Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Cari Tahu Fakta Foie Gras, Makanan Mewah Sisca Kohl yang Banyak Mendapat Kecaman Pecinta Hewan

Kenapa ya sampai dilarang di berbagai negara?

Beberapa waktu lalu, video seleb TikTok Sisca Kohl sempat menuai kritik. Pasalnya, ia memasak mi instan yang dicampur dengan foie gras. Lalu, memangnya apa fakta foie gras sehingga mengundang banyak kecaman bahkan dari pecinta hewan? Yuk kita cari tahu sama-sama alasannya.

Apa itu foie gras?

fakta foie gras
Photo by Nick Fewings on Unsplash

Dalam bahasa Prancis foie gras berarti ‘hati gemuk’. Istilah ini diambil karena fakta foie gras diambil dari hati angsa yang sudah digemukkan dengan teknik khusus. Hal ini menyebabkan fakta foie gras memiliki tekstur yang halus dan lembut, diiringi dengan rasa yang gurih dan sangat berlemak.

Di berbagai negara, terutama di Prancis, foie gras dianggap sebagai makanan elit dan merupakan warisan budaya dan gastronomi Prancis. Biasanya, foie gras dijual utuh atau diolah menjadi mousse, parfait, dan pâté. Cara penyajiannya bisa dimakan langsung atau sebagai pelengkap makanan lain seperti steak.

Akan tetapi, di balik rasanya yang enak dan elegan, fakta foie gras dibuat dengan cara yang tidak lazim tidak bisa dihindari. Oleh karena itu, sekarang banyak orang yang mengecam pembuatan dan konsumsi foie gras.

Fakta foie gras, dibuat dengan cara menyiksa

fakta foie gras
Photo by Nigel Cohen on Unsplash

Fakta foie gras dibuat dengan teknik gavage. Teknik ini sudah ada sejak 2500 tahun sebelum Masehi dan digunakan oleh orang Mesir kuno untuk membuat burung tangkapan mereka tetap gemuk saat akan dikonsumsi.

Menggunakan teknik ini, angsa atau bebek diberi makan jagung menggunakan selang yang dimasukkan secara paksa. Angsa diberik makan tiga kali sehari selama sekitar 17 hari dan bebek diberi makan dua kali sehari selama 12,5 hari. Setelah mencapai hari ke 100, barulah angsa atau bebek tersebut disembelih.

Pemaksaan ini membuat kapasitas hati hewan tersebut membesar sepuluh kali lipat. Akibatnya, proses ini membuat angsa menjadi stres, takut pada manusia, dan terluka.

Selain itu, aliran darah hewan tersebut bisa terhambat sehingga menyebabkan gangguan fungsi hati. Perut yang membesar secara tidak normal juga membuat angsa atau bebek kesulitan bernapas dan berjalan.

Angsa yang digunakan mengalami stress berat

fakta foie gras
Photo by Amit Talwar on Unsplash

Bebek dan angsa yang diberi makan secara paksa bisa mengalami stres berat. Menurut situs Fakta Foie Gras, stres ini diukur dari kadar kortikosteron dan cara bernapas.

Hasilnya menunjukkan bahwa memberi makan bebek atau angsa secara paksa melalui selang makanan meningkatkan stres mereka.

Selain itu, bebek dan angsa yang diberi makan secara paksa juga cenderung takut terhadap manusia. Hal ini membuat hewan tersebut sepanjang diternakkan mengalami stres dan hidup dalam ketakutan.

BACA JUGA: Bikin Kaget! Ini 10 Makanan Luar Negeri Mirip Makanan Indonesia!

Fakta foie gras, dilarang di berbagai negara

fakta foie gras
Photo by Sebastiano Piazzi on Unsplash

Karena alasan di atas, fakta foie gras dilarang dibuat di berbagai negara. Beberapa negara telah membuat foie gras ilegal untuk diproduksi dan beberapa negara lain membuat foie gras ilegal untuk diimpor.

Negara pertama yang melarang impor foie gras adalah India, yang melakukannya pada tahun 2014. Selain itu ada juga Australia, Argentina, Austria, Republik Ceko, Finlandia, Denmark, Inggris, Turki, Polandia, Norwegia, Italia, Jerman, Israel, dan Luksemburg yang melarang produksi foie gras.

Meskipun begitu, Prancis tidak tetap tidak mengubah status hukum fakta foie gras dan menganggapnya sebagai bagian dari warisan budaya dan gastronomi yang dilindungi negara.

Fakta foie gras, makanan termahal di dunia

fakta foie gras
Photo by Delightin Dee on Unsplash

Sebenarnya, hati adalah makanan yang cukup terjangkau. Di Indonesia, hati bisa ditemukan di mana-mana mulai dari angkringan sampai restoran berkelas. Pasalnya, hati biasa digunakan sebagai pengganti daging yang lebih murah. Akan tetapi, hal ini berbeda dengan fakta foie gras.

Terlepas dari kontroversi yang beredar seputar fakta foie gras, makanan ini dijual dengan harga yang fantastis. Hal ini terutama disebabkan oleh biaya pakan dan tenaga kerja yang besar yang dikeluarkan oleh pemilik ternak. Ditambah dengan persediaan yang terbatas untuk pasar, harga fakta foie gras semakin melambung.

Jika dirupiahkan, fakta foie gras bisa dijual dengan harga sekitar 500 ribu hingga 700 ribu untuk setengah kilogram. Fakta foie gras juga memiliki harga yang berbeda tergantung kelasnya. Ada grade A, grade B dan grade C tergantung kualitas.

Memiliki alternatif proses yang lebih alami

fakta foie gras
Photo by Niklas Hamann on Unsplash

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, fakta foie gras dibuat dengan cara menyiksa angsa. Hal ini membuat beberapa orang mencari alternatif untuk membuatnya. Sebuah peternakan di Madrid, Spanyol membuat foie gras dengan cara alami tanpa menyiksa angsa.

Angsa-angsa yang dikembangbiakan di sana tidak tinggal di dalam kandang melainkan bebas berkeliaran di peternakan. Alih-alih digemukkan secara paksa, angsa-angsa tersebut menggemukkan diri mereka sendiri untuk persiapan musim migrasi. Pakan mereka adalah biji ek, zaitun, ara dan biji-bijian.

Akan tetapi, ada juga yang tetap menentang pembuatan foie gras meskipun tersedia cara lain yang lebih alami untuk membuatnya.

Fakta foie gras, masih diminati banyak orang

fakta foie gras
Photo by Carlos Lindner on Unsplash

Sudah menjadi hasrat manusia untuk menyantap makanan enak. Akan tetapi, tetap ada batasan dalam cara pembuatannya. Foie gras secara tradisional dibuat dengan cara menyiksa hewan dan tidak wajar. Hal ini menimbulkan banyak kecaman terhadap makanan ini hingga beberapa negara melarang produksi dan impor foie gras.

Di sisi lain, beberapa orang menemukan fakta foie gras bahwa makanan ini bisa diolah tanpa menyiksa angsa atau bebek. Alternatif ini dinilai lebih alami dan bahkan menghasilkan rasa yang lebih enak.

Meskipun begitu, tidak semua peternakan bisa menghasilkan foie gras dengan cara yang lebih baik. Permintaan yang masih tinggi dan ketersiadaan yang sedikit membuat cara konvensional lebih efektif. Di Prancis saja, menurut situs Statista, konsumsi per kapita fakta foie gras dalam selama 2019 adalah 223 gram. Ini adalah jumlah yang cukup banyak.

BACA JUGA: Tidak Hanya Nikmat, Ini Dia Manfaat Makanan Pedas Untuk Kesehatan

Bobobox, hotel kapsul unik tempat staycation-mu di akhir pekan

Bobobox adalah hotel capsule Jakarta yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasananya yang tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Pokoknya bikin nyaman deh. Desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati, apalagi buat kamu yang suka foto-foto.

Kamu nggak percaya? Tenang. Supaya kamu punya gambaran yang lebih jelas soal pengalaman menginap yang lebih nyata, kamu bisa lho keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob. Kamu bisa membuktikan sendiri sebelum dateng langsung ke tempatnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak.

You might also like