Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Destinasi Wisata Jogja Mistis Untuk Temani Malam Jumat Kamu

Banyak cerita horor yang menyelimuti tempat wisatanya.

Bobobox.co.id — Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) termasuk salah satu provinsi yang memiliki keistimewaannya tersendiri selain Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) dan Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta.

Selain keistimewaan tersebut, Yogyakarta memiliki destinasi wisata yang menarik banyak wisatawan dari luar provinsinya. Salah satu destinasi wisata menarik adalah destinasi wisata Jogja mistis bagi kamu yang senang hal-hal berbau horor.

Destinasi Jogja mistis ini sendiri menawarkan pengalaman yang tidak biasa karena kamu mungkin akan bisa bertemu dengan makhluk yang tidak kasat mata. Tentu menarik dan bisa membuatmu yang membacanya akan merinding.

Nah, kira-kira destinasi Jogja mistis mana saja yang bisa kamu kunjungi selama di Yogyakarta? Berikut ini merupakan 7 tempat angker yang Bob rekomendasikan untuk kamu sambangi selama liburan di kota gudeg ini.

Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta

Alamat: Jalan Margo Mulyo No.6, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta

Destinasi Jogja mistis pertama adalah Museum Benteng Vredeburg. Jika menilik lokasi museumnya yang berada di tengah kota, kamu mungkin tidak menyangka bahwa tempat wisata Jogja tersebut memiliki kisah misteri.

Bangunan yang merupakan bekas benteng pertahanan Belanda tersebut justru terkenal sebagai salah satu destinasi paling angker di Yogyakarta. Hal tersebut diamini oleh warga sekitar yang pernah menyaksikan langsung kejadian misteri di museum tersebut.

Konon, masyarakat sekitar destinasi Jogja mistis tersebut sering mendapati kemunculan sosok Noni Belanda berkaki kuda. Tak hanya itu, penampakan lainnya yang bisa muncul adalah sekompi pasukan Belanda tanpa kepala.

Beberapa cerita horor tersebut bisa saja membuat bulu kudukmu berdiri saat membaca cerita ini. Bahkan, jika kamu tertarik, kamu bisa langsung mengunjungi destinasi Jogja mistis ini di malam hari.

jogja mistis Vredeburg
via upload.wikimedia.org

Kandhang Menjangan (Panggung Krapyak)

Alamat: Jalan KH. Ali Maksum No.83, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul

Sama seperti halnya destinasi Jogja mistis sebelumnya, destinasi berikutnya ini berada di tengah keramaian orang. Walaupun begitu, bangunan yang usianya sudah lebih dari dua abad ini memilki cerita mistis yang menyeramkan.

Bangunan yang dimaksud adalah Kandhang Menjangan atau biasa juga dikenal dengan nama Panggung Krapyak. Dulunya, bangunan bertembok beton ini dibangun untuk tempat berlindung kerabat keraton saat berburu.

Keangkeran tempat ini sendiri membuat para pengunjungnya tidak boleh masuk ke dalam Kandhang Menjangan tanpa seizin dari juru kunci. Jika pengunjung tersebut nekat, bisa jadi hal ganjil dan menyerangkan menimpa pengunjung tersebut.

Pasalnya, di tempat tersebut pernah muncul penampakan sesosok wanita dalam posisi tergantung yang membelakangi pintu masuk bangunan. Penampakan ini konon pernah dialami oleh seorang mahasiswa yang melintas dekat tempat ini.

via tanahnusantara.com

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat

Alamat: Jalan Rotowijayan Blok No. 1, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta

Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat termasuk salah satu bangunan tertua sekaligus ikon dari kota gudeg ini. Dibalik sejarah panjang yang menyertai, destinasi Jogja mistis ini menjadi saksi bisu dari berbagai kisah horor.

Bangunan yang dikenal sebagai tempat tinggal para raja yang pernah memimpin Yogyakarta ini konon dijaga oleh banyak makhluk halus tak kasat mata. Oleh karenanya, para pengunjung keraton harus menjaga sikap selama di sini.

Jika pengunjung ada pengunjung yang memiliki niatan jahat saat berada di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, maka makhluk gaib yang menjadi penunggu di sekitar keraton akan menggangu pengunjung tersebut.

Oleh karenanya, jika kamu memang memiliki niat untuk liburan ke Yogyakarta dan mengunjungi destinasi Jogja mistis ini, ada baiknya kamu menjaga perilakumu selama di tempat tersebut.

via pinterest.com

Plaza Ambarrukmo

Alamat: Jalan Laksda Adisucipto No.80, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman

Dari destinasi Jogja mistis yang ada di daftar Bob kali, mungkin tempat satu ini akan membuat terheran-heran. Pasalnya, siapa sangka jika salah satu mal megah yang ada di Yogyakarta termasuk tempat yang angker.

