Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Suka Tidur Larut Malam? Hati-Hati! Ini Dia 5 Efek Samping Begadang | Jangan Terlalu Sering ya!

Coba dikurangi mulai dari sekarang ya!

Bobobox.co.id — Setelah sebelumnya, Bob pernah membahas mengenai kebiasaan buruk untuk kesehatan, kali ini Bob akan membahas salah satu efek samping dari kebiasaan buruk tersebut.

Hal yang akan Bob bahas adalah efek samping begadang. Begadang sendiri mungkin akan sering dirasakan bagi pekerja kantoran yang diharuskan untuk lembur dalam menyelesaikan tugas pekerjaannya.

Atai terkadang, banyak orang juga yang begadang hanya demi menonton pertandingan klub favorit. Beberapa klub favorit di Liga Inggris, Italia, ataupun Spanyol memiliki jadwal yang berada di tengah malam hingga dini hari.

Padahal, terlalu sering begadang justru akan berdampak buruk bagi kesehatanmu. Oleh karenanya, usahakanlah untuk tidak begadang jika memang dirasa tidak terlalu penting urusan yang sedang dihadapi misakan pekerjaan.

Nah, jika kamu termasuk orang yang suka tidur larut malam, mungkin 5 efek samping begadang ini yang akan mewanti-wanti untuk tak terlalu sering begadang. Bikin tubuhmu jadi tak bisa menunjang aktivitasmu!

Sulit Berkonsentrasi

Efek samping begadang pertama adalah sulitnya kamu untuk berkonsentrasi. Hal tersebut terjadi karena manfaat tidur yang optimal justru akan mampu membantu dalam proses belajar dan berpikir.

Nah, jika kamu sering begadang, konsentrasi pun bisa menurun. Dampak yang terjadi adalah kamu akan kesulitan dalam memerhatikan sesuatu serta tingkat kewaspadaanmu akan mengalami penurunan.

Kesulitan berkonsentrasi ini akan sangat berbahaya jika kamu termasuk orang yang bekerja di lingkungan pabrik. Konsentrasi merupakan satu hal penting yang wajib dijaga dan diperhatikan baik-baik oleh para pekerja lapangan.

Bagi kamu pekerja kantoran pun, efek samping begadang pun sama mengerikannya seperti pekerja lapangan. Kamu bisa saja terkena marah atasan karena tugas yang diberikan tak kunjung beres akibat sulit konsentrasi.

Penurunan konsentrasi ini juga disinyalir merupakan salah satu penyebab rentannya terjadi kecelakaan. Kurang tidur karena begadang biasanya menyebabkan para pengendara mengantuk menjadi alasannya.

efek samping begadang sulit konsentrasi
@olly via pexels.com

Meningkatkan Risiko Terkena Penyakit

Efek samping begadang selanjutnya ini cukup mengerikan. Pasalnya, begadang justru ‘mengundang’ penyakit untuk datang ke tubuh. Dengan begitu, risiko terkena penyakit pun akan meningkatkan.

Beberapa penyakit yang disinyalir akan meningkat jika terus-terusan begadang antara lain penyakit jantung, tekanan darah tinggi, stroke, kanker dan diabetes. Penyakit mematikan yang sangat mengerikan, bukan?

Tak hanya penyakit mematikan yang tadi disebutkan, efek samping begadang pun bisa menyerang kesehatan mentalmu. Depresi adalah salah satu penyakit kesehatan mental yang kemungkinan besar akan kamu alami.

Depresi ini sendiri tak hanya muncul karena efek samping begadang. Depresi bisa muncul akibat minuman berkafein yang biasa kamu minum untuk mengatasi rasa kantuk akibat begadang di malam sebelumnya.

Kulit wajahmu pun bisa jadi terlihat lebih kusam dan pucat akibat terlalu sering begadang. Kurang tidur justru membuat hormon kortisol (stres) dilepas dalam jumlah banyak yang membuat kulit terlihat tidak fresh.

@wdnet via pexels.com

Berisiko Timbulnya Obesitas

Badan yang ideal merupakan salah satu hal yang diidam-idamkan oleh banyak orang. Tak jarang banyak orang yang berusaha untuk mengurangi berat badannya agar bisa tampil dengan badan yang ideal.

Nah, jika kamu termasuk orang yang sedang diet, ada baiknya untuk mengurangi begadang. Pasalnya, efek samping begadang justru dapat meningkatkan berat badanmu bahkan hingga berisiko timbulnya obesitas.

