Bobobox Indonesia
Experience More For Less sleep better and be inspired

Ini Dia 7 Desa Wisata Terbaik Wajib Dikunjungi. Cocok Buat Tenangkan Diri

Dipilih dari 50 desa terbaik versi ADWI 2021

Bobobox.co.id — Pada akhir Agustus 2021, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekf) mengadakan lomba untuk memilih 50 desa wisata terbaik yang terjaring dari 1.831 peserta dari 34 provinsi.

Nah, dari 50 desa wisata tersebut, Bob telah memilih tujuh desa wisata terbaik yang wajib kamu kunjungi. Ketujuh desa wisata yang dipilih dengan adanya satu destinasi dari tiap pulau yang masuk ke daftar 50 terbaik.

Kira-kira desa wisata terbaik mana saja yang bisa kamu masukkan ke dalam daftar destinasi selama liburan nanti? Berikut adalah ketujuh desanya!

Desa Wisata Terbaik Sayang untuk Dilewatkan

1. Wae Rebo, Nusa Tenggara Timur

Desa wisata terbaik pertama yang wajib dikunjungi pertama adalah Desa Wae Rebo. Kampung adat satu ini sudah dinyatakan sebagai salah satu situs kekayaan dunia yang wajib dijaga kelestariannya oleh UNESCO.

Berada di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur, keindahan alam tak ada dua ini yang menjadi daya tarik tersendiri. Tak heran jika tempat wisata ini menjadi destinasi wisata baik wisatawan dalam dan luar negeri.

Selain itu, daya tarik dari desa wisata terbaik ini berasal dari rumah adatnya yang berbentuk kerucut, Mbaru Niang. Selain rumah adatnya yang cukup unik, ada hal lainnya yang menjadikan tempat wisata ini wajib dikunjungi.

Hal tersebut adalah lokasi Wae Rebo yang berada di ketinggian 1.000 mdpl. Dengan lokasinya yang berada di ketinggian tersebut, desa ini menjadi desa tertinggi yang ada di Indonesia atau biasa juga disebut kampung di atas awan.

Wae Rebo desa wisata terbaik
Wae Rebo via travel.kompas.com

2. Tenganan Pegringsingan, Bali

Berbicara soal desa wisata, Desa Penglipuran, Desa Pamuteran, dan Desa Ubud kerap jadi pilihan. Padahal, ada Desa Tenganan Pegringsingan yang berada di Kabupaten Karangasam yang tak kalah menarik untuk dikunjungi.

Desa wisata terbaik ini merupakan salah satu desa kuno yang ada di Pulau Dewata. Bukti yang bisa terlihat adalah pola kehidupan masyarakat di desa tersebut yang mencerminkan adat istiadat masyarakat zaman pra-Hindu.

Salah satu adat istiadat yang jadi keunikan dari desa ini adalah ritual adat Mekare-kare atau perang pandan. Dikenal sebagai tari perang, ritual ini dilakukan untuk memuja Dewa Indra yang dikenal sebagai Dewa Perang.

Selain itu, adat istiadat benar-benar dijaga oleh desa wisata terbaik ini. Pakaian adat, kesenian, hingga sistem traksansi dengan cara barter masih tetap dijaga yang tentu membuatnya berbeda dibandingkan desa lainnya.

Tenganan Pegringsingan desa wisata terbaik
Tenganan Pegringsingan via kebudayaan.kemdikbud.go.id

Baca Juga: 10 Kampung Adat Di Indonesia Yang Wajib Dikunjungi


3. Saung Ciburial, Jawa Barat

Rindu akan suasana pedesaan yang begitu menenangkan? Desa Wisata Saung Ciburial menjadi jawabannya. Berada di Kabupaten Garut, desa wisata terbaik ini terkenal akan suasana khas pedesaan masyarakat Sunda.

Kehidupan masyarakat pedesaan yang sederhana benar-benar terlihat dari warga lokal di desa wisata terbaik ini. Tak heran jika desa dengan luas 3 hektare ini jadi destinasi bagi orang yang jengah akan hiruk pikuk kota.

Selama berada di tempat wisata ini, kamu bisa berjalan-jalan di area pesawahan dan juga ldang. Tak perlu khawatir karena jalan desa ini pun tampak bersih yang siap membuat momen jalan-jalanmu tetap nyaman.

Jika ingin pengalaman yang tak terlupakan, desa wisata terbaik ini menawarkan paket wisata keterampilan. Kamu, bisa belajar silat, gamelan, membatik, membuat kerajinan, hingga membuat sabun dari bahan akarwangi.

Saung Ciburial desa wisata terbaik
Saung Ciburial via jelajahgarut.com

4. Kampuang Minang Nagari Sumpu, Sumatra Barat

Beralih ke Pulau Sumatra, Bob pilihkan salah satu desa wisata terbaik versi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Desa wisata tersebut adalah Kampuang Minang Nagari yang ada di Provinsi Sumatra Barat.

Berada di Kabupaten Tanah Datar, lokasi dari desa ini memerlukan perjalanan dua jam dari Bandara Internasional Minangkabau. Lamanya perjalanan tersebut bakal terbayar saat kamu menikmati liburan di desa ini.

