Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tak Kalah Indah dengan Pantainya, Kunjungi Danau-Danau di Bali Berikut Ini!

Hamparan air tenang yang menyejukkan mata

Bali kerap kali menjadi pelarian bagi wisatawan yang ingin menenangkan diri dan menjauh sementara dari kepenatan. Hal ini tentu tidak megherankan mengingat Bali sudah lama dikenal sebagai surga wisata yang kental dengan keberagaman dan keindahan alamnya. Sebagian besar orang mungkin lebih familiar dengan pantai-pantai cantiknya. Namun, bagi kamu yang sudah bosan dengan pantai, wisata danau di Bali juga tak kalah menarik lho.

Berikut ini adalah empat wisata danau di Bali yang berada di datarang tinggi. Wajib banget kamu coba!

Danau Batur

wisata danau di bali, batur
via kintamani.id

Berada di ketinggian 1.050 mdpl, Danau Batur merupakan danau terbesar Bali yang berlokasi di kaki Gunung Batur dengan luas mencapai 16 km persegi. Lokasinya yang berada di ketinggian menjamin suasana menyegarkan dan pemandangan yang menyejukkan mata.

Danau Batur ini tepatnya berlokasi di Desa Penelokan Utara, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Danau satu ini termasuk danau kaldera sebab terbentuk akibat letusan Gunung Batur saat masih aktif ribuan tahun silam. Letusan kemudian menciptakan kawah yang terisi air secara alami sehingga terbentuklah danau kaldera aktif berbentuk bulan sabit. Kandungan belerang di dalamnya memungkinkan warna air berubah dari kebiruan menjadi kehijauan dan bahkan kekuningan.

Lerengnya juga dihiasi oleh batuan kehitaman yang mungkin tidak akan kamu jumpai di tempat lain. Selain itu, wisata danau di Bali ini juga terkenal dengan pemandangan matahari terbit dan terbenamnya. Karena itu, tidak sedikit pengunjung yang rela pergi ke danau di pagi buta untuk bisa menyaksikan kendahan tersebut.

Meski begitu, datang di waktu lain pun tidak masalah. Saat pagi, suasana akan terasa indah dengan kehadiran kabut tipis. Sementara itu, warna lembayung di sore hari membuat wisata danau di Bali ini terasa begitu eksotis.

Selama berwisata danau di Bali ini, ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan. Sebut saja menikmati keindahan danau dengan perahu, memancing, berendam di pemandian air panas hingga menyebrang ke Desa Trunyan tentu dengan biaya tambahan. Untuk memasuki area danau, kamu perlu menyiapkan uang sekitar Rp 15.000,00 dengan tambahan Rp 5.000,00 untuk parkir motor atau Rp 10.000,00 untuk mobil.


Baca Juga: Simak Daftar Gunung Api Bawah Laut Di Dunia Berikut Ini Untuk Menambah Wawasanmu!


Danau Beratan

wisata danau di bali populer
@SAKDAWUT14/iStockphoto

Wisata danau di Bali berikutnya yang paling terkenal adalah Danau Beratan. Saking populernya, danau satu ini selalu hadir dalam setiap tur yang disediakan oleh jasa penyedia paket perjalanan ke Bali.

Danau Beratan berlokasi di Jalan Raya Candi Kuning –  Bedugul, Desa Candi Kuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan. Dengan ketinggian 1.239 mdpl, danau satu ini sudah pasti menyuguhkan udara sejuk dan menyegarkan.

Tak hanya itu, Danau Beratan juga menjadi salah satu wisata paling ikonis Bali terutama karena keberadaan Pura Ulun Danu Beratan di tengah danau. Kamu mungkin sudah sering melihat penampakan pura ikonis yang kerap menjadi perwakilan lanskap keindahan Bali. Melihat dari gambarnya saja kamu pasti sudah bisa membayangkan betapa indahnya wisata danau di Bali ini.

Sebagai informasi, pura ini terkenal dengan tiga menara yang masing-masing memiliki atap bertingkat dengan jumlah berbeda. Ketiganya menjadi simbol kepercayaan umat Hindu terhadap tiga dewa, yakni Dewa Wisnu (11 tingkat), Dewa Brahma (7 tingkat) dan Dewa Siwa (3 tingkat).

Di area pura, kamu juga bisa menjumpai keberadaan rusa dan kijang, lho. Nah, untuk melihat keindahan pura lebih dekat, pengunjung bisa menyewa perahu dari tepi danau.

Selain pura, Danau Beratan juga memiliki daya tarik lainnya yang tak kalah memukau. Di antaranya adalah pemandangan bunga warna-warni, rerumputan hijau serta rimbunan pohon cemara serta perkebunan yang tertata rapi.

