Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Fakta Gereja Westminster Abbey yang Bikin Kamu Takjub!

Dari gaya arsitektur hingga sejarahnya, fakta gereja ini memang mengagumkan!

Bicara soal liburan ke Eropa, tentunya ada banyak destinasi negara yang bisa dituju. Benua dengan 50 negara ini terkenal dengan bangunan-bangunannya yang cantik dan keunikan budayanya. Untuk liburan romantis bersama pasangan, biasanya Perancis dan Roma menjadi pilihan populer. Untuk penyuka musik klasik, Jerman dan Austria layak kamu pertimbangan. Nah, untuk penggemar Harry Potter, tentunya Inggris jadi destinasi wajib!

Membahas soal pariwisata Inggris, London menjadi salah satu sorotan utama. Kota berpenduduk 9,1 juta jiwa ini, seperti dilansir dari Trust of London, merupakan kota terbesar di Inggris. London juga merupakan salah satu destinasi wisata terkemuka, baik di Inggris maupun mancanegara. Dalam Global Destination Cities Index 2019 dari Mastercard, London menempati posisi ketiga sebagai kota tujuan wisata internasional terpopuler. Di tahun 2019, tercatat ada 19.09 juta wisatawan internasion lyang berkunjung ke London. Wow! Rekor ini hanya kalah dari Bangkok dan Paris.

fakta gereja westminster abbey
Photo credit: Zoltangabor (Telegraph)

Sebagai kota destinasi liburan, London punya segudang atraksi wisata yang menarik. Ikon London seperti Big Ben dan London Bridge tentunya tidak boleh terlewatkan. Ada juga museum seperti The British Museum dan The National Gallery sebagai opsi wisata edukatif. Kawasan seperti Shoreditch dan Soho cocok disambangi para shopaholic. Oh, ya! Westminster Abbey juga tidak boleh terlupakan! Gereja berusia lebih dari seribu tahun ini juga Insta-worthy banget!

fakta gereja westminster abbey
Sumber: Gray Line London

Bicara soal Westminster Abbey, gereja ini akan melengkapi liburan kamu di London. Gaya arsitekturnya yang mengagumkan bukanlah satu-satunya keunikan gereja ini, lho! Ciri khas dan momen besar yang diadakan di sana turut memperkaya sejarahnya. Nah, Bob sudah rangkum nih 7 fakta gereja Westminster Abbey yang akan bikin kamu takjub! Penasaran? Check these out, mate!

1. Dibangun pada Tahun 960 M

fakta gereja westminster abbey
Photo credit: Christina Ambalavanar

Fakta gereja Westminster Abbey yang pertama adalah waktu pembangunannya. Berdasarkan informasi dari Guide London, Gereja ini pertama kali dibuka pada tahun 960 M. Westminster Abbey dibangun oleh para biarawan Benediktin. Ini artinya usianya di tahun ini mencapai 1060 tahun! Wow! Gereja ini hanya sedikit lebih muda daripada Candi Prambanan yang dibangun pada tahun 850 M.

Masih dikutip dari Guide London, bangunan gereja yang ada saat ini ternyata dibangun pada tahun 1245. Pembangunan ini diprakarsai oleh Raja Henry III. Selain itu, dilansir dari situs resmi Westminster Abbey, pada tahun 1516, Raja Henry VII meresmikan The Lady Chapel. Kapel kecil ini berada di kompleks Westminster Abbey dan terkenal dengan interiornya yang cantik. Langit-langit kubahnya tampil mengagumkan dengan ukiran yang rumit. Jendela-jendela kaca patri yang menghiasi interior kapel juga akan bikin kamu amazed!

2. Bergaya Arsitektur Gothic

Sumber: TripSavvy

Fakta gereja yang berikutnya berkaitan dengan gaya arsitektur. Bangunan-bangunan bergaya Gothic bukan hal asing di Eropa. Namun, ternyata penerapan gaya ini pada Westminster Abbey punya alasan tersendiri. Dilansir dari situs resmi Westminster Abbey, Raja Henry III memilih gaya Gothic karena ingin membangun gereja yang lebih megah. Keinginan untuk membangun gereja ini konon merupakan bentuk pengabdian Raja Henry III kepada Raja Edward sang Penakluk.

