diy dekorasi imlek

Murah dan Ramah Lingkungan, Coba 7 Inspirasi DIY Dekorasi Imlek Ini untuk Mempercantik Rumahmu!

Tinggal menghitung hari, perayaan Imlek sudah di depan mata! Kamu dan keluarga sudah mempersiapkan apa saja nih buat Imlek nanti? Mungkin kamu sudah membayangkan makanan yang siap dinikmati saat Imlek. Atau mungkin kamu mulai memikirkan barang yang mau dibeli dari angbao yang terkumpul? Atau… Kamu lagi sibuk memikirkan jawaban-jawaban pertanyaan “nyentil” dari saudara yang berkunjung?

Yang jelas, perayaan Imlek kurang ceria tanpa dekorasi meriah untuk menghias rumahmu. Tentu saja kamu nggak perlu sampai menguras dompetmu untuk membeli berbagai hiasan. Selain itu, kamu juga mungkin nggak mau sampai menimbun banyak hiasan baru yang tidak terpakai. Padahal, banyak loh inspirasi DIY dekorasi Imlek yang kamu bisa coba. Nggak hanya terjangkau, beberapa ide ini juga mencakup penggunaan bahan-bahan yang ada di rumah. 

diy dekorasi imlek
Sumber: Greatnesia.com

Baca Juga: Sejarah Imlek Sejak Dahulu Yang Belum Kamu Tahu


Nah, daripada kamu bingung soal dekorasi Imlek untuk rumahmu, mending simak terus artikel ini. Soalnya, Bob punya 7 inspirasi DIY dekorasi Imlek yang kamu bisa buat sendiri di rumah. Kamu juga bisa mengajak orang tua, kakak, adik, atau si kecil untuk ikut berkreasi! Ya, bisa sambil quality time dengan keluarga juga! Apalagi, dekorasi-dekorasi ini nggak membutuhkan budget yang besar dan lebih ramah lingkungan! Yuk lihat apa saja kreasinya!

1. Naga (Liong)

Perayaan Imlek biasanya makin meriah dengan pertunjukan tari naga (wu liong) dan tari singa atau barongsai. Kamu juga bisa membawa kemeriahan pertunjukan tari naga ke rumahmu dengan ide DIY dekorasi Imlek yang satu ini. Menurut Portal Jogja, tarian naga dan singa merupakan salah satu bentuk doa yang bertujuan mengusir roh jahat dan menolak bala. Jadi, ini bukan sebatas pertunjukan tari saja, ya.

Sumber: Sturdy for Common Things

Menurut Chinese American Family, untuk membuat liong yang kamu bisa pajang dan mainkan, bahan utamanya adalah paper cup. Kamu juga bisa menggunakan gelas plastik berwarna merah. Siapkan juga kertas warna-warni untuk membuat kepala, kaki, dan ekor naga. Lubangi bagian dasar gelas dan sambungkan setiap gelas dengan tali. Setelah selesai, kamu bisa menggantung liong ini atau memainkannya dengan tongkat!

2. Petasan

Saat perayaan Imlek, terkadang petasan ikut memeriahkan suasana dengan suaranya yang nyaring. Namun, untuk ide DIY dekorasi Imlek yang satu ini, kamu nggak usah khawatir! Petasan yang ini aman kok dan nggak akan meledak! Menurut IDN Times, petasan sudah ada sejak era Dinasti Han di Tiongkok. Sebelumnya, petasan merupakan bambu yang dilempar ke api hingga meledak. Tujuannya adalah untuk mengusir nian, makhluk jahat yang mengganggu perayaan tahun baru.

diy dekorasi imlek
Sumber: Cindy Wang (Pinterest)

Untuk membuat petasan dekorasi, kamu bisa mengikuti tutorial dari Chalk Academy. Siapkan kertas tebal berwarna merah, kemudian gulung menjadi rol. Potong rol dengan panjang sesuai keinginan. Kamu juga bisa menghias setiap rol petasan dengan strip emas di kedua ujungnya. Sambungkan setiap rol ke benang atau pita berwarna merah. Setelah itu, kamu bisa menggantungnya di tempat yang kamu inginkan. 


Baca Juga: Nyam Nyam Nyam! 5 Makanan Khas Imlek Ini Akan Bikin Kamu Ngiler!


3. Hiasan Macan

Tahun 2022 menjadi tahunnya shio macan. Nah, buat kamu yang ingin merayakan tahunmu, inspirasi DIY dekorasi Imlek ini bisa kamu coba. Untuk hiasan yang paling sederhana, kamu bisa mengikuti video tutorial dari Happy Bee Art and Craft. Gabungkan “kipas” dari beberapa lembar kertas berwarna merah untuk membentuk wajah macan. Setelah itu, hias wajah macan dengan mata, mulut, hidung, dan telinga dari kertas.

