Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Digadang-Gadang Akan Menjadi Serial Terbaik MCU 2022, Berikut Fakta Seputar Marc Spector Alias Moon Knight

Tentara bayaran yang berubah menjadi Ksatria Bulan

Marvel Studios siap merilis Moon Knight pada tanggal 30 Maret 2022 melalui platform streaming Disney+ Hotstar. Digadang-gadang menjadi serial terbaik MCU, Kevin Feige selaku produser membocorkan bahwa serial ini lebih gelap dari proyek MCU sebelumnya. Nah, sambil menunggu serial ini tayang, simak dulu yuk fakta Moon Knight berikut ini!

Debut Tahun 1975

khonsu

Salah satu fakta Moon Knight yang mungkin kamu lewatkan adalah kemunculan pertamanya. Ia pertama kali muncul pada tahun 1975 lewat Werewolf by Night #32. Ia merupakan karakter villain untuk tokoh Jack Russel si manusia serigala dalam judul tersebut dan bertarung menggunakan senjata berbentu bulan.

Anak Seorang Rabbi

Fakta Moon Knight lainnya yang umum terjadi pada banyak karakter komik adalah latar belakang yang rumit. Moon Knight lahir dengan nama Marc Spector yang hidup dalam lingkungan religious. Ia adalah anak seorang rabbi bernama Elias Spector.

Singkat cerita, Elias kecil berhasil melarikan diri dari persekusi Nazi di Cekoslovakia saat Perang Dunia II. Ia pun kerap menerima diskriminasi, tetapi tidak pernah melawan. Hal itu tidak pelak menimbulkan tanya dalam benak Marc kecil.

Trauma kemudian mulai menghampiri saat Marc dekat dengan seorang teman keluarga bernama Yitz Perlman. Sayang, Perlman rupanya merupakan seorang Nazi sekaligus pembunuh berantai yang menargetkan orang-orang Yahudi. Pria bernama asli Ernst itu juga masih melakukan pembantaian kepada orang Yahudi di Amerika Serikat.

Lingkungan yang tidak kodusif serta kejadian traumatis akhirnya mendorong Marc untuk melarikan diri. Untuk beberapa waktu, ia berlatih sebagai petinju kelas berat sebelum akhirnya bergabung dengan Korps Marinir dan bertugas dalam banyak pertempuran.

Ia kemudian beralih menjadi tentara bayaran dengan memanfaatkan berbagai pelatihannya, seperti pelacakan, pertempuran dan menguasai orang lain. Selain menguntungkan, pekerjaan ini juga membawanya ke Mesir.

Memiliki Lima Kepribadian

Hal lainnya yang perlu kamu tahu adalah fakta Moon Knight mengidap dissociative identity disorder (DID) atau kepribadian ganda. Moon Knight memiliki lima kepribadian serta gangguan memori akibat tindakan yang dia lakukan sebagai salah satu dari kepribadian tersebut.

Terkuaknya identitas Perlman menjadi pemicu berkembangnya gangguan ini. Perkelahian pertamanya juga terjadi ketika ia harus melawan Perlman untuk bisa bertahan hidup. Saat itulah DID-nya bermula.

Kepribadiannya tersebut banyak membantu Marc dalam melawan kejahatan sebagai Moon Knight. Kelimanya meliputi:

  • Marc Spector: petinju, marinir, agen CIA, pilot andal dan tentara bayaran
  • Steven Grant: jutawan dermawan sekaligus playboy menawan
  • Mr. Knight: detektif NYPD (New York City Police Department)
  • Jake Lockley: supir taksi yang mengumpulkan informasi tentang pelaku kejahatan
  • Moon Knight: perwujudan Khonshu

Dirasuki Khonshu

via screenrant.com

Peran Khonshu merupakan salah satu fakta Moon Knight yang krusial. Semua itu bermula saat dia menerima tugas untuk melindungi seorang profesor di Mesir. Marc dan timnya pun tiba di sebuah makam kuno yang rupanya menyimpan harta karun terpendam.

Pengkhianatan dari anggota tim akibat keinginan memiliki harta karun itu kemudian melenyapkan nyawa sang profesor dan Marc. Ia pun dibiarkan mati di bawah patung Dewa Bulan Mesir, Khonshu.

Khonshu kemudian menghidupkan kembali Marc dan memberinya kekuatan supernatural setelah ia menyetujui untuk menjadi moon’s Knight of Vengeance atau ksatria balas dendam bulan.

Ia pun mendapatkan gelar “Fist of Khonshu” akibat kejadian tersebut. Hal ini juga membuatnya kerap dihidupkan kembali agar bisa tetap melayani sang Dewa. Selain itu, Khonshu juga menata ulang otak Marc sehingga bisa bertindak sebagai senjata Khonshu. Ia juga kebal terhadap telepati dan memiliki kendali penuh akan pikirannya.

Sayangnya, eksistensi Khonshu kerap menjadi keraguan. Tergantung siapa yang menulisnya, Khonshu terkadang tidak nyata dan hanya bagian dari delusi Moon Knight. Namun, komik-komiknya memastikan bahwa Khonshu memang nyata dan memengaruhi Marc. Selain itu, Khonshu juga telah memilih Marc sejak usia dini sehingga dia mengikuti jalan hidup yang mempersiapkannya untuk peran Moon Knight.


Baca Juga: Suka Film Marvel? Ini Dia 9 Lokasi Marvel Cinematic Universe Yang Nyata Dan Bisa Kamu Kunjungi


Kekuatan Bulan

Fakta Moon Knight satu ini berkaitan dengan kekuatan supernatural dari Khonshu. Marc hanya bisa menggunakan kekuatan pemberian Khonshu di malam hari di bawah pengaruh bulan. Meski alur cerita ini sudah berubah seiring dengan berjalannya waktu, mulanya kekuatan Moon Knight akan meningkat di bawah sinar bulan dan dia akan melemah selain di waktu itu.

Maka dari itu, dia berada dalam kondisi terkuat saat bulan purnama. Saat bulan baru tiba, artinya bulan tidak terlihat tetapi sebenarnya ada di sana, Moon Knight dapat mengangkat beban hingga 1.000 pound (454 kg). Sementara itu, saat bulan purnama tiba, kekuatannya akan meningkat hingga bisa mengangkat beban mencapai 4.000 pound (1814 kg).

Memiliki Kesamaan dengan Batman

via screenrant.com

Fakta Moon Knight memiliki kemiripan dengan Batman kerap kali menjadi perhatian para penggemar. Keduanya sama-sama:

  • Berlatih keras hingga mendapatkan kondisi sangat prima untuk pertempuran dengan segala jenis musuh
  • Mengutamakan kekuatan fisik dibanding superpower-nya
  • Punya pilihan senjata dan kendaraan serupa (Batman berbentuk kelelawar sementara Moon Knight berbentuk bulan sabit)
  • Sangat kaya, memiliki teknologi canggih dan merupakan detektif ulung
  • Melawan kejahatan di malam hari dengan identitas rahasia
  • Menggunakan jubah
  • Bekerja tanpa mengikuti hukum dan memiliki beban emosi yang serius

Lantas, apa bedanya dengan Batman? Moon Knight:

  • Memperoleh kekayaan dari profesi-profesi sebelumnya (petinju, marinir, agen CIA dan tentara bayaran) yang ia investasikan dengan bijak
  • Menggunakan kostum putih agar musuh mengetahui kedatangannya
  • Tidak suka bekerja sembunyi-sembunyi
  • Terkenal lebih kejam pada musuh dan kerap meninggalkan bekas luka bulan sabit di dahi musuh sebagai tanda mereka pernah berselisih dengannya

Senjata

Fakta Moon Knight yang cukup menarik adalah sebuah senjata spesial yang diberikan oleh para pendeta Khonsu. Senjata tersebut rupanya dibuat 5.000 tahun ke belakang oleh Hawkeye. Hawkeye menciptakan senjata itu melindungi para pendeta saat West Coast Avengers melakukan perjalanan waktu ke zaman Mesir Kuno.

5.000 tahun kemudian, para pendeta memberikannya pada Moon Knight. Selain itu, kostumnya juga sangat canggih yang terbuat dari adamantium dan memiliki radio dua arah, peluncur anak panah dan pemancar cahaya.


Baca Juga: Sudah Nonton Serial Hawkeye Belum? Ketahui Fakta-Fakta Karakter Hawkeye Berikut Ini!


Kekuatan Kosmis

via marvel.com

Dalam alur cerita “The Age of Khonshu”, kekuatan Moon Knight mengalami evolusi. Khonsu Kekuatan memanfaatkan supermoon galaksi untuk meningkatkan kekuatannya dan mencoba menguasai dunia.

Fakta Moon Knight satu ini membuatnya mampu mencomot bulan-bulan dari galaksi dan menghantamkannya pada Thor. Ia juga bisa mengambil alih Mjolnir karena asal-usulnya yang terbuat dari batuan bulan.

Tak hanya itu, Khonshu juga menggunakan artefak kuno untuk mencuri kemampuan elementer seperti Iron Fist dan api neraka Ghost Rider. Namun, Marc menentang kegilaan ini dan melawannya dengan Phoenix Force. Hal ini membuat keduanya harus berpisah.

Toleransi Rasa Sakit yang Tinggi

Fakta Moon Knight lainnya adalah toleransi rasa sakit yang tinggi. Taskmaster, yang memiliki kemampuan meniru gerakan lawan  dalam waktu singkat, bahkan mengalami kesulitan untuk mengimbangi Moon Knight. Pasalnya, ia tidak segan menerima pukulan dan mengembalikannya pada lawan. Karena itu, Taskmaster pun gagal mengalahkan Moon Knight sebab meniru gerakannya sama saja mendapatkan banyak pukulan berat.

Mengembangkan Jaringan Mata-Mata

Untuk mendapatkan informasi seputar kotanya, Moon Knight memerlukan akses pada jaringan inteligen. Karena itu, ia pun membuat Shadow Cabinet, organisasi yang terdiri dari sejumlah informan tentang kejahatan yang tengah terjadi. Dengan begitu, Moon Knight bisa bertindak bila diperlukan.

Sebagai imbalan, mereka mendapat bayaran uang atau pertolongan dari Moon Knight. Anggotanya meliputi:

  • Cass Bennan, alias Shark, menjabat Kepala Spector Corps
  • Warren Tork, alias Junior Birdman, seorang hacker
  • Robert Conners, alias Stash, bertugas mengumpulkan informasi
  • Peter Slate, alias Psycho, menginformasikan tentang kejahatan
  • Robert Plesko, alias Sigmun, seorang psikolog
  • Hannah Trumbuli, alias Mercy, seorang dokter

Butuh tempat staycation biar puas nonton serial Marvel tanpa gangguan? Ke Bobobox yuk! Tempatnya nyaman dan higienis, harganya terjangkau, dan Wi-Finya super kencang. Hotel kapsul satu ini juga dilengkapi dengan moodlamp yang bisa kamu manfaatkan untuk mengubah cahaya di dalam pod sesuai dengan suasana hati dan kenyamanan kamu, baik untuk tidur, berfoto, membaca buku atau menonton. Unduh dulu yuk aplikasi Bobobox untuk informasi lebih lanjut!

You might also like