Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Dinginnya Bikin beku! Tertarik Berlibur ke Yakutsk, Kota Modern Terdingin di Dunia? Bisa Hingga -50 Derjat Celsius!

Rasa dingin yang menusuk kulit hingga ke tulang

Setiap orang pasti memiliki tempat idamannya masing-masing sebagai tujuan berlibur seperti pulau, pantai, bawah laut, pedesaan, gunung, bahkan tempat dingin dan bersalju. Untuk kategori tempat dingin dan bersalju, cukup banyak pilihan negara dengan cuaca dingin yang bisa kamu ambil seperti Kanada, negara-negara Skandinavia atau Nordik, dan tentunya Rusia.

Sebagai salah satu negara terdingin di dunia, Rusia juga ternyata diklaim memiliki kota terdingin di dunia lho, namanya adalah kota Yakutsk. Mau tahu lebih lanjut tentang fakta kota terdingin di dunia Yakutsk ini? Simak lebih lanjut yuk!

Yakutsk Bagian dari Yakutia

via westend61.de

Salah satu fakta kota terdingin di dunia Yakutsk yang perlu kamu tahu adalah lokasi kota tersebut. Yakutsk ini merupakan sebuah kota di Republik Sakha (juga dikenal dengan nama Yakutia) yang masih berada dalam wilayah federasi Rusia.

Republik Sakha sendiri diketahui memiliki luas lebih dari 300.000 kilometer persegi. Jika dibandingkan dengan luas negara lain, luas Yakutia bisa menampung beberapa negara sekaligus. Dengan kata lain, Yakutia ini merupakan wilayah federal terbesar di dunia.

Namun, berbanding terbalik dengan luasnya yang tidak biasa, populasi Yakutia justru termasuk tidak padat. Melansir Tripstosiberia, Yakutia termasuk salah satu yang populasinya paling sedikit di dunia, denga jumlah kurang dari satu juta jiwa.

Mayoritas penduduk Yakutia ini bertempat tinggal di Yakutsk yang merupakan ibu kota sekaligus pusat budaya republik tersebut dengan populasi sekitar 300.000 jiwa. Saking sedikitnya penghuni wilayah tersebut, warga setempat berkelakar bahwa setiap warga bisa memperoleh masing-masing satu danau atau sungai yang ada di Yakutia. Terdapat sekitar 700.000 sungai dan 800.000 danau yang merupakan jaringan waterway atau jalan air terbesar di dunia.

Sementara itu, sebagian besar area di Yakutia tidak berpenghuni dan termasuk terpencil sehingga alamnya masih belum tersentuh dan kehidupan liar tidak terganggu sama sekali oleh kehidupan modern dan peradaban.

Kaya Sumber Daya Alam

@haozlife via Unsplash

Fakta kota terdingin di dunia Yakutsk lainnya adalah kekayaan melimpah yang dimiliki negara tempatnya berdiri. Ada emas, berlian, minyak bumi, gas alam dan perak. Bahkan 15% produksi berlian dunia berasal dari Yakutia. Selain itu, pada September 2014 silam, Presiden Putin telah meresmikan pembangunan saluran Power of Siberia sehingga memungkinkan untuk mengekspor gas alam ke Tiongkok. Di tempat ini, kamu juga bisa menjumpai lubang terdalam yang dibuat manusia untuk mengeksploitasi berlian.

Berdiri di Atas Permafrost

Bits of Everywhere via YouTube

Kota Yakutsk terdiri dari bangunan-bangunan tinggi, apartemen-apartemen bekas masa Soviet dan rumah-rumah kayu tua. Bangunan-bangunan tersebut diketahui berdiri di atas permafrost yakni lapisan beku yang terdiri dari tanah, batuan, serta sisa-sisa tumbuhan dan hewan selama ribuan hingga ratusan tahun. Di dalam permafrost tersebut bahkan bisa ditemukan fosil hewan-hewan purba seperti mamot, badak berbulu serta singa gua.

