Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

8 Event Bandung di Tahun 2019 yang Gak Boleh Ketinggalan

Bandung memang sudah menjadi destinasi wisata favorit para traveler. Mulai dari kulinernya yang sedap sampai berbagai tempat wisata cantik untuk melepas lelah, Bandung memiliki semuanya. Tak hanya itu, tiap tahunnya Bandung dimeriahkan dengan berbagai acara menarik yang diselenggarakan oleh pelaku-pelaku kreatif. Nah, buat kakak yang ingin menghabiskan akhir pekan atau berlibur di Bandung, inilah beberapa acara besar yang akan diselenggarakan di Bandung sepanjang tahun 2019 ini.

Asia Africa Festival 2019

64 tahun yang lalu, Bandung menjadi tuan rumah yang menjamu para pemimpin dari 29 negara dari benua Asia dan Afrika, yang sama-sama baru merdeka setelah berabad-abad berada di bawah pemerintahan kolonial. Pertemuan ini menjadi sejarah karena puluhan negara berkumpul dan bersatu dalam Konferensi Asia-Afrika (KAA) yang digelar di Bandung.

Dalam rangka memperingati momen bersejarah tersebut, Asia Afrika Festival dibuat untuk terus mengumandangkan semangat persatuan negara-negara Asia-Afrika. Di tahun 2019, festival ini akan dilaksanakan pada tanggal 19 Mei 2019. Asia Afrika Festival akan diisi dengan berbagai acara menarik, seperti Asia Africa Carnival, Konferensi Pemuda, pameran budaya dan pariwisata, Unity Run, dan kompetisi foto dan film pendek.

Yang paling keren dari festival ini adalah Asia Africa Carnival yang setiap tahun memang menjadi sorotan utamanya. Karnaval ini akan dilaksanakan di Jalan Asia Afrika yang merupakan tempat para pemimpin dan delegasi dari negara-negara di Asia dan Afrika melakukan perjalanan bersejarah ke Gedung Merdeka yang sekarang menjadi Museum Konferensi Asia Afrika. Pada karnaval ini, berbagai atraksi seni dan budaya dari negara-negara anggota konferensi akan ditampilkan. Perwakilan dari tiap-tiap negara akan mengenakan pakaian adatnya dan menunjukkan atribut kebangsaannya yang lain.

Tour de Linggarjati

Jika Perancis memiliki Tour de France, Bandung juga tidak kalah serunya! Buat kakak yang suka bersepeda dan ingin melakukan tur bersama para pesepeda lainnya, Tour de Linggajati bisa menjadi pilihan yang cocok. Tour de Linggajati merupakan event balap sepeda level internasional yang akan diselenggarakan di Kabupaten Kuningan pada tanggal 13 September 2019.

Di event balap sepeda ini, kakak bisa menikmati kekayaan alam Kabupaten Kuningan dan bertemu dengan komunitas-komunitas pecinta sepeda lainnya. Acara ini juga menjadi langkah besar bagi Kabupaten Kuningan untuk mempromosikan kekayaan alam dan atraksi lokalnya ke dunia internasional.

Keuken

Bukan Bandung namanya jika kota ini tidak memiliki event kuliner! Keuken adalah event tahunan yang cocok bagi para pecinta kuliner. Pada acara ini, kakak bisa mencicipi berbagai kuliner khas Indonesia yang sudah pasti enak dan aman di kantong!

Keukeun Festival menawarkan pengalaman yang berbeda bagi masyarakat lokal mau pun wisatawan yang sedang berkunjung ke Bandung untuk menikmati sajian kuliner dan jajanan lokal khas Indonesia. Acara ini memiliki tema setiap tahunnya. Contohnya, pada tahun 2018, Keuken Festival mengusung tema “Delightful Discoveries”. Tema tersebut mengajak para pengunjung untuk memberikan apresiasi yang tinggi bagi keragamanan kuliner Indonesia dan mengajak mereka untuk mempelajari sejarah makanan tersebut.

Nah, kalau kakak ingin coba berkunjung ke Keuken Festival tahun ini, jangan lupa untuk mengatur jadwal di bulan Agustus.

