Candi Borobudur

Harga Tiket Masuk Naik, Ini Fakta Seputar Candi Borobudur!

Candi Borobudur belakangan ini ramai menjadi pembahasan baik di televisi maupun di media sosial. Apa yang terjadi dengan cagar budaya kebangaan Indonesia ini? Hal ini dikarenakan adanya pengumuman baru yang disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan.

Luhut mengumumkan bahwa pemerintah akan menetapkan harga tiket yang baru bagi para pengunjung yang hendak menaiki Candi Borobudur. Harga tiket masuk ini dibanderol untuk turis asing sebesar USD 100 (Rp1,4 juta) dan untuk wisatawan lokal sebesar Rp750.000. Tentunya penetapan harga tiket masuk ini memicu berbagai reaksi dari warganet.

Banyak dari warganet menganggap bahwa harga yang ditetapkan terlalu mahal khususnya bagi wisatawan lokal. Lalu kira-kira apa sajakah fakta menarik mengenai pengumuman pemerintah ini dan juga mengenai Candi Borobudur itu sendiri? Yuk simak informasinya seperti berikut ini.

1. Pengumuman oleh Menko Marves

Dalam akun Instagram pribadinya @luhut.pandjaitan, Luhut menyampaikan informasi harga tiket terbaru naik ke Candi Borobudur. “Kami juga sepakat untuk membatasi kuota turis sebanyak 1.200 orang per hari, dengan biaya 100 dollar untuk wisman dan turis domestik sebesar Rp750 ribu rupiah.

Khusus untuk pelajar, kami berikan biaya 5.000 rupiah saja,” tulis Luhut dalam akunnya. Tarif ini khusus untuk pengunjung yang akan menaiki candi dan untuk yang ingin masuk ke kawasan Candi Borobudur akan berlaku sebagaimana tarif yang telah ditetapkan.

2. Tujuan Menaikkan Harga Tiket ke Borobudur

candi borobudur

@detikFinance – Detikcom

Selain itu Luhut juga menyampaikan alasan megapa pemerintah kemudian akhirnya memutuskan untuk menaikkan harga tiket naik ke Borobudur tersebut. Hal ini memiliki tujuan untuk membatasi kuota turis yang ingin naik ke candi sebesar 1.200 orang per hari demi menjaga kelestarian dan kekayaan sejarah nusantara.

3. Reaksi Warganet Terhadap Kenaikan Harga Tiket Borobudur

Lalu bagaimanakah kira-kira rekasi warganet terhadap pengumuman yang disampaikan oleh Luhut tersebut? Isu kenaikan harga tiket masuk ini bahkan berhasil menjadi trending topic di Twitter dan umumnya mengeluhkan bahwa harga tiket tersebut terlalu mahal, terlebih lagi untuk turis lokal.

“Mikir ulang buat ke Borobudur dengan harga segitu. Rp750 ribu bisa buat jalan-jalan ke Jogja 4-5 hari,” tulis seorang warganet di Twitter. Namun banyak juga warganet yang setuju karena kenaikan harga tiket ini dapat mencegah kawasan candi cepat rusak. “Setuju!! Saking murahnya tiket Borobudur sekarang, banyak wisatawan norak yang suka ngerusak: naik-naik stupa buat foto dll,” tulis warganet lainnya.

4. Harga Tiket Masuk Candi Borobudur

Sebelum kenaikan harga ini berlaku bagi wisatawan lokal yang ingin masuk ke area Candi Borobudur akan dikenakan biaya sebesar Rp50.000 untuk usia di atas 10 tahun. Sedangkan untuk anak usia 3-10 dikenakan tarif masuk Rp25.000, dan anak di bawah 3 tahun tidak dikenakan biaya.

PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (Persero) juga menetapkan harga tiket masuk Candi Borobudur khusus sebesar Rp25.000 per orang berlaku untuk rombongan pelajar dan mahasiswa. Untuk turis asing, dikenakan biaya sebesar Rp350.000 untuk dewasa dan Rp210.000 untuk anak-anak.

5. Sejarah

candi borobudur

Candi yang pernah dinobatkan sebagai 7 keajaiban dunia oleh UNESCO merupakan candi yang dibangun pada era Dinasti Sailendra pada 780-840 Masehi. Dilansir dari situs Borobudurpark, candi Budha ini merupakan candi terbesar di dunia yang dibangun sebagai tempat pemujaan dan ziarah. Borobudur dipenuhi oleh berbagai petunjuk agar manusia menjauhkan diri dari nafsu dunia dan menuju pencerahan dan kebijaksanaan seperti ajaran Buddha.

6. Penemu Bukan Orang Indonesia

Meskipun berlokasi di Indonesia, faktanya candi ini ditemukan oleh pasukan Inggris yang dipimpin Sir Thomas Stanford Raffles. Merekalah yang pertama kali menemukan peninggalan bersejarah ini pada 1814. Kemudian pada tahun 1835, seluruh area candi berhasil dibersihkan.

7. Gaya Arsitektur

Candi ini diibangun dengan gaya Mandala dan mencerminkan alam semesta dalam kepercayaan Buddha. Struktur bangunan candi ini berbentuk kotak dengan empat pintu masuk dan titik pusat berbentuk lingkaran.

Baca Juga: Syarat Baru Mengunjungi Candi Borobudur Sekarang

8. Ada 2 Bagian dan 3 Zona

Saat kamu meilhat area candi dari luar hingga ke dalam, Borobudur ini terbagi menjadi dua bagian. Kedua bagian ini adalah bagian alam yang terdiri dari tiga zona di bagian luar dan alam Nirwana di bagian pusat. Secara keseluruhan terdapat 328 patung Buddha yang juga memiliki hiasan relief pada ukirannya. Sementara itu terdapat 1300 relief yang membentang sejauh 2,5 km dengan 1212 panel.

candi borobudur

Candi ini memiliki tiga serambi yang berbentuk lingkaran mengarah ke kubah di bagian pusat atau stupa yang menggambarkan kebangkitan dari dunia. Serambi pada bagian ini terdiri dari stupa berbentuk lingkaran yang berlubang, lonceng terbalik, dan berisi patung Buddha yang mengarah ke bagian luar candi.

Total terdapat 72 stupa di candi ini. Stupa terbesar candi ini berada di tengah, kosong, dan tidak setinggi versi aslinya yang memiliki tinggi 42m diatas tanah dengan diameter 9.9m. Total terdapat 504 patung Buddha dengan sikap meditasi dan 6 posisi tangan yang berbeda.

9. Ada Pemandu

Pihak pengelola disebutkan sudah menyiapkan pemandu wisata di atas candi yang akan menjelaskan mengenai sejarah candi yang dibangun sejak tahun 770 masehi tersebut. Pemandu akan menerangkan mengenai relief di setiap dinding candi.

Jadi bisa disimpulkan bahwa kenaikan harga tiket masuk ini bukanlah karena tujuan komersil melainkan untuk menjaga kelestarian cagar budaya candi ini. Apa pendapat kamu tentang ini?

Baca Juga: Ini dia 7 Tempat Wisata di Dunia yang Hilang! Candi Borobudur Salah Satunya Lho

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain pengalaman menginap di Bobobox Gunung Mas, yuk! Menginap di Bobobox bisa jadi sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota. Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles