Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Hal yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan (Dos and Donts) Ketika Travelling

Untuk menghindarkanmu dari hal yang tidak diinginkan

Bobobox.co.id — Travelling adalah salah satu hal yang biasanya membuat banyak orang merasa senang. Pasalnya, saat travelling, kamu bisa melakukan banyak aktivitas seru dan mengunjungi tempat wisata yang ada di destinasi wisatamu.

Namun, saat sampai di destinasi wisatamu, ada beberapa hal yang boleh dan tidak boleh kamu lakukan atau dos and donts. Hal ini biasanya berkaitan erat dengan etika yang dianut di kota atau negara tujuanmu.

Di sini, Bob sudah merangkum hal yang boleh dan tidak boleh kamu lakukan (dos and donts) ketika travelling. Hal ini ditujukan untuk menghindari kesalahpahaman dan pengalaman yang tidak menyenangkan saat liburan.

Tidak usah berlama-lama lagi, langsung saja simak dos and donts ketika travelling agar travelling-mu berjalan sesuai rencana berikut ini.

Boleh Dilakukan: Melepas Sepatu Sebelum Masuk Rumah

Dos and donts yang pertama ini termasuk kategori yang boleh kamu lakukan ketika travelling. Hal yang boleh kamu lakukan ini adalah melepas sepatu sebelum masuk ke rumah orang.

Melepas sepatu sebelum masuk ke rumah orang seringkali diajarkan oleh orang tuamu saat berada di rumah. Nah, ketika travelling, hal ini merupakan tanda penghormatan bagi sang empunya rumah.

Selain untuk menghormati tuan rumah, dengan melepas sepatu, kamu mengurangi risiko lantai rusak atau kotor akibat sepatumu dan memberikan waktu kaki untuk bernafas dan bergerak bebas setelah seharian memakai sepatu ketika travelling.

travelling boleh dilakukan dos and donts
via radio.com

Tidak Boleh Dilakukan: Mengoper Barang Melewati Kepala Orang Lain

Mengoper barang atau makanan melewati kepala orang lain menjadi dos and donts selanjutnya. Pasalnya, saat kamu melakukan hal tersebut, kamu akan dianggap kurang sopan.

Sehingga, untuk mengoper makanan ke orang lain, cara yang tepat adalah untuk selalu mengoper makanan tersebut ke arah orang yang berada di sebelah kananmu. Jangan sampai kamu melakukannya berlawan arah.

via bestlifeonline.com

Boleh Dilakukan: Mencoba Kuliner Lokal

Saat berada di suatu kota untuk liburan, mencoba kuliner lokalnya menjadi salah satu hal wajib yang dilakukan dan masuk ke dos and donts ketika travelling versi Bob. Apalagi jika destinasi liburanmu termasuk yang jarang kamu kunjungi.

Di Indonesia, tiap kota sepertinya memiliki kuliner khas yang walaupun menunya sama namun ada saja hal yang membedakan dari satu makanan ke makanan lainnya.

Sama halnya saat kamu liburan ke luar negeri, cek terlebih dahulu kuliner khas negara yang kamu tuju beserta tempat kuliner yang direkomendasikan banyak orang untuk dikunjungi sesampainya di negara tujuanmu.

Tidak Boleh Dilakukan: Jangan Duduk Lebih Tinggi dari Pemilik Rumah

Dos and donts yang satu ini patut kamu ingat baik-baik satu sedang bertamu ke rumah seseorang saat travelling. Hal yang dimaksud kali ini adalah dengan tidak duduk lebih tinggi dari pemilik rumah.

Saat kamu diundang oleh seseorang untuk datang ke rumahnya, sebelum duduk, usahakanlah untuk menanyakan di mana kamu bisa duduk sembari menunggu tuan rumah.

Dari dos and donts ini, kamu diminta untuk mengetahui bahwa kamu adalah seorang tamu. Sehingga, posisikanlah dirimu sebagai tamu dan bersikap sopan kepada orang yang sudah mengundangmu.

Boleh Dilakukan: Mengecek Etika Memberi Tip

Mengecek etika memberi tip menjadi dos and donts selanjutnya. Memberi tip sehabis menyantap makanan di suatu restoran sebenarnya merupakan hal yang baik untuk dilakukan.

Namun, di beberapa negara seperti Jepang, hal tersebut justru dianggap menghina. Di Jepang sendiri, pekerjanya merasa dibayar untuk melakukan pekerjaannya dan merasa bangga saat melakukannya dengan baik tanpa perlu tip tambahan.

