Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Fakta-Fakta tentang Tidur Malam

Berikut fakta menarik tentang tidur malam yang mungkin belum kamu ketahui!

Tidur malam menjadi sebuah ritual penting yang banyak dilakukan orang pada umumnya untuk mengistirahatkan tubuh. Idealnya seseorang melakukan tidur selama 7-8 jam tanpa gangguan. Durasi tidur tersebut dinilai cukup untuk memulihkan kebugaran tubuh sebelum beraktivitas keesokan harinya. Meskipun sebagai orang memiliki kesempatan untuk melakukan tidur malam, tak jarang ditemukan beberapa diantaranya mengalami kesulitan untuk tidur pada malam hari .

Berbagai jenis gangguan tidur seperti sleep apnea atau henti napas saat tidur bisa jadi mengurangi kualitas tidur sehingga membuat kamu sulit untuk tidur. Belum lagi beberapa gangguan lainnya seperti insomnia maupun depresi yang membuat tubuh tetap terjaga semalaman meskipun tubuh terasa lelah sehingga sulit untuk tidur. Selain adanya beberapa gangguan tidur malam, beberapa orang lainnya tidak bisa tidur karena harus bekerja dan alasan lainnya

Lalu apakah dengan berkurangnya waktu tidur malam dapat digantikan dengan tidur siang? Faktanya tidur malam ternyata memiliki banyak kesitimewaan sehingga tidak dapat sepenuhnya tergantikan dengan melakukan tidur siang. Oleh karena itu bagi kamu yang memiliki kesempatan untuk tidur malam pastikan untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut ya. Lalu apa sajakah fakta mengenai tidur malam yang mungkin belum kamu ketahui? Berikut adalah beberapa fakta di antaranya.

tidur malam

1. Buat dan Patuhi Jadwal Tidur Malam Kamu Sendiri

Menurut para ahli faktanya setiap orang bisa jadi memiliki jam waktu tidur malam yang berbeda. Sebagai contoh mungkin ada beberapa orang yang tidak merasa cocok untuk melaksanakan tidur malam pada jam 10 malam dan hanya dapat tidur dengan nyenyak pada jam 8 atau 9 malam. Berdasarkan fakta tersebut maka kamu harus pintar mengelola jam tidur kamu agar memiliki dampak baik bagi kesehatan.

Agar kesehatan kamu terjaga akan lebih baik jika kamu mencoba membuat dan mematuhi jadwal tidur kamu sendiri. Dengan memiliki jadwal tidur yang sesuai dengan preferensi kamu maka kamu bisa menyesuaikan waktu tidur malam kamu dengan rutinitas harian atau kesibukan yang sedang kamu kerjakan. Pastikan agar waktu tidur malam kamu tetap mencukupi waktu istirahat yang dibutuhkan oleh tubuh kamu ya, tidak kurang dan tidak lebih dari 7-8 jam per hari.

Memiliki pola tidur yang konsisten ini pun ternyata memiliki dampka positif dan sangat penting untuk dilakukan karena dapat memengaruhi kesehatan mentalmu. Jadwal tidur yang konsisten ini seperti contohnya adalah selalu tidur pukul 10 malam dan bangun pukul 5 dini hari. Sebuah studi yang meneliti pola tidur siswa sekolah mengungkapkan bahwa siswa yang memiliki jadwal istirahat di malam yang teratur memiliki prestasi akademik lebih baik dibandingkan mereka yang tidur tidak teratur.

2. Sebanyak 39.840 Galon Darah Dipompa ke Seluruh Tubuh

Apa yang terjadi pada tubuh saat melakukan tidur malam selama 8 jam? Saat kamu tidur terjadi proses sirkulasi darah dalam tubuh kamu dengan volume mencapai hingga 39.840 galon atau sekitar 151 liter. Darah tersebut dipompa oleh jantung untuk mendistribusikan oksigen dan nutrisi bagi seluruh jaringan tubuh. Hal inilah yang membuat tubuh kamu terasa lebih bugar dan segar setelah bangun dari tidur malam.

3. Mata Menjadi Sulit Terpejam Bila Waktu Tidur di Atas Jam 12 Malam

Apakah kamu salah satu tipe orang yang memiliki kesulitan untuk tidur malam terutama setelah melwati pukul 12 malam? Bagi kamu yang senang begadang atau tetap terjaga di atas jam 12 malam kondisi sulit tidur ini kerap tejadi karena  jam tidur kamu sudah terlewat sehingga tubuh cenderung lebih sulit untuk terlelap. Faktanya kebiasaan ini akan memberikan dampak buruk pada kesehatan.

