Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

5 Fakta Día de Los Muertos, Hari Raya di Meksiko yang Menginspirasi Film Coco

Menarik untuk kamu ketahui apalagi jika kamu fans film Coco

Bobobox.co.id — Kalau kamu sudah nonton film Coco keluaran Pixar tentu tidak asing dengan Dia de Los Muertos atau Hari Kematian yang merupakan hari raya Meksiko yang menginspirasi film yang disutradarai oleh Lee Unkrich ini.

Sesuai dengan namanya, Hari Kematian ini merupakan hari yang ditujukan untuk memperingati kematian. Peringatannya dilakukan dengan cara berkumpul bersama keluarga, teman dekat, dan kerabat dan berdoa untuk mengingat keluarga terdekat yang sudah pergi mendahului mereka.

Peringatan tersebut bisa kamu saksikan di akhir film saat Coco kehilangan sang nenek. Nah, jika kamu ingin mengetahui fakta-fakta menarik seputar Dia de Los Muertos yang termasuk hari raya di Meksiko ini, simak ulasannya berikut ini.

Bukan Merupakan Perayaan Halloween Versi Meksiko

Dengan tanggal perayaannya yang hampir bersamaan yaitu 31 Oktober untuk Halloween dan 1 dan 2 November untuk Dia de Los Muertos, banyak yang mengira bahwa hari raya Meksiko ini merupakan perayaan Halloween versi Meksiko. Selain juga dari sisi kostum yang identik dengan ‘dandanan hantu’.

Padahal, dari segi inti perayaannya, kedua hari raya tersebut memiliki perbedaan yang kentara. Jika Dia de Los Muertos mengingat yang telah pergi dengan berdandan seperti hantu. Sedangkan pada Halloween, orang-orang berdandan seperti hantu hanya agar terlihat seram.

hari raya halloween
via dayofthedead.holiday

Ditampilkan Juga Di Film Spectre (2015)

Selain menjadi inspirasi langsung film Coco produksi Pixar dan Disney, kamu pun bisa menemukan Hari Raya Kematian ini di film Spectre yang merupakan salah satu film franchise James Bond.

Dalam film Spectre, walaupun bukan menjadi inspirasi utama film tersebut, kamu bisa melihat secara langsung perayaan Dia de Los Muertos dengan tampilan yang berbeda dibandingkan dengan film Coco. Pasalnya, film Coco sendiri merupakan film animasi.

via bondsuits.com

Beda Negara Bagian, Beda Pula Tradisi Perayaannya

Laiknya Indonesia, Meksiko pun termasuk ke dalanm negara yang beragam atau heterogen. Tak mengherankan jika di tiap Negara Bagian khususnya di tiap tempatnya, peringatan Hari Raya Kematian ini cenderung bervariasi dari satu tempat ke tempat lainnya.

Misalkan saja, di Mixquic, tradisi yang dilakukan adalah dengan menghiasi kota dengan rantai kertas dan bintang-bintang. Sementara di Patzcuaro, warga lokalnya akan melakukan perjalanan ke makan menggunakan perahu berlampu lilin dengan melintasi danau di malam hari.

via ororadio.com.mx

Ofrendas Sebagai Elemen Penting Hari Raya Kematian

Salah satu elemen penting yang ada di hari raya Meksiko ini adalah ofrendas. Ofrendas sendiri merupakan kerangka tengkorak yang biasanya dihiasi oleh bunga-bunga Marigold dan kerajinan kertas berwarna oren dan ungu.

Menjadi simbol yang paling dikenal, tiap ofrendas mencakup empat elemen yaitu air, angin, bumi, dan api. Ofrendas ini digunakan oleh keluarga sebagai cara menghormati keluarga yang mereka cintai dan diletakkan bersama foto-foto almarhum dan benda-benda milik yang telah meninggal.

via dayofthedead.holiday

Dia de Los Muertos Sebagai Selebrasi

Fakta yang terakhir adalah Dia de Los Muertos sebagai ajang selebrasi. Banyak yang mengira bahwa Hari Raya Kematian di Meksiko ini termasuk hari peringatan yang khusyuk.

Padahal, di hari raya Meksiko ini, kamu akan menemukan banyak orang menari yang diiringi dengan musik. Beberapa tarian yang terkenal diantaranya adalah La Danza de los Viejitos dan La Danza de los Tecuanes.

via sacurrent.com

Menginap di Bobobox

Kamu yang sedang ingin menginap di hotel kapsul kekinian, bisa langsung datang ke Bobobox. Tempat menginap dengan logo Koala ini siap memberikan pelayanan terbaiknya untuk setiap tamunya yang datang.

Nah, untuk memesan tiap podnya, cukup unduh aplikasinya dan nikmati pengalaman menginap yang berbeda dibandingkan tempat menginap lainnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.