Sehingga, agar menghindari hal yang tidak diinginkan, mengecek etika memberi tip di negara tujuanmu menjadi hal yang patut dilakukan, bukan?

nypost.com

Tidak Boleh Dilakukan: Jangan PDA

Untuk dos and donts satu ini sepertinya menjadi yang justru banyak orang luar negeri perhatikan ketika travelling. Apalagi jika negara tujuan travelling-nya termasuk yang menganggap tabu hal satu ini.

Hal yang dimaksud adalah mengumbar kemesraan di publik. Di negara-negara seperti Vietnam, Malaysia, dan Indonesia, mengumbar kemesraan di publik seperti memeluk dan mencium termasuk hal yang dilarang.

Walaupun di mayoritas negara-negara yang menganut budaya barat memakluminya, namun beradaptasi untuk beberapa hari ketika kamu travelling di negara-negara yang tadi disebutkan.

Boleh Dilakukan: Berpakaian Sopan

Dos and donts ini khususnya ditujukan bagi kamu yang akan mengunjungi kuil atau tempat ibadah yang menjadi tempat wisata di negara tujuanmu.

Salah satu etika yang harus diingat adalah untuk mengenakan pakaian yang relatif tertutup saat mengunjungi tempat ibadahnya. Jangan sekali-kali memakai kaus tanpa lengan karena dianggap tidak memberi rasa hormat.

Tidak Boleh Dilakukan: Menggunakan Satu Jari untuk Mendapat Perhatian Orang Lain

Di berbagai belahan dunia, banyak sekali isyarat tangan yang memiliki arti berbeda dari satu negara ke negara lainnya. Sama halnya seperti dos and donts satu ini yaitu menggunakan satu jari untuk menunjuk atau mendapat perhatian orang lain.

Di beberapa negara khususnya di negara Asia Tenggara, menunjuk dengan satu jari khususnya telunjuk termasuk tidak sopan. Sedangkan di India, jarang menunjuk makanan yang kamu inginkan saat sedang makan besar. Mintalah secara langsung untuk mengambilkan makanan yang diinginkan.

Boleh Dilakukan: Meminta Ijin untuk Mendokumentasikan Travelling

Saat berada di tempat wisata, jari-jarimu seperti gatal jika tidak mendokumentasikan momen liburanmu di tempat wisata tersebut. Namun, sebelum melakukannya, cobalah untuk menanyakan terlebih dahulu kepada penjaga petugas setempat untuk ijin berfoto.

Di beberapa tempat wisata, kamu tidak diperkenankan untuk mendokumentasikan beberapa tempat dengan alasan tertentu. Sehingga, daripada nantinya kamu akan ditegur dan bahkan diharuskan untuk menghapus foto-foto yang sudah diambil, lebih baik untuk meminta ijin terlebih dahulu.

Tidak Boleh Dilakukan: Mengonsumsi Obat-Obatan Terlarang

Dos and donts yang terakhir ini rasanya harus kamu perhatikan baik-baik. Pasalnya, jika dilanggar, kamu bisa mendapatkan hukuman yang cukup berat sesuai dengan hukum yang berlaku di negara tujuanmu.

Hal yang dimaksud adalah mengonsumsi obat-obatan. Di beberapa negara seperti Belanda dan Amerika Serikat, mengonsumsi obat-obat terlarang seperti ganja diperboleh di beberapa spot tertentu dengan dosis yang sudah ditentukan.

Nah, di banyak negara di Asia, mengonsumsi obat-obatan seperti ganja merupakan hal yang dilarang keras bahkan termasuk ilegal. Pelanggarnya sendiri bisa dijebloskan ke penjara.

Menginap Saat Travelling? Ya di Bobobox

Bingung memilih akomodasi penginapan saat travelling? Tak usah khawatir lagi karena kamu bisa mengunjungi Bobobox sebagai tempat beristirahatmu selama travelling.

Hotel kapsul berlogo Koala ini menawarkan harga yang terjangkau. Walaupun harganya terjangkau, kamu bisa menikmati fasilitas-fasilitas keren yang tidak kalah dengan hotel bintang lima  yang ada disediakan oleh Bobobox.

Pemesanan pod-nya bisa langsung dilakukan melalui aplikasi Bobobox yang bisa kamu unduh melalui link ini. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, menginap di Bobobox.

Bobobox rules

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.