Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Bukan Marmot! Yuk Kenali 5 Fakta Guinea Pig yang Imut dan Menggemaskan!

Kelima fakta guinea pig ini bikin kamu makin gemes dan pengen pelihara!

Hewan peliharaan di rumah bisa jadi teman yang mengasyikkan dan menggemaskan. Saat pulang sekolah atau kerja, kehadiran mereka bisa jadi hiburan dan pelipur lara. Meskipun kita nggak bisa bahasa hewan, biasanya mereka bisa paham suasana hati kita. Kucing, anjing, atau kelinci kamu mungkin nggak bisa bantu kerjakan PR atau selesaikan masalah lain. Namun, mereka bisa memberikan kehadirannya supaya kamu nggak sedih dan kesepian. Unch!

Selain menghibur, memelihara hewan juga punya beragam manfaat, lho! Manfaat-manfaat ini berkaitan juga dengan kesehatan. Dilansir dari CDC.gov, memelihara hewan bisa menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol, dan menghilangkan rasa sepi. Untuk kamu yang tinggal sendiri atau kelompok manula, kesepian bisa jadi masalah serius yang memicu depresi, lho.  Selain itu, memelihara hewan juga membantu mengajarkan anak tentang tanggung jawab dan kasih sayang.

fakta guinea pig
Credit: Katherine McAdoo via Unsplash

Namun, memilih hewan peliharaan yang tepat ternyata gampang-gampang susah. Hanya karena penampilannya lucu, nggak berarti hewan tersebut cocok untuk kamu, lho. Dilansir dari Blue Cross, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, termasuk gaya hidup dan kehadiran anak-anak di rumah. Selain itu, pikirkan juga karakter setiap spesies dan kebutuhannya. Kalau kamu nggak bisa memenuhi kebutuhannya atau nggak click sama karakternya, ‘kan bahaya. Yang ada, hewan peliharaanmu bisa sakit dan kamu malah nggak nyaman.

Nah, salah satu hewan yang bisa kamu pertimbangkan adalah guinea pig. Hewan ini sepintas mirip hamster, marmot, atau berang-berang. Namun, guinea pig punya badan yang lebih bongsor dibandingkan hamster. Bulunya pun halus dan lebih panjang. Pokoknya menggemaskan deh! Eits! Sebelum membeli dan memelihara, kenali dulu yuk 5 fakta guinea pig. Check these out!

Guinea Pig Bukan Marmot atau Babi

Fakta guinea pig yang pertama berkaitan dengan kesalahpahaman yang sering beredar. Karena penampilannya, guinea pig atau tikus belanda terkadang disebut marmot atau bahkan hamster. Padahal, ketiga hewan tersebut merupakan spesies yang berbeda. Dilansir dari Bobo, guinea pig masuk ke dalam famili Caviidae. Sementara itu, hamster adalah anggota famili Cricetidae dan marmot tergolong ke dalam famili Sciuridae. Hmm… Dari tingkat famili saja udah beda, ‘kan?

fakta guinea pig
Credit: Dan Barett via Unsplash

Selain itu, fakta guinea pig yang berikutnya berhubungan dengan penamaannya. Meskipun punya embel-embel “pig“, tikus belanda bukanlah kerabat dari babi. Dilansir dari Wonderopolis, kemiripan guinea pig dengan babi hanya berada pada tubuhnya yang agak menyerupai babi. Selain itu, guinea pig juga cenderung banyak makan seperti babi. Hewan ini juga tidak berasal dari kawasan Guinea di Afrika Barat, tetapi dari Amerika Selatan. Aduh! Kok kayak krisis identitas, ya?

Satu Keluarga dengan Kapibara

Meskipun tidak satu famili dengan hamster atau marmot, guinea pig ternyata berkerabat dengan kapibara. Fakta guinea pig yang satu ini terbukti karena keduanya masuk ke dalam famili Caviidae. Nah, kamu juga mungkin udah nggak asing dengan nama kapibara atau capybara. Dilansir dari Basic Biology, kapibara merupakan spesies hewan pengerat terbesar di dunia. Beratnya bahkan bisa mencapai 79 kilogram, lho! Waduh! Lebih besar daripada Bob nih!

fakta guinea pig
Sumber: sakuispanda.blogspot.com

Seperti halnya saudaranya, kapibara memiliki tubuh yang menyerupai babi. Namun, kapibara merupakan hewan perenang yang tangguh, dilansir dari National Geography. Dengan struktur tubuhnya, kapibara bisa beradaptasi dengan mudah di perairan dekat hutan atau sabana. Oh, ya! Kalau kamu perhatikan, kapibara juga punya bulu yang lebih kasar dan panjang. Sementara itu, guinea pig punya bulu yang lebih halus dan berwarna terang. Pakai produk perawatan apa nih? He he.

