Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Mengenal Fakta Pulau Saipan yang Dianggap Sebagai Bali Baru

Kayak gimana ya tandingan dari Pulau Bali ini?

Pulau Saipan adalah destinasi wisata yang dianggap sebagai Bali baru. Julukan tersebut datang karena fakta Pulau Saipan yang mirip dengan Pulau Dewata di Indonesia. Penasaran apa yang membuat pulau ini disebut demikian? Yuk simak sama-sama.

Pulau terbesar di Kepulauan Mariana Utara

Fakta Pulau Saipan yang pertama adalah ini merupakan pulau terbesar yang ada di Mariana Utara, negara persemakmuran milik Amerika Serikat. Luas pulaunya mencapai 115,38 km persegi dengqna panjang pulau 19 km dan lebar pulau 9 km.

Di bagian barat dan selatan Pulau Saipan terdapat beragam pantai yang menjadi primadona di mana paranwisatawan bisa menikmati keindahan lautnya. Di sisi lain, bagian utara dan timur fakta Pulau Saipan dipenuhi oleh undakan batu kapur.


BACA JUGA: Sudah Mulai Kangen Liburan Di Bali? Ini Dia 10 Pantai Tercantik Di Pulau Jawa Yang Bisa Mengobatinya!


Fakta Pulau Saipan: memiliki sejarah saat Perang Dunia

Photo by CCPAPA on Pixabay

Sebelum menjadi tempat wisata seperti sekrang, fakta Pulau Saipan adalah pernah dikuasai Jepang saat Perang Dunia I pada atahun 1914.

Secara militer dan ekonomi, fakta Pulau Saipan adalah salah satu pulau terpenting dan menjadi pusat pemukiman Jepang pada saat itu. Pada tahun 1920 orang-orang Jepang, Korea, dan Taiwan mulai bermigrasi ke sana dan membuka perkebunan gula.

Barulah melalui peperangan yang dikenal dengan The Battle of Saipan pada 15 Juni – 9 Juli 1944 Amerika Serikat mengambil alih pulau ini dari Jepang.

Sejak saat itu fakta Pulau Saipan menjadi tempat tinggal anggota militer Amerika Serikat hingga 1990 dan menjadi destinasi wisata yang dikenal sekarang.

Memiliki musim panas yang panjang

Photo by ioa8320 on Pixabay

Yang membuatnya menarik banyak wisatawan adalah fakta Pulau Saipan memiliki musim panas yang panjang. Pulau Saipan memiliki batas iklim hutan hujan tropis. Dari November hingga Maret Pulau Saipan didatangi angin dari timur laut dari, dan angin timur dari Mei hingga Oktober.

Karena suhu maksimum rata-rata di Pulau Saipan adalah 28,9 °C, Guinness Book of World Records menetapkannya sebagai pulau dengan suhu berfluktuasi paling kecil di dunia.

Inilah mengapa fakta Pulau Saipan sangat cocok disebut sebagai Bali baru. Banyak wisatawan mancanegara pergi ke Bali untuk menghindari musim salju dan Pulau Saipan bisa menjadi alternatif untuk para wisatawan.

Akan tetapi, mulai dari Desember hingga Juni fakta Pulau Saipan memasuki musim kemarau dan musim hujan dari Juli hingga November. Selain itu, pulai ini mengalami setidaknya satu topan setiap tahun.


BACA JUGA: Terisolasi Sejak 20 Juta Tahun Yang Lalu, Ini Dia Misteri “Pulau Alien” Bernama Socotra


Fakta Pulau Saipan: dianggap sebagai Bali baru oleh Australia

Belakangan ini media Australia menyebutkan bahwa fakta Pulau Saipan adalah Bali baru. Banyak orang Australia pergi ke Bali untuk berlibur dan menikmati suasana alam tropisnya.

Namun, sejak pemerintah Australia menutup akses ke Bali akibat pandemi Covid-19, turis Australia mencari tempat wisata baru yang lokasinya tidak begitu jauh dari negara mereka.

Jarak dari Brisbane ke Pulau Saipan hanya enam jam, sama dengan jarak Brisbane ke Bali. Selain itu, fakta Pulau Saipan juga memiliki penginapan dengan kualitas yang tak berbeda jauh dengan Bali.