Sumber: AliExpress

Ingin yang lebih kompleks? Video tutorial dari 123 Easy Paper Craft DIY mengajarkan kamu cara membuat boneka macan dari kertas. Dekorasi bertema macan nggak hanya hiasan dinding, kok! Kamu juga bisa mengaplikasikan pola atau elemen macan pada benda-benda lain. Misalnya, kamu dapat membuat wajah macan dan menempelkannya ke angbao. Kamu juga bisa membuat figurin atau boneka macan kecil dengan metode felting

4. Fortune Tree

Saat Imlek, momen bagi-bagi angbao jadi sesuatu yang ditunggu-tunggu, terutama oleh anak-anak. Nah, kamu bisa membuat fortune tree mini sebagai inspirasi DIY dekorasi Imlek yang murah meriah! Bahan-bahan yang diperlukan pun sebenarnya bisa kamu dapatkan dengan gratis! Siapkan sebuah vas, dahan dan ranting pohon, serta gunting, cutter, atau lem. Untuk membuat pohon mini, cukup susun dahan dan ranting sesuai selera. 

diy dekorasi imlek
Sumber: AliExpress

Setelah pohon mini kamu jadi, masukkan pohon ke dalam vas. Kamu juga menambahkan tanah atau media lain sebagai penahan pohon. Kalau mau, sebelum pohon ”ditanam”, kamu bisa menghaluskan dan mengecat dulu pohon dengan warna yang diinginkan. Biar lebih cantik, kamu bisa memasang bunga atau daun buatan ke ranting pohon. Jangan lupa gantung angbao, koin, dan hiasan lain di pohonmu, ya!


Baca Juga: 7 Makanan Keberuntungan Saat Imlek


5. Lampion Kertas

Lampion adalah salah satu dekorasi khas Tionghoa atau Imlek yang sangat populer. Daripada membeli lampion baru, ide DIY dekorasi Imlek ini bisa kamu coba. Situs First Palette menawarkan tutorial pembuatan lampion dari kertas. Kamu bisa menggunakan kertas tebal atau karton untuk membuat lampion. Untuk hiasan, kamu bisa menggunakan pita, washi tape, manik-manik, hingga serbuk glitter.

Sumber: Sturdy for Common Things

Sebagai alternatif, tutorial dari China Family Adventure juga bisa kamu coba. Dalam tutorial ini, kamu juga akan membuat tabung yang menjadi “tulang” dari lampion. Bahan-bahan yang kamu perlukan pun nggak jauh berbeda. Di bagian bawah tabung, kamu bisa menambahkan rumbai-rumbai untuk mempercantik lampion. Jangan lupa pasang tali pengikat di bagian atasnya supaya lampion bisa kamu gantung!

6. Angbao dan Kartu Ucapan

Duh! Yang satu ini selain bisa dikasih, bisa juga kamu manfaatkan sebagai hiasan. Kamu bisa menaruh angbao-angbao kosong di dekat hiasan Imlek yang lain di atas lemari atau meja. Namun, biar lebih seru, coba deh buat angbao sendiri. Kamu bisa mengikuti tutorial melipat amplop dan menggunakan kertas berwarna merah. Biar makin cantik, hias angbao buatanmu dengan kaligrafi Tionghoa, gambar shio, pita, atau kertas emas.

diy dekorasi imlek
Sumber: Not on the High Street

Selain angbao, kartu ucapan juga bisa jadi ide DIY dekorasi Imlek murah meriah. Siapkan karton berwarna merah sebagai bagian dasar kartu. Gunakan kertas berwarna lain untuk menuliskan pesanmu. Kamu juga bisa menambahkan elemen visual lain seperti origami bunga, stiker, atau semacamnya. Ingin yang lebih atraktif? Coba buat kartu ucapan pop-up! Sesuaikan elemen pop-up kamu dengan shio macan biar makin unik!


Baca Juga: 10 Pantangan Imlek Yang Harus Dihindari Saat Merayakannya


7. Fai Chun

Insprasi DIY dekorasi Imlek terakhir dari Bob adalah fai chun. Setiap Imlek, fai chun biasanya dipajang di dinding atau pintu depan rumah. Hiasan ini bisa kamu buat dari kertas atau kain. Pada fai chun, kamu bisa menuliskan karakter “fu” (福) yang bermakna keberuntungan. Bermodalkan kertas berwarna merah, spidol hitam, dan hiasan lain, kamu bisa membuat fai chun bertulisan “fu” untuk pintu depanmu. 

Sumber: uniqueinfinities.wordpress.com

Buat kamu yang belum tahu, ada yang unik soal pemasangan “fu” di pintu depan rumahmu. Menurut China Highlightsfai chun sering kali sengaja dipasang terbalik. Pasalnya, sisi kanan karakter ini melambangkan stoples atau wadah besar. Jadi, jika fai chun terpasang terbalik, diharapkan seluruh keluarga bisa ketumpahan “fu” yang melimpah.

Yuk Liburan Imlek di Bobobox!

Daripada kamu bosen di rumah atau nggak ada kerjaan, nikmati liburanmu di Bobobox! Nggak perlu sampai pecah celengan buat menikmati staycation seru dan berkesan! Semua pod di Bobobox punya interior bergaya futuristik yang luas, serta dilengkapi teknologi yang terintegrasi dengan ponselmu. Apalagi, kamu juga bisa atur sendiri pencahayaan di dalam pod sesuai keinginan. Mau mode zen atau partyit’s up to you!

Nanti, kamu juga bisa download aplikasi Bobobox ke ponselmu. Gratis kok! Lewat aplikasi ini, kamu bisa mengatur pencahayaan, mengakses pod, sampai melakukan reservasi. Oh, ya! Banyak promo seru juga, lho! Aplikasi ini tersedia untuk platform Android dan iOS. Jadi, daripada bingung dan bosan, pesan pod-mu di Bobobox dan nikmati liburan Imlekmu bareng Bob di Bobobox!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles