Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Bosan ke Lembang dan Puncak? Ini Dia Destinasi Liburan Selain Bandung dan Bogor yang Bisa Kamu Kunjungi

Karena liburan ke Kawasan Lembang dan Puncak sudah terlalu mainstream

Bandung dan Bogor kerap dijadikan sebagai kota tujuan wisata oleh masyarakat dari kota-kota besar. Ini karena Bandung dan Bogor memiliki sejumlah destinasi wisata alam dengan suasana yang menyenangkan. Tak heran jika sejumlah destinasi di dua kota tersebut langsung hits, bahkan sejak baru dibuka.

Ada kawasan Lembang yang memiliki sejumlah destinasi wisata favorit, seperti Orchid Forest dan Floating Market. Tak ketinggalan, Bogor juga punya deretan wisata populer seperti Taman Safari dan kawasan Puncak.

Nah, daripada bermacet-macet ria di kawasan tersebut, Bob berikan rekomendasi destinasi liburan selain Bandung dan Bogor khusus untukmu. Tenang saja, destinasi wisatanya masih seputar Jawa Barat kok. Simak ulasannya berikut ini, ya.

Sukabumi dan sejumlah wisata kelas dunia yang menakjubkan

Siapa yang hanya terbayang Pantai Pelabuhan Ratu ketika hendak liburan ke Sukabumi? Faktanya, Sukabumi jauh lebih luas itu, lo. Sukabumi bahkan patut menjadi destinasi liburan selain Bandung yang sangat menjanjikan.

Pasalnya, Sukabumi sedang mendapatkan perhatian dunia karena dinobatkannya Geopark Ciletuh sebagai salah satu geopark kelas dunia. Geopark ini memiliki sejumlah destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi.

Sebut saja Pantai Cimaja. Meski terdengar asing, nama pantai ini sudah sangat terkenal di kalangan peselancar dunia. Ombak di pantai ini bisa mencapai 4 meter dan sangat ideal sebagai lokasi berselancar. Bahkan, di kawasan pantai ini juga ada beach club keren seperti di Bali!

Bosan ke Lembang dan Puncak? Ini Dia Destinasi Liburan Selain Bandung dan Bogor yang Bisa Kamu Kunjungi
@azinumoto via Unsplash

Beralih ke wisata pegunungan, cobalah menaiki jembatan gantung yang menyuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan. Jembatan Situ Gunung namanya. Jembatan ini juga menjadi jembatan gantung terpanjang di Indonesia dengan panjang mencapai 250 meter dan berada di ketinggian 150 meter.

Selain dua destinasi wisata di atas, kamu juga bisa berwisata ke Kampung Adat Ciptagelar, Curug Cikaso, Gua Buniayu, dan lainnya. Oh iya, jangan lupa untuk membawa pulang mochi sebagai buah tangan dari Sukabumi, ya!

Purwakarta dan keindahannya yang tersembunyi

Pernah terpikir untuk liburan ke Purwakarta? Terlepas dari cuacanya yang panas, Purwakarta juga bisa dijadikan destinasi liburan selain Bandung, lo. Purwakarta ternyata memiliki sejumlah destinasi wisata yang menyajikan udara yang sejuk dan suasana yang nyaman.

Tengok saja tempat wisata bernama Sungai Cidomas. Sungai ini dijuluki “Blue River” karena airnya yang jernih dan berwarna hijau kebiruan. Udaranya juga sangat sejuk karena dikelilingi oleh rindangnya pepohonan. Kamu bisa berenang sekaligus menyegarkan pikiran di sini.

Bosan ke Lembang dan Puncak? Ini Dia Destinasi Liburan Selain Bandung dan Bogor yang Bisa Kamu Kunjungi
via backpackerjakarta.com

Selain itu, ada pula tujuan wisata khusus untuk kamu yang gemar menguji adrenalin. Kamu bisa datang ke Gunung Parang dan mencoba Parang Via Ferrata. Di sini, kamu akan diajak mendaki tebing dengan meniti jalur yang terbuat dari tangga besi di atas ketinggian 700 meter.

Tak sampai di situ, Purwakarta juga masih memiliki sejumlah destinasi wisata yang seru. Kamu bisa mengunjungi Bukit Panenjoan, Kampung Wisata Tajur, dan Giri Tirta Kahuripan. Untuk urusan perut, jangan sampai terlewat untuk menikmati sajian kuliner khas bernama sate maranggi yang lezat, ya!

Subang, destinasi liburan selain Bandung yang patut diperhitungkan

Selain Pemandian Air Panas Sari Ater, Subang juga memiliki beragam wisata alam yang tak kalah seru. Subang dikenal sebagai daerah yang memiliki banyak air terjun atau curug yang masih sangat terjaga keindahannya. Karenanya, Subang pantas menjadi destinasi liburan selain Bandung yang menarik.

Bosan ke Lembang dan Puncak? Ini Dia Destinasi Liburan Selain Bandung dan Bogor yang Bisa Kamu Kunjungi
via seringjalan.com

Subang memiliki curug setinggi 100 meter yang bernama Curug Cileat. Dibutuhkan waktu sekitar 2 jam berjalan kaki untuk sampai di curug ini. Meski begitu, kamu akan disuguhi hamparan sawah yang hijau sepanjang perjalanan. Curugnya pun sangat menyegarkan, dengan pemandangan yang menyejukkan mata.

Masih berhubungan dengan wisata air, ada juga Kasumber Mata Air Cipondok yang bisa kamu jajal. Mirip seperti Umbul Ponggok di Klaten, wisata ini juga menawarkan mata air yang sangat jernih untuk mengambil foto underwater. Mata air ini bersebelahan dengan mata air produk air mineral Aqua.

Garut dan kesejukannya yang menentramkan hati

Sama seperti Bandung, daerah Garut juga dikenal memiliki cuaca yang cukup sejuk. Selain itu, kondisi geografisnya yang beragam juga dimanfaatkan untuk memaksimalkan potensi wisata di sana. Tak heran jika Garut juga bisa menjadi destinasi liburan selain Bandung yang oke.

Salah satu destinasi wisata yang menjadi andalan adalah pemandian air panas di Darajat Pass. Selain pemandian air panas, tempat ini menawarkan keindahan panorama alam dan udara yang sejuk. Jika kamu berniat untuk bermalam, di sini juga tersedia penginapan.

Bosan ke Lembang dan Puncak? Ini Dia Destinasi Liburan Selain Bandung dan Bogor yang Bisa Kamu Kunjungi
@gergilgad via Unsplash

Garut juga memiliki destinasi wisata gunung api yang memukau. Kamu bisa mendaki Gunung Papandayan untuk menikmati keindahan dari sebuah gunung api. Gunung ini memiliki sejumlah tujuan wisata dengan pemandangan yang eksotis, seperti Pondok Saladah dan Hutan Mati.

Tak lengkap rasanya jika berwisata ke Garut dan tak membawa buah tangan berupa kuliner khasnya. Kamu bisa membawa pulang dodol berbagai rasa yang banyak ditemukan di sini. Jangan lupa juga untuk mampir ke sentra pengrajin kulit ya untuk mengadopsi jaket dan beragam kerajinan berkualitas dunia.

Pangandaran dan olahraga air yang seru

Dikenal dengan wisata pantainya yang indah, Pangandaran juga memiliki banyak wisata olahraga air yang asyik. Tak heran jika Pangandaran juga bisa menjadi salah satu destinasi liburan selain Bandung yang menyenangkan.

Coba beragam olahraga air yang cukup menguji adrenalin di kawasan Pantai Timur Pangandaran. Ada berbagai jenis wahana yang bisa kamu coba, seperti banana boat, aqua glade, big mable, dan lain sebagainya. Di kawasan pantai ini juga terdapat pasar ikan, di mana kamu bisa mendapatkan beragam jenis ikan segar, lo!

Bosan ke Lembang dan Puncak? Ini Dia Destinasi Liburan Selain Bandung dan Bogor yang Bisa Kamu Kunjungi
@ludogauthier via Unsplash

Mampir juga ke daerah Pangandaran sebelah barat, kamu akan menemukan destinasi wisata bernama Green Canyon. Di sini, kamu bisa melihat dinding batuan yang terbentuk secara alami mirip seperti Grand Canyon. Kamu juga bisa mencoba body rafting untuk pengalaman liburan yang seru.

Belum ke Pangandaran jika kamu tidak menikmati indahnya matahari terbit dan terbenam. Ya, di Pangandaran kamu memang bisa menyaksikan kedua momen ini, yakni di Pantai Timur dan Barat Pangandaran.

Itulah 5 destinasi liburan selain Bandung dan Bogor rekomendasi dari Bob. Kamua tertarik liburan ke destinasi yang mana nih?

Bobobox, penyelamat di perjalanan wisatamu!

Seru sekali ya mengunjungi destinasi liburan selain Bandung di atas! Namun, jika kamu hanya bisa berkesempatan di Bandung saja, kamu bisa banget mendapatkan pengalaman seru dengan menginap di Bobobox.

Bobobox merupakan hotel kapsul yang memiliki desain futuristik dengan beragam fasilitas hi-tech yang menarik di setiap podnya. Tak hanya itu saja, interior Bobobox juga dibuat sangat instagrammable serta adanya communal space untuk bersantai dan mengobrol.

Jadi, tunggu apa lagi, pesan kamar via aplikasi sekarang, yuk!

You might also like