Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Tak Hanya Pulau Komodo, Ini Dia Destinasi Wisata Nusa Tenggara Timur Hits yang Wajib Kamu Kunjungi

Berbagai destinasi wisata yang memanjakan mata

Dengan menyandang predikat sebagai salah satu warisan dunia UNESCO serta kepopuleran yang cukup mendunia, tidak mengherankan jika sebagian orang lebih mengenal Pulau Komodo dibandingkan destinasi wisata Nusa Tenggara Timur hits lainnya. Meski begitu, destinasi wisata lain di Nusa Tenggara Timur tentu tak kalah memukau apalagi provinsi tersebut pernah menduduki posisi pertama sebagai destinasi yang wajib dikunjungi di tahun 2020 oleh Lonely Planet dengan kategori Best Value.

Keindahan alamnya yang memukau serta suasananya yang masih sangat asri dan tenang menjadi pertimbangan mengapa banyak destinasi wisata Nusa Tenggara Timur hits yang wajib banget kamu kunjungi. Apa saja destinasi wisata tersebut? Simak 10 di antaranya berikut ini!

Air Terjun Tesbatan

@madara_geo via Instagram

Salah satu destinasi wisata Nusa Tenggara Timur hits yang sangat sayang untuk dilewatkan adalah wisata air terjunnya. NTT sendiri memiliki cukup banyak potensi wisata air terjun dengan pemandangan yang indah nan eksotik. Salah satunya adalah Air Terjun Tesbatan yang berlokasi di Amarasi, Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Setelah menempuh perjalanan sepanjang 50 km dari Kupang dan melewati jalanan setapak berbatu dengan pepohonan rindang di sampingnya, kamu akan dihadapkan dengan air terjun setinggi tujuh meter. Di tempat tersebut, kamu juga akan dimanjakan dengan kehadiran kolam pemandian dengan airnya yang jernih dan kebiruan.

Lelah kamu seketika hilang saat melihat pemandangan alam yang menakjubkan serta merasakan segarnya dari pegunungan ini. Pepohonan rindang, kicauan burung, serta semilir angin yang menyejukkan akan semakin membuat kamu betah berlama-lama di Air Terjun Tesbatan ini.


Baca Juga: Air Terjun Tesbatan; Satu Lagi Keindahan Di Nusa Tenggara Timur


 

Air Terjun Oehala

@ajiabiyoga via Instagram

Berlokasi di Oehala, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Air Terjun Oehala menawarkan segarnya air terjun tujuh tingkat yang bersumber dari Gunung Mutis lalu bermuara di Samudera Hindia. Pemandangan air terjun dengan tujuh tingkat tersebut terlihat seperti anak tangga raksasa yang memancarkan kesegaran.

Di tiap tingkatannya, kamu akan menjumpai kolam dengan air berwarna kebiruan. Karena kolam-kolam tersebut tidak begitu dalam, kamu bisa menggunakannya untuk berendam, berenang atau sekadar bermain air.

Hal ini sudah tentu akan menjadi pelepas lelah sekaligus penat kamu. Namun, sebelum kamu mencapai destinasi wisata Nusa Tenggara Timur hits ini, kamu perlu menuruni skeitar 132 anak tangga terlebih dahulu.

Gua Kristal

@rizasalahudin via Instagram

Melarikan diri dari teriknya matahari Kupang juga bisa kamu lakukan dengan mengunjungi Gua Kristal yang terletak di Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat. Gua Kristal sendiri bukanlah gua yang dipenuhi oleh batu-batu Kristal, melainkan gua dengan kolam seluas kurang lebih 30 meter persegi dengan air jernih yang memberikan efek seperti ada kristal.

Namun, warga setempat mengungkapkan bahwa destinasi wisata Nusa Tenggara Timur hits ini memperoleh nama tersebut karena adanya stalagmit dan stalaktit berwarna bening layaknya kristal. Hanya saja, banyak pengunjung yang meminta batu tersebut sehingga tidak ada yang tersisa satupun.

