Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Bekasi Pride! Ini Dia Fakta Kota Bekasi Keren yang Gak Kamu Ketahui!

Fakta Kota Bekasi yang unik ini memang bikin bangga!

Fakta Kota Bekasi berikut ini mungkin belum pernah kamu dengar sekalipun kamu adalah salah satu orang yang tinggal di kawasan Bekasi. Meskipun seringkali di bully karena lokasinya yang terkesan “tanggung” dan serangkaian olok-olok yang mendiskreditkan Bekasi. Oleh karena itulah pada kesempatan kali ini Bob akan membahas mengenai fakta Kota Bekasi yang unik dan membanggakan!Jika kamu sering mengunjungi Bekasi kamu mungkin menyadari betapa masifnya pembangunan infrastruktur dan sejumlah fasilitas keren di Bekasi. Bekasi yang dikenal gersang dan panas un faktanya menjadi salah satu kota di Indonesia yang memiliki salju tepatnya di kawasan Trans Snow World-nya. Selain itu masih banyak lagi fakta Kota Bekasi yang sangat menarik untuk kita bahas bersama. Berikut ini adalah fakta Kota Bekasi yang unik dan keren yang perlu kamu ketahui!

1. Fakta Kota Bekasi: Punya Flyover Paling Keren Se-Indonesia

@RCTI+

Fakta Kota Bekasi yang pertama adalah keberadaan flyover kebanggaan masyarakat bekasi bernama Flyover KH Noer Ali Summarrecon Bekasi. Flyover ini memiliki peranan yang sangat penting bagi perkembangan di kawasan Kota Bekasi ini. Tanpa kehadiran flyover ini kamu akan sangat kesulitan untuk mencapai Kota Summarecon Bekasi karena harus menempuh perjalanan menuju Jalan Perjuangan terlebih dahulu dan bisa jadi sangat macet.

Flyover ini merupakan salah satu ikon kebanggaan Kota Bekasi yang melintas di atas jalur kereta api dengan bentang jembatan sepanjang 130 meter! Fakta Kota Bekasi istimewa lainnya adalah flyover ini dibangun tanpa tiang penyangga dan merupakan salah satu jembatan dengan bentang terpanjang di Indonesi! Proses pembangunan flyover ini menelan biaya hingga Rp200 miliar. Indah dan megah!

2. Fakta Kota Bekasi: Punya Stadion Megah

Fakta Kota Bekasi selanjutnya adanya stadion besar yang megah! Stadion di Kota Bekasi ini bahkan merupakan salah satu stadion besar di kawasan Jabodetabek setelah Gelora Bung Karno dan Senayan. Stadion di Kota Bekasi ini bernama Stadion Patriot Chandrabhaga dan mampu menampung sebanyak 30 ribu orang penonton. Fakta Kota Bekasi ini menunjukkan bahwa kapasitas tampung penontonnya paling besar daripada stadion yang dimiliki kota Bogor, Depok, Serpong atau Tangerang.



3. Fakta Kota Bekasi: Kawasan Paling Banyak di Huni Ekspatriat

Fakta Kota Bekasi berikutnya adalah Kota Bekasi merupakan salah satu kawasan yang paling banyak dihuni ekspatriat. Fakta Kota Bekasi ini juga didukung dengan fakta Bekasi yang merupakan salah satu daerah di Indonesia yang punya kawasan industri paling banyak, Terdapat lebih dari 700 ribu orang yang setiap hari bekerja di 4 ribu perusahaan lokal dan asing di kawasan ini dengan 21 ribu orang di antaranya merupakan pegawai ekspatriat.

4. Fakta Unik Bekasi: Punya Monorel Sendiri

Tak kalah dengan Jakarta yang punya MRT, Bekasi juga punya monorel sendiri, lho. Fakta Kota Bekasi ini diwujudkan oleh kerjasama antara Pemerintahan Kabupaten Bekasi dengan Japan Transportation Planning Association (JTPA) yang tengah menyiapkan pembangunan monorel.

Rute monorel ini melingkupi kawasan Stasiun Cikarang menuju Kawasan Industri Jababeka, EJIP, MM2100, Lippo Cikarang, Deltamas, hingga Cikarang Pusat. Kedepannya jalur monorel ini juga akan terkoneksi dengan monorel Kota Bekasi yang juga akan terhubung dengan monorel Jakarta-Bekasi.