Lapisan tersebut tidak akan mencair dan berada di kedalaman mencapai ratusan meter. Permafrost di Yakutsk sendiri kedalamannya diperkirakan mencapai sekitar 140 meter.

Karena fakta kota terdingin di dunia Yakutsk tersebut, sebagian besar bangunan di sana di bangun di atas stilt (seperti rumah panggung) sehingga suhu panas dari bangunan tidak akan melelehkan lapisan-lapisan di bawahnya dan menyebabkan rumah-rumah tenggelam.

Musim Dingin di Yakutsk

via apnlive.com

Fakta kota terdingin di dunia Yakutsk berikutnya adalah tentang secuil kehidupan di musim dingin kota tersebut. Musim dingin di kota tersebut dimulai sejak bulan Oktober hingga Mei dengan suhu rata-rata minus 30-40 derajat Celsius dan diketahui bisa mencapai minus 52 derajat. Karenanya, tidak heran kota satu ini berpredikat kota terdingin di dunia.

Saat musim dingin tiba, warga Yakutsk tidak dianjurkan untuk berlama-lama di luar mengingat cuacanya yang cukup ekstrem serta jarak pandang yang lumayan pendek akibat adanya kabut tebal. Para warga juga hanya bisa bertahan sekitar 15-20 menit di luar rumah. Jika nekat keluar, siap-siap merasakan hawa dingin yang membuat kulit perih, menusuk tulang dan akhirnya membuat mati rasa. Orang-orang yang belum terbiasa akan merasakan sakit di sekujur tubuh setelah terekspos pada cuaca dingin yang keras tersebut.

Saking dinginnya, baterai mobil akan ikut membeku sehingga penduduk harus selalu menyalakan mobil mereka agar tidak rusak. Warga setempat juga memperingatkan pengunjung untuk tidak menggunakan kacamata. Di suhu tersebut, kacamata akan segera membeku, menempel di wajah dan berakibat daging di wajah terbawa saat melepas kacamata. Serem!

Selain itu, suhu 40 derajat sebenarnya oleh penduduk setempat dianggap dingin namun tidak dingin sekali. Karenanya, fasilitas umum seperti sekolah hanya akan ditutup jika suhu turun di bawah 55 derajat.

Kendati mendapat julukan kota terdingin di dunia, namun Yakutsk bukanlah tempat berpenghuni terdingin di dunia. Nyatanya ada yang lebih dingin lagi dari Yakutsk ini lho yaitu desa Omymyakon yang terletak di sebelah utara kota Yakutsk. Suhu di desa tersebut dikabarkan pernah mencapai minus 77 derajat Celsius. Untuk menghalau rasa dingin di tempat ekstrem tersebut, penduduk Yakutia biasanya mengonsumsi teh Rusia, istilah lain untuk vodka.

Musim Panas di Yakutsk

via rbth.com

Fakta kota terdingin di dunia Yautsk berikutnya adalah musim panas yang kerap menjadi waktu para turis berkunjung. Musim panas di Yakutsk bisa mencapai sekitar 70 derajat Fahrenheit atau 21 derajat Celsius. Di musim tersebut, Yakutsk merayakan festival tahunan musim panas Ysyakh di minggu terakhir bulan Juni sebagai bentuk penghormatan pada dewa-dewa alam dan perayaan keseburan, tahun baru serta kebangkitan dan pembaruan alam.

Festival biasanya akan dibuka dengan doa pada matahari lalu diikuti dengan tarian rakyat dengan kostum tradisional, performa musik, kompetitisi olahraga, pemeragaan perang, hingga pesta sepanjang malam sebelum menyambut matahari terbit. Saat festival ini, penduduk setempat juga memanjakan diri dengan makanan-makanan tradisional serta kumis (fermentasi susu kuda).

Spot Wisata Yakutsk

via westend61.de

Karena termasuk kota yang dingin, wisata Yakutsk didominasi oleh wisata museum dan teater. Kamu bisa menghibur diri dengan mengunjungi teater  drama, balet, hingga tari, pameran harta karun Rusia, Christian Market, National Art Museum of The Republic Sakha, Natural History Museum, University Museum of Archeology and Ethnography, Museum of Mammoth dan Fine Arts Museum.

