Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Wah, Ngaruh Ya? Ini Dia Diet Terbaik Sesuai Golongan Darah Kamu!

Tertarik mencoba diet terbaik sesuai golongan darah?

Pola makan adalah salah satu yang memengaruhi kesehatan. Dari berbagai macam jenis diet, belum lama ini populer diet terbaik sesuai golongan darah. Meskipun begitu, masih ada kontroversi di balik diet ini. Kira-kira seperti apa ya dietnya? Yuk simak sama-sama.

Apa itu diet golongan darah?

diet terbaik sesuai golongan darah
Photo by Jamie Matociños on Unsplash

Peter D’Adamo adalah salah satu dokter yang menggagas diet terbaik sesuai golongan darah ini. Menurutnya, golongan darah yang berbeda memerlukan pola makan yang berbeda juga karena memengaruhi sistem pencernaan.

Yang mendasari teori ini adalah lektin dicerna dengan cara berbeda oleh setiap golongan darah. Lektin adalah protein tumbuhan yang menyebabkan peradangan dan peningkatan berat pada badan.


Baca Juga: Lagi Diet? Jangan Sampai Lewatkan Sarapan, Ya!


Menurut Steven Grundy, yang dikutip dari situs Halodoc, makanan dengan kandungan lektin dapat mengikat gula yang membuat tubuh kesulitan menyerap nutrisi.

Nah, Peter D’Adamo berpendapat bahwa bila kandungan lektin tidak sesuai dengan golongan darah, protein tersebut dapat memicu perut kembung, peradangan, dan melambatkan metabolisme.

Cara diet terbaik sesuai golongan darah

diet terbaik sesuai golongan darah
Photo by Louis Hansel @shotsoflouis on Unsplash

Untuk memulai diet terbaik sesuai golongan darah, Peter D’Adamo, yang dikutip dari situs WebMD, menyarankan hal-hal berikut ini.

Diet terbaik sesuai golongan darah O

Jika kamu memiliki golongan darah O, mengonsumsi daging tanpa lemak, unggas, ikan, dan sayuran, dan sedikit biji-bijian, kacang-kacangan, dan produk susu disarankan.


Baca Juga: Kenali Apa Itu Plant-Based Diet, Diet Sehat Berbasis Tumbuhan


Golongan darah A

D’Adamo mengatakan orang dengan golongan darah A memiliki sistem kekebalan yang sensitif. Oleh karena itu, daging tidak begitu disarankan. Kamu lebih baik mengonsumsi buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Diet terbaik sesuai golongan darah B

Diet terbaik sesuai golongan darah B sebaiknya menghindari jagung, gandum, soba, lentil, tomat, kacang tanah, dan biji wijen. Ayam juga bermasalah kata D’Adamo. Dia menganjurkan makan sayuran hijau, telur, daging tertentu, dan produk susu rendah lemak.

Diet terbaik sesuai golongan darah AB

Makanan yang harus difokuskan termasuk tahu, makanan laut, produk susu, dan sayuran hijau. Ia mengatakan orang dengan golongan darah AB cenderung memiliki asam lambung yang rendah. Hindari kafein, alkohol, dan daging asap atau daging yang diawetkan

Gimana, apa kamu tertarik dengan diet terbaik sesuai golongan darah? Kamu boleh mencobanya asal dengan penuh pertimbangan. Soalnya, sampai saat ini belum ada penelitian yang bisa membuktikan keberhasilan diet ini.

Terlebih, diet terbaik sesuai golongan darah harus lebih diwaspadai jika kamu menderita penyakit tertentu seperti diabetes atau penyakit ginjal. Hal lain yang perlu kamu pertimbangkan adalah diet ini hanya menggunakan golongan darah sebagai ukuran, tidak melibatkan kondisi kesehatan secara keseluruhan.

Menginap di Bobobox, pilihan liburan kamu

bobobox

Bobobox adalah hotel kapsul yang menggunakan teknologi terkini. Hampir semua aktivitas menginap kamu terintegrasi melalui aplikasi seperti untuk memesan kamar, sebagai kunci kamar berbasi QR code, pengatur lampu, dan lain-lain.

Untuk memberikan gambaran pengalaman menginap yang lebih nyata, kamu bisa lho keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob.

Selain itu, Bobobox juga adalah hotel kapsul yang bisa bikin kamu bebas dari stres. Suasana tenang dan hening akan kamu dapatkan saat masuk ke pod-nya. Desainnya yang modern juga enak untuk dinikmati, apalagi buat kamu yang suka berfoto.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox dan lupakan stres untuk sejenak.

You might also like