Jinak dan Suka Melompat Kegirangan

Kepribadian yang ramah jadi fakta guinea pig yang berikutnya. Hewan pengerat yang satu ini, seperti dilansir dari The Spruce Pets, adalah hewan yang senang bersosialisasi. Tikus belanda akan senang jika dipelihara bersama tikus belanda yang lain. Supaya makin akur, ada baiknya dua atau beberapa ekor guinea pig dikenalkan sejak bayi. Oh, ya! Kalau kamu nggak ingin guinea pig sampai beranak pinak, pastikan kamu memelihara tikus belanda berjenis kelamin sama.

fakta guinea pig
Credit: Dawn via Unsplash

Selain suka bersosialisasi dengan sesamanya, guinea pig juga senang “ngobrol” dengan pemiliknya. Dilansir dari Petco, si gemas ini akan berinteraksi dengan pemiliknya lewat beragam suara, seperti cicitan hingga dengkuran. Selain itu, ada juga fakta guinea pig yang cukup menghibur. Saat sedang senang, guinea pig bisa melompat-lompat di udara seperti kegirangan! Gemes banget! Karena karakternya ini, guinea pig jadi pilihan hewan peliharaan yang pas untuk anak-anak. Namun, pastikan si kecil tetap berada dalam pengawasan orang dewasa, ya!

Butuh Asupan Vitamin C Harian

Nah, fakta guinea pig yang berikutnya berhubungan dengan kebutuhan nutrisinya. Ternyata, sama seperti manusia, guinea pig juga perlu asupan vitamin C harian. Ini karena guinea pig tidak bisa memproduksi vitamin C sendiri. Dilansir dari Petco, tikus belanda membutuhkan asupan vitamin C sebesar 30-50 miligram setiap hari. Asupan vitamin ini bisa didapatkan melalui makanan, sayuran atau buah-buahan yang kaya akan vitamin C, atau suplemen.

fakta guinea pig
Credit: Bonnie Kittle via Unsplash

Ada beberapa jenis makanan yang bisa kamu berikan untuk si tikus belanda. Menurut RSPCA, jerami Timothy merupakan bahan utama yang harus disajikan. Rumput-rumputan dan sayuran juga perlu diberikan karena guinea pig sering mengunyah, baik siang maupun malam. Untuk sumber vitamin C, kamu bisa memberikan sayuran berdaun hijau seperti kale atau brokoli. Namun, perlu diingat bahwa kamu tidak disarankan memberikan buah seperti jeruk atau lemon.

Hewan yang Bersih

Memandikan hewan peliharaan adalah salah satu tanggung jawab kita sebagai pemilik hewan. Namun, fakta guinea pig yang satu ini justru bisa mengangkat sedikit beban tanggung jawab kita. Dilansir dari Emborapets, tikus belanda adalah yang paling bersih di antara spesies-spesies hewan pengerat lainnya. Oleh karena itu, guinea pig nggak perlu sering dimandikan. Kalau badannya kotor, kamu bisa membersihkan bagian yang kotor saja dengan tisu basah. Praktis, ‘kan?

fakta guinea pig
Credit: Nils Schirmer via Unsplash

Selain itu, seperti kucing, guinea pig juga bisa membersihkan dirinya sendiri. Dilansir dari Guinea Pig Magazine, hewan ini mengeluarkan semacam cairan berwarna putih yang digunakan untuk membersihkan diri. Hmm… Mungkin seperti sabun, ya? Namun, untuk beberapa spesies berbulu panjang, ada baiknya kamu tetap menyisir bulunya supaya tetap rapi dan bersih. Kamu juga bisa menggunakan gel atau lotion berbahan dasar aloe vera untuk menjaga kelembutan kulit dan bulunya.

Itulah 5 fakta guinea pig yang perlu kamu ketahui. Sebelum memutuskan untuk memelihara guinea pig, ada baiknya kamu mengenal terlebih dahulu si tikus belanda ini. Kelima fakta guinea pig dari Bob bisa kamu jadikan informasi atau panduan dasar mengenai pemeliharaannya. Pastikan kamu juga mempersiapkan keperluan lain seperti kandang, mangkuk makanan, dan mainan. Dengan begitu, guinea pig kesayangan kamu akan tetap sehat dan ceria!

Namun, nggan hanya guinea pig yang perlu dirawat. Tubuh dan pikiran kamu juga harus selalu terawat, lho! Buat merawat tubuh, kamu bisa menikmati momen spa di rumah. Kamu juga bisa berolahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat untuk menjaga kebugaran tubuh. Kalau soal pikiran, coba deh refreshing secara berkala. Kamu bisa nonton film, baca buku, atau liburan ke tempat yang diinginkan. Biar gampang, kamu bisa staycation dalam kota dan Bob punya pilihan tempat yang seru: Bobobox!

Bobobox, Tempat Staycation Seru dan Terjangkau!

Siapa bilang liburan harus mahal? Di Bobobox, kamu bisa staycation asyik dengan teman, keluarga, atau sendiri, tanpa menguras tabungan! Bobobox menawarkan pod yang luas dengan kasur yang besar dan nyaman. Setiap pod juga didesain dalam gaya futuristik yang Instagrammable banget! Teknologi di dalam pod sudah terintegrasi aplikasi ponsel. Jadi, dijamin liburan kamu bakalan antiribet!

Buat memenuhi kebutuhanmu, ada pantry, shared bathroom, musala, dan communal space. Koneksi WiFi yang tersedia juga bisa diandalkan, cocok buat yang ingin kerja atau maraton Netflix. Nah, sebelum berkunjung, jangan lupa download aplikasi Bobobox ke ponselmu. Aplikasi keren ini tersedia secara gratis untuk platform Android dan iOS. Selain bisa reservasi langsung, kamu juga akan mendapatkan beragam notifikasi promo menarik! Yuk download aplikasinya sekarang!

You might also like