Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Mengenal Japandi, Desain Interior Instagrammable Blasteran Jepang dan Skandinavia!

Minimalis, fungsional, dan minim dekor

Ide desain interior Instagrammable terus bermunculan terutama karena dewasa ini semakin banyak yang mengidamkan hunian dengan interior mengagumkan, enak dipandang serta disesuaikan dengan keinginan dan karakter masing-masing pemilik rumah. Salah satu yang mungkin akan sering kamu jumpai jika mencari referensi lewat media sosial Instagram adalah tren desain Japandi.

Japandi sendiri merupakan salah satu ide desain interior Instagrammable yang mulai tren sejak 2017 lalu. Di tahun 2021, tren Japandi pun masih digemari dan dilansir dari The Dubrovnik Times, ide desain interior satu ini menempati posisi ke tujuh dalam top 10 tren desain interior. Lalu, apa sih ide desain interior Instragammable Japandi ini? Simak lebih lanjut di bawah ini!

Apa itu Japandi

@mimameise via Instagram

Japandi merupakan salah satu ide desain interior Instagrammable yang bisa kamu coba terlebih jika kamu menyukai kesederhanaan. Kata Japandi sendiri merupakan gabungan dari Jepang dan Skandinavia (Japanese-Scandi).

Ide desain interior Instagrammable Japandi ini singkatnya bisa dianggap sebagai blasteran dari gaya Skandinavia yang modern namun rustic dan gaya tradisional Jepang yang elegan sehingga menghasilkan suatu gaya yang menonjolkan kelebihan keduanya.

Wilayah Skandinavia dan Jepang mungkin berjauhan namun nyatanya kedua wilayah tersebut memiliki cukup banyak kesamaan terutama dari segi kesederhanaan, penggunaan elemen alami dan kenyamanan. Sementara itu, perbedaan dari kedua desain tersebut salah satunya terletak pada warna. Jika Jepang lebih didominasi oleh variasi warna yang lebih gelap (seperti hitam, merah, cokelat, dan hijau zaitun) dan memberikan kehangatan pada ruangan, maka berbeda dengan Skandinavia yang cenderung netral dan bahkan terkesan higienis dan dingin seperti warna putih dan abu-abu.

Kedua gaya tersebut kemudian menghasilkan desain ruangan yang bersifat fungsional dan perpaduan yang harmonis dengan berfokus pada garis-garis sederhana, ruangan terang, bahan-bahan alami serta warna-warna cerah yang netral dan kalem.

Selain itu, kehadiran barang atau furnitur juga disesuaikan dengan kebutuhan penghuni rumah sehingga dekorasi tidak berlebihan dan malah menentang konsep minimalisme yang diusungnya. Prinsipnya, dengan sedikit barang, kamu bisa lebih fokus pada hal-hal yang lebih penting.

Secara keseluruhan, ide desain interior Instagrammable Japandi ini pada dasarnya tidak hanya soal tampilan estetik, tetapi juga menjadi gaya hidup yang menekankan tentang kehidupan sehari-hari yang sederhana dan berkelanjutan.

Lalu, bagaimana kamu menerapkan ide desain interior Instagrammable ini di rumah kamu?

Dominasi Warna Putih

via architecturaldigest.com

Salah satu hal yang bisa kamu coba untuk menerapkan ide desain interior Instagrammable Japandi adalah penggunaan warna putih pada dinding. Seperti yang disebutkan sebelumnya, Japandi ini berfokus pada warna cerah dan yang paling umum digunakan adalah warna putih.

Warna satu ini dapat memberikan kesan minimalis, terang dan luas terutama jika lahan terbatas. Namun, jika kamu tidak terlalu menyukai warna putih, kamu bisa beralih ke abu-abu muda atau krem.

Pilih Warna Kontras

@japandi_design via Instagram

Selain penggunaan warna putih, Japandi juga ditandai dengan warna-warna yang kontras sebagai paduan antara gaya Skandinavia yang cenderung terang, dingin dan bersih dengan gaya Jepang yang lebih hangat dan gelap. Kamu bisa memberikan kesan kontras dalam ruangan dengan menambahkan warna gelap melalui furnitur yang kamu pilih. Misalnya saja lemari, sofa besar, meja, lampu, vas bunga atau pot tanaman, tempat penyimpanan, dan sebagainya.

Tambahkan Aksesori Statement

via digsdigs.com

Seperti yang Bob sebutkan sebelumnya, ide desain interior Instagrammable Japandi menekankan untuk tidak menggunakan dekorasi berlebihan. Karena itu, kamu tidak akan menjumpai banyak aksesori dalam ruangan bergaya Jepang maupun Skandinavia. Sebagai gantinya, kamu bisa menambahkan beberapa karya seni di dinding, dekorasi yang lembut dan bernuansa zen, tanaman, foto keluarga, buku, vas bunga, partisi, atau ornamen keramik.