Bandung Light Festival

Sebagai bagian dari rangkaian pesta ulang tahun Kota Bandung, pemerintah daerah bersama dengan Kementerian Pariwisata, masyrakat lokal, dan beberapa seniman tanah air membuat sebuah acara yang unik dan meriah. Acara tersebut dikenal dengan nama Bandung Light Festival.

Tema Bandung Light Festival sangatlah unik dan menarik. Tahun lalu, festival ini mengusung tema “1001 Malam”. Para penduduk dan wisatawan sangat antusias ketika menikmati rangkaian acara festival tersebut. Mereka berkumpul di sekitar Jalan Asia Afrika dan menyaksikan parade yang meriah dengan 81 kendaraan yang dihiasi lampu warna-warni.

Tema “1001 Malam” diambil untuk menunjukkan keindahan kota Bandung melalui perspektif yang baru. Kira-kira, tema apa yang akan dipilih untuk memeriahkan Bandung Light Festival tahun ini, ya?

Kickfest

Selain kulinernya, Bandung juga terkenal dengan fashion-nya. Maka dari itu, Bandung juga merupakan destinasi wisata yang cocok bagi kakak yang ingin wisata belanja! Untuk memeriahkan keberagaman mode di Bandung, Kickfest hadir setiap tahunnya. Pada tahun 2018, sekitar 100 brand pakaian turut serta dalam acara ini.

Bandung juga merupakan salah satu pasar terbesar produsen pakaian independen di Indonesia. Maka dari itu, tidak heran jika Kickfest selalu menjadi acara yang paling ditunggu oleh, tidak hanya oleh anak-anak muda Bandung, tetapi juga kalangan lainnya.

Tahun kemarin, Kickfest memiliki keunikannya tersendiri. Pengunjung tidak hanya berburu pakaian-pakaian yang berkualitas, tetapi juga ada beberapa sesi yang bisa diikuti, seperti Creative Talks, live cooking, kompetisi basket, dan mencicipi berbagai makanan lezat yang dijual di Food Market.

Festival Film Bandung

Forum Film Bandung didirikan untuk pertama kalinya pada tahun 1987 oleh para seniman, wartawan, budayawan, serta akademisi. Forum ini kini tetap eksis dan selalu menyelenggarakan sebuah festival tahunan, yaitu Festival Film Bandung.

Dari tahun ke tahun, Forum Film Bandung secara konsisten dan berkesinambungan selalu melaksanakan kegiatannya, mulai dari melakukan pengamatan terhadap film-film nasional dan impor yang diputar di bioskop, sampai mengamati sinetron yang ditayangkan di berbagai saluran TV sejak 1998.

Dari hasil pengamatan itulah Forum Film Bandung memberikan apresiasi berupa piala dan piagam pernghargaan untuk film-film terpuji dalam puncak acara “Malam Anugerah Festival Film Bandung” setiap tahunnya.

 

Bandung International Art Festival

Bandung International Art Festival atau yang biasa disingkat BIAF adalah sebuah festival dengan spirit seni bagi semua kalangan dan seniman dari berbagai latar belakang di dunia seni. Pada tahun 2018 kemarin, sekitar 3.000 wisatawan menyaksikan berbagai rangkaian acara BIAF.

Festival seni tersebut dimeriahkan dengan penampilan ribuan penari yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, serta dari 10 negara yang ikut berpartisipasi. Negara-negara yang berpartisipasi pada BIAF 2018 diantaranya Jerman, Belanda, Italia, Maroko, India, Malaysia, Jepang, Rusia, dan Australia.

Sedangkan dari dalam negeri, selain Kota Bandung, daerah lain yang bakal ikut memeriahkan BIAF 2018, di antaranya Samarinda, Bogor, Kabupaten Bandung, Kota Makassar, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Bali. Wah, tahun ini pasti lebih menarik!

 

Itulah tadi beberapa rekomendasi acara menarik di Bandung yang akan hadir di tahun 2019 ini! Nah, kira-kira kakak akan datang ke mana nih? Atau mau datang ke semua acara di atas? Ajak-ajak Bob dong! Kalau kakak datang dari luar kota, sebaiknya menginap di Bobobox aja. Lokasinya di tengah kota, dekat dengan stasiun dan dengan lokasi event-event besar tersebut diselenggarakan. Bob tunggu kehadiran kakak, ya!

You might also like
Comments
Loading...