Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Pencinta Otomotif Mana Suaranya? Ketahui Fakta Menarik Seputar Sirkuit MotoGP Mandalika Berikut Ini!

Wajib tahu!

Bobobox.co.id — Sirkuit MotoGP Mandalika atau memiliki nama resmi Pertamina Mandalika International Street Circuit berhasil menyita perhatian publik. Banyak pihak tentu penasaran dengan fakta menarik seputar treknya.

Khususnya para pencinta otomotif, kamu tentu wajib tahu. Pasalnya, bisa saja ada orang iseng yang menanyakan fakta-fakta yang jarang diketahui seputar sirkuit kebanggaan Indonesia tersebut.

Jika kamu tertarik, Bob sudah merangkum beragam faktanya hanya untukmu. Jadi, tak usah berlama-lama lagi, langsung saja simak ulasan Bob mengenai fakta sirkuit MotoGP Mandalika berikut ini.

Fakta Menarik Sirkuit MotoGP Mandalika

1. Dibangun Arsitek Berkelas Internasional

Fakta menarik sirkuit MotoGP Mandalika pertama adalah dibangun oleh arsitek berkelas internasional. Hal ini tentu sangat diwajarkan mengingat hajat balapan kelas dunia yang dihelat di sirkuitnya.

Pertamina Mandalika International Street Circuit memang dikerjakan dengan begitu detail. Perusahaan arsitektur asal Amerika Serikat, Populous digaet untuk mengerjakan lintasan di NTB ini.

Bagi kamu yang belum tahu, perusahaan ini telah berpengalaman dalam mengerjakan desain venue olahraga ternama. Salah satu venue yang paling terkenal adalah Wembley Stadium di London.

Untuk pengerjaan sirkuit MotoGP Mandalika sendiri, Populous memulai pembangunan pada 15 Juni 2020. Mereka akhirnya berhasil membangun sirkuitnya selama 13 bulan yang selesai pada 15 Agustus 2021.

karya dari Populous
sumber: populous.com

2. Punya Lintasan Sepanjang 4,31 km

Fakta yang akan Bob bahas selanjutnya berkaitan soal lintasan dari sirkuit MotoGP Mandalika. Trek yang membanggakan Indonesia memiliki beberapa fakta menarik yang mungkin perlu diketahui.

Misalkan saja, Sirkuit Mandalika mempunyai lintasan sepanjang 4,31 kilometer dengan service road pada bagian kanan dan kiri trek. Spesifikasi trek ini tak hanya itu saja, lho, Sahabat Bob.

Lintasan ini terbilang menantang karena adanya 17 tikungan yang membuat balapan semakin seru. Tikungan tersebut terbagi atas enam tikungan kiri dan juga 11 tikungan kanan.

Di samping itu, sirkuit Mandalika menrapkan konsep street circuit yang mengacu pada fungsi ajang balap yang lebih besar. Jadi, kedepannya sirkuit ini bisa digunakan tak hanya untuk ajang balap saja.

fakta sirkuit MotoGP Mandalika pertama
sumber: mypertamina.id

Baca Juga: 10 Barang Unik Online Shop Yang Justru Bikin Geleng-Geleng Kepala


3. Memiliki Kesulitan di Atas Rata-Rata

Bagi pembalap MotoGP, mungkin Sirkuit Mandalika bakal memberi tantangan tersendiri. Pasalnya, sirkuit satu ini termasuk salah satu lintasan yang memiliki kesulitan di atas rata-rata.

Hal tersebut bisa langsung terlihat dari treknya yang mempunyai tikungan cepat dan mengalir. Tak hanya itu, trek kebanggaan Indonesia ini pun memiliki pemberhentian yang juga besar.

Bahkan, bagian teknis treknya terbilang ketat bagi para pembalap. Hal ini belum ditambah dengan suhu panas di sekitar lintasannya. Cuaca ini bakal menjadi adaptasi yang sulit bagi pembalap.

Mungkin saja, cuaca yang panas tersebut akan menambah kesulitan konsentrasi bagi para pembalap. Dengan begitu, tak heran jika trek satu ini dianggap sebagai trek yang menantang di ajang balap MotoGP.

fakta sirkuit MotoGP Mandalika kedua
sumber: motorsport.com

4. Ada Motif Tenun Sasak di Area Run-off

Sirkuit bernama resmi Pertamina Mandalika International Street Circuit tak meninggalkan nilai budaya daerah setempat. Faktanya adalah sirkuit ini justru menonjolkan budaya dari NTB.

Misalkan saja, Sirkuit MotoGP Mandalika mampu mencuri perhatian berkat adanya motif tenun sasak yang menghiasi lintasan. Tenun sasak sendiri adalah kain tradisional dari Suku Sasak di Lombok.

