Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ingin Menikah? Eits, Tunggu Dulu! Ini Dia 20 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Kamu Nikah!

Semoga fakta-fakta menikah berikut ini bisa membantu dan menginspirasimu, ya!

Saat hendak melangsungkan pernikahan, persiapan yang harus dipikirkan matang-matang bukanlah hanya tentang biaya resepsi pernikahan. Ada hal-hal penting lainnya yang harus kamu dan pasanganmu ketahui sebelum melaju ke jenjang yang lebih serius ini.

Apa saja fakta-fakta menikah yang sebaiknya kamu ketahui? Simak penjelasan Bob di bawah ini, ya.

fakta menikah yang harus kamu ketahui

(Image by: @EmmaBauso via pexels.com)

1. Pengelolaan Finansial

Fakta menikah yang satu ini sepertinya menjadi salah satu poin paling penting dan yang paling dipertimbangkan oleh seluruh pasangan. Sebaiknya kamu dan calonmu bisa saling terbuka tentang kondisi finansial masing-masing, serta tentang cara mengelola keuangan saat nanti hidup berumah tangga. Ini sangat penting untuk mencegah datangnya konflik di kemudian hari, karena tidak sedikit keretakan rumah tangga yang berakar dari masalah finansial.

2. Rencana Masa Depan

Setiap individu pasti memiliki rencana masing-masing mengenai masa depannya, begitu pula untuk kehidupan berumah tangga mereka. Saat berencana untuk melaju ke hubungan yang lebih serius ini, fakta menikah satu ini sebaiknya sudah kamu dan pasanganmu pikirkan matang-matang. Tujuannya agar ikatan suci ini memiliki pondasi yang kuat, serta kamu dan pasanganmu bisa senantiasa melewati masa-masa sulit yang mungkin akan datang.

3. Pembagian Tugas Rumah Tangga

Mungkin sebagian orang berpikir bahwa mencari uang adalah hal yang harus dilakukan oleh laki-laki, sedangkan perempuan mengurus pekerjaan rumah. Fakta menikah satu ini tentu saja tidak salah, kamu dan pasanganmu bebas menentukan tugas dan perannya masing-masing dalam kehidupan berumah tangga kelak. Hanya saja, pastikan semua hal tersebut sudah dibicarakan dan disepakati terlebih dahulu, ya.

4. Pergaulan Dengan Teman Lawan Jenis

Kata orang, cemburu merupakan bumbu sebuah hubungan. Namun bagaimana jika rasa cemburu malah menimbulkan konflik yang tidak diinginkan? Oleh sebab itu, ini merupakan suatu fakta menikah yang harus kamu bicarakan sebelum melaju ke jenjang pernikahan. Batasan pertemanan apa saja yang dapat kamu toleransi serta pergaulan dengan lawan jenis yang bagaimana yang sebaiknya dihindari tanpa menjadi terlalu posesif atau mengekang pergaulan masing-masing.

5. Ingin Punya Anak Kapan dan Berapa?

Fakta menikah satu ini merupakan poin penting dan sebuah tujuan pernikahan bagi sebagian pasangan. Ini merupakan sebuah rencana besar yang harus didiskusikan dan dibicarakan secara matang oleh kamu dan pasanganmu, agar kelak buah hatimu bisa senantiasa mendapatkan yang terbaik.

6. Didikan dan Pola Asuh untuk Anak

Selain kapan dan berapa anak yang ingin dimiliki, didikan dan pola asuh anak merupakan salah satu hal serta fakta menikah sangat penting yang harus dibahas. Pikirkanlah matang-matang hal ini, karena kelak anak merupakan harta paling berharga yang akan kamu dan pasanganmu miliki.

7. Tempat Tinggal Setelah Menikah

Bagi kamu pasangan yang akan melangsungkan pernikahan, ini merupakan salah satu fakta menikah yang juga sebaiknya dipikirkan matang-matang berdua. Apakah sebaiknya kamu dan pasanganmu tinggal di rumah orangtua, di rumah sendiri, masih di kota yang sama, atau pindah ke luar kota demi pekerjaan?

8. Mengenal Karakter dan Kebiasaan Masing-Masing

Saat masih berpacaran, pasti ada saja kebiasaan atau hal-hal tentang pasanganmu yang kadang tidak kamu suka. Jika kamu sudah mantap untuk melaju ke jenjang pernikahan bersamanya, sebisa mungkin kamu harus sudah bisa menerima dan mengerti karakter dan kebiasaan masing-masing. Sebab, inilah fakta menikah sesungguhnya, bahwa kamu akan menghabiskan sisa hidupmu bersama orang ini, orang yang kamu pilih sebagai pasangan hidupmu.

9. Menerima Kekurangan dan Kelebihan Masing-Masing

Setiap orang pasti memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Jika kelebihan pasanganmu menjadi hal yang membuatmu jatuh cinta padanya, maka jangan sampai kekurangannya menjadi pemicu surutnya gelombang cinta di antara kamu dan dia. Justru, kekurangan itulah yang semestinya menjadikan kamu dan pasanganmu makin erat dan saling mengerti satu sama lain.

