Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Sebelum Nonton, Baca Dulu 7 Fakta Shang Chi, Film Pembuka Fase Empat MCU

Sudah lebih dari 20 tahun direncanakan!

Bobobox.co.id — Marvel Cinematic Universe sebenarnya memulai fase keempatnya lewat film Black Widow. Namun, secara timeline, Shang-Chi and The Legend of Ten Rings justru gerbang awal dari fase keempat tersebut.

Shang-Chi and The Legend of Ten Rings sendiri sebenarnya sudah dirilis di beberapa negara per 3 September yang lalu. Sembari menunggu perilisannya di Indonesia, ada baiknya kamu simak fakta Shang Chi berikut ini.

Berikut adalah 7 Fakta Shang Chi

1. Film Superhero Asia Pertama MCU

Fakta Shang Chi pertama adalah film ini menjadi film superhero Asia pertama MCU sejak pertama kali tayang pada tahun 2008. Tak mengherankan jika artis ketururan Asia cukup mendominasi daftar casting Shang Chi.

Beberapa artis keturunan Asia tersebut antara lain Simu Liu, Tony Leung, Michelle Yeoh, Awkwafina, dan masih banyak lainnya. Hal tersebut menjadi fakta yang menarik khususnya dari sisi industri film Hollywood.

Pemeran karakter utama, Simu Liu, pun mengatakan dirinya merasa terhormat bisa memerankan superhero Asia pertama. Bahkan, ia sendiri memaknainya sebagai ‘pengakuan masyarakat Asia di industri film Hollywood.

Oleh karena fakta Shang Chi tersebut, kamu tentu semakin penasaran dengan perilisan Shang Chi di Indonesia. Untuk saat ini, kamu masih belum bisa menyaksikan secara langsung keseruan film satu ini.

Superhero Asia pertama MCU fakta Shang Chi
Superhero Asia pertama MCU via flickeringmyth.com

2. Pertama Kali Muncul Pada Desember 1973

Fakta Shang Chi selanjutnya berkaitan dengan karakter Shang Chi dalam komik. Nah, karakter yang diciptakan oleh Steve Englehart dan Jim Starlin tersebut pertama kali muncul pada Desember 1973 pada edisi Special Marvel Edition #15.

Pada mulanya, pembuatan karakter Shang Chi berawal dari kegagalan Marvel dalam mengaptasi serial berjudul Kung Fu. Namun di sisi lain, Marvel justru berhasil mendapatkan hak cipta yang melahirkan Shang Chi.

Hal tersebut terjadi akrena Marvel mendapatkan hak cipta pembuatan komik tentang karakter villain, Dr. Fu Manchu. Dari situlah akhirnya karakter Shang Chi diciptakan yang diceritakan sebagai anak dari villain tersebut.

Fakta Shang Chi yang lebih menarik lainnya adalah karakter tersebut bisa disebut sebagai satu-satunya karakter orisinal buatan Marvel di komik debutnya. Pasalnya, karakter pendukung lainnya diciptakan oleh Rohmer.

Shang-Chi dalam komik fakta Shang Chi
Shang-Chi dalam komik via comicbook.com

Baca Juga: Sudah Nonton Season Finale Serial Loki Belum? Simak Daftar Referensi Dan Easter Egg Loki Yang Mungkin Kamu Tidak Sadari!


3. Terinspirasi dari Bruce Lee

Fakta Shang Chi berikutnya ini masih berkaitan dengan proses pertama kali pembuatan karakternya. Sebelumnya Bob sempat singgung awal di mana Marvel tak bisa mengadaptasi karakter dari serial Kung Fu.

Pada saat itu, popularitas dari kung fu sendiri terbilang sedang melonjak tajam. Selain karena kedatangan komunitas Tiongkok, Bruce Lee merupakan salah satu daya tarik yang mampu mempopulerkan kung fu.

Hal ini yang menjadikan Marvel ingin membuat karakter dengan kemampuan seni bela diri yang sama. Namun, karena satu dan lain hal, mereka justru bisa membuat karakter Shang Chi dari novel karya Rohmer.

Fakta Shang Chi inilah yang akhirnya membuat Marvel menjadikan Bruce Lee sebagai inspirasi karakter Shang Chi. Kepopuleran dari sang aktor tersebut memang layak untuk menjadi inspirasi karakter superhero.

Bruce Lee fakta Shang Chi
Bruce Lee via Criterion Collection

4. Sudah Direncanakan Sejak 1980

Siapa sangka jika Shang Chi sendiri sudah lama direncanakan. Bahkan, perencanaan tersebut terjadi pada tahun 1980 di mana Stan Lee berencana mengangkat Shang Chi ke dalam bentuk film ataupun serial televisi.

Margeret Loesch, mantan presiden CEO Marvel Productions, menyebutkan bahwa Stan Lee mengincar Brandon Lee, anak dari Bruce Lee. Bahkan, Stan Lee diketahui telah bertemu dengan Brandon dan ibunya.