Kamu juga bisa menambahkan aksen dengan bahan-bahan alami, misalnya furnitur berbahan batu yang bisa dimanfaatkan untuk menaruh pot tanaman. Selain itu, tambahan aksesori seperti bantal dan selimut sofa serta rug akan menambahkan kesan homey pada ruangan kamu.

Warna-warna pastel juga bisa kamu manfaatkan untuk mempertegas aksesori statement seperti sarung bantal  (bisa juga bermotif), bingkai foto, vas, buku, dan sebagainya. Hanya saja, jangan sampai warna-warna tersebut terlalu mendominasi sehingga gagal menunjukkan desain Japandi.

Pilih Furnitur dari Keduanya

via digsdigs.com

Hal lainnya yang bisa kamu lakukan untuk menerapkan ide desain interior Instagrammable Japandi adalah perpaduan furnitur baik gaya Skandinavia maupun Jepang. Kedua gaya tersebut biasanya didominasi oleh garis-garis sederhana dan memperhatikan fungsi. Namun, keduanya tentu memiliki perbedaan.

Furnitur gaya Skandinavia biasanya terbuat dari kayu berwarna terang sehingga menimbulkan kesan farmhouse. Sementara itu, Jepang lebih suka nuansa yang lebih gelap dengan kayu berwarna dan bentuk yang elegan. Untuk menggabungkan kedua unsur tersebut, kamu bisa menggunakan beberapa furnitur bergaya Skandinavia dan beberapa dalam gaya Jepang.

Bahan-Bahan Alami

via haticexinterior.com

Hal lainnya yang perlu kamu perhatikan untuk menerapkan ide desain interior Instagrammable Japandi adalah dengan penggunaan bahan-bahan alami. Contohnya kayu (tanpa pernis) atau potongan bambu untuk menghidupkan suasana alami serta kendahan yang sederhana. Penggunaan kayu sendiri tidak hanya terpaku pada furnitur. Kamu juga bisa menambahkannya pada dinding dan lantai.

Penambahan tanaman juga akan membantu membawa suasana outdoor ke dalam ruangan. Jika merawat tanaman terasa merepotkan, kamu bisa mengganntinya dengan menggunakan tanaman artifisial. Untuk pemilihan tanaman, kamu bisa menggunakan tanaman dengan tampilan elegan seperti bonsai, bambu atau tanaman gantung dalam jumlah yang wajar.

Decluttering

via haticexinterior.com

Mengingat konsep Japandi yang minimalis dan minim dekor, barang-barang berantakan harus dibereskan. Dengan kata lain, kamu perlu menerapkan decluttering. Dalam pengaplikasian ide desain interior Instagrammable Japandi ini, kamu perlu mengetahui bahwa setiap barang, furnitur, aksesori, atau detail sekecil apapun harus memiliki tempat serta fungsinya tersendiri. Untuk itu, mulailah menyusun barang sesuai kategori (metode konmari) dan belajar lebih terorganisasi.

Bosan di rumah tapi malas ke mana-mana? Cobain staycation saja di Bobobox. Selain menawarkan tempat yang nyaman serta harga terjangkau, hotel kapsul satu ini juga Instagrammable banget.

Desainnya yang minimalis bisa kamu jadikan latar untuk berfoto bahkan di dalam kamar mandi sekalipun. Berfoto di dalam pod pun tak jadi masalah. Dengan bantuan efek moodlamp, kamu bisa menyulap suasana kamar menjadi semakin asyik. Pilih saja warna cahaya lampu yang kamu mau dan siapkan pose terbaik kamu. Selain itu, hotel berlogo koala ini juga ditunjang dengan fasilitas berbasis teknologi sehingga pengalaman menginap kamu akan terasa nyaman dan mudah.

Cabangnya pun sudah banyak bertebaran terutama di kota Bandung dan Jakarta. Selain di dua kota tersebut, kamu juga bisa menjumpai Bobobox di Yogyakarta, Semarang dan Solo dengan lokasi yang cukup strategis.

Ingin lebih menyatu dengan alam? Ada Bobocabin yang saat ini sudah mulai dibuka di kawasan Rancaupas yang didesain untuk memfasilitasi kamu-kamu yang ingin menyegarkan diri di tengah alam namun masih ditemani kecanggihan teknologi.

Apapun pilihannya, uduh dulu aplikasinya bisa mudah untuk booking hingga check-in dan check-out.

You might also like