Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Sambut Idul Fitri dengan Kumpulan Bacaan Doa Sambut Idul Fitri Berikut Ini

Wajib dihafal, ya!

Bobobox.co.id — Hari Raya Idulfitri yang kita tunggu-tunggu segera tiba. Umat Islam di seluruh dunia tentu sudah tak sabar untuk menyambut momen menyenangkan tersebut.

Sebelum merayakannya, tak lengkap rasanya jika kamu tidak mengetahui doa sambut Idul Fitri. Mengetahui doa-doa tersebut dapat melengkapi rasa senang dalam menyambut hari yang suci nanti.

Dilansir dari berbagai sumber, simak doa-doanya berikut ini. Coba hafalkan mulai dari sekarang, ya!

Kumpulan Doa Sambut Idul Fitri

Bacaan Doa Idulfitri

Untuk membuat suasana idulfitri semakin penuh makna, sangat dianjurkan untuk membaca doa sambut idul fitri. Doa-doa tersebut sendiri tertuang dalam kitab Fathul Bari Juz II halaman 446.

Adapun, doa sambut idul fitri tersebut adalah sebagai berikut:

Ibnu Hajar Al Asqalani berkata, “Telah sampai kepada kami riwayat dengan sanad yang hasan dari Jubair bin Nufair, ia (Jubair bin Nufair) berkata: “Jika Para sahabat Rasulullah saling bertemu di hari raya, sebagiannya mengucapkan kepada sebagian lainnya: “Taqabbalallahu minnaa wa minka.”

Walaupun begitu, ada beberapa versi doa sambut Idul Fitri yang bisa kita bacakan sebagai umat Islam. Beberapa doa yang bisa kita lafalkan di hari yang suci ini antara lain:

“Taqobalallahu minna wa minkum.”

Artinya: “Mudah-mudahan Allah menerima (amal ibadah) kita dan kalian.”

“Taqobalallahu minna wa minkum, taqabbalallahu minna wa minkum wa taqabbal ya kariim.”

Artinya: “Mudah-mudahan Allah menerima amal ibadah kita dan kamu semua, dan terimalah ya (Allah) yang maha Mulia.”

“Taqabbalallaahi minnaa wa minkum taqabbal yaa kariim, wa ja’alanaallaahu wa iyyaakum minal ‘aaidin wal faaiziin wal maqbuulin kullu ‘aamin wa antum bi khair.”

Artinya: “Semoga Allah menerima (amal ibadah) kami dan kamu, Wahai Allah Yang Maha Mulia, terimalah!”

Kumpulan bacaan doa sambut Idul Fitri di atas pada praktinya diucapkan oleh satu orang ke orang lainnya. Nah, bagaimana dengan orang yang mendengar doa tersebut?

Jika kamu mendengar atau mendapatkan doa Idul Fitri tersebut dari seseorang, ada doa yang bisa kamu panjatkan. Beginilah kira-kira jawaban pada doa sambut Idul Fitri tersebut.

“Minna waminkum taqobbal ya karim.”

Artinya: “Segala sesuatu yang disampaikan dengan baik, maka akan mendapatkan yang baik pula.”

pria membaca doa sambut idul fitri
sumber: pexels.com/@baybiyik

Baca Juga: Makanan Khas Idul Fitri Di Dunia Dari Berbagai Negara! Paling Enak Yang Mana Nih?


Bacaan Niat Sholat Idulfitri Imam dan Makmum

Bacaan doa sambut Idul Fitri selanjutnya berkaitan dengan salat Ied. Banyak mungkin dari kita semua yang kerap lupa bacaan atau lafat niat salat Idul Fitri.

Nah, berikut ini adalah bacaan niat salat Idul Fitri, dalam bahasa Arab dan latin. Tak lupa juga Bob menyantumkan arti dari bacaan niat yang kita nanti bacakan.

Untuk imam, inilah bacaannya.

Ushalli sunnatan li Idil Fitri rak‘atayni mustaqbilal qiblati ad’an imman lillhi ta‘l. 

Artinya:“Aku menyengaja sembahyang sunnah Idul Fitri dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai imam karena Allah Swt.”

Sementara itu, untuk makmum, berikut bacaannya.

Ushalli sunnatan li Idil Fitri rak‘atayni mustaqbilal qiblati ad’an ma’mman lillhi ta‘l. 

Artinya:“Aku menyengaja sembahyang sunnah Idul Fitri dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai makmum karena Allah Swt.”

wanita membaca doa sambut idul fitri
sumber: pexels.com/@rodnae-prod

Baca Juga: Tradisi Idul Fitri Di Seluruh Dunia Yang Meriah Dan Penuh Suka Cita!


Bacaan Doa saat Halal Bihalal

Momen halal bihalal merupakan momen yang ditunggu-tunggu. Kita saling bermaaf-maafan satu sama lain dan bisa bertemu kembali dengan kerabat yang lama tidak kita jumpai.

Tak heran jika banyak dari kita begitu antusias dalam menunggu momen tersebut. Namun, dibalik antusiasme kita, kita wajib mengetahui bacaan doa saat halal bihalal.

Nah, agar momen saling bermaaf-maaf semakin lengkap, berikut adalah doa yang bisa kita panjatkan. Coba kita hafal dan lafalkan saat berada di momen halal bihalal nanti, ya!

“Rabbanaa taqabbal minnaa shalatanaa wa du’aanaa innaka antas samii’ul ‘aliim. Taqabbal minnaa taubatanaa innaka antat tawwabur rahiim”

Artinya: “Ya Tuhan kami terimalah shalat kami dan terimalah permohonan kami. Sungguh Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Terimalah taubat kami sungguh Engkau Maha penerima taubat serta Maha Penyayang.”

“Allahummaghfir lil mukminiina wal mukminaat wal muslimiinaa wal muslimaat al-ahyaa-i minhum wal amwaat. Innaka samii’un qariibun mujiibud da’wat yaa qadhiyal hajat”

Artinya: “Ya Allah, muliakanlah agama-Mu jadikanlah Islam menjadi jalan keluar bagi bangsa kami. Jadikanlah para ulamanya bersatu, yaitu para ulama yang menjadi contoh bagi umat Rasul-Mu. Lindungilah umat Islam dari perpecahan, lindungi mereka dari kehinaan. Berkahilah hari ini dan berkahi pula bagi siapapun yang bermunajat mengiba pada-Mu.”

jemaah masjid
sumber: pexels.com/@vijarindo

Baca Juga: Tradisi Idul Fitri Di Indonesia Yang Unik Dan Bikin Rindu!


Syariat Doa Idulfitri

Pembahasan soal doa sambut Idul Fitri selanjutnya akan berkaitan soal syariatnya. Nah, untuk yang satu ini, mari kita lihat pembahasan lebih lengkapnya berikut ini.

Syariat doa Idul Fitri sendiri tertulis dalam Majmu Fatawa. Ibnu Taimiyah menjelaskan mengenai syarat doa Idul Fitri. Inilah penjelasan lengkapnya.

Ibnu Taimiyah menjawab; “Kalimat ‘Taqabbalallahu minna wa minkum’ dan semacamnya, ini telah diriwayatkan oleh sebagian sahabat bahwa dahulu mereka melakukannya, dan dibolehkan sebagian imam seperti Imam Ahmad dan lainnya.”

Berbeda dengan Ibnu Taimiyah, Imam Ahmad memiliki pandangan lain terkait syariat doa Idul Fitri. Seperti inilah kata-kata dari Imam Ahmad terkait syariat doa Idul Fitri.

“Aku tidak mau memulainya lebih dahulu, namun jika seseorang mengucapkannya kepadaku maka aku menjawabnya, karena itu jawaban ucapan selamat yang hukumnya wajib,”

Tak hanya itu, disebutkan juga dalam kitab Fathul Qarib bahwa disunahkan untuk menggemakan takbir pada malam hari raya. Ada alasan dibalik dianjurkannya takbir ini.

Sunah takbiran ini ditujukan untuk semua umat Islam baik laki-laki maupun perempuan, mukim atau musafir. Selain itu, takbiran ini ditujukan bagi yang sedang di rumah, masjid, atau pasar.

Muhammad bin Qasim Al-Ghazi mengatakan; “Disunnahkan takbir bagi laki-laki dan perempuan, musafir dan mukim, baik yang sedang di rumah, jalan, masjid, ataupun pasar. Dimulai dari terbenam matahari pada malam hari raya berlanjut sampai shalat Idul Fithri. Tidak disunahkan takbir setelah salat Idulfitri atau pada malamnya, akan tetapi menurut An-Nawawi di dalam Al-Azkar hal ini tetap disunahkan.”

al-quran
sumber: pexels.com/@ali-burhan-40040645

***

Itulah tadi kumpulan doa sambut Idul Fitri yang tak salah untuk kita ketahui bersama.

Ada yang sudah kamu tunggu-tunggu sebelumnya?

Jangan lupa untuk mengecek juga artikel-artikel menarik lainnya dari Bob yang bisa kamu baca di sini.

Menginap dengan Nyaman? Ya di Bobobox

Kenyamanan tentu menjadi salah satu hal yang wajib kamu prioritaskan selama menginap. Salah satu yang bakal menjamin kenyamanan tiap pengunjungnya adalah Bobobox.

Pasalnya, hotel kapsul ini menyediakan berbagai fasilitas keren seperti pod yang luas dengan kasur yang empuk sebagai fasilitas yang menjamin kenyamananmu selama beristirahat.

Informasi soal pemesanan bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox yang bisa kamu unduh di sini.

You might also like