Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Jangan Sembarangan Jika Berkunjung! Ini Dia 7 Destinasi Wisata Keramat di Dunia

Ada yang ingin kamu kunjungi?

Bobobox.co.id — Liburan merupakan kegiatan yang tepat dilakukan jika kamu sedang merasa penat atau bosan. Beragam destinasi bisa kamu kunjungi baik itu dalam ataupun luar negeri.

Nah, destinasi yang kamu tuju bisa beragam jenis. Kamu bisa liburan ke alam, situs bersejarah, dan masih banyak lainnya. Namun, kamu mungkin terbiasa untuk memilih destinasi tanpa melakukan riset.

Padahal, banyak tempat wisata yang memiliki cerita keramat dibalik pembangunan destinasinya. Tak hanya itu, banyak hal yang perlu diketahui oleh wisatawan karena adanya aturan dan etika yang wajib dipatuhi.

Nah, kira-kira apa saja kah destinasi wisata keramat yang Bob maksud kali ini? Langsung saja simak 7 destinasi wisata keramat di dunia yang jangan sembarangan jika kamu memutuskan untuk berkunjung ke tempatnya.

Destinasi wisata keramat pertama adalah Sungai Gangga. Sungai Gangga sendiri merupakan salah satu sungai terkenal yang dimiliki oleh India dan kerap kali jadi incaran para wisatawan saat berlibur di India.

Di India sendiri, sungai ini memiliki makna yang berbeda dan tidak hanya sekadar sungai saja. Sungai Gangga adalah situs religi, pusat industri, peengairan untuk para petani, dan juga bahan politik.

Destinasi wisata keramat ini pun menjadi sumber air bagi jutaan orang juga tempat penampungan limbah. Walaupun tercemar, masyarakat India masih percaya bahwa air dari sungai ini memiliki khasiat penyembuhan dan permunian.

Tak heran jika masyarakat India biasa menggunakan sungai ini sebagai tempat berbagai upcara. Beberapa contoh upacaranya adalah ritual mandi untuk menyucikan dosa, mengambil air suci, dan ghat untuk kremasi.

Ade Perucha Hutagaol via naked-traveler.com

Buthan merupakan negara yang masuk ke dalam rekomendasi liburan terbaik dunia 2020. Negara satu ini memang terkenal akan kekayaan budaya dan sejarah yang bisa kamu pelajari lebih dalam saat liburan.

Tak hanya itu saja, Bhutan juga satu-satunya negara dengan carbon-negative di dunia. Untuk aktivitasnya, kamu bisa mendaki bukit, menyaksikan secara langsung tradisi Budha yang diselenggarakan warga lokal, dan lainnya.

Taktstang menjadi tempat wisata favorit bagi wisatawan yang datang ke Bhutan. Kuil yang berada di atas lembah ini kerap dijadikan sebagai lokasi meditasi. Pemandangan yang menakjubkan menjadi bonus tersendiri.

Nah, tempat wisata andalan Bhutan ini sendiri dianggap sebagai tempat yang suci. Oleh karenanya, para wisatawan benar-benar diharapkan untuk mematuhi aturan dan etika yang berlaku di kuil tersebut.

destinasi wisata keramat takstang
@ameya7s via unsplash.com

Thailand merupakan salah satu negara di Asia yang menawarkan liburan murah. Pasalnya, Chiang Mai, Thailand menempati urutan ketujuh dari daftar kota termurah Asia backpacker untuk melakukan liburan.

Selain itu, Thailand sendiri menawarkan beragam tempat wisata yang berupa kuil. Wat Rong Khun yang berada di Chiang Rai, Thailand adalah satunya dan bisa dikategorikan sebagai destinasi wisata keramat.

Dibangun hanya dalam waktu dua dekade saja, Wat Rong Khun sendiri didominasi warna putih. Warna putih dipilih sebagai perlambang syair untuk kemurnian Budha serta samsara, siklus kelahiran, keberadaan, dan kematian.

Dibalik bangunannya yang bernuansa putih, kamu bisa melihat berbagai hal yang berbau menyeramkan. Hal ini bisa terjadi karena tema kehancuran dan kekacauan yang berusaha ditunjukkan oleh kuil ini.

via bestpricetravel.com

Candi Borobudur (Indonesia)

Kamu tentu sudah tak asing dengan destinasi wisata satu ini. Pasalnya, destinasi wisata Indonesia eksotis ini disebut-sebut sebagai candhi Budha terbesar yang ada di dunia serta jadi tujuan wajib liburan.

Sebagai salah satu kebanggaan Indonesia, jutaan wisatawan domestik dan mancanegara datang ke tempat wisata ini. Keindahan candinya menjadi daya tarik tersendiri dari Candi Bodobudur ini.