Sebuah penelitian pada sekelompok pekerja di Jepang mengungkapkan bahwa tidur terlalu larut memiliki kaitan signifikan dengan prevalensi yang tinggi pada gejala depresi. Agar kebiasaan tidak baik ini dapat dihilangkan usahakan untuk tidur lebih cepat setiap harinya. Hindari menumpuk tugas atau pekerjaan yang belum terselesaikan pada malam hari agar kamu dapat tidur denganya nyenyak tanpa ada gangguan dan tanpa harus begadang.

4. Tidur Lebih Awal Baik untuk Kesehatan

Selain mengatasi agar kamu tidak begadang pada malam hari, tidur lebih awal pun membuat tubuh dapat beristirahat secara maksimal dan memiliki dampak baik bagi kesehatan. Tidur lebih awal pada malam hari dinilai sangat baik untuk mencegah timbulnya penyakit. Tidur pada malam hari merupakan salah satu hal yang paling penting atau kunci dalam menjaga kelancaran metabolisme tubuh.

Dengan memberikan waktu istirahat yang cukup, tubuh kamu dapat menjalankan perannya dengan baik dan maksimal. Oleh sebab itu, usahakan untuk memenuhi kebutuhan tidur pada malam hari dan hindari tidur terlalu larut malam. Tidur lebih awal pada malam hari juga membuat tubuh kamu akan jauh lebih bertenaga, segar, dan bugar di hari berikutnya. Bob jamin deh dengan melakukan kebiasaan ini kamu akan  jadi lebih bersemangat saat menjalani aktivitas harian!

5. Mimpi tak Terjadi Setiap Tidur

Apakah kamu tipe orang yang suka bermimpi saat tidur malam atau tipe orang yang jarang bermimpi saat tidur? Faktanya saat kamu tidur kamu tidak akan selalu mengalami mimpi. Sebuah riset dari National Sleep Foundation mengungkapkan bahwa rata-rata orang akan bermimpi sebanyak empat sampai enam kali setiap malam saat tertidur.

6. Sesuaikan Jumlah Jam Tidur dengan Usia

Lamanya durasi tidur tidak hanya berkaitan dengan padatnya aktivitas harian tetapi juga berkaitan dengan usia. Pada dasarnya setiap orang memiliki kebutuhan jumlah jam tidur malam yang berbeda-beda tergantung usia. Umumnya bayi yang baru lahir akan membutuhkan jumlah jam tidur yang cukup lama yaitu sekitar 16 jam per hari. Sedangkan bagi orang dewasa pada umumnya akan membutuhkan jumlah jam tidur sekitar tujuh hingga delapan jam per hari.

Sementara untuk orang lanjut usia kebutuhan tidur menjadi berkurang dibanding sebelumnya yaitu 6 jam per hari. Perbedaan jam tidur ini juga bisa berbeda-beda pada setiap individu.Apa yang menentukan jumlah jam tidur ini berbeda berdasarkan usia tertentu? Jumlah jam tersebut dinilai ideal bagi usia tetentu berdasarkan kebutuhan sel dalam tubuh untuk memperbarui diri secara sempurna.

7. Kamu Tidak Bisa ‘Membalas’ Waktu Tidur Kamu

Banyak orang yang mengabaikan pentingnya tidur malam karena berpikir kurangnya waktu tidur malam dapat tergantikan dengan tidur lebih lama di waktu lain. Namun faktanya hal ini tidak dapat dilakukan, bahkan tidur lebih lama di waktu lain dikatakan sebagai usaha yang sia-sia. Waktu tidur yang kurang tidak dapat ‘dibayar’ karena orang dewasa umumnya membutuhkan tidur malam selama 7-9 jam untuk hasil kinerja, kesehatan, dan keselamatan yang optimal.

Yuk jaga kesehatan kamu dengan memenuhi kebutuhan tidur malam yang cukup dan juga berkualitas. Pastikan kualitas tidur kamu meningkat dengan beristirahat di tempat tidur yang nyaman senyaman menginap di Bobobox! Agar tidak ketinggalan informasi menarik mengenai promo-promo yang bisa kamu gunakan di Bobobox, ayo segara unduh aplikasi Bobobox sekarang!