Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

10 Fakta-fakta Indonesia yang Pasti Bikin Kamu Bangga!

10 fakta Indonesia berikut ini dijamin bikin kamu terkesima!

Fakta Indonesia memang gak ada habisnya untuk kita bahas. Banyak sekali hal-hal unik di Indonesia yang mungkin gak akan kamu temukan di negara manapun. Pada tahun 2020 ini Indonesia merayakan hari kemerdekaan ke-75. Namun apakah kamu mengetahui beberapa fakta Indonesia setelah lama menetap di negara ini? Indonesia tidak hanya terkenal dengan alamnya yang memesona tetapi juga dengan keanekaragaman budayanya yang menarik.

Banyak spesies flora dan fauna yang hanya bisa ditemukan di Indonesia, lho. Salah satu fakta Indonesia mengenai fauna unik Indonesia diantaranya adalah kadal terbesar di dunia yang hanya ditemukan di Indonesia! Penasaran seperti apa kadal tersebut itu dan fakta Indonesia menarik lainnya? Yuk simak 10 fakta Indonesia yang dijamin bikin kamu bangga berikut ini!

1. Fakta Indonesia: Memiliki Ribuan Pulau dan Terbanyak di Dunia!

Fakta Indonesia yang pertama ini pastinya sudah kamu ketahui, bukan? Tapi tahukah kamu jumlah persis pulau yang ada di Indonesia? Menurut sebuah survei yang dilakukan pada tahun 2002 lalu oleh National Institute of Aeronautics and Space (NASA) fakta Indonesia menunjukkan bahwa kita memiliki 18.307 pulau. Namun Pusat Hidrografi dan Oseanografi Angkatan Laut kemudian melakukan riset pada tahun 2017 dan menyatakan bahwa Indonesia memiliki 17.500 pulau.

Dari total 17.500 pulau di Indonesia, jumlah pulau yang dihuni oleh manusia adalah 9 ribu pulau. Namun meksipun demikian lebih dari 13 ribu pulau sisanya yang ada di Indonesia sudah resmi di daftarkan di PBB. Selain menjadi sebuah negara kepulauan terbesar di dunia fakta Indonesia lainnya menunjukkan bahwa beberapa pulau di Indonesia termasuk dalam 6 besar pulau terbesar di dunia, lho. Pulau tersebut diantaranya adalah Kalimantan, Sumatera, dan Papua.

2.Fakta Indonesia: Memiliki Garis Pantai Terpanjang ke-2 di Dunia

Selain menjadi negara dengan kepulauan terbanyak di dunia, Indonesia juga memiliki garis pantai yang sangat panjang. Bahkan masuk dalam lima besar sebagai negara dengan garis pantai terpanjang di dunia. Dilansir dari laman Antara, Indonesia diyakini memiliki garis pantai terpanjang nomor dua di dunia setelah negara Kanada.

Panjang garis pantai di Indonesia bahkan mencapai 99.093 km setelah sebelumnya hanya mencapai 91 ribu km. Bertambahnya panjang garis pantai ini dikarenakan Badan Informasi Geospasial memetakan seluruh pesisir menggunakan skala yang lebih detail dan besar. Skala yang digunakan adalah 1:25.000 untuk Jawa dan Bali, 1:50.000 untuk Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

3. Fakta Indonesia: Dihuni oleh Kadal Terbesar di Dunia

Komodo diyakini sebaai salah satu binatang purba yang sampai saat ini masih bertahan hidup. Fakta Indonesia mengungkapkan bahwa binatang purba ini hanya hidup di salah satu pulau Indonesia! Komodo dinyatakan sebagai spesie kadal terbesar di dunia dan telah tinggal di Indonesia sejak 2 juta tahun lalu. Komodo kini dirawat dan dilindungi di Taman Nasional Pulau Komodo dengan jumlah komodo mencapai 2.500 komodo.

4. Fakta Indonesia: Memiliki Gunung Api Terbanyak Ke-3 di Dunia

Fakta Indonesia selanjutnya adalah mengenai gunung-gunung yang terhampar di Indonesia. Faktanya deretan gunung yang terhampar dari Sabang sampai Marauke membuat negara kita yang tercinta ini menjadi negara urutan ketiga dengan jumlah gunung api terbanyak di dunia. Sedangkan posisi pertama dan kedua dipegang oleh Amerika Serikat dan Rusia dilansir dari National Museum of Natural History’s Global Volcanism Program.