Fasilitas Danau Beratan juga sangat memadai sebab sudah tersedia restoran, warung, toko suvenir, tempat parkir, hingga penginapan. Untuk memasuki area wisata danau di Bali ini, siapkan saja uang sebanyak Rp 20.000,00 (bisa berubah sewaktu-waktu) untuk tiket masuk serta tambahan Rp 2.000,00-10.000,00 untuk biaya parkir.


Baca Juga: Telaga Biru Cicerem: Danau Indah Sebening Kaca Di Kuningan


Danau Buyan

via baligetaway.co.id

Danau Buyan adalah wisata danau di Bali lainnya yang bisa kamu kunjungi. Dengan luas sekitar 490 hektar, Danau Buyan menjadi danau terluas di kawasan Bedugul. Danau sedalam 89 meter ini lokasinya tidak jauh dari Danau Beratan, tepatnya di Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Buleleng.

Meski tidak begitu familiar di telinga banyak orang, wisata danau di Bali ini menyuguhkan berbagai kegiatan yang dijamin tidak akan membuat kamu bosan. Pengola menyediakan lahan perkemahan bagi wisatawan yang ingin bermalam di sekitar danau. Selain itu, kamu juga bisa menikmati kegiatan trekking, motor trail hingga bersepeda gunung.

Sama halnya dengan Beratan, di sini kamu juga bisa menjumpai sebuah pura. Hal ini berkaitan dengan kepercayaan masyarakat Hindu Bali bahwa mereka perlu menyucikan tempat terkumpulnya air seperti danau. Karena itu, mereka menyediakan pura untuk bersembahyang yang biasanya hadir di setiap danau. Di kawasan danau ini, Pura Ulun Danu Buyan berada di sisi utara danau.

Selain pura, kamu juga bisa menikmati spot ayunan serta  menjumpai ladang stroberi dan menikmati kegiatan memetik langsung dari ladang tersebut. Tak hanya stroberi dan ayunan, kamu juga bisa bercengkrama dengan monyet yang tinggal di hutan, sebelah utara dari Danau Buyan. Untuk harga tiket, siapkan saja sekitar Rp 10.000,00 per orang dengan tambahan Rp 3.000,00 – 5.000,00 untuk parkir.


Baca Juga: Punya Cerita Horor Yang Bikin Merinding, Inilah 10 Danau Paling Angker Di Indonesia


Danau Tamblingan

wisata danau di bali, tamblingan
via dispar.bulelengkab.go.id

Sama halnya seperti Buyan, Danau Tamblingan juga termasuk wisata danau di Bali yang belum terlalu populer. Danau satu ini merupakan bagian dari tiga danau kembar yang terbentuk dalam sebuah kaldera besar. Di bagian timur danau, secara berturut-turut, kamu akan menjumpai Danau Buyan dan Danau Beratan.

Danau Tamblingan ini tepatnya berada di utara Gunung Lesung, Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng. Jika dibandingkan dengan danau-danau lainnya, Tamblingan merupakan yang paling kecil. Namun, hal ini tentu tidak mengurangi suasana menyejukkan nan asri danau yang dikelilingi rimbunya hutan di atas ketinggian 1.000 mdpl ini.

Sama halnya dengan Buyan, Tamblingan juga belum begitu populer sehingga fasilitas yang tersedia cukup minim. Meski begitu, hal ini menjadi kelebihan tersendiri sebab kawasan danau tetap terjaga dan alami.

Agar kunjungan tidak sia-sia, kamu bisa berkeliling menikmati keindahan wisata danau di Bali dengan menggunakan jasa sewa perahu yang tersedia. Jika sudah bosan, kamu bisa beralih menikmati belasan pura yang tersebar di sekitar danau.

Di antaranya adalah PuraUlun Danu Tamblingan, Tukang Timbang, Embang, Gubuk, Endek, Naga Loka, Batulepang, Tirta Mengening, Pengukiran, Sang Hyang Kawuh, Dalem Tamblingan, dan Sang Hyang Kangin.

Harga tiket ke danau ini juga cukup terjangkau. Kamu hanya memerlukan Rp 10.000,00 untuk biaya masuk dengan tambahan Rp 3.000,00 – 5.000,00 untuk parkir.

Bobocabin Ada di Bali!

Sudah tahu belum, Bobocabin dari Bobobox kini ada di Kintamani, Bangli, Bali! Hadir dengan 30 unit kabin, Boobocabin siap menemani liburan kamu di tengah indahnya alam Kintamani, tentu dengan balutan teknologi canggih khas Bobobox.

Bobocabin satu ini akan memanjakan kamu dengan pemandangan Gunung Batur, Gunung Agung hingga Danau Batur di depan mata. Tertarik menikmati keindahan dan keseruannya? Yuk unduh dulu aplikasi Bobobox untuk reservasi dan informasi lebih lanjut!

You might also like