10. Pernikahan Adalah Penyatuan Dua Keluarga

Fakta menikah satu ini pasti sudah sering kamu dengar sebelumnya, bahwa “kamu bukan hanya menikahi pasanganmu, tapi juga keluarganya”. Hal ini sangat benar adanya, serta merupakan salah satu kunci kebahagiaan dan keharmonisan rumah tangga jika kamu bisa senantiasa rukun dan membina hubungan baik dengan keluarga masing-masing.

fakta menikah yang harus diketahui

(Image by: @EmmaBauso via pexels.com)

11. Mengatur Komunikasi

Komunikasi adalah kunci dari segala hubungan. Perbedaan cara berkomunikasi satu sama lain menjadi salah satu fakta menikah yang harus kamu pahami mulai dari sekarang. Jika kamu dan pasanganmu sudah saling mengeri akan cara berkomunikasi satu sama lain, maka penyelesaian masalah di kemudian hari akan terasa lebih mudah.

12. Berkompromi Dengan Keyakinan Masing-Masing

Ini merupakan sebuah fakta menikah yang tak jarang menjadi jurang bagi kamu dan pasanganmu untuk mengikat tali suci pernikahan. Bukan hanya perkara beda keyakinan, bahkan, meskipun memiliki keyakinan yang sama, bisa saja paham atau pandangan kamu dan pasangamu berbeda. Sebaiknya hal ini diketahui dan dibicarakan sedini mungkin agar ditemukan jalan keluar terbaiknya, sehingga tidak akan menjadi bom waktu di kemudian hari.

13. Tidak Lagi Mementingkan Diri Sendiri

Fakta menikah lainnya yang harus kamu sadari adalah bahwa kamu tidak akan lagi tinggal sendirian seperti sebelumnya. Seluruh hidupmu akan dihabiskan berdua bersama pasanganmu. Maka, kamu dan pasanganmu tidak bisa lagi hanya mementingkan diri sendiri. Semuanya akan selalu menyangkut dua orang, belum lagi saat kamu dan pasanganmu memiliki buah hati.

14. Menerima Masa Lalu

Setiap orang pasti memiliki masa lalu, begitu pula pasanganmu. Ini adalah fakta menikah yang tak terhindarkan dan mesti kamu terima. Meskipun kamu berhak mengetahui masa lalunya agar tidak bertanya-tanya atau menyesal seumur hidup, namun kamu juga harus tau bahwa terkadang seseorang tak ingin masa lalu yang sudah terkubur lama dibongkar kembali. Hargailah masa lalu masing-masing, karena kamu dan pasanganmu tidak akan hidup di masa lalu, melainkan akan menyambut masa depan yang bahagia dan lebih baik.

15. Mengetahui Cara Menyelesaikan Masalah / Konflik

Konflik atau masalah di kehidupan rumah tangga merupakan suatu hal yang lumrah dan sewaktu-waktu akan terjadi. Ini merupakan salah satu fakta menikah yang tidak bisa dihindari, sehingga kamu dan pasanganmu kelak bisa mencari jalan keluar dari setiap masalah secara kompak dan efektif tanpa memunculkan konflik yang baru.

16. Kamu Tidak Bisa Mengubahnya

Fakta menikah satu ini juga sepertinya harus dimengerti sebelum hendak melaju ke jenjang pernikahan. Banyak yang beranggapan bahwa seseorang akan berubah saat menikah. Perlu diketahui, bahwa berubah itu sebaiknya dorongan dari hati, dan biasanya membutuhkan waktu yang lama. Jadi, daripada berharap pasanganmu akan berubah saat menikah kelak, sebaiknya kamu mulai belajar menerima semua kekurangan dan kelebihan pasanganmu dari awal. Sebab, tidak ada pasangan yang sempurna di dunia ini. 😉

17. Visi Misi Pernikahan

Fakta menikah satu ini merupakan brainstorming untuk kamu dan pasanganmu. Saat membicarakan hal ini, diharapkan kamu dan pasanganmu jadi lebih mengenal satu sama lain, serta mengetahui gambaran dan hal yang ingin dicapai dari pernikahan.

18. Menentukan Batasan Privasi

Sebuah fakta menikah yang mau tidak mau harus kamu terima adalah, bahwa kamu akan sedikit banyak kehilangan privasimu. Namun, jangan sampai ini menjadi hal yang menghambat laju rencana besar dalam hidupmu ini. Kamu dan pasanganmu bisa berkompromi dan membicarakan batasan privasi masing-masing, agar hubungan yang dibina tetap sehat.

19. Menikah Adalah Komitmen Seumur Hidup

Sebelum menikah, kamu pastinya sudah harus tahu fakta menikah yang satu ini, bahwa kamu dan pasanganmu akan menjadi teman hidup hingga akhir hayat. Oleh karena itu, diharapkan kamu dan pasanganmu memiliki kesiapan yang matang untuk menjalani bahtera pernikahan, dan kelak tahu bagaimana cara mengusir kejenuhan yang bisa saja muncul.

20. Saling percaya

Kepercayaan merupakan landasan dari setiap hubungan. Fakta menikah satu ini sebaiknya dijadikan landasan saat hendak membina rumah tangga. Ini akan membantu membuat kehidupan rumah tanggamu lebih tenang dan bahagia. Berusahalah untuk senantiasa jujur dan tidak menyimpan rahasia.

fakta menikah yang harus kamu ketahui

(Image by: @TrungNguyen via pexels.com)

Bobobox! Pilihan yang tepat untuk kamu!

Cari hotel untuk menemani liburanmu bersama pasangan setelah menikah? Tapi bosan dengan hotel yang gitu-gitu aja? Berarti ini saatnya kamu datang ke Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman yang berbeda.

Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu dan pasanganmu betah berlama-lama nginap di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Untuk memesan kamar, kamu nggak usah khawatir bakal ribet, tinggal download aja aplikasinya. QR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar, lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox!

hotel kapsul bobobo

You might also like