Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Mencengangkan! Berikut Adalah 7 Fakta Kapal Titanic yang Kamu Mungkin Belum Ketahui!

Ketujuh fakta kapal Titanic ini sama wow-nya dengan kapalnya!

Tanggal 15 April 1912 menjadi hari paling menggemparkan di Inggris, atau bahkan seluruh dunia. Pasalnya, sebuah kapal penumpang mewah bernama RMS Titanic tenggelam di samudra Atlantik. Saat diluncurkan, kapal ini menjadi kapal terbesar di dunia. Titanic juga dibangun dengan teknologi yang paling mutakhir pada masanya dan disebut-sebut tidak bisa tenggelam. Jadi, nggak heran kalau tragedi tersebut mengejutkan banyak orang.

fakta kapal titanic
Credit: Robert John Welch via Wikimedia Commons

Kapal uap mewah ini tenggelam setelah menabrak gunung es. Dilansir dari History, dari 2.240 orang penumpang dan kru, lebih dari 1.500 orang meninggal dalam tragedi Titanic. Menurut sebuah artikel penelitian dari The Lancet, sebagian besar penumpang tewas akibat hipotermia karena air samudra Atlantik yang dingin. Selain itu, jumlah perahu penyelamat yang sedikit pun tidak bisa mengakomodasi semua penumpang.


Baca Juga: 7 Kisah Kapal Hantu Legendaris yang Paling Mencekam


Tragedi kapal Titanic telah menginspirasi banyak orang. Beberapa film berlatar kapal ini pun diproduksi. Salah satunya adalah film romance tahun 1997, Titanic. Film yang dibintangi Leonadro DiCaprio dan Kate Winslet ini bahkan menyabet banyak penghargaan. Di ajang Academy Awards ke-70 di tahun 1998, Titanic masuk ke 14 nominasi dan berhasil membawa pulang 11 piala Oscars. Kapal Titanic bahkan pernah tampil di salah satu adegan film komedi supernatural, Ghostbusters 2.

fakta kapal titanic
Sumber: TribunSeleb

Mungkin sebagian dari kita familier dengan gambaran kapal Titanic melalui film besutan James Cameron. Namun, sebenarnya ada lebih banyak fakta kapal Titanic yang mencengangkan. Buat kamu yang belum tahu, Bob sudah siapkan 7 fakta kapal Titanic yang unik. Hmm… Pun intended? Bob doesn’t think so! Yuk simak fakta-fakta berikut!

1. Sempat Memegang Rekor Kapal Terbesar di Dunia

Fakta kapal Titanic yang pertama berkaitan dengan rekor dunia. Meskipun tidak berumur lama, kapal ini sempat mengecap rekor bergengsi, lho! Dilansir dari HMY Yachts, RMS Titanic menjadi kapal penumpang terbesar di dunia saat diluncurkan bulan April 1912. Kapal ini memiliki panjang 269,1 meter dan berat 46.328 ton. RMS Titanic juga bisa mengakomodasi maksimal 2.435 penumpang.

fakta kapal titanic
Sumber: Popcorn TV

Kalau dibandingkan dengan kapal terbesar di dunia saat ini, Symphony of the Seas, Titanic memang mungil. Dengan panjang 361,1 meter, Symphony of the Seas menjadi kapal paling akbar di dunia. Namun, pada masanya, RMS Titanic berhasil mengalahkan banyak kapal-kapal pesaing. Kalau kamu pernah nonton filmnya, mungkin kamu ingat di awal film, Rose menyebutkan salah satu kapal pesaing Titanic, Mauretania.


Baca Juga: Nikmati Suasana Metropolitan Terapung di 5 Kapal Pesiar Terbesar di Dunia Ini!


2. Biaya Pembangunan yang Fantastis

Nah! Fakta kapal Titanic yang satu ini berkaitan dengan uang. White Star Line, perusahaan perkapalan yang membangun Titanic tentunya membutuhkan dana yang besar. Dilansir dari Investopedia, pembangunan kapal Titanic di tahun 1912 memakan dana 7,5 juta dolar Amerika Serikat. Kalau di kurs sekarang, pembangunan Titanic membutuhkan dana sekitar 400 juta dolar AS. Waw!

fakta kapal titanic
Sumber: 24Sata.hr

Oh, ya! Ternyata pembuatan film Titanic pun memakan dana yang nggak kalah fantastis. Dilansir dari The Things, budget Titanic di tahun 1997 mencapai 200 juta dolar AS. Walhasil, Titanic pun menjadi salah satu film dengan biaya pembuatan termahal. Namun, bisa dipahami sih! Pasalnya, detail latar di film Titanic memang luar biasa! Bahkan, James Cameron dan kru film sampai harus “nyebur” ke dasar Atlantik untuk merekam bangkai Titanic yang asli!

3. Fasilitas Supermewah di Kelas Pertama

Seperti yang kamu lihat di filmnya, fakta kapal Titanic yang satu ini jangan dipertanyakan lagi. RMS Titanic dilengkapi berbagai fasilitas supermewah untuk memanjakan para penumpang. Bahkan, dilansir dari Ultimate Titanic, kapal ini juga punya beberapa fasilitas baru yang tidak tersedia di kapal-kapal lain. Sebagai fasilitas kebugaran, kapal Titanic punya kolam renang, pemandian khas Turki, lapangan squash, sampai gym!

fakta kapal titanic
Sumber: Titanic Fandom
fakta kapal titanic
Credit: ArtStation via Pinterest

Soal bersantap, para penumpang kelas pertama bisa berkunjung ke beberapa dining venue. Ada Café Parisien, Veranda Café, dan Palm Court untuk “nongki” cantik. Untuk gala dinner, tersedia restoran utama dan restoran a la carte. Tersedia juga smoking room untuk para pria, dan reading & writing room untuk para wanita.  Yang pasti, grand staircase jadi salah satu fitur Titanic yang paling ikonik!


Baca Juga: 7 Restoran di Jakarta Ini Punya Menu Seharga Tiket Universal Studios Singapore, Lho!


4. Ada J. Dawson di Kapal Titanic. Jack Asli?

Buat kalian penggemar film Titanic, fakta kapal Titanic yang satu ini mungkin cukup mengejutkan. Seperti yang kita tahu, protagonis dalam film tersebut adalah Jack Dawson (Leonardo DiCaprio) dan Rose DeWitt-Bukater (Kate Winslet). Di manifest asli kapal Titanic, terdapat sebuah nama yang menarik perhatian, yaitu J. Dawson. Wah! Apakah ini Jack Dawson yang sebenarnya?

fakta kapal titanic
Sumber: PopSugar
fakta kapal titanic
Sumber: eigarunner via Twitter

Sayang sekali, karakter Jack Dawson dan J. Dawon di manifest merupakan sosok yang berbeda. Dilansir dari Chasing the Frog, J. Dawson adalah salah satu kru kapal yang bertugas mengelola batu bara. Nama lengkap kru tersebut adalah Joseph Dawson. Makam J. Dawson berada di Halifax, Nova Scotia, Kanada. Dan yup, bisa ditebak! Para fans berat Titanic pun mengunjungi makam tersebut untuk meninggalkan bunga, lilin, hingga foto Leonardo DiCaprio!

5. Harga Tiket yang Bikin Kantong Jebol

Fakta kapal Titanic yang ini lagi-lagi berkaitan dengan uang. Untuk menikmati semua kemewahan di kapal Titanic, para penumpang harus mau merogoh dana yang nggak kecil. Dilansir dari jamescamerononline.com, tiket kelas tiga dibanderol dengan harga 15-40 dolar AS, atau sekitar 170-460 dolar AS kurs sekarang. Ingin sedikit lebih mewah? Kamu bisa melirik tiket kelas dua yang dijual dengan harga 60 dolar AS atau sekitar 700 dolar AS kurs sekarang.

fakta kapal titanic
Sumber: Yandex Zen
fakta kapal titanic
Sumber: LiveInternet.ru

Harga berbanding kualitas dan kemewahan, dan ini menjadi fakta kapal Titanic yang nggak perlu diragukan. Ingin berbaur dengan para penumpang kelas satu? Tiket kelas satu kamar “standar” dibanderol dengan harga 150 dolar AS atau sekitar 1.700 dolar AS kurs sekarang. Kurang mewah? Kamu bisa pilih Parlor Suite, seperti kamar yang ditempati Rose. Harga tiketnya bisa mencapai 4.350 dolar AS atau 50.000 dolar AS kurs saat ini! Waduh!