Hal lain yang menguntungkan turis Australia adalah bahasa dan zona waktunya. Bahasa Inggris adalah bahasa utama di Pulau Saipan sehingga komunikasi jadi lebih mudah dan zona waktunya pun sama dengan di Australia.

Bahkan, pemerintah setempat sudah membuka Pulau Saipan secara bertahap dan meyakinkan pelancong bahwa fakta Pulau Saipan akan segera aman dari Covid-19.

Pasalnya, herd immunity dari Covid-19 adalah hal yang sedang disiapkan oleh pemerintah setempat. Kabarnya, 80 persen penduduk Pulau Saipan sudah mendapatkan vaksin dan siap menyambut turis.

Memiliki flora dan fauna yang beragam

Photo by draw4us on Pixabay

Fakta Pulau Saipan berikutnya adalah pulau ini dipenuhi oleh hutan kapur dan pohon tangan-tangan tersebar luas di pulau ini. Pohon tangan-tangan mulai ditanam pasca Perang Dunia II sebagai mekanisme pencegahan erosi akibat penipisan lanskap.

Selain itu, Pulau Saipan juga kaya akan buah-buahan seperti kelapa, pepaya, cabai Thailand, mangga, talas, lemai, dan pisang.

Saipan juga merupakan rumah bagi beberapa spesies burung endemik seperti Mariana fruit dove, white-throated ground dove, bridled white-eye, golden white-eye, Micronesian myzomela, dan Saipan reed warbler yang terancam punah.

Fakta Pulau Saipan: indahnya pantai yang beragam

Photo by CCPAPA on Pixabay

Apa lagi yang membuat  fakta Pulau Saipan semakin menarik jika bukan pantainya? Kamu bisa menemukan banyak tempat untuk berenang, berjemur, dan snorkeling di Saipan.

Pantai Obyan, Pantai Pau Pau, Pantai Micro, dan Pantai Wing adalah beberapa pantai yang bisa kamu datangi untuk menikmati air laut yang sejuk atau hanya sekadar piknik di pinggir pantai.

Selain itu, ada Laolao Bay di mana kamu bisa menyelam dan melihat biota laut yang indah. Atau kamu juga bisa berjalan-jalan menyusuri Beach Road Pathway sepanjang 4,8 kilometer.

Salah satu pantai terbaik berada di pulau kecil Managaha, hanya 10 menit naik perahu dari pulau utama, di mana kamu bisa snorkeling, menyelam, dan menikmati Pulau Saipan dengan penuh keceriaan.

Bukan hanya soal pantai

Tidak hanya pantainya saja, fakta Pulau Saipan memiliki berbagai macam restoran, bar, dan pertokoan tepatnya di Garapan. Karena penduduk Saipan adalah campuran dari berbagai etnis, makanannya pun beragam.

Kamu bisa menemukan makanan Jepang, Tionghoa, Korea, Filipina, dan Spanyol. Di samping itu, jangan lewatkan boga lautnya karena menyantap ikan panggang yang baru saja ditangkap merupakan fakta Pulau Saipan yang tak bisa dibeli di mana pun.


BACA JUGA: Jarang Terdengar, Ini Dia 5 Pulau Terpencil Di Dunia


Wah ternyata emang nggak salah fakta Pulau Saipan disebut sebagai Bali baru. Dari mulai pantai hingga gaya hidupnya cocok banget untuk dijadikan destinasi wisata alternatif Bali. Apa lagi di saat banyak pembatasan seperti sekarang. Traveling rasanya jadi susah banget. Kalau kamu gimana, pilih Bali apa Pulau Saipan nih untuk liburan selanjutnya?

Mau tahu rasanya menginap di hotel kapsul yang kekinian? Bobobox punya jawabannya!

Bobobox adalah hotel capsule Jakarta yang bisa bikin kamu bebas dari stres lho. Suasana yang tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke dalam pod-nya. Selain itu, desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati, apalagi buat kamu yang suka foto-foto.

Nggak percaya? Tenang. Supaya kamu punya gambaran yang lebih jelas soal pengalaman menginap yang lebih nyata, kamu bisa lho keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob. Kamu bisa membuktikan sendiri sebelum dateng langsung ke tempatnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak.

You might also like