Selain itu, Yakutsk juga memiliki Lenna Pillars, sebuah pegunungan bebatuan alami yang terletak di sepanjang Sungai Lena dan terbentuk akibat suhu ekstrem area tersebut. Ada juga Permafrost Kingdom yang tak kalah menawan. Tempat tersebut berupa gua berisikan koleksi pahatan es seperti dewa pagan, Buddha, firaun, dan Ded Moroz (Santa Klaus Rusia) serta stalaktit es dengan tambahan efek cahaya lampu neon.

Museum Mamot Satu-Satunya

via myodernmet.com

Fakta lainnya yang tak kalah menarik adalah Museum of Mammoth merupakan satu-satunya museum mamot terlengkap di dunia. Fakta kota terdingin di dunia Yakutsk ini mungkin membawa angin segar bagi kamu pecinta hewan purba tersebut.

Museum itu sendiri bisa dijumpai di pusat kota Yakutsk dan akan memberi kamu berbagai informasi tentang hewan prasejarah tersebut, pasalnya, 75% habitat dan fosilnya bisa ditemukan di area tersebut. Selain itu, museum ini juga menampung kerangka badak, bison, kuda dan anjing purba yang sudah ada sejak Zaman Es.

Makan Stroganina Hingga Beli Sepatu Unty

Fakta kota terdingin di dunia Yakutsk selanjutnya adalah Stroganina, sejenis ikan beku yang hanya bisa kamu temukan  di wilayah tersebut. Makanan ini biasanya dikonsumsi di musim dingin, waktu yang tidak memungkinkan untuk bertani.

Hal unik lainnya yang bisa kamu jumpai adalah sepatu musim dingin super hangat bernama unty. Unty ini terbuat dari kulit rusa dan sangat wajib digunakan untuk menghalau kerasnya suhu Yakutsk. Penggunaan pakaian tradisional musim dingin Sakha sendiri adalah hal yang wajar sehingga kamu dipastikan akan menjumpai banyak toko kulit berbulu.

Jalan Beku di atas Sungai Lena

via eugene.kaspersky.com

Fakta kota terdingin di dunia Yakutsk selanjutnya yang perlu kamu tahu adalah akses dari dan menuju Yakutsk di musim dingin yang perlu melewati Sungai Lena yang beku. Jalan tersebut akan menghubungkan kamu dengan Lena Highyway yang kemudian membawa kamu ke Amur Highway. Di musim panas, biasanya ada kapal feri yang melintas. Namun setiap musim semi saat es mulai mencair dan musim gugur saat air mulai membeku, sungai tersebut mustahil dilewati kecuali dengan helikopter.

Jalan beku di musim dingin tersebut membentang sepanjang 17 km, setara dengan jarak yang ditempuh feri di musim panas. Saking seringnya digunakan, kamu akan menjumpai plang penanda jalan beku tersebut. Sejauh ini, belum ada jalan di atas sungai meskipun sebenarnya sudah ada agenda pembangunan jalan tersebut namun masih ditunda karena kendala permasfrost, udara dingin dan ketebalan sungai.

Pembahasan tentang liburan ke negara dingin mungkin membuat kamu kangen untuk liburan. Jika kamu langsung terpikir untuk menyusun agenda liburan di kawasan pulau Jawa, kamu bisa memasukkan Bobobox sebagai akomodasi andalan kamu.

Tempatnya nyaman, fasilitasnya canggih, harga terjangkau, pelayanan ramah dan kebersihan serta keamanan sangat terjaga. Hotelnya pun bisa kamu temukan di kota-kota besar seperti Bandung, Jakarta, Semarang, Solo dan Yogyakarta.

Yuk, tunggu apalagi? Booking lewat aplikasi Bobobox dan jangan sampai melewatkan informasi serta promo-promo terbarunya!

You might also like