Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

10 Desa Wisata di Yogyakarta yang Seru untuk Dikunjungi

Berwisata sambil belajar selama di Yogyakarta

Bobobox.co.id — Selain pantai dan tempat wisata populer yang biasa menjadi destinasi wisatawan, ada juga destinasi yang tidak biasa yang bisa kamu kunjungi di Yogyakarta.

Destinasi wisata yang dimaksud adalah mengunjungi desa wisata. Di tempat wisata ini, selain bisa mendapatkan pengalaman yang seru dan menyenangkan, kamu juga bisa belajar mengenai kebudayaan Jawa.

Berikut ini merupakan 10 desa wisata di Yogyakarta yang akan sangat seru untuk kamu kunjungi bersama teman-teman ataupun keluarga kecilmu.

Desa Wisata Tanjung

Desa pertama di Yogyakarta yang akan sangat seru untuk dijadikan sebagai destinasi liburan adalah Desa Wisata Tanjung. Lokasinya sendiri berada tak jauh dari pusat kota yakni hanya kurang lebih 6 kilometer.

Desa satu ini sendiri diresmikan pada tahun 2001 dan menawarkan suasana tradisional khas masyarakat Jawa yang terasa sangat kental. Pasalnya, kamu bisa melihatnya secara langsung mulai dari kebiasaan hingga peralatan yang dipakai.

Tidak hanya melihat secara langsung, kamu pun bisa terjun langsung untuk merasakan aktivitas masyarakat lokal di desa ini. Beberapa aktivitas seru yang bisa dilakukan adalah belajar membatik, membajak sawah hingga memanen hasil sawah.

desa wisata tanjung
via merapipesonajogja.com

Desa Wisata Manding

Jika kamu tertarik untuk belajar mengenai kerajinan kulit, maka Desa Wisata Manding menjadi destinasi liburan yang seru untuk kamu kunjungi selama berada di Yogyakarta.

Selama di desa ini, kamu bisa melihat langsung proses pembuatan barang-barang kerajinan berbahan dasar dari kulit. Tak hanya itu, kamu pun bisa belajar cara membuat kerajinan kulit tersebut.

Pulang dari suatu destinasi wisata tak lengkap rasanya jika tidak membeli cindera mata dari tempat tersebut. Sama halnya selama di desa di Yogyakarta ini, kamu bisa membeli tas, sepatu, sabuk, dan jaket berbahan dasar kulit.

via anishidayah.com

Desa Wisata Bejiharjo

Desa Wisata Bejiharjo menjadi desa lainnya yang bisa kamu kunjungi selama liburan. Desa satu ini termasuk salah satu desa yang cukup dikenal di Yogyakarta.

Pasalnya, desa ini merupakan juara pertama untuk penghargaan desa wisata terbaik. Desa yang sering disebut sebagai Desa Dewa Bejo ini menawarkan keindahan alam yang menakjubkan.

Sehingga, kamu bisa mengeksplorasi beberapa tempat wisata alam di sini seperti Goa Pindul, Goa Gelatik, Goa Sriti, dan masih banyak lainnya. Kamu pun bisa menikmati aktivitas seru lainnya macam body rafting atau berpetualang menggunakan jeep offroad.

via visitingjogja.com

Desa Wisata Kembang Arum

Senang dengan situasi di pedesaan yang sejuk? Jika iya, ada baiknya untuk mempertimbangkan destinasi wisata yang satu ini saat liburan di Yogyakarta.

Destinasi wisata yang dimaksud adalah Desa Wisata Kembang Arum.Selama di sini, kamu akan dimanjakan dengan udara yang sejuk dengan pepohonan disekelilingnya yang pastinya membuatmu semakin betah.

Jika kamu memang senang melakukan banyak aktivitas seru, beberapa aktivitas seru yang bisa dilakukan di antaranya adalah flying fox, sepak bola lumpur, tarik tambang lumpur, belajar gamelan atau menanam padi, dan masih banyak lainnya.

via visitingjogja.com

Desa Wisata Kasongan

Desa selanjutnya yang bisa kamu kunjungi selama di Yogyakarta adalah Desa Wisata Kasongan. Desa satu ini termasuk desa yang cukup familiar bagi wisatawan yang datang ke Yogyakarta.

Kerajinan gerabah menjadi daya tarik yang membuat tempat wisata ini cukup terkenal. Berada di Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Bantul, kamu hanya perlu menempuh 7 kilometer saja untuk sampai ke sini.