Fakta Indonesia ini bisa kamu buktikan dengan memerhatikan jejeran gunung di pulau Sumatera diantaranya adalah Gunung Seulawah Agam, Gunung Kerinci, Gunung Sumbing, dan Gunung Rajabasa. Selain itu di Pulau Jawa kita memeiliki beberapa gunung berapi aktif seperti Gunung Krakatau, Gunung Salak, Gunung Papandayan, Gunung Guntur, Gunung Sumbing, Gunung Laweu, Gunung Semeru, dan masih banyak lagi. tak heran jika tanah Indonesia memang subur-subur ya!

5. Fakta Indonesia: Memiliki Tempat Wisata yang Masuk Daftar Situs Warisan Dunia

Indonesia dikenal sebagai surga wisata yang beragam yang menarik untuk dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Negara kita ini memang dianugrahi pemandangan alamnya yang indah sehingga bahkan beberapa tempat wisata Indonesia masuk ke dalam daftar Situs Warisan Dunia oleh UNESCO!

Beberapa tempat wisata ini diantaranya adalah Taman Nasional Ujung Kulon di Banten yang telah diakui UNESCO sejak tahun 1991. Selain itu kamu pun tentu sudah familiar dengan Candi Borobudur yang namanya telah mendunia hingga sempat menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia. Ada juga sebuah Situs Arkeologi Sangiran yang berada di Jawa Tengah yang diakui dunia pada tahun 1996 dan terkenal dengan fosil manusia.

6. Fakta Indonesia: Beragam Suku Bangsa

Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar pun menempati posisi sebagai negara dengan suku bangsa terbanyak di dunia! Fakta ini dibuktikan dengan setidaknya 740 suku bangsa di Indonesia dan 270 di antaranya berada di pulau Papua. Secara tidak langsung fakta ini menjadikan Indonesia sebagai negara dengan bahasa daerah terbanyak. Apakah kamu tahu jika 583 daerah di Indonesia memiliki 67 bahasa induk yang digunakan berbagai suku bangsa di Indonesia? Hebat banget!

7. Fakta Indonesia: Memiliki Sumber Daya Laut yang Melimpah

Selain tanahnya yang subur sehingga banyak buah dan sayur tumbuh dengan baik negara kita pun diberkahi dengan kekayaan sumber daya laut yang melimpah, lho! Tak heran jika mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti bahkan menyatakan bahwa sektor kelautan dan perikanan kini menjadi andalan utama sumber perekonomian negara. Hal ini dikarenakan sumber daya laut Indonesia bersifat berkelanjutan.

fakta Indonesia

8. Fakta Indonesia: Terkenal dengan Gotong Royong

Mari kita bahas karakteristik masyarkat Indonesia. Beryukurlah kita lahir di negara yang menjunjung nilai gotong royong atau kebersamaan yang cukup tinggi. Negara lain yang sudah maju belum tentu memiliki nilai dan rasa kekeluargaan yang tinggi seperti yang dimiliki negara kita. Hal ini patut untuk kita banggakan dan lestarikan sampai kita tua dan tanamkan kepada anak juga cucu kita kelak.

9. Fakta Indonesia: Punya Presiden dengan 46 Paten di Bidang Aeronautika

Salah satu mantan presiden kita memiliki prestasi yang membanggakan. Tidak hanya pandai dalam memimpin salah satu presiden kita pun bahkan merupakan seorang ilmuwan jenius dalam dunia penerbangan. Presiden RI ke-3, almarhum Bacharuddin Jusuf Habibie tercatat berhasil menjadi salah satu berhasil pemegang 46 hak paten di bidang Aeronautika! Sangat membanggakan!

10. Fakta Indonesia: Gamelan jadi kurikulum sekolah di negara maju lho!

Siapa yang mengira jika salah satu kesenian tradisional asal Indonesia Gamelan merupakan salah satu seni budaya yang jug adipelajari bahkan masuk kurikulum di beberapa negara lain! Gamelan sampai saat ini menjadi kurikulum sekolah di beberapa negara seperti Singapura, Amerika, Jepang, dan Selandia Baru.

Menjelajahi berbagai tempat unik di Indonesia memang seru. Namun, jangan sampai keseruan tersebut hilang saat kamu memutuskan untuk beristirahat di penginapan yang tidak nyaman. Untuk memfasilitasi keseruanmu bersama teman-temanmu selama liburan, Bobobox hadir menawarkan sejuta pengalaman seru di hotel kapsul bergaya futuristik ini. Dapatkan promo-promo menarik Bobobox di sini.

bobobox hotel kapsul cipaganti

You might also like