Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

5 Bahayanya Sifat Gak Enakan Bagi Kesehatan Mental Kamu

Stop jadi people pleaser!

Orang yang memiliki sifat nggak enakan atau bisa disebut juga dengan “people pleaser” pada dasarnya adalah orang yang baik. Sebab, yang lebih dipikirkan olehnya adalah orang lain, bukan dirinya sendiri.

Namun, menjadi orang yang nggak enakan terkadang memang sangat merepotkan. Kamu jadi sering merasa serba-salah, ragu untuk mengungkapkan isi pikiran yang sebenarnya, takut menyinggung perasaan orang lain, tidak tega untuk menolak, dan masih banyak lagi.

Jika dibiarkan terus menerus, sifat nggak enakan seperti ini juga bisa berpengaruh pada kesehatan mentalmu, lho. Jeleknya, kamu akan merasa bahwa posisi orang lain lebih tinggi darimu, sehingga mereka harus lebih diprioritaskan dibanding dirimu sendiri.

Masih ada banyak lagi efek sifat gak enakan yang akan kamu rasakan jika kamu hanya memikirkan kepentingan dan kebahagiaan orang lain. Ini dia 5 efek sifat gak enakan yang bisa memengaruhi kesehatan mentalmu. Simak baik-baik penjelasan di bawah ini, ya!

1. Kamu Selalu Merasa Bersalah Meskipun Benar

efek sifat gak enakan

(Photo by @SuzyHazelwood via Pexels)

Selalu merasa bersalah meskipun benar merupakan salah satu efek sifat gak enakan yang umum dirasakan. Saat ada suatu masalah, biasanya kamu akan memilih untuk mengalah saja demi menghindari perselisihan.

Ini dikarenakan sifat nggak enakan kamu yang akan membuatmu merasa bersalah apabila terjadi perselisihan hanya karena kamu nggak mau mengalah. Akibat efek sifat gak enakan kamu ini, kamu jadi terbiasa untuk selalu mengalah di manapun kamu berada.

Sayangnya, efek sifat gak enakan ini malah terkadang merugikanmu, lho. Orang-orang yang terbiasa melihatmu mengalah akan jadi bersikap semena-mena padamu. Mereka juga cenderung akan bersikap egois, karena tahu bahwa kamu tidak akan melawan.

Maka, untuk menghindari efek sifat ga enakan ini, kamu harus lebih berpikir rasional. Hindarilah over-thinking atau memikirkan hal-hal yang tidak perlu.

Kamu harus bisa menentukan kesalahan ada pada pihak siapa. Jika bukan padamu, maka tidak perlu terus-menerus merasa bersalah dan meminta maaf atas masalah yang terjadi. Selain itu, terlalu sering meminta maaf dan merasa bersalah merupakan salah satu ciri people pleaser.

2. Kamu Jadi Sering Pura-Pura Bahagia

efek sifat gak enakan

(Photo by @NicholasKusuma via Unsplash)

Pernah nggak, kamu pura-pura tersenyum bahagia, padahal hatimu sedang sedih dan terluka? Ini semua kamu lalukan hanya demi menjaga suasana dan mood orang-orang di sekitarmu. Hati-hati, sering berpura-pura bahagia juga merupakan salah satu efek sifat gak enakan yang kamu punya, lho.

Efek sifat gak enakan kamu ini membuatmu cenderung lebih mementingkan kebahagiaan orang lain daripada kebahagiaan kamu sendiri. Bahkan, saat seseorang tidak sengaja menyakiti hatimu, kamu akan berpura-pura bahwa kamu “baik-baik saja” demi menjaga suasana dan hubungan baik dengan orang sekitarmu.

Jika efek sifat gak enakan kamu ini terus dibiarkan, maka lama-kelamaan kamu akan terbiasa bersikap “fake” dan ragu untuk mengutarakan isi hatimu yang sebenarnya. Hal ini juga akan membuat hatimu lelah karena harus terus berpura-pura bahagia di depan orang-orang.

Agar terhindar dari efek sifat gak enakan satu ini, kamu sebaiknya harus mengerti bahwa kebahagiaan orang lain bukanlah tanggung jawabmu. Kamu pun sangat berhak atas kebahagiaanmu.

Selain itu, kamu juga punya hak dan bebas untuk mengungkapkan apa yang sedang kamu rasakan, kok. Tidak melulu hanya kamu saja yang harus mengerti dan menjaga perasaan orang lain.

3. Kamu Tidak Memprioritaskan Dirimu Sendiri

efek sifat gak enakan

(Photo by @MadisonInouye via Pexels)

Apakah selama ini kamu sering kali melewatkan kesempatan-kesempatan emas hanya karena kamu mengalah pada rekan kerjamu? Kamu merasa tidak enak jika rebutan jabatan strategis di kantormu? Waduh, jangan-jangan kamu sudah terkena efek sifat ga enakan yang selama ini mungkin nggak kamu sadari.