Baca Juga: Sulap Rumahmu Menjadi Hotel Mewah dengan 5 Trik Ini!


6. Kembar Tiga

Mungkin kalian belum tahu fakta kapal Titanic yang satu ini. Ya, kapal Titanic ternyata punya dua saudara. Bisa dibilang, kapal Titanic punya dua kembaran. Dilansir dari Britannica, White Star Line, perusahaan perkapalan yang membuat Titanic meluncurkan kelas kapal baru yang mewah. Kelas ini punya tiga kapal, yaitu Olympic, Titanic, dan Britannic. Olympic sendiri selesai dibangun dan mulai beroperasi di tahun 1911, setahun sebelum Titanic.

fakta kapal titanic
Credit: Soerfm via Wikimedia Commons
fakta kapal titanic
Credit: Allan Charles Green via Wikimedia Commons

Berbeda dengan Titanic, Olympic beroperasi hingga tahun 1935 dan pernah digunakan dalam Perang Dunia I. Sementara itu, si bungsu Britannic diluncurkan pada tahun 1914, dua tahun setelah tenggelamnya Titanic. Kapal ini pun ikut digunakan dalam Perang Dunia I sebagai kapal rumah sakit. Sayangnya, dilansir dari History, Britannic tenggelam di tahun 1916 akibat ledakan yang konon terjadi karena kapal menabrak ranjau.

7. Replika Titanic

Penasaran ingin merasakan pengalaman naik kapal Titanic? Fakta kapal Titanic yang satu ini mungkin bikin kamu excited. Pasalnya, sebuah resor di Sichuan sedang membangun replika kapal Titanic. Dilansir dari BBC, kapal ini memiliki ukuran yang sama dengan Titanic asli. Proyek bernama Romandisea Titanic ini juga akan memiliki kabin-kabin mewah. Namun, kapal yang satu ini tidak akan bisa berlayar karena sengaja dilabuhkan secara permanen.

fakta kapal titanic
Credit: Romandisea Seven Star International Cultural Tourism Resort (Facebook)

Ingin berlayar betulan di atas Titanic? Seorang milyarder asal Queensland, Clive Palmer menjalankan proyek Titanic II. Dilansir dari The Sydney Morning Herald, kapal ini memiliki desain yang sama dengan Titanic. Namun, Titanic II dilengkapi teknologi yang lebih modern, serta sistem navigasi dan keamanan yang lebih canggih. Sayangnya, hingga saat ini belum ada kejelasan mengenai proyek ini. Semoga saja Titanic II bisa segera selesai, ya!

Fakta Kapal Titanic yang Mana yang Paling Mencengangkan?

Buat Bob, ketujuh fakta kapal Titanic yang disebutkan di atas semuanya unik dan mengejutkan. Dari fasilitas, ukuran, hingga harga tiket, kapal Titanic memang fenomenal. Meskipun sudah tenggelam, kisah-kisah kapal Titanic tidak akan pernah terlupakan dan selalu dikenang. Saat ini, kita belum bisa melihat kapal Titanic secara langsung. Namun, kita masih bisa menyaksikan kemewahannya lewat film Titanic. Apalagi, film ini dibintangi aktor dan aktris ternama!

Nonton Titanic di Bobobox

Biar nggak bosan, kamu bisa nonton Titanic sambil staycation di Bobobox. Ya, nonton film-film romance, komedi, atau horror juga boleh kok! Di Bobobox, setiap pod sudah dilengkapi Bluetooth speaker. Apalagi, pencahayaannya bisa kamu atur sesuai keinginan. Jadi deh nonton bioskop mini! Interior pod yang luas dan kasur yang empuk juga bikin kamu makin nyaman!

Bobobox juga dilengkapi fasilitas seperti pantry, communal space, shared bathroom, vending machine, dan musala, lho! Jadi, kunjunganmu dijamin nggak akan membosankan. Jangan lupa unduh aplikasi Bobobox ke ponselmu sebelum berlibur. Aplikasi ini tersedia untuk platform iOS dan Android secara gratis! Kamu bisa memesan pod secara langsung dan mendapatkan beragam informasi promo menarik, lho!

You might also like