Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ketentraman di Atas Awan: 7 Fakta Tentang Dusun Girpasang, Salah Satu Dusun Tertinggi di Jawa Tengah

Meski terpencil, namun potensi wisatanya tak main-main, lho!

Indonesia tak habis-habisnya menyuguhkan berbagai lanskap alam yang menakjubkan. Tak heran jika keindahan alam Indonesia ini kerap kali dimanfaatkan oleh sejumlah desa untuk menaikkan potensi wisata serta taraf perekonomian bagi warga sekitar.

Hal ini pula yang hendak dicapai oleh Dusun Gligir Pasang atau sering disebut Dusun Girpasang di Jawa Tengah. Warga di dusun yang letaknya cukup terpencil ini siap jika dusunnya dijadikan daerah wisata karena pemandangan khas pegunungan yang sangat memanjakan mata.

Penasaran seperti apa Dusun Girpasang yang sesungguhnya? Yuk, simak 7 fakta menarik tentang Dusun Girpasang yang menjadi dusun tertinggi di Kabupaten Klaten berikut ini.

Dusun tertinggi dan terluar di Kabupaten Klaten

Berada di ketinggian 1.158 mdpl menjadikan Dusun Girpasang sebagai salah satu dusun tertinggi di Jawa Tengah. Dusun ini juga hanya berjarak 4 kilometer saja dari puncak Gunung Merapi. Hal tersebut membuat Dusun Girpasang mendapat predikat sebagai dusun tertinggi sekaligus dusun terluar di Kabupaten Klaten.

Tak mau kalah dengan Dusun Butuh yang terletak di Kabupaten Magelang, Dusun Girpasang ini juga memiliki keindahan yang tak kalah mengesankan. Dusun Girpasang memiliki pemandangan lembah dengan hutan yang masih sangat alami dan terjaga keasriannya.

Dusun ini juga dikelilingi oleh sungai dengan kedalaman sekitar 300-500 meter, dengan air berwarna biru alami. Jika kamu mengarahkan pandangan ke arah barat laut, kamu bisa melihat gagahnya puncak Gunung Merapi yang sesekali menyemburkan asap dari kawahnya.

Ketentraman di Atas Awan: 7 Fakta Tentang Dusun Girpasang, Salah Satu Dusun Tertinggi di Jawa Tengah
@laurence_ashdown via Unsplash

Akses ke Dusun Girpasang

Dusun Girpasang berada di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Dengan menggunakan kendaraan pribadi, kamu akan menempuh perjalanan selama 45 menit saja dari pusat Kota Klaten dengan tujuan Dusun Ringin, Desa Tegalmulyo.

Di Dusun Ringin, kamu bisa menitipkan kendaraanmu pada warga setempat dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Jika kamu merasa bingung, tanyalah pada warga sekitar untuk menunjukkan akses masuk menuju Dusun Girpasang. Tenang, warga sekitar akan dengan senang hati kok menunjukkan jalannya padamu.

Meniti 1.001 anak tangga di tepi jurang sedalam 150 meter

Jangan kaget jika kamu dihadapkan dengan anak tangga yang seperti tak ada ujungnya saat hendak menuju ke Dusun Girpasang. Untuk sampai ke dusun tertinggi di Klaten tersebut, memang anak tangga itulah yang menjadi satu-satunya jalan.

Kamu harus meniti ribuan anak tangga yang disebut 1.001 anak tangga untuk menyusuri tepian jurang sedalam 150 meter. Anak tangga tersebut bisa dilewati dalam waktu sekitar 45 menit saja. Oleh karena itu, ada baiknya jika kamu mempersiapkan fisik dengan berolahraga ringan beberapa hari sebelum mengunjungi Dusun Girpasang.

Anak tangga tersebut juga dibuat menarik, dengan adanya pengaman berupa ban bekas yang telah dicat berwarna-warni di pinggirnya. Di samping itu, pemandangan pegunungan dan hutan yang masih sangat asri juga akan membuatmu lupa akan rasa takut melintasi tepian jurang.

Ketentraman di Atas Awan: 7 Fakta Tentang Dusun Girpasang, Salah Satu Dusun Tertinggi di Jawa Tengah
Slam via humas.jatengprov.go.id

Hanya dihuni oleh 37 orang saja

Letaknya yang cukup terpencil membuat Dusun Girpasang hanya dihuni oleh 37 orang saja. Ke-37 orang tersebut ada dalam 12 keluarga yang tinggal di 9 rumah. Rumah yang ditempati adalah rumah sederhana yang masih sangat tradisional.

Seluruh rumah di dusun tertinggi di Klaten ini hanya berdindingkan bilik bambu atau tembok sederhana, serta genting yang nampak agak usang sebagai atapnya. Peralatan rumah tangganya pun masih sangat tradisional, seperti penggunaan kompor tungku lengkap dengan kayu bakarnya yang digunakan untuk memasak sehari-hari.

Meski hidup serba sederhana, namun warga Dusun Girpasang tetap bertahan karena mereka merasa bahagia tinggal di sana. Oleh karenanya, mereka berharap agar Dusun Girpasang bisa segera diwujudkan sebagai desa wisata untuk menaikkan perekonomian warga dusun tersebut.