Begadang biasanya akan membuatmu tidur kurang dari enam jam dalam sehari. Kekurangan jam tidur optimal inilah yang akan berdampak pada pola makan yang buruk di malam hari saat kamu begadang.

Orang yang kurang tidur tersebut cenderung akan makan camilan bahkan makanan berat di malam hari. Padahal, makanan berat yang kamu konsumsi butuh 3 hingga 4 jam agar bisa tercerna dengan baik.

Dengan efek samping begadang yang Bob sebutkan ini, kamu yang sedang berdiet wajib menghindari begadang. Jika sesekali dan untuk urusan penting, tak jadi masalah selagi tidak dilakukan setiap hari saja ya.

@jarmoluk-143740 via pixabay.com

Menurunkan Daya Tahan Tubuh

Menjaga daya tahan tubuh merupakan hal esensial yang mesti kamu lakukan setiap harinya. Pasalnya, daya tahan tubuh memiliki peranan penting untuk menjagamu dari penyakit yang datang menyerang.

Efek samping begadang justru akan menurunkan daya tahan tubuhmu. Kamu mungkin sering menyadari jika kamu terlalu sering begadang, kamu akan lebih mudah terserang demam, batuk, flu, atau kurang enak badan.

Penyakit ringan tersebut merupakan salah satu contoh di mana daya tubuhmu menurun. Padahal, di situasi pandemi virus corona yang belum mereda, daya tahan tubuh adalah benteng terakhir yang wajib kamu jaga terus setiap harinya.

Efek samping begadang yang terjadi tersebut disebabkan tubuh yang tak mampu untuk memperbarui sel-sel tubuh serta membuang racun di dalam tubuh karena waktu istirahatmu yang tak optimal saat begadang.

Dengan begitu, kamu sudah mengetahui bahwa tubuh pun memerluka waktu yang cukup untuk beristirahat. Hal ini agar daya tahan tubuh tetap prima dan kamu bisa beraktivitas dengan baik setiap harinya.

@olly via pexels.com

Jadi Pelupa akibat Efek Samping Begadang

Efek samping begadang terakhir adalah lebih sering lupa alias pikun. Hal tersebut tentunya tak ingin terjadi kepadamu apalagi jika kamu masih berada di usia-usia emas yang dituntut berpikir cepat dalam keseharian.

Ketika tidur, otakmu akan mengalami proses regenerasi sel. Proses tersebut berguna untuk memperkuat ingatan dan juga akan memindahkan ingatan dan memori ke bagian yang berfungsi sebagai penyimpanan memori jangka panjang.

Nah, proses tersebut justru akan terhambat jika kamu terlalu sering begadang. Efek samping begadang ini akan menyebabkan menurunkan ingatanmu yang berujung kamu mudah melupakan sesuatu bahkan hal sepele.

Agar kamu tidak mudah lupa, sesegera mungkin untuk menghentikan kebiasaan begadang. Khususnya bagi kamu yang memang disibukkan dengan aktivitas-aktivitas yang memerlukan ingatan yang tajam seperti sekolah dan kerja.

Bahkan, jika dilakukan terus menerus, sebuah penelitian di Amerika Serikat menyatakan bahwa adanya kaitan tentang kebiasaan begadang dan munculnya penyakit alzheimer. Penyakit tersebut bisa saja menyerangmu, lho!

@thatguycraig000 via pexels.com

Menginap dengan Santai? Ya di Bobobox

Sedang ingin menginap dengan nyaman dan santai? Jika iya, Bob mempunyai rekomendasi akomodasi penginapan yang worth it untuk kamu coba selama liburan ataupun staycationmu.

Akomodasi penginapan yang Bob maksud adalah Bobobox. Hotel kapsul yang mengusung konsep futuristik ini menawarkan beragam fasilitas yang pastinya membuatmu nyaman seharian.

Fasilitas yang keren ini sendiri tak membuat harga inapnya menjadi mahal. Malahan, harga inap Bobobox termasuk salah satu yang terjangkau jika ditinjau dari berbagai fasilitas yang diberikan oleh Bobobox.

Untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut, kamu bisa mendapatkannya di aplikasi Bobobox yang bisa kamu unduh di sini. Tak lupa juga, kamu bisa merasakan langsung jalan-jalan virtual ke Bobobox dengan mengklik link ini.

You might also like