Sayangnya, hal tersebut tak pernah terjadi. Fakta Shang Chi tersebut tak berhenti sampai di situ. Proyek kembali dihidupkan pada tahun 2001 dan 2003 yang di mana proyek tersebut akhirnya gagal direalisasikan.

Barulah pada tahun 2018, Marvel Studios mampu merelealisasikannya. Hal ini tentu menjadi kabar gembira di mana perencanaanya dari film ini sudah dilakukan sejak tahun 1980an atau kurang lebih 21 tahun yang lalu.

Stan Lee fakta Shang Chi
Stan Lee via Jordan Strauss / Invision / AP

Baca Juga: Baru Mau Mulai Nonton Film Dan Serial Marvel? Ini Urutan Menonton Film Marvel


5. Gandeng 88Rising untuk Soundtrack

Tak hanya berkolaborasi dengan artis keturunan Asia, Marvel Studios pun menggandeng label rekaman yang banyak menaungi musisi asal Asia. Label rekaman tersebut tak lain dan tak bukan adalah 88Rising.

Pendiri dari 88Rising, Sen Miyashiro menyambut dengan antusias hal tersebut. Ia sendiri mengatakan bahwa kolaborasi tersebut adalah proyek bersejarah di mana mereka menghadarikan deretan musisi Asia dari seluruh dunia.

Shang-Chi and the Legend of The Ten Rings: The Album bakal menghadirkan 18 lagu. Untuk deretan aritsnya, ada Keshi, DPR LIVE, DPR IAN, DJ Snake, Jhene Aiko, Swae Lee, Mark Tuan, dan beberapa penyanyi lainnya.

Tak ketinggalan juga ada Rich Brian, NIKI, dan Warren Hue yang mengisi soundtrack ini. Jika kamu belum tahu, ketiga artis merupakan musisi asal Indonesia yang bernaung di bawah label rekaman 88Rising.

88Rising fakta Shang Chi
88Rising via thelazy.media

6. Film Wajib Ditonton Sebelum Shang Chi

Fakta Shang Chi lainnya adalah soal film apa sayang yang wajib kamu tonton sebelum menonton film Shang Chi. Untuk hal satu ini, ada beberapa yang film dari fase sebelumnya yang masuk dalam daftar film wajib ditonton.

Dilansir oleh Screen Rant, ada setidaknya lima film yang diambil referensinya pada film Shang Chi. Kelima film tersebut adalah Iron ManThe Incredible HulkIron Man 3Doctor Strange, dan Avengers: Endgame.

Dari kelima film tersebut, mungkin kamu masih ingat dengan alur cerita dari Avengers: Endgame. Sedangkan keempat film lainnya, Bob rasa kamu sudah lupa lupa ingat dengan banyak hal yang terjadi pada film tersebut.

Oleh karenanya, untuk memahami film Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings lebih baik lagi, kelima film tersebut wajib ditonton. Hal ini juga jadi cara untuk menunggu perilisan resmi film ini di Indonesia.

Marvel Cinematic Universe fakta Shang Chi
Marvel Cinematic Universe via geekvibesnation.com

Baca Juga: Villain Turned Favorite: Ini Dia 10 Fakta Unik Tentang Loki!


7. Fakta Menarik Dibalik Terpilihnya Simu Liu

Fakta Shang Chi terakhir akan membicarakan terpilihnya Simu Liu. Simu Liu sendiri beruntung dan mengekspresikan kehormatannya untuk bisa memerankan superhero Asia pertama di Marvel Cinematic Universe.

Nah, siapa sangka jika ia bisa masuk dalam audisi untuk memerankan karakter tersebut berkat sebuah keisengan. Keisengan tersebut datang pada 17 Juli 2014 di mana ia mencuitkan sesuatu pada akun Twitternya.

Pada cuitan tersebut, ia meminta film yang menceritakan tentang superhero Asia. Cuitan tersebut menjadi sebuah kenyataan di mana pada 3 Desember 2018, Marvel mengumumkan proyek film Shang Chi.

Sium Liu pun menjadi salah satu aktor yang mendapatkan undangan audisi untuk memerankan Shang Chi. Tepat pada San Diego Comic-Con 2019, Marvel Studios mengumumkannya sebagai pemeran Shang Chi.

Twitter @SimuLiu fakta Shang Chi
Twitter @SimuLiu

Nonton Film Marvel Tanpa Gangguan? Ya di Bobobox

Momen menonton film butuh ketenangan dan kenyamanan. Jika terganggu sedikit saja, mood menonton bisa berantakan dan memungkinkanmu untuk mengakhir momen menonton yang sudah lama kamu tunggu-tunggu.

Namun, kamu tak perlu khawatir terganggu saat menginap sambil menonton film di Bobobox. Koneksi WiFi yang bisa diandalkan membuat streaming film favorit bakal jauh dari kata buffering.

Jadi, tunggu apalagi? Unduh aplikasi Bobobox di sini dan pesan podnya sekarang juga.

You might also like