Selain itu, berbagai sejarah terkait agama Budha dan perjalanan hidup Sidharta Gautama bisa ditemukan di berbagai relief di Candi Borobudur. Hal ini menjadi petualanganmu di destinasi wisata ini semakin komplet.

Kontruksi dari struktur destinasi wisata keramat ini dirancang untuk mewakili jalan menuju pencerahan. Setiap tingkat mewakili tingkat alam semesta dan semakin dekat mendaki dipercaya dekat dengan nirwana.

Dian Savitri / Getty Images via lonelyplanet.com

Berbicara soal masjid terindah, rasanya tak afdal jika tidak menyebut nama Masjid Nasir al-Mulk sebagai salah satunya. Pasalnya, masjid ini dikenal dengan keindahan rangkaian warna dari interior masjidnya.

Tak mengherankan jika masjid ini dikenal sebagai “Masjid Merah Muda’. Dibangun pada tahun 1888 oleh Qajar Mirza Hasan Ali, destinasi wisata keramat ini memang dirancang khusus untuk memanfatkan cahaya pagi.

Oleh karenanya, saat pagi hari, kamu bisa menyaksikan secara langsung keindahan efek pelangi yang ditimbulkan dari kombinasi jendela kaca patri dan mosaik. Keindahannya ini wajib kamu lihat dengan mata kepalamu sendiri.

Jika kamu ingin menikmati keindahan seperti gambar di bawah ini, datanglah di pagi hari. Jam-jam tersebut adalah waktu yang direkomendasikan untuk mendapatkan pengalaman liburan yang menyenangkan di Iran.

via omnivagant.com

Stonehenge (Inggris)

Berbicara soal Inggris, Stonehenge merupakan destinasi wisata keramat yang masih mengundang banyak tanda tanya. Pasalnya, masih banyak hal yang belum terpecahkan dari batu besar yang ada lebih dari 5.000 tahun yang lalu.

Salah satu hal yang belum terpecahkan tempat misterius ini adalah cara penyusunan batu ini. Dengan peralatan pada zamannya yang masih belum modern, bagaimana bisa batu-batu besar tersebut bisa tersusun sedemikian rupa.

Nah, salah satu teori yang beredar hingga saat ini adalah batu-batu besar tersebut diangkut oleh penyihir dari Irlandia yakni Welsh Merlin. Hasilnya adalah lingkaran batu yang membentuk untuk ritual musiman.

Tidak selesai sampai di situ. Hal lainnya yang menarik untuk dibahas dari Stongehenge adalah tujuan pembangunan dan fungsi dari Stongehenge itu sendiri yang masih menjadi misteri hingga saat ini.

via thetravel.com

Destinasi wisata keramat terakhir berada di Mesir atau lebih tepatnya Aswan Governorate. Kuil Abu Simbel sendiri dibanugn oleh Ramses II dari Dinasi kesembilan belas Mesir selama masa pemerintahannya.

Kompleks ini mencakup dua kuil yang bisa kamu lihat secara langsung. Kedua kuil tersebut adalah Kuil Agung dan Kuil Kecil. Pintu masuknya dari Kuil Aung diapit oleh empat patut Ramses itu sendiri.

Nah, setiap dua hari dalam setahun, matahari akan menyinari Kuil Agung ini tepat bagian dalam kuil. Dua hari tersebut biasanya terjadi pada tanggal 21 Februari dan 21 Oktober setiap tahunnya.

Walaupun terlihat megah, destinasi wisata keramat ini pernah dipindah lokasinya. Hal ini karena daerah awal di mana Kuil Abu Simbel berada rawan akan bencana alam yang bisa merusakan struktur kuil tersebut.

via theworldtravelguy.com

Menginap dengan Pengalaman Berbeda di Bobobox

Setelah mendapatkan pengalaman yang tidak terlupakan di travelling ke Eropa, kamu tentu memerlukan tempat untuk mengisi kembali energimu secara maksimal.

Salah satu tempat menginap yang menawarkan pengalaman beristirahat yang mumpuni adalah Bobobox. Hotel kapsul ini menyediakan fasilitas-fasilitas penunjang yang memang ditujukan khusus untuk kualitas beristirahat mumpuni.

Pemesanan podnya bisa dilakukan dengan cepat dan simpel. Caranya adalah mengunduh aplikasi Bobobox terlebih dahulu melalui link ini. Sehabis itu, kamu bisa memesan pod yang diinginkan di manapun dan kapanpun kamu mau.

Bobobox Pods Malioboro

You might also like