Pasalnya, desa wisata terbaik ini adalah tempat wisata yang berbasis budaya dengan lebih dari 70 rumah gadang dan beberapa situs sejarah. Ada tiga rumah gadang yang bisa kamu huni jika berlama-lama di desa ini.

Di samping budaya dan wisata alamnya, desa wisata terbaik ini menawarkan kuliner tradisional sumpu. Kamu bisa mencicipi rendang sumpu, rebon, singgang sumpu, Ikan Bilih, dan juga singang sumpu.

Kampuang Minang Nagari Sumpu desa wisata terbaik
Kampuang Minang Nagari Sumpu via jadesta.com

Baca Juga: 10 Desa Wisata Di Yogyakarta Yang Seru Untuk Dikunjungi


5. Kole Sawangan, Sulawesi Selatan

Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan memiliki beberapa desa wisata terbaik yang wajib dikunjungi. Salah satunya adalah Desa Wisata Kole Sawangan yang berada di Kecamatan Malimbong di ketinggi 1.344 mdpl.

Dengan lokasi yang berada di ketinggian tersebut, tak heran jika Kole Sawangan memiliki suhu harian yang bervariasi. Kamu bisa merasakan udara di 12 derajat Celcius di malam hari dan pagi serta 28 derajat Celcius di siang hari.

Desa wisata terbaik ini memiliki empat dusun yang berbeda-beda fungsi. Dusun Tallumanuk dikenal akan kerajinan bambu dan tenunan. Dusun Supate dengan kawasan Saluliang kuburan baru yang digunakan sejak tahun 1215.

Ada juga Dusun Sawangan yang terkenal dengan kerajinan tenun, manik-manik, dan sanggar tari. Dusun Patane yang cocok dikunjungi bagi kamu pencinta kopi karena di sana ada tanaman kopi Sado’ko Toraja,

Kole Sawangan desa wisata terbaik
Kole Sawangan via ambae.co.id

6. Religi Bubohu Bongo, Gorontalo

Desa wisata terbaik lainnya datang tak jauh dari Desa Kole Sawangan. Sambil menyelam minum air, kamu bisa mengarahkan destinasi liburan ke Desa Wisata Bubohu Bongo yang berada di Provinsi Gorontalo.

Tempat wisata Gorontalo populer tersebut tak hanya menyandang nama wisata religi hanya dari namanya saja. Tempat ini pun cukup identik dengan berbagai hal yang berkaitan dengan agama Islam yang mudah terlihat.

Misalkan saja, desa wisata terbaik ini memiliki kolam berbentuk angka 99 yang berarti 99 Asmaul Husna. Tak hanya itu, setiap tanggal 12 Rabiul Awal, Wisata Bongo menjadi pusat perayaan adat yang biasa disebut ‘Walima’.

Pada perayaan tersebut, ratusan toyopo, tempat berisikan kue khas Gorontalo digirng ke Masjid Walima Kumah Emas untuk didoakan bersama. Setelahnya, kue-kue tersebut dibagikan kepada masyarakat sekitar.

Bubohu Bongo desa wisata terbaik
Bubohu Bongo via ligo.id

Baca Juga: Nikmati Liburan Penuh Warna Di 10 Tempat Wisata Warna-Warni Indonesia Berikut Ini!


7. Tamansari, Jawa Timur

Desa wisata terbaik terakhir adalah Desa Tamansari di Banyuwangi, Jawa Timur. Desa wisata ini tenar sebagai salah satu yang terbaik berkat panorama pemandangan di sekitar desanya yang begitu memanjakan mata.

Keindahan yang begitu menakjubkan datang dari Gunung Ijen tak jauh dari Desa Tamansari. Gunung yang terkenal memiliki Blue Fire akan semakin menyenangkan jika kamu langsung datang ke gunung tersebut.

Di samping itu, pengunjung pun dapat melihat langsung adat istiadat yang ada di desa wisata terbaik ini. Sambil melihat adat istiadat masyarakat Osing, kamu bisa mencicipi kuliner khas yang dijual oleh warga lokal.

Desa Tamansari sendiri dikenal pula sebagai desa komoditas penghasil karet, biji kopi, cengkeh, dan cokelat terbaik. Bahkan desa ini pun mendapat julukan sebagai kampung susu karena banyaknya peternak sapi di sini.

Desa Tamansari desa wisata terbaik
Desa Tamansari via KOMPAS.COM/Ira Rachmawati

Menginap dengan Nyaman dan Aman? Bobobox Ahlinya

Sulit mencari penginapan yang nyaman dan aman? Tidak perlu khawatir karena sekarang ada Bobobox yang bisa menjamin kedua hal tersebut selama kamu menginap di hotel kapsul ini.

Fasilitas super keren di Bobobox seperti QR Code, lampu LED, WiFi super cepat, hingga pod yang luas menjadi alasan mengapa kamu akan bisa menginap dengan nyaman dan aman.

Penasaran seperti apa? Unduh aplikasinya di sini untuk memesan pod serta informasi lebih lanjut.

You might also like