Ada informasi tambahan untuk fakta gereja ini. Sebelumnya, Raja Edward sang Penakluk sebenarnya sudah melakukan pembangunan ulang di tahun 1042-1052 Masehi. Namun, bangunan gereja yang didirikan Raja Edward mengusung gaya Romanesque yang lebih sederhana. Dibandingkan gaya tersebut, gaya Gothic tentunya lebih menonjol dan megah. Gaya Gothic, menurut Encyclopedia Britannica muncul di abad ke-12 hingga 13. Salah satu ciri khasnya adalah langit-langit berkubah yang tinggi dan lengkungan dengan ujung yang lancip.

3. Punya Langit-Langit Tertinggi di Inggris

Sumber: History.com

Nah, fakta gereja ketiga masih berhubungan dengan fakta sebelumnya. Saat kamu menjelajahi interior gereja, siap-siap untuk sering mendongak. Pasalnya, langit-langit interior utama Westminster Abbey ini tinggi banget! Dilansir dari situs resminya, gereja Westminster Abbey memiliki langit-langit berkubah (vaulted ceilings) tertinggi di Inggris. Tinggi langit-langit ini dari lantai adalah 31 meter. Holy Moly!

Tidak hanya itu, lho! Dikutip dari informasi resmi bangunan Westminster Abbey, gereja ini memiliki panjang bangunan 161,5 meter. Kedua menara gereja menjulang megah setinggi 68 meter. Sementara itu, panti umat atau nave memiliki panjang 50,59 meter. Wah! Kebayang ya kalau mengadakan wedding di sini. Pasti megah dan romantis! Secara keseluruhan, interior Westminster Abbey memiliki luas 2.972 meter persegi. Keren, ‘kan?

4. Tempat Peristirahatan Terakhir Figur Ternama

fakta gereja westminster abbey
Sumber foto: Situs Resmi Westminster Abbey

Di negara dengan dominasi agama Kristen, terutama negara-negara Eropa, istilah churchyard bukan hal yang asing. Meskipun secara literal berarti halaman gereja, sebidang tanah ini terkadang digunakan sebagai area pemakaman. Berdasarkan informasi dari The Funeral Source, di abad ke-7, segala hal yang berkaitan dengan pemakaman diatur oleh gereja. Jadi, bukan hal aneh kalau kita melihat pemakaman di halaman gereja.

Fakta gereja Westminster Abbey yang keempat berhubungan dengan fenomena itu. Ada banyak figur ternama yang dimakamkan di gereja ini, dan bukan hanya keluarga kerajaan saja, lho! Dilansir dari The London Pass, ilmuwan Isaac Newton dan Charles Darwin dimakamkan di gereja ini. Penulis terkenal seperti Rudyard Kipling dan Charles Dickens juga beristirahat di sini. Pada tahun 2018, Ilmuwan Stephen Hawking yang meninggal pada tahun 2018 silam juga dikebumikan di gereja ini, dilansir dari BBC.

5. Punya Pintu Tertua di Inggris

fakta gereja westminster abbey
Sumber foto: Hendricks Architecture

Berbagai rekor dengan atribut “tertua” selalu mengesankan, dari hotel hingga toko permen. Nah, Westminster Abbey juga menyimpan objek dengan rekor tertua. Namun, barang ini bukanlah lampu atau kursi, melainkan sebuah pintu. Ya, fakta gereja yang satu ini memang unik. Dilansir dari situs resminya, Westminster Abbey memiliki pintu tertua di Inggris. Pintu ini konon dibuat pada tahun 1050an Masehi.

Pintu kayu ini memiliki tinggi sekitar 2 meter dan lebar 1,2 meter. Berdasarkan penelitian dendrokronologi, kayu yang digunakan untuk membuat pintu ini diambil dari pohon ek yang tumbuh pada sekitar tahun 924-1030 Masehi. Namun, ada legenda horor tentang pintu ini. Dilansir dari Ancient Origins, konon pintu kuno ini pernah dilapisi oleh kulit manusia! Hiyy! Ngeri! Untungnya, legenda itu ternyata salah karena pintu dilapisi oleh kulit sapi sebagai elemen dekoratif. Huft

6. Tempat Royal Wedding Bergengsi

fakta gereja westminster abbey
Sumber: Esther Lee (The Knot News)

Sebagai salah satu gereja termegah dan terbesar di London, mengikat janji suci di sini tentunya jadi sesuatu yang bergengsi. Nah, fakta gereja yang keenam berkaitan dengan all that romance, bro sis! Dilansir dari Guide London, ada 17 royal wedding yang diadakan di Westminster Abbey. Pernikahan pertama diadakan pada tahun 1100 antara Raja Henry I dan Ratu Matilda dari Skotlandia.