Dengan corak merah putih, area aspal luar atau run-off di tikungan 15 dan 16 dibuat dengan menggunakan corak Subahnale. Subahnale sendiri berarti sebagai kalimat tasbih dalam bahasa Sasak.

Nah, masyarakat Suku Sasak meyakini bahwa nama motif tersebut berasal dari kebiasaan wanita setempat. Wanita setempat kerap menenun kain tradisional sambil membaca kalimat tasbih.

fakta sirkuit MotoGP Mandalika keempat
sumber: Dok Pertamina

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Ekstrem Di Dunia. Berani Kunjungi?


5. Pit Building Sirkuit Mandalika WIKA Masuk Rekor MURI

Fakta menarik lainnya dari sirkuit MotoGP Mandalika adalah treknya yang memeroleh rekor dunia. Rekor MURI tersebut didapat setelah membangun kontruksi modular dalam waktu tercepat.

Dilansir dari bumn.go.id, PT. Wijaya Karya Bangunan Gedung TBK. (WEGE) adalah penerima rekornya. Entitas anak PT. Wijaya Karya (Persero) TBK. (WIKA) berhasil membangunnya hanya dalam waktu 21 hari.

Pit building sepanjang 350 itu memiliki kapasitas 50 garansi dan terdiri dari tiga lain. Tak hanya itu, lantai dasarnya difungsikan sebagai garasi untuk para pembalap dan teknisi tim.

Setiap garasinya sendiri memiliki lebar 5,24 meter dengan panjang 18,34 meter. Untuk lantai duanya, lantai ini digunakan untuk area podium, tribun penonton VVIP dan juga media center.

Masuk rekor MURI
sumber: muri.org

6. Kapasitas Penonton Cukup Besar

Fakta dari sirkuit MotoGP Mandalika yang perlu diketahui adalah soal kapasitas penontonnya. Sirkuit di Lombok, NTB ini diketahui siap untuk menyambut penonton dengan kapasistas mencapai ratusan ribu.

Untuk Grand Seating Street Circuit Mandalika, kapasitas yang ditampung lebih dari 50 ribu tempat duduk. Sementara untuk tribun berdiri, tribun satu ini diperkirakan mampu menampung 138 ribu orang.

Namun, tak hanya itu saja, ada juga Hospitality Suites yang bisa diakses oleh para penonton. Salah satu fasilitas dari sirkuit Mandalika ini diperkirakan mampu menampung kurang lebih 7,7 ribu penonton.

Untuk itu, secara keseluruhan, sirkuit MotoGP Mandalika mampu menampung kurang lebih 195 ribu penonton. Namun, pada masa pandemi, maksimal penontonnya dibatasi 114 ribu penonton saja.

sirkuit Indonesia
sumber: indonesia.travel

Baca Juga: Tak Sekadar Merayakannya Saja. Simak 10 Tradisi Tahun Baru Dari Berbagai Penjuru Dunia


7. Berlokasi di Destinasi Super Prioritas (DSP) Indonesia

Fakta menarik sirkuit MotoGP Mandalika terakhir adalah berkaitan dengan lokasi dari treknya. Banyak yang tidak tahu bahwa pemilihan lokasi trek yang disponsori Pertamina ini dipertimbangkan matang-matang.

Misalkan saja, Sirkuit Mandalika berlokasi di Destinasi Super Prioritas (DSP) Indonesia. Hal ini menjadikan sirkuit bertaraf internasional ini termasuk salah satu sirkuit terindah yang ada di dunia.

Bahkan, kamu bisa menikmati pemandangan yang memesona dari tribun sirkuit. Salah satu pemandangan indah tersebut adalah keindahan garis pantai yang dijamin worth it dengan tiket yang dibayar.

Untuk itu, pemerintah juga membangun dan mengoptimalkan berbagai infrastruktur lainnya di sekitar area trek. Beberapa di antaranya adalah perpanjangan lintasan pesawat dan akses ke Bandara Internasional Lombok.

sirkuit kebanggaan Indonesia
sumber: ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

***

Itulah tadi fakta menarik seputar MotoGP Mandalika yang wajib diketahui oleh para pencinta otomotif.

Adakah fakta yang belum kamu ketahui sebelumnya?

Jangan lupa untuk mengecek juga artikel-artikel menarik lainnya dari Bob yang bisa kamu baca di sini.

Menginap selama Liburan di Malang? Datang Saja ke Bobobox

Momen liburan singkat akan semakin komplet, kamu bisa datang ke Bobobox Alun-Alun Malang untuk mendapatkan pengalaman liburan yang jauh lebih asyik.

Informasi lebih lanjut bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

You might also like