Cerita mistis di mal yang berada di Kabupaten Sleman ini sebenarnya tidak pernah dialami secara langsung oleh para pengunjung. Cerita mistis tersebut berasal dari salah satu karyawan mal tersebut.

Makhluk halus yang menjadi penunggu destinasi Jogja mistis ini kerapkali menjelma menjadi seorang manusia yang kemudian masuk ke dalam toilet di lantai satu.

Konon, cerita mistis tersebut berasal dari sejarah tempat di mana mal tersebut dibangun. Lokasi mal tersebut menempati lahan yang dianggap sakral karena menjadi pesanggrahan peninggalan Sultan Hamengkubuwono VII.

via tanahnusantara.com

Gereja Gotik Sayidan

Alamat: Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta

Destinasi Jogja mistis selanjutnya adalah Gereja Gotik Sayidan. Bangunan bergaya arsitektur Eropa ini sebenarnya menawarkan spot-spot instagramable yang bisa kamu manfaat untuk berfoto selama di Yogyakarta.

Salah satu fakta unik dari Gereja Gotik Sayidan sendiri adalah bangunan ini sebenarnya bukanlah tempat ibadah. Bangunan ini merupakan rumah priayi dan juga sekaligus pabrik batik.

Setelah ditinggal lama kosong oleh pemiliknya, banyak warga sekitar Gereja Gotik Sayidan yang merasakan hal-hal aneh yang terjadi di dalam bangunan yang berada di Prawirodirjan, Gondokusuman.

Walaupun bangunannya terbilang cantik untuk dipandang, banyak orang yang kerap merasakan aura mistis yang datang dari bangunan tersebut. Tak jarang para penunggunya menampakkan wujudnya.

via backpackerjakarta.com

Pengalaman Jogja Mistis di Pantai Parangkusumo

Alamat: Jalan Pantai Parangkusumo, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul

Kamu tentu familiar dengan sosok mitologi Jawa Nyi Roro Kidul. Sosok makhluk halus yang digambarkan sebagai wanita cantik yang memakai pakaian serba hijau ini dianggap sebagai ratu pantai selatan.

Nah, salah satu gerbang yang konon katanya dipercaya sebagai pintu gerbang menuju istana kerjaan pantai selatan kekuasaan Nyi Roro Kidul berada di Pantai Parangkusumo di Kabupaten Bantul.

Hal tersebut membuat warga sekitar seringkali menyarankan para pengunjung yang datang ke destinasi wisata Jogja mistis tersebut untuk tidak memakai pakaian berwarna hijau yang menjadi warna kesukaan sang Ratu.

Hal ini diyakini untuk menghindarkan para pengunjung pantai dari nasib nahas. Ada cerita bahwa jika ada yang memakai pakaian berwarna hijau, orang tersebut bisa diseret ombak untuk dibawa ke kerajaan pantai selatan sebagai tumbal.

via pegipegi.com

Empire XXI

Alamat: Jalan Urip Sumoharjo No.104, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta

Destinasi wisata Jogja mistis terakhir adalah Empire XXI. Sama seperti halnya Plaza Ambarrukmo, mungkin kamu akan menyangsikan bahwa salah satu studio untuk menonton film tersebut termasuk tempat angker.

Kabar yang berhembus sendiri menyebutkan bahwa penampakan hantu sering muncul di gedung tersebut. Penampakan tersebut disebut-sebut seringkali menggganggu para pengunjung yang datang untuk menonton film.

Salah satu waktu yang paling sering terjadinya penampakan tersebut berada di tengah malam. Saat pengunjung menonton film midnight, kondisi studio seringkali terasa banyak penonton yang di mana sebenarnya sudah sepi.

Keangkeran gedung tersebut diyakini berasal dari kisah kebakaran hebat yang terjadi pada tahun 1999. Kebakaran tersebut memakan korban jiwa dan hantu yang muncul dipercaya sebagai arwah korban kebakaran.

via 21cineplex.com

Menginap dengan Aman? Datang saja Langsung ke Bobobox

Takut kehilangan barang-barang berharga selama liburan? Tak perlu khawatir karena ada Bobobox yang menawarkan sistem keamanan yang mampu mengatasi rasa takutmu tersebut.

QR Code yang menjadi salah satu fasilitas yang disediakan oleh Bobobox inilah yang menjadi jawaban dari amannya barang-barang bawaanmu selama menginap di hotel kapsul ini.

Pemesanan dan informasi lebih lanjut bisa kamu dapat di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

You might also like