Efek sifat gak enakan satu ini membuatmu enggan dan merasa nggak enak kalau harus berkompetisi dengan orang lain. Dalam benakmu, pasti kamu memikirkan bagaimana jika orang lain lebih membutuhkan dari kamu? Padahal sebenarnya, kamu pun butuh, ingin, dan layak mendapatkan hal tersebut.

Kamu yang memiliki sifat nggak enakan memang cenderung lebih memikirkan orang lain daripada dirimu sendiri. Padahal, kamu juga perlu, lho, memprioritaskan dirimu agar kesehatan mentalmu senantiasa terjaga dan kamu bisa terhindar dari efek-efek sifat gak enakan yang pastinya nggak ingin kamu rasakan. Sebab, ini artinya kamu menghargai dan menyayangi dirimu.

Selain itu, jika kamu tidak memprioritaskan dirimu sendiri, kamu akan merasakan efek sifat gak enakan yang lebih merugikan lagi. Contohnya, orang-orang akan mulai berani untuk tidak menghargaimu, dan bahkan berani memanfaatkanmu karena sifat nggak enakanmu yang satu ini.

4. Kamu Takut Bilang “Tidak”

efek sifat gak enakan

(Photo by @cottonbro via Pexels)

Nah, takut bilang “tidak” juga merupakan efek sifat gak enakan dan penyakitnya people pleaser yang paling familiar. Orang nggak enakan dan takut untuk bilang “tidak” adalah orang yang pasti jadi sasaran empuk bagi mereka yang gemar memanfaatkan orang lain.

Mereka pasti berpikir akan mudah sekali memanfaatkanmu, karena mereka yakin kamu tidak akan sanggup menolak. Padahal, yang perlu kamu lakukan hanyalah mengatakan “tidak”, namun pada kenyataannya hal itu sangat sulit dilakukan.

Agar terhindar dan tidak jadi korban dari efek sifat gak enakan satu ini, ada satu hal yang perlu kamu tahu, yaitu bahwa bilang “tidak” bukan berarti kamu jahat. Bilang tidak merupakan suatu sikap yang menunjukkan bahwa kamu cukup kuat dan berpegang teguh atas setiap keputusanmu.

Selain itu, jika lingkunganmu membuatmu merasa nggak enak untuk berkata “tidak”, maka bisa jadi mungkin masalahnya bukan hanya di kamu. Ini semua juga bisa saja karena lingkungan yang toxic, sehingga mereka tidak bisa menerima jika kamu menolak permintaan mereka, walaupun sebenarnya kamu memiliki alasan yang jelas.

5. Kamu Tidak Yakin Pada Pendirianmu

efek sifat gak enakan

(Photo by @OlenkaSergienko via Pexels)

Efek sifat gak enakan yang terakhir adalah membuatmu nggak yakin pada pendirianmu sendiri. Akibatnya, kamu jadi cenderung lebih sering ikut-ikut saja pada pendapat dan keputusan orang lain walau sebenarnya kamu pun kurang sreg dengan semua itu.

Selain itu, efek sifat gak enakan satu ini juga lama-kelamaan akan membuatmu menjadi ragu- ragu atas kemampuan dirimu yang sebenarnya. Kamu juga jadi ragu untuk mengutarakan pendapatmu yang sebenarnya. Akibatnya, kamu cenderung jadi sering membohongi diri sendiri.

Yang perlu kamu lakukan agar tehindar dari efek sifat gak enakan satu ini adalah dengan meningkatkan kepercayaan dirimu. Dengan begitu, kamu akan lebih yakin dengan pendirian dan pemikiranmu.

Namun, kamu juga harus banyak-banyak belajar dan mulai berlatih agar menjadi semakin bijak dalam mengambil keputusan sendiri. Belajarlah untuk menentukan mana baik mana buruk sesuai pedoman dan norma yang ada, bukan karena apa kata orang lain.

Terkadang, salah satu efek sifat gak enakan adalah kamu terlalu mendengarkan apa kata orang lain, meskipun terkadang tidak sesuai dengan pemikiran maupun kata hatimu. Maka dari itu, beranilah untuk yakin pada pendirianmu. Sebab, berbeda dengan yang lain bukanlah suatu masalah.

Pasti happy staycation di Bobobox!

Bukan hanya kesehatan fisik yang mesti kamu jaga di masa sulit seperti ini, namun kesehatan mental juga sangat penting. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mentalmu, salah satunya adalah dengan staycation dan liburan! ;D

Kamu nggak perlu bingung mau pilih hotel yang mana. Datang aja ke Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel.

Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama nginap di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Pesan kamarnya pun nggak ribet, tinggal download aja aplikasinya di siniQR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox!

You might also like