Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Essential Oil Terbaik Untuk Mengatasi Nyeri Saat Menstruasi

Natural over artificial!

Essential oil untuk nyeri menstruasi mungkin bisa kamu coba sesekali sebagai alternatif dari painkiller. Selain punya fungsi sebagai skincare, ternyata wangi yang diproduksi dari essential oil ini pun bisa membantu untuk membuatmu lebih tenang. Tanpa basa-basi lagi, ini dia beberapa rekomendasi essential oil untuk nyeri menstruasi kamu!

 

8 Essential Oil Untuk Nyeri Menstruasi yang Ampuh!

Peppermint

Stefan Rodriguez via Unsplash

Peppermint oil merupakan salah satu essential oil untuk nyeri menstruasi yang punya banyak manfaat lain. Karena wanginya yang menyegarkan, mulai dari masalah sakit kepala sampai mual-mual, peppermint oil bisa menjadi jawabannya. Dengan menghirupnya, aroma peppermint dapat melegakan pernapasan. Ketika digunakan secara topikal, sensasi dingin dari peppermint dapat membantu meningkatkan kualitas sirkulasi darah.

 

Lavender

Vero Photoart via Unsplash

Lavender dikenal karena efek penengangnya yang ampuh. Lavender merupakan salah satu essential oil untuk nyeri menstruasi karena aromanya yang dapat meredakan kecemasan dan membantumu tidur. Jadi, jika kamu mengalam ibeberapa masalah seperti insomnia karena nyeri menstruasi, meneteskan lavender oil pada bantalmu akan membuatmu tenang dan tidur nyenyak.

 

Cypress Oil

Harmonia Aromaterapia via Healthline

Cypress oil atau minyak cemara ternyata merupakan salah satu rekomendasi terbaik essential oil untuk nyeri menstruasi lho! Karena minyak cemara ini merupakan astrigen dan punya sifat anti-mikroba, dengan menggunakannya pada diffuser, ia bisa membantu tubuhmu memaksimalkan eliminasi toksin-toksin. Selain itu, kamu dapat menyampurkan minyak ini dengan minyak pijatmu untuk meredakan pegal-pegal akibat menstruasi.

 

Rose

Phaedra Botanicals via Unsplash

Minyak mawar, atau mawar itu sendiri, punya sejarah yang cukup vital dalam dunia skincare. Mengapa tidak? Selain tampilan bunganya yang cantik, mawar punya banyak sekali kandungan antioksidan yang baik untuk menghidrasi dan meregenerasi kulit. Dalam bentuk minyak, kamu bisa melarutkannya dalam VCO sebagai essential oil untuk nyeri menstruasi karena sifatnya yang bisa meredakan baik inflamasi kulit maupun kram akibat menstruasi sekalipun. Selain itu, aromanya juga menenangkan, cocok untuk kamu simpan dalam diffuser.

 

Cinnamon

Chelsea Shapouri via Unsplash

Siapa sih yang tidak suka wangi kayu manis? Spices yang punya segudang manfaat ini ternyata dalam bentuk minyaknya bisa menjadi salah satu essential oil untuk nyeri menstruasi lho! Kandungan anti inflamasi dari kayu manis ini berguna banget untuk dioleskan di bagian-bagian yang kram atau pegal. Selain itu, aroma dari kayu manis juga dikenal dengan efek energy-boostingnya, jadi cocok banget untuk kamu yang harus tetap produktif bahkan di hari-hari nyeri menstruasi.

 

Clove

Kelly SIkkema via Unsplash

Siapa sangka, minyak cengkeh bisa jadi salah satu rekomendasi essential oil untuk nyeri menstruasi? Iya, cengkeh, sama dengan kayu manis, selalu identik dengan bumbu dapur. Ternyata, ia punya kandungan eugenol. Eugenol ini bersifat anti inflamasi, jadi kamu bisa menggunakan minyak cengkeh untuk meredakan efek samping dan nyeri menstruasi. Selain itu, beberapa orang juga bilang bahwa cengkeh bisa mempersingkat durasi menstruasi. Hanya saja, hal tersebut belum terbukti secara saintifik.

 

Ylang-Ylang Oil

Priscilla du Preez via Unsplash

Sebelumnya, sudah dibahas macam-macam essential oil untuk nyeri menstruasi yang bersifat meredakan rasa sakit. Namun dalam beberapa kasus, nyeri menstruasi juga sering disertai dengan mood yang tidak stabil karena hormon estrogen yang bersifat lebih sedikit dari progesteron. Untuk menstabilkan kembali mood dan meredakan kecemasan, aroma dari ylang-ylang akan sangat membantu. Teteskan saja pada diffuser atau bantalmu, ya!

 

Me-time Juga Jangan Dilupakan!

Selain menggunakan essential oil untuk nyeri menstruasi, penting juga untuk kamu bisa banyak istirahat. Dengan single pod di Bobobox, kamu bisa me-time dengan nyaman, murah, dan tanpa gangguan siapapun. Download aplikasinya sekarang dan buruan pake promo spesial yang berakhir di bulan November ini! Cek juga virtual tournya di sini ya!

You might also like