalah kamu bisa menyaksikan indahnya matahari terbit dan terbenam dari tebing. Jika kamu hendak berkunjung ke Tebing Keraton maka berlaku tiket terpisah dan berlaku tiket terusan ke Tahura untuk satu hari.

6. Fakta Tahura Dago Bandung: Penangkaran Rusa

Bagi kamu yang sudah lelah melakukan hiking di Tahura dan ingin beristirahat, kamu bisa beristirahat sambil melihat rusa-rusa yang lucu dan menggemaskan di sini. Fakta Tahura Dago Bandung yang tak boleh kamu lewatkan adalah keberadaan penangkaran rusa di taman hutan ini. Di sini kamu bisa belajar berbagai informasi tentang rusa termasuk manfaat dari rusa itu sendiri.

Fakta Tahura Dago Bandung: Fasilitas Taman Hutan Raya Djuanda

  1. Fakta Tahura Dago Bandung:Saung kecil bagi wisatawan yang ingin duduk-duduk atau beristirahat.
  2. Fakta Tahura Dago Bandung:Penginapan, wisma, guest house, hingga area perkemahan.
  3. Fakta Tahura Dago Bandung:Trek khusus untuk jogging dan bersepeda, taman bermain, area paintball, dan play ground.
  4. Fakta Tahura Dago Bandung:Area outbond juga yang bisa dinikmati oleh anak-anak dan dewasa.
  5. Fakta Tahura Dago Bandung:Toilet, mushola, dan masjid.
  6. Fakta Tahura Dago Bandung:Warung-warung yang sangat banyak tersebar di beberapa titik di kawasan tempat wisata tahura Djuanda.

Baca Juga: Teduh Coffee Bandung Cafe Baru dengan Kesejukkan di Tengah Hutan Bersama Kehangatan Secangkir Kopi

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

You might also like