Untuk bisa mendapatkan gambar kolam air yang jernih dengan efek kristalnya tersebut, kamu harus siap-siap membawa senter atau menyewanya dari warga setempat. Meskipun sinar matahari menyoroti mulut gua, sinarnya tidak cukup kuat untuk menangkap keindahan tersebut ke dalam kamera kamu.

Pantai Tablolong

@kdkgunawan via Instagram

Sebagai wilayah kepulauan, destinasi wisata Nusa Tenggara Timur hits tentu tidak lepas dari pesona pantainya yang eksotik. Salah satu yang wajib kamu kunjungi adalah Panta Tablolong yang berlokasi di Tablolong, Kupang Barat.

Meskipun tidak ada rute angkutan umum yang menuju ke sana, akses menuju pantai terbilang cukup bagus. Karena itu, kamu bisa denga mudah mencapainya dengan menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun empat.

Sesampainya di lokasi, kamu akan disambut dengan hamparan pasir luas, birunya laut serta danau mungil berwarna kehijauan. Ombaknya yang cenderung tenang dan di sekitarnya terdapat beberapa spot untuk menyelam dan snorkeling.

Selain itu, Pantai Tablolong ini juga terkenal sebagai surganya memancing serta memiliki beberapa lapopo atau rumah adat yang terbuat dari alang-alang di sepanjang pesisir. Rumah-rumah tersebut sengaja dibuat untuk tempat istirahat pengunjung mengingat cuaca di sekitar pantai yang cukup terik.

Pantai Manikin

@renny.christiananasrullah via Instagram

Selain Pantai Tablolong, Nusa Tenggara Timur juga memiliki Pantai Manikin yang terkenal dengan air surutnya. Pasalnya, saat pantai tersebut surut, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan batu koral dan batu akik yang terhampar di garis pantai tersebut.

Selain itu, destinasi wisata Nusa Tenggara Timur hits ini merupakan habitat dari ikan paus dan buaya air asin. Keduanya hidup di sekitar perairan Pantai Manikin. Meski ada buaya, kamu tidak perlu khawatir. Buaya-buaya tersebut memakan ikan di sekitar perairan pantai dan akan menjauh bila ada manusia.

Danau Kelimutu

@indonesiajuara via Instagram

Berlokasi di kawasan Taman Nasional Kelimutu, Kabupaten Ende, Danau Kelimutu menyuguhkan pemandangan warna-warni air lewat tiga bagian danaunya, yakni warna biru, putih dan merah. Warna-warna itu sendiri akan berubah seiring dengan berjalannya waktu.

Karena fenomena tersebut, destinasi wisata Nusa Tenggara Timur hits ini juga kerap disebut Danau 3 Warna. Berdasarkan mitos setempat, warna-warna tersebut memiliki makna tersendiri. Biru menunjukkan tempat berkumpulnya arwah orang-orang yang meninggal di usia muda, merah untuk arwah-arwah orang jahat, dan putih untuk arwah orang tua.

Perubahan warna itu sendiri sifatnya terjadwal yaitu sekitar bulan Februari-Maret. Perubahan tersebut sebenarnya dipengaruhi oleh aktivitas vulkanik, geologi, serta faktor luar seperti hujan dan matahari.


Baca Juga: Danau Di Nusa Tenggara Timur; Pesona Keindahan Alam Yang Masih Terpendam


Danau Rana Tonjong

@riyanh.id via Instagram

Selain Danau Kelimutu, NTT juga memiliki Danau Rana Tonjong yang tak kalah memukau. Destinasi wisata Nusa Tenggara Timur hits yang satu ini merupakan rana atau danau yang permukaannya ditutupi oleh tumbuhan teratai (tonjong).

