fakta mewarnai dan melukis kurangi stres

Burnout Hadapi Kerjaan atau Penat Karena PPKM? Cek Fakta Mewarnai dan Melukis Kurangi Stres Berikut Ini

Membuat karya seni bisa membantu mengurangi stres, salah satunya melalui mewarnai dan melukis. Fakta mewarnai dan melukis kurangi stres ini bisa ditemukan dalam sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa hanya dengan melukis selama 45 menit, stresmu bisa berkurang. Kegiatan ini bisa sangat membantu terutama selama masa PPKM. Yuk cek fakta mewarnai dan melukis kurangi stres berikut ini.

Fakta mewarnai dan melukis kurangi stres: bentuk memanjakan diri

fakta mewarnai dan melukis kurangi stres

Photo by Sarah Brown on Unsplash

Terkadang, beban pekerjaan bisa membuat kamu lupa bahwa kamu juga butuh istirahat. Dengan meluangkan beberapa menit secara rutin, fakta mewarnai dan melukis untuk kurangi stres bisa menjadi kegiatan untuk menyenangkan diri sendiri.

Selain fakta mewarnai dan melukis kurangi stres, kamu juga mendapatkan manfaat tambahan karena berhasil membuat sebuah karya yang indah untuk disimpan.

Fakta mewarnai dan melukis kurangi stres: membantu masuk ke state of flow

Flow adalah istilah dalam psikologi positif yang mengacu pada keadaan mental saat kamu tenggelam dan fokus ketika melakukan sebuah aktivitas. Flow juga berlaku pada fakta mewarnai dan melukis kurangi stres.

Mirip dengan meditasi, mencapai keadaan flow sebagai fakta mewarnai dan melukis kurangi stres dapat membantu kamu merasakan kesenangan, energi positif, dan meningkatkan kinerja.

Fakta mewarnai dan melukis kurangi stres: mengalihkan pikiran

Membuat karya seni dapat mengalihkan pikiran kamu dari penyebab stres, setidaknya selama beberapa menit. Fakta mewarnai dan melukis kurangi stres ini membantu kamu untuk menyalurkan pikiran yang membuat stres ke dalam karya. Setelah selesai, kamu akan memiliki pikiran yang lebih jernih untuk kembali mengatasi masalah yang dihadapi.

BACA JUGA: Kenali Gaya Hidup Digital Minimalism Yang Dipercaya Dapat Mengurangi Tingkat Stres

Fakta mewarnai dan melukis kurangi stres: memperbaiki mood

Fakta mewarnai dan melukis kurangi yaitu warna tertentu dapat mempengaruhi suasana hati. Warna tertentu bisa membuat kamu merasa lebih bersemangat sedangkan warna lain bisa menenangkan.

Cobalah untuk melukis dan mewarnai sesuai dengan warna-warna yang bisa memperbaiki suasana hatimu. Misalnya, warna-warna seperti merah, kuning, dan oranye dikaitkan dengan suasana hati yang hangat, hidup, dan penuh semangat.

Di sisi lain, warna-warna yang dekat dengan alam seperti biru, hijau, dan ungu memberikan perasaan yang tenang dan rileks.

Fakta mewarnai dan melukis kurangi stres: memberikan perasaan menang

Fakta mewarnai dan melukis kurangi stres lainnya adalah kegiatan ini bisa memberikan perasaan mencapai sesuatu. Setelah menyelesaikan satu lukisan atau gambar, kamu akan merasa puas dan bangga dengan apa yang telah kamu capai.

Perasaan positif dari fakta mewarnai dan melukis kurangi stres ini memerangi perasaan negatif dalam pikiran yang dapat berasal dari kecemasan atau depresi. Selain itu, perasaan ini juga menunjukkan bahwa kamu berharga karena telah berhasil memulai sesuatu dan menyelesaikannya.

Fakta mewarnai dan melukis kurangi stres: membantu bersikap lebih optimis

Fakta mewarnai dan melukis kirangi stres selanjutnya adalah kegiatan ini memberikan wadah yang terbuka dan tenang di mana kamu bisa merasa aman untuk mengeksplorasi kreativitas. Dengan demikian, kamu bisa melihat hidup dengan cara yang lebih optimis.