Salah satu barang yang seringkali diincar oleh wisatawan yang datang ke desa di Yogyakarta ini adalah patung loro blonyo. Patung ini dipercaya membawa keberuntungan bagi si empunya jika disimpan di rumahnya.

via onejogja.com

Desa Wisata Pentingsari

Desa Wisata Pentingsari menjadi desa di Yogyakarta selanjutnya yang wajib masuk ke dalam bucket list tempat wisata selama liburan di Yogyakarta.

Daya tarik dari tempat wisata ini adalah udara yang sejuk dan segar. Letaknya yang berada di lerang gunung Merapi, menjadikan tempat yang asyik untuk melepas segala penat dan tekanan sehari-harinya.

Selama di sini, kamu bisa melakukan beberapa aktivitas seru seperti belajar membatik, belajar gamelan, hingga mengunjungi objek wisata di sekitar desa ini. Bahkan, kamu bisa menginap lho di desa ini.

via alodiatour.com

Desa Wisata Krebet

Mungkin membatik di sebuah kain sudah menjadi hal yang biasa. Namun apa jadinya jika kali ini media yang digunakan adalah kayu, yang merupakan media yang tidak biasa untuk membatik.

Nah, tempat wisata yang menawarkan kerajinan batik kayu yang tidak biasa ada di Desa Wisata Krebet. Berada di Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, kamu bisa dengan mudah menemukan banyak kerajinan batik kayu.

Mulai dari gantungan kunci, topeng, patung, hingga wayang bisa kamu beli selama di tempat wisata Yogyakarta ini. Jika kamu ingin langsung mencoba membatik di kayu tersebut, kamu pun bisa melakukannya selama di sini.

via merahputih.com

Desa Wisata Tembi

Ingin mempelajari budaya Jawa dengan cara yang lebih santai dan menyenangkan? Desa Wisata Tembi di Kabupaten Bantul menjadi tempat yang wajib kamu kunjungi selama di Yogyakarta.

Desa satu ini menawarkan lokasi wisata yang pastinya menarik untuk dikunjungi. Beberapa di antaranya adalah galeri batik, restoran, cottage, dan Museum Rumah Budaya Tembi.

Di museum tersebut, kamu bisa melihat berbagai macam koleksi peralatan tradisional yang biasa digunakan oleh masyarakat Jawa seperti keris, tombak, peralatan bertani, hingga peralatan seni membatik.

via indonesia.travlr.com

Desa Wisata Banyusumurup

Keris menjadi salah satu benda yang identik dengan budaya Jawa. Nah, jika kamu termasuk yang tertarik untuk mempelajari keris, pastikan kamu mengunjungi desa satu ini.

Desa Wisata Banyusumurup sudah dikenal sejak lama sebagai pusat pengrajin keris. Sehingga, saat kamu berkunjung ke desa ini, kamu akan mudah menemukan pengrajin yang sedang membuat keris.

Tak hanya melihatnya saja, kamu pun bisa membeli keris tersebut secara langsung dari pengrajin tersebut. Harga yang ditawarkan pun bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah.

via jogjacar.com

Desa Wisata Kebon Agung

Desa Wisata Kebon Agung menjadi desa terakhir yang wajib kamu kunjungi versi Bob kali ini. Konsep utama yang diusung dari tempat wisata di Yogyakarta ini adalah tema pertanian.

Berada di Kabupaten Bantul dan hanya berjarak kurang lebih 30 menit dari pusat kota, sesampainya di desa ini, persawahan siap menyambutmu bersamaan dengan udara yang sejuk.

Di sini, kamu bisa belajar banyak soal pertanian. Mulai dari membajak sawah, menanam padi, membuat telur asin, hingga bersepeda keliling desa. Semua aktivitasnya dijamin menyenangkan untuk dilakukan bersama teman atau keluarga.

via visitingjogja.com

Soal Inap Menginap? Bobobox Ahlinya

Akomodasi penginapan yang menjadi salah satu memiliki banyak pertimbangan untuk dipilih saat memutuskan untuk liburan. Jika akomodasi yang dipilih tidak nyaman, hal tersebut tentu akan memengaruhi momen liburanmu.

Salah satu akomodasi penginapan yang recommended untuk dicoba adalah Bobobox. Hotel kapsul yang mengusung konsep futuristik ini menawarkan fasilitas yang bikin betah namun dengan harga yang murah.

Informasi lebih lanjut soal pemesanan dan lainnya, kamu bisa mendapatkannya di aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

suasana kamar bobobox

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.