Ketentraman di Atas Awan: 7 Fakta Tentang Dusun Girpasang, Salah Satu Dusun Tertinggi di Jawa Tengah
Slam via humas.jatengprov.go.id

Listrik dari panel surya

Letak Dusun Girpasang yang cukup jauh dari dusun lainnya membuat pasokan listrik tak sampai ke dusun tertinggi di Klaten ini. Namun, warga dusun tak kehabisan akal dengan memasang panel surya untuk memenuhi kebutuhan listrik sehari-hari.

Listrik yang dihasilkan dari panel surya tersebut digunakan untuk berbagai hal, salah satunya untuk penerangan pada malam hari. Warga dusun menaruh panel surya tersebut di atas atap rumah, sehingga bisa menyerap sinar matahari dengan maksimal di siang hari.

Gondola sebagai alat penangkut yang unik

Selain listrik dari panel surya, warga Dusun Girpasang juga membuat gondola untuk alat pengangkut barang. Gondola ini sangat memudahkan warga karena bisa meringankan untuk mengangkut hasil panen, bahan makanan, atau berbagai keperluan di dusun tertinggi di Klaten tersebut.

Gondola yang digunakan bukanlah gondola besar, melainkan gondola yang dirakit sedemikian rupa menggunakan mesin sepeda motor bekas sebagai penggeraknya. Gondola ini bukan digunakan untuk mengangkut warga karena keamanannya tidak terjamin.

Namun, gondola ini direncanakan untuk dijadikan atraksi wisata untuk menarik wisatawan yang berkunjung ke salah satu dusun tertinggi di Jawa Tengah ini ketika sudah siap menjadi destinasi wisata nantinya.

Ketentraman di Atas Awan: 7 Fakta Tentang Dusun Girpasang, Salah Satu Dusun Tertinggi di Jawa Tengah
Slam via humas.jatengprov.go.id

Potensi wisata alam yang masih asri dan Goa Jepang yang tersembunyi

Terletak 4 kilometer dari puncak Gunung Merapi menjadikan Dusun Girpasang memiliki potensi wisata alam dengan keindahan yang menjanjikan. Kamu akan disuguhi pemandangan lembah pada kontur Gunung Merapi yang indah.

Hijaunya hutan yang masih sangat asri juga akan sangat memanjakan mata. Belum lagi udara khas pegunungan yang sejuk, sudah pasti bisa menjadi pelepas penat dan penyejuk pikiran untukmu yang penat dengan pekerjaan sehari-hari. Jika kamu beruntung, kamu juga akan mendapatkan pemandangan lautan awan yang bisa kamu saksikan di pagi hari. Serasa berada di atas awan, deh!

Selain pemandangan yang menakjubkan, ada pula Gua Jepang yang terletak sekitar satu kilometer dari dusun tertinggi di Klaten tersebut. Keberadaan gua bersejarah ini jarang diketahui oleh orang luar, selain warga asli dusun di Desa Tegalmulyo.

Meskipun belum resmi dibuka untuk tujuan wisata, namun beberapa rencana sedang disiapkan untuk merealisasikan ide tersebut. Salah satunya adalah membangun jembatan untuk memudahkan mobilitas warga Dusun Girpasang yang selama ini masih harus naik-turun lewat 1.001 anak tangga.

Dusun ini juga sudah mendapat beberapa kunjungan dari wakil pemerintah, salah satunya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Sambil mengantarkan bantuan pangan ke dusun ini, Ganjar juga mendukung Dusun Girpasang dijadikan sebagai destinasi wisata di Kabupaten Klaten.

Warga dan Dinas Pariwisata Kabupaten Klaten juga sudah merencanakan untuk membuat beberapa paket wisata di Dusun Girpasang untuk menarik pengunjung, seperti menyediakan homestay, api unggun, camping, serta menaiki gondola.

Ketentraman di Atas Awan: 7 Fakta Tentang Dusun Girpasang, Salah Satu Dusun Tertinggi di Jawa Tengah
Slam via humas.jatengprov.go.id

Setelah puas berwisata ke Dusun Girpasang, coba menginap di Bobobox juga, yuk!

Seru banget ‘kan potensi wisata di salah satu dusun tertinggi di Jawa Tengah tersebut? Ada lagi lho pengalaman seru yang bisa kamu dapatkan dengan menginap di Bobobox. Bobobox merupakan hotel kapsul yang memiliki desain futuristik dengan beragam fasilitas hi-tech.

Pesan pod melalui website atau aplikasi Bobobox. Kamu akan mendapatkan QR code yang bisa digunakan sebagai akses masuk ke dalam pod tanpa harus menggunakan kunci biasa. Podnya juga super nyaman dan bersih karena tim Bobobox selalu menjaga kebersihan dan keamanan para tamu.

Penasaran dengan interiornya? Jangan khawatir, kamu bisa melakukan virtual tour untuk bisa melihat beragam fasilitas dan interior instagenic-nya Bobobox. Tunggu apa lagi, yuk, pesan kamar di Bobobox sekarang!

You might also like