Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ingin Mendaki Gunung Cikuray? Ini Dia Fakta Gunung Cikuray!

Fakta Gunung Cikuray ini adalah panduan lengkap yang kamu butuhkan!

Fakta Gunung Cikuray di kawasan Garut ini bisa jadi bekal informasi bagi kamu yang saat ini punya rencana untuk melakukan pendakian. Kegiatan mendaki gunung merupakan salah satu kegiatan yang tak hanya membutuhkan bekal dan persiapan berupa fisik yang kuat tapi juga informasi yang cukup. Fakta Gunung Cikuray yang Bob rangkum di bawah ini akan menjadi panduan yang kamu butuhkan sebelum akan melakukan kegiatan pendakian.

Fakta Gunung Cikuray yang membuat banyak wisatawan mengunjungi objek wisata alam ini salah satunya adalah lokasinya yang strategis. Gunung Cikuray adalah salah satu gunung yang berada di Garut dan cukup mudah di akses terutama bagi yang bertempat tinggal di Ibukota Jakarta. Hal yang membuat Gunung Cikuray ini banyak diminati para wisatawan dan pendaki gunung adalah track-nya yang menantang.

Gunung Cikuray ini memiliki ketinggian yang hampir mencapai 3.000 meter atau kurang lebihnya 2.818 meter diatas permukaan laut. Fakta Gunung Cikuray ini membuat gunung tersebut menyandang status sebagai gunung tertinggi di Garut dan menjadi berada dalam jajaran gunung tertinggi di Jawa Barat. Banyak orang menyebut bahwa destinasi wisata Gunung Cikuray ini sangat cocok untuk dikunjungi terutama bagi kamu para pendaki sejati.

Saat melakukan pendakian ke Gunung Ciremay, kamu akan disuguhi oleh pemandangan alam yang cantik dan track yang menegangkan. Penasaran ingin tahu lebih banyak lagi mengenai fakta Gunung Ciremay yang menarik untuk ditelusuri? Bagi kamu yang tertarik untuk mendaki Gunung Cikuray, kamu bisa simak infromasi mengenai fakta Gunung Cikuray berikut ini agar rencana pendakian kamu penuh persiapan!

Fakta Gunung Cikuray: Fasilitas yang Ada di Gunung Cikuray

@detikTravel – Detikcom

Fakta Gunung Cikuray yang pertama akan Bob bahas adalah mengenai fasilitas yang bisa kamu temui dan nikmati selama berada di Gunung Cikuray. Gunung Cikuray ini bisa dibilang masih sangat natural sehingga belum banyak fasilitas yang dibangun di sana. Hal ini bisa menjadi salah satu poin yang disayangkan mengingat Gunung Cikuray memiliki potensi wisata alamnya yang bagus terutama jika diimbangi dengan fasilitas yang memadai.

DI sana kamu mungkin akan kesulitan untuk menemukan fasilitas seperti basecamp yang luas dan nyaman untuk beristirahat. Namun jika urusan toilet kamu tak perlu khawatir karena di sekitar Gunung Cikuray kamu bisa menemukan toilet. Toilet ini bukanlah toilet yang gratis, sehingga kamu dan wisatawan lainnya akan dikenakan biaya Rp3000,00. Fakta Gunung Cikuray ini bisa menjadi fokus pemerintah daerah setempat untuk melengkapi fasilitas Gunung Cikuray agar potensinya semakin tergali.

Fakta Gunung Cikuray: Keindahan Gunung Cikuray

Fakta Gunung Cikuray selanjutnya adalah keindahan alam Gunung Cikuray yang sudah dikenal banyak masyarakat. Berdasarkan penuturan dari sebuah naskah kuno, Gunung Cikuray pada jaman dahulu adalah sebuah gerbang menuju Kerajaan Padjajaran. Fakta Gunung Cikuray ini dibuktikan dengan informasi bahwa pada abad ke 17, lereng Gunung Cikuray menjadi tempat pemukiman bagi para pendeta dan menjadi pusat pembelajaran berbagai macam ilmu.

Fakta Gunung Cikuray ini membuat tempat ini menjadi sebuah pusat pembelajaran yang menghasilkan berbagai macam naskah-naskah kuno. Naskah-naskah kuno tersebut kemudian menjadi objek penelitian bagi ahli sejarah. Selain mempelajari sedikit sejarah mengenai Gunung Cikuray kamu juga bsisa menimati pemandangan perkebunan teh yang luas khas Jawa Barat.

@Yukpiknik.com

Fakta Gunung Cikuray yang perlu kamu ketahui lainnya adalah mengenai kondisi sekitar gunung yang bergantung pada cuaca. Jika kamu berkunjung ke Gunung Cikuray pada musim kemarau maka besar kemungkinan bahwa keadaan di sekitar Gunung Cikuray akan sangat berdebu. Sebaliknya jika kamu berkunjung pada musim hujan maka jalanan yang akan kamu lewati akan cenderung licin dan tentu saja becek.

Oleh karena itu selain menyiapkan fisik yang kuat penting juga bagi kamu untuk menyiapkan pakaian dan alas kaki yang nyaman dan sesuai dengan medan. Harap juga untuk berhati-hati dan waspada saat mendaki mengingat kamu akan menghadapi jurang dan medan-medan yang curam.

Fakta Gunung Cikuray: Hunting Foto di Kawasan Gunung Cikuray

Fakta Gunung Cikuray berikutnya adalah potensi bagi kamu hunting banyak foto estetik di berbagai sudut Gunung Cikuray yang menarik untuk kamu jelajahi! Tentu saja fakta Gunung Cikuray ini akan sangat sayang untuk lewatkan sehingga penting bagi kamu untuk membawa serta kamera atau ponsel berkamera kamu. Mengingat kamu akan memasuki hutan Gunung Cikuray maka Bob sangat menyarankan kamu untuk membawa serta kamera beserta pelindungnya.

Selain itu penting untuk diingat untuk menghindari memfoto pemandangan secara terus menerus saat sedang mendaki. Kamu harus tetap mengingat akan keselamatan kamu. Fakta Gunung Cikuray yang perlu kamu ketahui lainnya adalah beragam tempat indah yang bisa kamu manfaatkan sebagai lokasi beristirahat saat mendaki Gunung Cikuray. Kamu juga bisa beruntung menemukan beberapa hewan liar saat berada di Gunung Cikuray.

Beberapa hewan liar yang bisa kamu temui di Gunung Cikuray ini di antaranya adalah monyet dan burung-burung cantik. Fakta Gunung Cikuray ini tentunya memberikan kesempatan bagi kamu untuk bisa memotret hewan-hewan cantik tersebut secara langsung dalam jarak yang bisa dibilang cukup dekat.

Fakta Gunung Cikuray: Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Gunung Cikuray

Fakta Gunung Cikuray
@pendakipintar.blogspot.com

Bagi kamu yang tertarik untuk bekrunjung ke Gunung Cikuray kamu perlu membayar biaya retribusi sebesar Rp10.000,00 per orang saat memasuki destinasi wisata alam ini. Kawasan Gunung Cikuray ini dibuka untuk umum 24 jam penuh. Jadi apabila anda ingin berkunjung pada malam hari dan menginap juga bisa.

Fakta Gunung Cikuray: Akses Lokasi Menuju Gunung Cikuray

Fakta Gunung Cikuray yang terakhir adalah kemudahan akses untuk menuju Gunung Cikuray. Kamu bisa mengunjungi Gunung Cikuray ini dari arah Jakarta baik dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Caranya kamu bisa menuju arah Kota Garut, lalu ambil arah menuju Cilawu. Bagi kamu yang membawa kendaraan pribadi kamu bisa meniitipkan kendaraan kamu di sekitar Cilawu lalu menyewa jasa ojek ataupun mobil carter menuju Gunung Cikuray yang bisa ditempuh dalam waktu 1 jam.

Cobain Pengalaman Wisata Alam di Bobocabin!

Ingin berwisata alam namun mendaki gunung terlalu melelahkan buat kamu? Yuk cobain Bobobocabin,  layanan terbaru Bobobox yang kini sudah buka di kawasan Ranca Upas dan siap menemani kamu merasakan tenangnya alam dalam balutan teknologi canggih. Kabinnya dirancang dengan konsep futuristik yang dilengkapi dengan teknologi Internet of Things. Teknologi tersebut dapat digunakan untuk pengaturan lampu, pintu, jendela dan Bluetooth speaker.

Selain itu, ada juga fasilitas Wi-Fi, kamar mandi bersama (menggunakan QR code untuk keamanan pengunjung), serta api unggun untuk mengusir rasa dingin yang menyusup ke tulang kamu. Biar selalu up-to-date dengan perkembangan Bobobocabin ini, yuk unduh dulu aplikasi Bobobox di Play Store atau App Store!

Bobocabin by Bobobox Indonesia

You might also like