Imbalan dari fakta mewarnai dan melukis kurangi stres ketika membuat karya yang menarik secara visual yang dikagumi orang lain memberikan kamu rasa bangga dan bahagia dalam pekerjaan. Hal ini membantu meningkatkan rasa percaya diri dan mendorong untuk belajar keterampilan baru.

Selain itu, melukis dan mewarnai dapat membantu membangkitkan suasana hati yang baik tidak hanya pada pembuatnya, tetapi juga pada orang-orang di sekitar.

Fakta mewarnai dan melukis kurangi stres: menyalurkan emosi

Beberapa orang mungkin kesulitan untuk menunjukkan emosi mereka ketika stres. Fakta mewarnai dan melukis kurangi stres bisa jadi salah satu jalan keluar.

Saat melukis, kamu memiliki kanvas kosong untuk mencurahkan perasaan dan karena emosi. Kegiatan ini mendorong pertumbuhan dan pelepasan emosional terutama bagi mereka yang berjuang untuk menunjukkan emosi atau mencoba untuk membersihkan diri dari emosi negatif.

BACA JUGA: 8 Starter Pack Anti Stress Berikut Ini Bantu Pikiranmu Lebih Tenang

Cara mewarnai dan melukis untuk kurangi stres

fakta mewarnai dan melukis kurangi stres

Photo by Customerbox on Unsplash

Terapi seni telah dilakukan selama bertahun-tahun baik oleh terapis profesional maupun siapa saja yang merasa lebih baik saat menggambar. Berikut adalah beberapa cara fakta mewarnai dan melukis kurangi stres yang bisa kamu coba.

Melukis mandala

Dulu, Carl Jung merekomendasikan pewarnaan mandala, desain melingkar yang berisi pola atau simbol yang rumit, sebagai bentuk terapis untuk meningkatkan kesehatan psikologis.

Ia mengatakan bahwa menggambar mandala memiliki efek menenangkan pada pasiennya. Sejak itu, terapis seni telah lama merekomendasikan praktik ini dan telah melaporkan hasil yang positif.

Membuat jurnal mimpi

Jurnal mimpi adalah jurnal yang kamu buat untuk merekam apa yang ada di dalam mimpi.  Cobalah menyimpan buku catatan dan pena di samping tempat tidur. Segera setelah kamu bangun, gambarlah gambar, simbol, atau kata pertama yang muncul di pikiran.

Jangan khawatir jika kamu tidak pandai menggambar. Fungsi dari jurnal mimpi bukanlah estetika melainkan cara untuk membantu kamu mengidentifikasi pola dalam mimpi yang bisa berguna ketika kamu bangun.

Menggambar bebas

Jangan terlalu fokus pada hal-hal teknis. Kamu bisa menggambar apa saja yang kamu mau untuk mengekspresikan diri dan mengeluarkan stres.

Cobalah untuk memindahkan stres kamu dalam bentuk gambar. Kegiatan ini bisa membantu kamu mengekspresikan emosi yang mungkin sulit diungkapkan dengan kata-kata.

Mewarnai digital

Untuk mewarnai ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan. Pertama, kamu bisa mewarnai apa yang sudah kamu gambar sebelumnya.

Kedua, kamu bisa membeli buku mewarnai yang dijual di pasaran. Buku mewarnai belakangan ini sangat populer karena menyediakan jalan keluar yang sederhana dan alami untuk berekspresi.

Ketiga, kamu bisa menggunakan aplikasi mewarnai di smarthphone atau tablet. Cara ini lebih mudah untuk membuktikan fakta mewarnai dan melukis kurangi stres namun menghilangkan sentuhan fisik yang bisa semakin mengurangi stres.

BACA JUGA: Hindari Penyebab Stres Di Pagi Hari Berikut Agar Kamu Bahagia

Cari tempat menginap yang bisa bikin bebas dari stres? Di Bobobox aja!

Bobobox adalah hotel capsule Jakarta yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasananya yang tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Desainnya yang modern dan unik juga enak untuk dinikmati, apalagi buat kamu yang suka foto-foto.

Nggak percaya? Tenang. Supaya kamu punya gambaran yang lebih jelas soal pengalaman menginap yang lebih nyata, kamu bisa lho keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob. Kamu bisa membuktikan sendiri sebelum dateng langsung ke tempatnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles