Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

7 Destinasi Wisata di Indonesia Ini Cocok untuk Menenangkan Jiwa

Tenangkan jiwa di banyak destinasi wisata Indonesia

Destinasi Wisata — Pasti menyenangkan ketika kita bisa menyukai dan menikmati pekerjaan yang dimiliki saat ini. Kecocokan pekerjaan dengan minat dan bakat pribadi tentunya menjadi nilai tambah tersendiri. Namun, sebesar apa pun kecintaan kita terhadap pekerjaan yang ada, pasti kita pernah mengalami momen jenuh. Semangat kerja menurun dan fokus mulai berkurang. Dalam situasi seperti ini, mungkin kamu butuh liburan.

Selain menghibur, liburan juga memberikan beberapa manfaat lain. Dilansir dari Dokter Sehat, liburan membantu mencegah depresi dan mengembangkan kemampuan kognitif. Oleh karena itu, terlepas dari kesibukanmu, cobalah luangkan waktu khusus untuk berlibur sejenak. Namun, tidak semua destinasi wisata memberikan pengalaman yang menyejukkan jiwa. Saat stres mulai memuncak, kamu perlu mencari tujuan liburan yang dapat menjernihkan pikiranmu.

Untungnya, Bob punya 7 rekomendasi wisata di Indonesia yang akan menyegarkan kembali pikiran dan tubuhmu. Ya, kamu tak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk menikmati udara segar atau pengalaman baru. Ketujuh tempat di Indonesia ini bisa menjadi pilihan tujuan wisata yang layak kamu pertimbangkan!

1. Pantai Mbehi

Sumber Rejo, Bandungrejo, Malang, Jawa Timur

Destinasi wisata Malang
Sumber foto: Blog Kulo

Tersembunyi di balik hutan lindung, Pantai Mbehi merupakan destinasi wisata di Malang yang mengajakmu lebih dekat dengan alam. Pantai ini relatif sepi sehingga cocok untukmu yang ingin menenangkan jiwa. Untuk mencapai pantai ini, memang dibutuhkan perjuangan yang cukup besar karena kamu harus berjalan melewati jalur yang cukup menantang. Namun, rasa lelahmu akan terbayar dengan keindahan pantai dan deburan ombak yang dinantikan.

Di dekat pantai, terdapat tebing karang dengan lubang besar yang langsung mengarah ke laut. Saat ombak datang, air laut akan keluar melalui lubang tersebut dan menghasilkan suara yang menggelegar. Orang-orang menyebutnya seperti suara naga. Selain lubang di tebing, terdapat Teluk Bidadari. Di sini, kamu bisa berenang di kolam-kolam alami yang terbentuk dari cekungan karang. Gradasi warna air yang cantik menjadi keunikan tersendiri bagi teluk ini. Kalau kata arekarek Malang sih, mbois!

2. Bukit Campuhan

Jl. Bangkiang Sidem, Payangan, Gianyar, Bali

Destinasi wisata ubud
Sumber foto: Airpaz Blog

Sebagai salah satu destinasi wisata kelas internasional di Indonesia, keunikan dan pesona Bali tidak usah diragukan lagi. Namun, di Ubud terdapat satu tempat yang akan memberikan kesejukan jiwa dalam atmosfer yang menenangkan. Bukit Campuhan adalah sebuah bukit yang diapit oleh dua lembah. Di atas punggung bukit yang memanjang ini, terdapat trek yang bisa kamu lalui untuk joging atau sekadar berjalan-jalan.

Sebelum memasuki trek di Bukit Campuhan, kamu akan disambut oleh Pura Gunung Lebah. Saat menyusuri jalur pejalan kaki, bersiaplah untuk dibuat kagum dengan lanskap alam yang cantik. Jalur ini dibatasi oleh rumput ilalang yang membangun kesan romantis. Oh, ya! Kawasan Bukit Campuhan juga sering digunakan untuk berbagai aktivitas fotografi, termasuk prewedding photography.

3. Pantai Tanjung Tinggi

Kecamatan Sijuk, Provinsi Belitung

Destinasi wisata Belitung
Sumber foto: Tempo

Untuk kalian membutuhkan asupan vitamin sea, pantai yang satu ini layak ditambahkan ke bucket list. Pantai ini menjadi salah satu lokasi syuting pemenang Best Film di ajang Indonesian Film Festival 2009, Laskar Pelangi. Berada di Pulau Belitung, Pantai Tanjung Tinggi berjarak sekitar 30 kilometer dari Tanjung Pandan, ibu kota Provinsi Belitung. Dilansir dari Travel Detik, nama pantai ini mengacu kepada semenanjung dan tebing-tebing granit yang “tinggi” di sekitar pantai.

Pasir putih, laut berwarna biru kehijauan, dan tebing-tebing granit tinggi menjadi pesona pantai ini. Suasana pantai yang tenang juga cocok untuk kamu yang mencari kedamaian. Kamu bisa naik ke atas tebing-tebing yang ada. Namun, pastikan kamu tetap berhati-hati saat memanjat tebing agar tidak sampai tergelincir. Di dekat pantai, banyak warung-warung yang menyediakan camilan, es kelapa muda, dan sajian boga bahari yang menggugah selera.

4. Taman Nasional Bantimurung – Bulusaraung

Kabupaten Maros dan Pangkep, Sulawesi Selatan

Destinasi wisata Sulawesi Selatan
Sumber foto: lipi.go.id

Destinasi wisata yang satu ini mungkin tidak begitu sering terdengar, tetapi pesonanya bisa membuatmu terpukau. Untuk menikmati keindahan bukit-bukit karst, kamu tak perlu jauh-jauh pergi ke Guilin. Di Sulawesi Selatan, lanskap serupa bisa kamu temukan di Taman Nasional Bantimurung – Bulusaraung. Taman seluas 43.750 hektare ini menonjolkan pesona hutan karst Rammang-Rammang sebagai daya tarik utamanya. Dilansir dari Indonesia Tourism, hutan karst ini merupakan kawasan karst terbesar ketiga di dunia,

Selain bukit karst, di taman ini terdapat 286 gua, termasuk 33 gua prasejarah. Kamu juga bisa menemukan 2 air terjun di Taman Nasional Bantimurung – Bulusaraung. Untuk keindahan bukit-bukit karst tanpa berjalan kaki, kamu bisa menaiki perahu yang akan membawamu berkeliling Sungai Pute. Oh, ya! Taman Nasional ini juga terkenal dengan insektarium dan pusat budidaya kupu-kupu. Jika beruntung, kamu juga bisa berjumpa dengan kupu-kupu cantik yang terbang bebas di sekitar air terjun.

5. Gua Kristal Bolok

Desa Bolok, Kupang, Nusa Tenggara Timur

Destinasi wisata Kupang
Sumber foto: https://www.instagram.com/widiatmokology/

Untuk kamu yang memiliki klaustrofobia atau talasofobia, objek wisata yang satu ini mungkin bukan pilihan yang tepat. Namun, terlepas dari itu, Gua Kristal Bolok adalah destinasi yang akan membuatmu terpukau dengan kecantikannya. Berada di Desa Bolok, Kupang, gua ini terkenal dengan kolam alaminya yang jernih. Dilansir dari Kumparan, gua ini pernah digunakan oleh tentara Jepang dan sering dimanfaatkan sebagai sumber air masyarakat sekitar.

Memiliki luas sekitar 30 meter persegi, kolam alami ini menjadi semacam oasis tersembunyi di tengah panasnya cuaca Kupang. Cahaya matahari yang masuk melalui lubang-lubang di atap gua menerangi area kolam dan membangun efek dramatis. Untuk mencapai area ini, kamu perlu melewati jalur yang cukup menantang. Selain itu, ada baiknya kamu juga membawa senter dan perbekalan sendiri. Namun, pastikan kamu tidak meninggalkan sampah bekas makananmu, ya!