5. Fakta Unik Bekasi: Punya Mall Paling Ramai Se-Indonesia

Bagi kamu yang ingin mengunjungi mll yang keren, Kota Bekasi juga memiliki mall yang ramai dikunjungi, lho. Mal di kawasan Kota Bekasi ini bernama Mal Metropolitan Bekasi. Umumnya mal ini ramai dikunjungi di akhir pekan antara pukul 10 pagi sampai 12 siang.

6. Fakta Kota Bekasi: Asal Mula Kata Bekasi

Informasi mengenai fakta Kota Bekasi ini tentunya akan terasa kurang lengkap jika tanpa membahas sejarah asal mula kata Bekasi. Secara filosofis kata Bekasi ini berasal dari kata Chandrabhaga yang memiliki arti “bulan” (dalam bahasa Jawa Kuno, sama dengan kata Sasi) dan Bhaga yang berarti “bagian”. Secara etimologis Chandrabhaga memiliki arti bagian dari bulan dan kemudian kata ini berubah menjadi Bhagasasi yang pengucapannya sering disingkat menjadi Bhagasi.

Di masa kolonial Belanda kata Bhagasi ini dalam pelafalan bahasa Belanda seringkali ditulis “Bacassie” sehingga menjadi berubah menjadi Bekasi sampat saat ini. Bekasi juga seringkali dikenal dengan sebutan “Bumi Patriot” karena merupakan salah satu daerah yang dijaga oleh para pembela tanah air. Bekasi memang istimewa dan bikin bangga!

7. Fakta Kota Bekasi: Robin Hood Lokal

Kamu pastinya sudah familiar dnegan kisah tentang Robin Hood yang merampok untuk membantu masyarakat miskin. Fakta Kota Bekasi satu ini juga akan membahas Robin Hood lokal asal Bekasi bernama Entong Tolo. Sekitar awal 1900-an, mayoritas petani di Bekasi diwajibkan untuk membayar pajak kepada pemilik tanah dan jika mereka tidak mampu membayar pajak maka petani akan dikenakan denda atau harus menghadap pengadilan.

Situasi yang sulit ini pun kemudian menyulut sebuah perlawanan yang tidak dilakukan secara terang-terangan yaitu dalam bentuk perbanditan. Singkat cerita harta benda dan hewan ternak milik tuan tanah pun beralih ke genggaman Entong Tolo yang kemudian ia bagikan hasil rampokannya untuk mengurangi penderitaan warga. Meskipun demikian dalam perkembangannya ia juga memperkaya dirinya sendiri. Bekasi memang punya segudang cerita unik ya!


8. Fakta Kota Bekasi: Artefak dan Benda Arkeologi

Fakta Kota Bekasi
@AyoBekasi.net

Bagi kamu yang tak percaya bahwa Bekasi di masa lampau merupakan kawasan yang sangat termahsyur maka kamu harus simak fakta Kota Bekasi yang satu ini. Di kawasan Bekasi kamu bisa menemukan banyak artefak atau benda arkeologi peninggalan sejarah yang menunjukkan bahwa Bekasi merupakan kawasan yang berjaya di masa lalu.

Menurut cerita masyarakat sekitar, para arkeolog menemukan situs kubur prasejarah nenek moyang Bekasi berkisar 2000 tahun silam. Salah satu cerita mengenai sitis kubur prasejarah ini adalah kisah mengenai nenek Masnah yang tak sengaja menemukan Situs Buni tengah berjalan di sawah. Di sana ia kemudian menemukan sebuah benda di dalam lubang tanahyang ia bawa pulang lalu dicuci. Ternyata benda yang nenk Masnah temukan adalah emas berukuran kecil.

Ingin Staycation di Pod Instagrammable? Bobobox Aja!

Bobobox merupakan hotel kapsul yang memiliki desain futuristik dengan beragam fasilitas hi-tech. Kamu bisa merehatkan badan dengan staycation di sini. Caranya, tinggal pesan pod melalui website atau aplikasi Bobobox. Kamu akan mendapatkan QR code yang bisa digunakan sebagai akses masuk ke dalam pod tanpa harus menggunakan kunci biasa. Podnya juga super nyaman dan bersih karena tim Bobobox selalu menjaga kebersihan dan keamanan para tamu.

Penasaran dengan interiornya? Jangan khawatir, kamu bisa melakukan virtual tour untuk bisa melihat beragam fasilitas dan interior instagenic-nya Bobobox! Klik di sini untuk memulai virtual tour-nya, ya. Kalau sudah virtual tour, yuk, pesan kamar di Bobobox sekarang.

bobobox kebayoran baru

You might also like