Nah, royal wedding paling baru yang diselenggarakan di Westminster Abbey adalah pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton. Dilansir dari majalah Discover Britain, pernikahan pasangan ini dilangsungkan pada tanggal 29 April 2011. Pada proses pernikahan, para tamu undangan mengisi kapasitas penuh gereja, yaitu 2.200 pengunjung. Selain itu, prosesi pun disiarkan secara langsung dan ditonton oleh milyaran orang di seluruh dunia. Wah! Benar-benar definisi wedding of the year, ya!

7. Punya Lonceng Raksasa

fakta gereja westminster abbey
Sumber: Situs Resmi Westminster Abbey

Fakta gereja Westminster Abbey yang terakhir berhubungan dengan loncengnya. Gereja-gereja besar umumnya memiliki lonceng sebagai penanda jam ibadah. Westminster Abbey pun punya lonceng-lonceng yang merdu. Dilansir dari Dove’s Guide CCBR, ada 10 lonceng di gereja ini yang dipasang pada tahun 1971. Nah, lonceng terbesarnya merupakan lonceng tenor yang diatur dalam nada D. Lonceng ini memiliki berat yang bukan main, yaitu 1,5 ton! Wah! Kebayang, ya, betapa besar dan beratnya lonceng itu.

Selain 10 lonceng di atas, Westminster Abbey juga punya 2 lonceng pelayanan yang dibuat pada tahun 1583 dan 1598. Gereja ini juga memiliki lonceng sanctus yang dibuat pada tahun 1738. Berdasarkan informasi dari Britain Magazine, semua lonceng Westminster Abbey akan dibunyikan pada acara kerajaan khusus atau acara nasional. Sekitar 5.000 rangkaian nada dibunyikan secara berkelanjutan tanpa jeda. Maraton bel ini pun dilakukan selama tiga jam!

Kesimpulan

Itulah 7 fakta gereja Westminster Abbey yang mengagumkan. Selain bangunannya yang megah, ternyata sejarahnya pun sangat menarik, ya. Untuk kamu yang berencana berlibur ke London, jangan lupa sambangi gereja ini, ya. Dengan desain arsitekturnya yang cantik, Westminster Abbey tentunya layak bersanding di timeline Instagram dan galeri ponselmu. Namun, pastikan kamu tetap menjaga ketertiban saat berkunjung, ya.

Hmm… Di tengah wabah COVID-19 yang belum kunjung mereda, rencana liburanmu mungkin terganggu. Ya, kamu mungkin harus melakukan reschedule atau membatalkan rencanamu. Pasti mengesalkan, ya, terutama saat kamu juga diimbau harus diam di rumah. Ngomong-ngomong, sudah berapa lama, nih, kamu diam di rumah? Bob juga sudah mulai bosan, nih! Meskipun belum bisa pergi berlibur, nggak ada salahnya dong kalau kamu sebatas membuat rencana? Siapa tahu setelah wabah berakhir, kamu bisa langsung merealisasikan rencana liburan kamu.

Nah, untuk permulaan kamu bisa mencoba merencanakan liburan skala kecil. Nggak ada salahnya, ‘kan, menikmati liburan di kota sendiri? Kamu bisa mengadakan acara bersama teman-teman atau mungkin staycation di Bobobox! Menikmati liburan berkualitas nggak harus mahal, lho! Bobobox menghadirkan akomodasi terjangkau, tetapi tentunya tetap berkualitas. Hotel kapsul ini hadir dengan teknologi en-suite yang sudah terintegrasi dengan aplikasi seluler. Nggak perlu lagi deh ribet cari-cari kunci atau card kamar. Mengakses pod dan mengatur pencahayaan bisa dilakukan lewat ponselmu. Praktis, ‘kan?

Bobobox juga hadir dengan beragam fasilitas umum, seperti pantry, shared bathroom, dan communal space. Di lobi juga terdapat vending machine untuk kamu yang ingin membeli minuman. Oh, ya! Pemesanan pod bisa dilakukan lewat aplikasi Bobobox juga, lho. Metode pembayaran yang tersedia cukup variatif. Selain itu, banyak juga, lho, promo menarik yang sayang untuk dilewatkan! Jadi, yuk mulai rencanakan liburanmu di Bobobox dan download aplikasinya sekarang, ya!

You might also like