6. Pantai Atuh

Pejukutan, Nusa Penida, Bali

Destinasi wisata Nusa Penida
Sumber foto: https://www.instagram.com/sansadhia/

Tidak perlu ditanyakan lagi. Bali memang terkenal dengan pantai-pantainya. Namun, tidak semua pantai menawarkan atmosfer yang menenangkan. Terutama dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung, beberapa pantai justru terasa padat dan ramai. Nah, untungnya masih ada beberapa pantai di Bali yang cukup tersembunyi. Pantai Atuh adalah salah satunya.

Berada di kawasan Nusa Penida, Pantai Atuh tampil cantik dengan tebing kapur dan pasir putihnya. Di sini, kamu bisa melihat beberapa pulau karang, seperti yang terdapat di Raja Ampat, Paopua. Salah satu pulau karang yang paling terkenal adalah Pulau Batu Melawang. Di pulau ini, terdapat lubang atau terowongan besar yang disebut masyarakat sekitar sebagai “batu bolong”. Kamu bisa duduk di pinggir pantai sambil menikmati kedamaian yang mulai langka di kota-kota besar.

7. Air Terjun Sipiso-Piso

Desa Tongging, Kabupaten Karo, Sumatera Utara

Destinasi wisata Karo
Sumber foto: Wikipedia

Berada di Desa Tongging, air terjun ini mengingatkan Bob dengan Paradise Falls yang ada di film animasi Up. Debit air yang jatuh dari ketinggian 120 meter dan mengalir deras menjadi daya tarik utama Air Terjun Sipiso-Piso. Selain itu, air terjun ini juga dikelilingi oleh tebing batu curam dan hutan tropis yang sangat rimbun. Di area sekitar puncak tebing, kamu bisa melihat hamparan padang rumput dan kebun yang hijau dan luas. Rasanya adem ayem!

Kecantikan air terjun ini memang lebih lengkap dinikmati dari ketinggian. Namun, kamu tetap bisa merasakan sejuknya air di dasar air terjun. Untuk mencapainya, kamu harus siap menapaki ratusan anak tangga. Perjalanan menuju kolam air terjun sendiri memakan waktu sekitar 45 menit hingga 1 jam. Namun, rasa lelahmu akan terbayar saat melihat kemegahan air terjun yang ada di hadapanmu. Destinasi wisata ini juga berada tak jauh dari kawasan Danau Toba.

Kesimpulan

Liburan seakan menjadi kebutuhan penting saat ini. Saat kondisi jiwa dan raga sudah kurang mumpuni untuk menghadapi tuntutan kerja, liburan menjadi solusi yang tepat. Dengan memilih destinasi wisata yang tepat, kamu bisa merasakan pengalaman liburan yang lebih menenangkan jiwa dan tentunya, mengesankan. Sebelum berlibur, pastikan kamu sudah memesan akomodasi yang nyaman untuk beristirahat. Jangan sampai liburanmu hancur karena kamar hotelmu tidak nyaman.

Bobobox Indonesia

Untuk kamu yang mencari suasana baru, menginap di hotel kapsul bisa menjadi pilihan. Salah satu opsi hotel kapsul yang layak dicoba adalah Bobobox. Hotel kapsul ini memadukan kenyamanan beristirahat dengan kecanggihan fitur modern. Fitur-fitur ini bisa kamu kendalikan secara langsung melalui aplikasi Bobobox. Kamu bisa membuka pintu pod, mengubah pencahayaan, dan mendengarkan lagu melalui sentuhan di layar ponselmu. Praktis, ‘kan?

Reservasi pod juga bisa dilakukan secara langsung melalui aplikasi. Jika belum tersedia, kamu bisa mengunduhnya secara gratis melalui App Store atau Play Store. Di Bandung, Bobobox sudah memiliki tiga cabang yang bisa kamu pilih sesuai keinginan. Setiap cabang menawarkan fasilitas yang sama dan beragam spot unik untuk berfoto. Dijamin liburanmu akan lebih menyenangkan!

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.