Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Warnai Hari Unicorn dengan Mempelajari Fakta-Fakta Unicorn Berikut Ini!

Wajib tahu!

Bobobox.co.id — Kamu mungkin sudah pernah mendengar hewan bernama unicorn, bukan? Namun, kamu bisa saja tidak mengetahui beberapa fakta unicorn yang akan Bob bahas pada artikel ini.

Unicorn sendiri digambarkan sebagai hewan yang bentuknya menyerupai kuda. Namun, hal yang membedakan unicorn dengan kuda pada umumnya adalah unicorn mempunyai tanduk di kepalanya.

Nah, kamu tidak akan bisa melihat unicorn di dunia nyata. Pasalnya, hewan tersebut dikategorikan sebagai hewan mitologi atau hewan khayalan dan hanya ada di cerita-cerita fiksi.

Jika kamu penasaran, mending langsung simak 7 fakta unicorn berikut ini, yuk!

Daftar Fakta Unicorn

1. Berasal dari Sekitar Tahun 15.000 SM

Unicorn sendiri merupakan salah satu hewan mitologi yang sering muncul dalam dongeng-dongeng. Ternyata, unicorn sudah digambarkan sejak lama bahkan sejak zaman nenek moyang manusia dilahirkan.

Penggambaran pertama unicorn diketahui ditemukan di Gua Lascaux, Perancis. Dalam penemuan ini, gambar tersebut diperkirakan sudah dibuat sekitar tahun 15.000 Sebelum Masehi (SM).

Walaupun begitu, dari gambar unicorn yang ditemukan, diketahui ada jenis unicorn lain. Jenis unicorn tersebut memiliki dua buah tanduk yang berbeda dengan kuda unicorn yang kita sekarang ini.

Pasalnya, penggambaran unicorn yang dikenal selama ini memiliki satu tanduk saja. Lantas, apakah fakta unicorn ini semakin memperjelas keaslian dari makhluk mitolog tersebut?

fakta unicorn gua lascaux
sumber: Heritage Images/Getty Images

2. Digambarkan dalam Sejarah Yunani

Fakta unicorn selanjutnya adalah adanya berbagai catatan yang ditemukan. Catatan ini tentunya bakal semakin memperkuat keberadaan unicorn yang dianggap fiksi belaka oleh sejumlah pihak.

Nah, catatan mengenai unicorn ini ditemukan di beberapa negara. Saah satunya di Yunani. Catatan paling awal di negeri Athena ini berasal dari seorang sejarawan Yunani, Ctesias, sekitar tahun 400 SM.

Pada catatan tersebut, unicorn digambar memiliki tubuh berwarna putih. Tak hanya itu, ciri-ciri lain yang bisa terlihat adalah kepalanya berwarna ungu, bermata biru, dan memiliki tanduk warna-warni.

Masih dalam catatan Ctesias, unicorn mempunyai ujung tanduk berwarna merah dengan bagian tengahnya berwarna hitam dan putih pada bagian pangkal. Bisa kamu bayangkan seperti apa?

catatan ctesias
sumber: ancientmedicine.org

Baca Juga: Kamu Perlu Tahu! Ini Dia Fakta Mata Ikan, Mulai Dari Penyebab Hingga Pengobatannya!


3. Memengaruhi Paus Narwhal

Walaupun hanya merupakan hewan mitologi, faktanya, unicorn mampu memengaruhi hewan yang ada di dunia nyata. Hewan yang terdampak dari hewan dengan ciri khas tanduknya ini adalah paus narwhal.

Pada legendanya, tanduk unicorn disebut dapat melawan racun. Tak hanya itu, fakta unicorn lainnya ini adalah tanduknya dipercaya dapat memurnikan air. Lalu, apa hubungannya dengan paus narwhal?

Nah, paus narwhal sendiri memiliki tanduk di kepalanya. Hal tersebut membuat populasi jenis paus ini berkurang. Pasalnya, banyak orang yang berburu tanduk pausnya sebagai tiruan dari tanduk unicorn.

Bahkan, sekitar tahun 16000an, kerajaan Denmark membuat kursi tahta yang terbuat dari tanduk paus narwhal. Begitu mengerikan bukan kondisi yang harus dialami oleh jenis paus bertanduk tersebut?

fakta unicorn mirip paus narwhal
sumber: bbc.co.uk

4. Menjadi Hewan Nasional Skotlandia

Setiap negara memiliki hewan nasional yang mereka bangga-banggakan. Untuk Indonesia, tanah air kita ini mempunyai hewan nasional berupa garuda. Lalu, bagaimana dengan negara lainnya?

Fakta unicorn unik lainnya adalah adanya patung kuda satu ini di gedung pemerintahan Skotlandia. Siapa sangka jika unicorn dijadikan sebagai hewan nasional oleh pihak pemerintahan Skotlandia.