Berbeda dengan teratai yang umumnya menjalar di atas permukaan air, teratai di danau ini justru tumbuh tegak lurus dengan tinggi batang mencapai tiga meter. Lebar daunnya mencapai 45 cm sementara bunganya mencapai 25 cm. Karena keunikannya tersebut, Danau Rana Tonjong ini mendapatkan predikat sebagai danau lotus terbesar kedua di dunia setelah India.

Saat mekar di periode bulan April hingga Juni, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan dedaunan hijau dan bunga berwarna merah muda yang memanjakan mata.

Desa Wae Rebo

@ali_olfat via Instagram

Destinasi wisata Nusa Tenggara Timur hits selanjutnya yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Desa Wae Rebo. Desa Wae Rebo ini merupakan desa adar yang berada di ketinggian 1.100 meter di atas permukaan laut di Kabupaten Manggarai.

Salah satu yang menjadi daya tarik desa ini adalah rumah adatnya (Mbaru Niang) yang terbilang unik dan menonjol. Bentuknya seperti lumbung kerucut dan hanya ada tujuh buah rumah saja. Konon, bentuk tersebut mengadopsi rumah gadang yang kerap dijumpai di tanah Minang mengingat leluhur masyarakat desa tersebut berasal dari wilayah tersebut.

Rumah-rumah tersebut memiliki lima tingkat dengan fungsi berbeda-beda. Tingkat pertama digunakan sebagai tempat tinggal anggota keluarga, kedua untuk makanan sehari-hari, ketiga untuk makanan cadangan, keempat untuk menyimpan benih, dan kelima sebagai tempat penyimpanan piring untuk memberi makan leluhur.


Baca Juga: Bangga! Ini Dia 20 Tempat Wisata Indonesia Yang Terkenal Dan Mendunia


Bukit Warinding

@cing_iko via Instagram

Selain terkenal dengan wisata pantainya, NTT juga identik dengan padang savananya yang menawan. Salah satunya ada di Bukit Warinding. Berlokasi di Kabupaten Sumba Timur, Bukit Warinding menyuguhkan perbukitan dengan padang rumput di ketinggian 100-200 meter di atas permukaan laut.

Rerumputan hijau akan kamu jumpai jika berkunjung di musim hujan. Memasuki musim kemarau, pemandangan tersebut akan berubah menjadi panorama padang rumput kecokelatan. Selain itu, di tempat ini kamu pun bisa menyaksikan indahnya matahari terbit atau terbenam serta menjumpai anak Sumba yang tengah menggembalakan ternak mereka seperti kuda dan domba. Serasa berada di padang rumput Eropa deh!

Savana Puru Kambera

@eka_delyana via Instagram

Masih terletak di Kabupaten Sumba Timur, Savana Puru Kambera tak hanya menawarkan pesona padang rumput yang memukau. Di tempat ini, kamu juga akan dibuat takjub dengan kehadiran segerombolan kuda liar yang hilir mudik sambil mencari makanan.

Karena sifatnya yang sensitif, kamu diharapkan tidak tiba-tiba mendekat dan membuat kuda-kuda tersebut lari menjauh. Lakukan dengan perlahan dan tanpa suara. Berlokasi sekitar dua sampai tiga kilometer dari Pantai Puru Kambera, dari savana ini kamu juga bisa menangkap keindahan laut biru dari kejauhan.

Cari Penginapan? Bobobox Saja!

Liburan kamu takkan lengkap dan mengesankan jika kamu tidak menginap di tempat yang aman  dan nyaman. Nah, untuk melengkapi masa liburan yang sudah kamu susun rapi, jatuhkan pilihan akomodasi kamu pada Bobobox.

Tempatnya nyaman dan bersih dan harganya pun terjangkau. Fasilitasnya sendiri terintegrasi dengan teknologi canggih. Dijamin betah deha berlama-lama bersama Bob. Yuk, unduh dulu aplikasinya agar kamu memperoleh informasi terbaru seputar Bobobox serta promo dan giveaway menariknya!

You might also like