Penggunaan unicorn sebagai hewan nasional ini bermula sejak abad ke-15. Pada mulanya, unicorn digunakan pertama kali sebagai lambar kerajaan Skotlandia oleh Raja Willian I sekitar abad ke-12.

Namun, seiring berjalannya waktu, unicorn menjadi hewan nasional yang diakui oleh Skotlandia. Fakta unicorn ini terbilang fakta yang cukup mengejutkan, bukan begitu?

maskot skotlandia
sumber: discoverbritainmag.com

Baca Juga: Nama Ibu Kota Baru ‘Nusantara’ Berikut Sejarah Dan Fakta-Faktanya!


5. Digambarkan sebagai Hewan yang Jelek

Fakta unicorn menarik lainnya berasal dari mulut Marco Polo. Bagi kamu yang belum tahu, Marco Polo adalah seorang penjelajah yang termasyur berkat kegigihannya dalam mengelilingi dunia.

Nah, siapa sangka jika Marco Polo bersinggungan langsung dengan unicorn. Dalam tulisannya, ia menyebutkan bahwa unicorn adalah hewan yang jelek dan tidak terlihat seperti yang digambarkan.

Ia sendiri menuturkan bahwa ia melihat unicorn pertama kali di Sumatra. Ternyata, hewan yang dilihat oleh Marco Polo tersebut bukanlah seekor kuda unicorn. Kira-kira hewan apa ya?

Diketahui, hewan yang dilihat adalah seekor badak dan bukanlah seekor unicorn. Pantas saja jika Marco Polo menyebut bahwa penggambaran hewan yang ia temukan tersebut buruk rupa.

Marco Polo
sumber: surabayastory.com

6. Mendapat Tempat Tersendiri di Budaya Populer

Pada abad ke-21, unicorn sendiri mendapatkan tempatnya tersendiri di budaya populer. Kuda berwarna putih dan bertanduk ini digunakan sebagai simbol fantasi dan juga kelangkaan.

Kuda ini populer sebagai binatang yang dianggap lucu, magis, dan langka. Tak hanya itu, unicorn juga dikenal sebagai kuda yang kuat dan membuatnya menjadi ‘kenyataan’ lewat novel, film, dan kartun.

Berdasarkan data yang diperoleh, novel pertama yang memasukkan unsur unicorn adalah buku “Through the Looking-Glass.” Novel ini sendiri merupakan karya Lewiss Carroll.

Tak hanya pada novel, unicorn pun muncul di film dan kartun. Film pertama yang memunculkan unicorn adalah “Alice in the Wonderland.” Sedangkan untuk cartun, ada film animasi bertajuk “Fantasia”.

fakta unicorn kemunculan pertama
sumber: intheheatherbright.tumblr.com

Baca Juga: Pencinta Otomotif Mana Suaranya? Ketahui Fakta Menarik Seputar Sirkuit MotoGP Mandalika Berikut Ini!


7. Jadi Istilah Penamaan Start up

Fakta unicorn terakhir adalah nama dari kuda ini sendiri. Istilah unicorn sekarang ini mulai diadaptasi ke dalam dunia keuangan, teknologi, dan start up. Kamu mungkin pernah mendengar istilahnya.

Sekarang ini, unicorn lebih kenal dikenal sebagai istilah di dunia perusahaan rintisan atau start up. Istilah tersebut digunakan untuk mendeskripsikan perusahaan yang telah mengantongi valuasi lebih dari US$1 miliar.

Istilah tersebut sendiri pertama kali dicetuskan oleh pemodal kapital, Aileen Lee pada tahun 2013. Ia menggunakan istilah tersebut untuk mendefinisikan perusahaan tekologi dengan solusi tidak biasa.

Per tahun 2021, Indonesia setidaknya memiliki delapan perusahaan unicorn. Kedelapan perusahaan tersebut antara lain Gojek, Ovo, J&T Express, Bukalapak, Traveloka, dan juga Tokopedia.

istilah start up
sumber: mercator.eu

***

Itulah tadi fakta unicorn menarik yang mungkin belum pernah kamu ketahui sebelumnya.

Semoga artikel di atas bermanfaat, ya!

Jangan lupa untuk mengecek juga artikel-artikel menarik lainnya dari Bob yang bisa kamu baca di sini.

Menginap dengan Pengalaman Berbeda? Ya di Bobobox

Terkadang, kamu menginginkan pengalaman menginap yang berbeda saat liburan. Rasa bosan dengan hal itu-itu saja menjadi salah satu dari sekian banyak alasan mengapa kamu ingin pengalaman berbeda saat menginap.

Jika hal itu yang kamu mau, datang saja ke Bobobox. Hotel kapsul ini menawarkan fasilitas-fasilitas keren yang sudah terbukti memberikan banyak orang pengalaman menginap yang tak terlupakan.

Penasaran seperti apa? Unduh aplikasi Bobobox terlebih dahulu di sini untuk pemesanan podnya.

promo bobobox

You might also like